Logo Bee Web

7 Tips Memulai Usaha Toko Bangunan untuk Pemula

Tertarik membangun usaha toko bangunan? simak beberapa tips memulai, kekurangan dan kelebihannya yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 4 December 2023

Peluang usaha toko bangunan terbilang cukup menjanjikan, dimana kebutuhan dalam sektor pembangunan atau perbaikan menjadi kebutuhan banyak kalangan. Bisa untuk keperluan pribadi, bisnis, organisasi, pendidikan dan lain sebagainya.

Sehingga permintaan akan bahan bangunan, peralatan konstruksi, dan berbagai kebutuhan terkait pembangunan properti terus meningkat seiring dengan pertumbuhan industri konstruksi.

Seperti produk dasar seperti semen, cat, dan kayu, paralon, gergaji dan masih banyak lagi. Jika Anda mulai melirik dan ingin mencoba usaha ini, simak beberapa tips suksesnya pada artikel di bawah ini:

Tips Sukses Usaha Toko Bangunan

Toko Bangunan

Lokasi strategis sangat mempengaruhi penjualan (Credit: Freepik.com)

Berikut adalah tips sukses dalam membangun usaha toko bangunan:

1. Lokasi Bisnis Strategis

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam memulai usaha toko bangunan adalah pemilihan lokasi usaha. Coba pilih lokasi usaha yang strategis akan memudahkan akses konsumen ke dalam toko, dan juga meningkatkan visibilitas dan aksesibilitas pelanggan potensial.

Seperti memilih lokasi dekat jalan raya, lokasi dekat dengan pembangunan dalam jangka panjang, area residensial ramai, atau proyek pembangunan besar. Keberadaan toko yang mudah diakses dari jalan utama atau transportasi umum dan beberapa lainnya.

2. Tentukan Produk yang akan Dijual

Berikutnya adalah menentukan produk apa saja yang akan dijual, jika modal usaha toko bangunan Anda masih terbatas pilih produk dasar saja, kemudian dilengkapi seiring bertambahnya pemasukan. Fokuslah pada kebutuhan lokal dan tren pasar, termasuk material konstruksi dasar, peralatan dasar, dan produk-produk inovatif yang sedang diminati oleh pelanggan.

3. Pilih Supplier yang Tepat

Jika produk yang akan dijual sudah ditentukan, berikutnya adalah memilih supplier. Cari supplier yang andal dan menyediakan produk berkualitas tinggi. Selain itu, pastikan juga untuk memilih supplier yang dapat memenuhi permintaan dengan tepat waktu dan memberikan layanan pelanggan yang baik.

Baca Juga: Apa itu Supplier, Jenis, dan Cara Mencari Supplier Terbaik

4. Tetapkan Harga yang Bersahabat

Berikutnya tetapkan harga yang bersaing dan sesuai dengan kualitas produk akan menarik perhatian pelanggan. Lakukan riset pasar untuk memahami harga yang saingan dan pastikan tetap memberikan nilai tambah.

Melalui riset ini, Anda dapat memahami dinamika harga di pasar, mengetahui sejauh mana harga yang ditetapkan oleh pesaing, dan mengidentifikasi titik harga yang dianggap wajar oleh pelanggan.

5. Lakukan Promosi

Tips buka usaha toko bangunan berikutnya adalah melakukan promosi, memanfaatkan berbagai strategi promosi untuk meningkatkan kesadaran konsumen tentang toko bangunan Anda. Gunakan juga media sosial, website dan sejenisnya agar promosi bisa menjangkau audience lebih luas.

Jika jangkauan bisnis luas, Anda juga bisa membuka toko bangunan Anda secara online dengan pesanan melalui website hingga e-commerce. Dengan demikian nama toko bangunan Anda semakin dikenal dan penjualan juga akan terus meningkat.

6. Manfaatkan Teknologi

Berikutnya adalah manfaatkan teknologi yang ada untuk membantu operasional Anda, mulai dari pelayanan kasir, sistem pembayaran, manajemen stok, pencatatan transaksi hingga pelaporan keuangan.

Seperti menggunakan software kasir online Beepos, software kasir integrasi akunting jadikan bisnis Anda jauh lebih efisien. Anda tidak perlu mengeluarkan budget double untuk mendapatkan fitur yang Anda butuhkan. Klik banner di bawah ini untuk informasi selengkapnya!

Beepos Software Kasir Online Integrasi Akunting

7. Berikan Pelayanan yang Baik

Hal yang tidak boleh dilewatkan dan sangat perlu diperhatikan dalam menunjang suksenya bisnis toko bangunana Anda adalah pelayanan. Dimana pelayanan yang baik akan mempertahankan pelanggan dan mendapatkan rekomendasi positif.

Pastikan staf toko memiliki pengetahuan yang memadai tentang produk dan dapat memberikan bantuan yang dibutuhkan oleh pelanggan. Pastikan juga pelayanan cepat, menyediakan berbagai cara pembayaran, jika perlu tetapkan promosi khusus agar pelanggan semakin loyal.

8. Perhatikan Kelengkapan Produk

Jika bisnis sudah mulai berkembang, modal usaha juga sudah mulai terkumpul, Anda bisa melakukan upgrade dengan menambah beberapa produk kebutuhan bangunan lainnya, guna menunjang kelengkapan produk.

Dengan produk yang lengkap kemungkinan konsumen kembali dengan rasa kecewa akan tidak ada, karena mereka mudah menemukan produk yang mereka butuhkan di toko Anda.

9. Evaluasi

Terakhir adalah melakukan evaluasi secara berkala, evaluasi ini dilakukan untuk memantau kinerja toko, penjualan, dan kepuasan pelanggan.

Identifikasi area yang perlu ditingkatkan dan terus beradaptasi dengan perubahan pasar untuk menjaga daya saing bisnis Anda. Kemudian, lakukan perbaikan dan adaptasi agar toko bangunan yang Anda bangun bisa terus eksis dan bersaing dengan kompetitor.

Baca Juga: Aplikasi Toko Bangunan Online Mudah Buat Laporan Keuangan

Kelebihan Usaha Toko Bangunan

Peluang Toko Bangunan

Contoh stok produk material kayu (Credit: Freepik.com)

Berikut adalah kelebihan dari usaha toko bangunan:

  • Permintaan produk bangunan terbilang konsisten
  • Segmentasi pasar yang luas, karena toko bangunan menjual berbagai jenis produk dari material dasar, peralatan hingga kebutuhan dekorasi.
  • Produk yang dijual memiliki nilai yang sama meskipun sudah lama tersimpan di gudang, karena sebagian besar bahan bangunan tidak memiliki masa kadaluarsa.
  • Target pasar yang luas dan selalu ada, karena produk yang dijual toko bangunan tidak hanya untuk keperluan pembangunan saja, bisa jadi seniman yang sedang mencari luas dan lain sebagainya.
  • Nilai transaksi cenderung tinggi, dimana rata-rata pembeli melakukan pembelian dalam jumlah yang besar.

Kekurangan Usaha Toko Bangunan

  • Usaha toko bangunan rentan terhadap fluktuasi ekonomi. Saat ekonomi lesu, permintaan produk konstruksi cenderung menurun.
  • Ketergantungan pada persediaan yang stabil dan saluran distribusi yang efisien menjadi tantangan, terutama ketika terjadi ketidakpastian pasokan atau kenaikan harga bahan baku.
  • Persaingan yang ketat
  • Risiko memiliki stok yang tidak terjual dan ketinggalan zaman selalu ada. Ini dapat mengakibatkan kerugian keuangan dan penuangan ruang penyimpanan.
  • Modal yang besar, terutama untuk persediaan, penyimpanan, dan fasilitas penjualan. Ini bisa menjadi beban finansial, terutama bagi pemilik usaha kecil.

Nah, itu dia tips sukses buka usaha toko bangunan lengkap dengan kekurangan dan kelebihannya, hal ini bisa Anda jadikan referensi dan ide usaha yang memiliki keuntungan besar. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Cara Membuat SIUP Mikro Online 2022
Untuk para pengusaha mikro maupun menengah, mengurus sebuah surat perizinan menjadi salah satu langkah penting ketika mendirikan sebuah bisnis. Cara
Baca Juga
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Membahas tentang pembukuan di dalam usaha kecil tentu sangat penting. Selain menjadi media untuk mengatur keuangan usaha Anda juga bisa
Baca Juga
6 Inspirasi Desain Toko Estetik Bikin Customer Betah Belanja
Tidak sedikit pemilik usaha toko yang mengaku bingung bagaimana menata toko yang baik agar terlihat menarik. Ada juga pemilik toko
Baca Juga
Usaha Thrift Adalah Bisnis Peluang Besar, Begini Tipsnya
Thrift adalah sejenis usaha dengan menjual barang bekas namun masih layak pakai. Akhir-akhir ini usaha thrift menjadi bisnis yang menjanjikan
Baca Juga
Contoh Rencana Bisnis: Fungsi, Komponen, & Langkah Membuat
Banyak orang yang memulai bisnis tanpa mempertimbangkan secara matang strategi, potensi, dan juga tantangan yang harus dihadapi. Hal ini membuat
Baca Juga
Foto Produk: Tips Terlihat Profesional untuk UKM
Saat ini, bisnis tidak hanya bisa dijalankan secara konvensional, namun juga melalui media online. Saat menjalankan bisnis online, Anda memerlukan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu