7 Tips Jualan Online Laris Pembeli di Tahun 2021

Wednesday, 24 February 2021
Rininta Oktaviana
Rininta Oktaviana
apa-saja-yang-harus-dipersiapkan-jualan-online

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Bagi Anda yang akan memulai atau sudah memulai jualan online, kami akan memberikan tips jualan online untuk membantu memahami bagaimana cara yang tepat dalam mengolah bisnis online untuk selanjutnya dapat diterapkan untuk bisnis Anda.

Kita sekarang berada di era di mana semua kebutuhan bisa dibeli secara online. Apalagi dengan adanya tatanan baru beradaptasi dengan adanya Covid 19, tanpa perlu keluar rumah asal punya koneksi internet kita bisa membeli segala kebutuhan dengan mudah. Maka dari itu, jualan online menjadi semakin populer.

Persiapkan 6 Langkah Ini Sebelum Memulai Jualan Online

apa-saja-yang-harus-dipersiapkan-jualan-online

Persiapan Sebelum Memulai Jualan Online (Sumber: Freepik.com)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pandemi membuat banyak hal berubah terutama bidang ekonomi. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam acara Festival #SampoernaUntukUMKM pada Selasa, 15 Desember 2020 menyebutkan, dari data center telah terjadi peningkatan 30% UMKM menuju online selama pandemi.

Jualan online memang bisa menjadi alternatif meraup cuan dengan modal yang dibutuhkan lebih sedikit daripada berjualan secara offline. Selain itu, transaksi dilakukan tanpa bertatap muka sehingga menjaga terjadinya penularan virus.

Untuk membuat jualan online menjadi laris manis tentunya butuh strategi dan persiapan yang matang.

Baca Juga: Apa Itu E-Commerce? Inilah Penjelasannya

Berikut 6 langkah sebelum Anda memulai jualan online:

1. Kenali Keunikan atau Nilai Jual Produk

Untuk menemukan nilai jual produk, coba posisikan diri Anda sebagai calon pembeli. Ketika melihat produk tersebut kira-kira apa yang benar-benar mereka butuhkan, apa yang membuat produk tersebut menonjol dibanding produk sejenis milik kompetitor. Bisa jadi kualitas produk, harga, pelayanan, pengemasan atau fungsi istimewa lainnya.

Untuk menemukan keunikan produk Anda, coba tanyakan pada diri sendiri apa kelebihan produk yang tak dimiliki oleh kompetitor? Berbeda dengan kelebihan produk yang jumlahnya bisa banyak, keunikan produk biasanya hanya satu saja. Satu poin inilah yang nantinya jadi kunci untuk membedakan bisnis Anda dari kompetitor.

Contohnya: Starbucks

Jika dibandingkan dengan kopi yang dijual di tempat lain, Starbucks memiliki harga yang lebih mahal. Namun mengapa mereka masih bertahan dan malah jadi sukses? Karena nilai jual mereka adalah konsisten menjual kopi yang premium. Keunikan mereka juga terletak pada social currency  di mana membeli kopi di Starbucks akan membuat strata sosial mereka terasa lebih tinggi.

2. Pelajari dan Pahami Data

Anda harus pintar-pintar mempelajari data yang berkaitan dengan bisnis. Terutama data soal penjualan dan data yang berhubungan dengan upaya promosi. Dari data penjualan Anda bisa melihat produk yang laris atau tidak dan kapan penjualan tinggi atau penjualan rendah.

Kedua, data yang berhubungan dengan upaya promosi. Siapa calon pelanggan Anda? Di mana mereka tinggal? Channel marketing apa yang paling efektif? Sebelum akhirnya bisa menjual produk tersebut, penting sekali untuk benar-benar mengetahui segala informasi dari produk yang dijual. Dengan begitu, Anda bisa menekankan nilai jual produk dengan selera, kebiasaan, trend, keputusan beli, dan tokoh panutan pembeli sehingga lebih efektif untuk membuat strategi promosi.

pahami-data-target-market

Memahami Data Pelanggan untuk Merencanakan Strategi Promosi (Sumber: Freepik.com)

3. Menyiapkan Materi Produk

Persiapan selanjutnya adalah menyiapkan meteri pemasaran seperti logo usaha, foto produk, deskripsi produuk, dan juga copywriting yang dapat membantu menaikkan minat pembeli.

Agar bisa dengan jelas memberitahukan kehebatan produk yang dijual kepada pembeli maka Anda perlu membuat deskripsi produk yang menarik dan mudah dimengerti. Deskripsi produk ini bisa Anda tampilkan di landing page website, caption postingan media sosial, dan marketplace.

Anda juga perlu belajar bagaimana cara membuat copywriting yang baik. Jangan sampai terkesan terlalu hard-selling, sampaikan layaknya Anda sedang bercerita santai dengan teman.

4. Menentukan Platform Jualan Online

Saat ini telah tersedia beragam platform yang bisa Anda coba untuk mengembangkan bisnis online. Beberapa platform tersebut di antaranya: media sosial, marketplace, website, dll. Anda bisa memilih salah satu atau keseluruhan platform asal digunakan secara optimal dan maksimal.

Media sosial seperti Facebook, Instagram Twitter, dll biasanya lebih mudah untuk digunakan. Sosial media masih jadi channel penting untuk mempromosikan produk atau layanan bisnis. Dari sosial media pula lah, pintu pertama perkenalan dibuka pada calon pelanggan.

Ketika Anda berhasil mewujudkan interaksi sosmed yang menyenangkan, produk Andapun akan semakin dikenal banyak orang.  Ingatlah bahwa menjalin komunikasi dengan pelanggan merupakan tips jualan online yang sangat penting untuk dilakukan agar dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.

menentukan-platoform-jualan-online

Menentukan Platform Jualan Online (Sumber: Unsplash.com)

5. Manfaatkan Word of Mouth Marketing

Selain platform online, percaya tak percaya teknik marketing dari mulut ke mulut masih sangat berpengaruh bagi bisnis. Dalam bisnis online word of mouth marketing ini juga bisa dengan mengandalkan review pengguna atau influencer. Cara jualan online berikut dinilai sangat efektif karena pada dasarnya orang akan lebih percaya dengan omongan kerabat atau public figure yang diidolakan.

6. Coba Iklankan Lewat Media Sosial

Setelah semuanya siap, persiapan selanjutnya adalah belajar bagaimana cara beriklan di sosial media. Beriklan di sosial media juga lebih murah daripada iklan di televisi atau media cetak. Dengan modal iklan sedikit Anda bisa meningkatkan exposure dan brand awareness produk Anda. Iklan juga membuka kesempatan besar untuk meningkatkan penjualan produk.

Media sosial mendorong pelanggan dari tahap awareness hingga purchase. Dengan begitu, Anda bisa menghadirkan bisnis Anda di tiap customer journey. Lalu, akibatnya pangsa pasar Anda akan jauh lebih luas.

Baca Juga: Aplikasi Jualan yang Cocok untuk Memulai Usaha

7 Tips Jualan Online Anda Selalu Laris

tips-jualan-online-laris

7 Tips Jualan Online Laris (Sumber: Freepik.com)

1. Memberi Diskon

Harga masih menjadi faktor utama pembeli ketika melakukan transaksi. Oleh karena itu pemberian diskon selalu ditunggu-tunggu. Diskon bertujuan untuk menarik minat pembeli dan tentunya dapat mengurangi kerugian apabila Anda sudah terlanjur stok barang dalam jumlah banyak namun sulit untuk keluar.

Di Indonesia terdaoat momen promo diskon yang selalu ditunggu-tunggu yaitu Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional). Biasanya toko-toko yang tergabung dalam marketplace akan turut serta meramaikan. Jika Anda memiliki toko online sendiri, Anda bisa menyelanggarakan promo diskon kapan saja.

2. Strategi Giveaway

Memberikan giveaway bukan untuk memikat konsumen secara langsung agar membeli produk. tetapi untuk meningkatkan awareness target konsumen terhadap keberadaan bisnis online Anda. Awareness target konsumen terhadap bisnis online Anda akan semakin meningkat sehingga kesempatan untuuk mendapatkan omset lebih tinggi. Syarat mengikuti giveaway biasanya dengan menandai (tagging) sejumlah akun teman, komentar, likes atau share.

3. Beri Bonus

Selain memberikan diskon dan gveaway, memberkan bonus di setiap pembelian akan buat pembeli senang dan tidak menutup kemungkinan mereka akan melakukan repeat order bahkan menjadi pelanggan tetap.

Contohnya:

Apabila Anda mempunyai bisnis online HP dan Gadget, Anda bisa memberikan bonus softcase atau pelindung layar pada setiap pembelian.

4. Memberikan Garansi

tips-jualan-online-pastikan-kualitas-produk-baik

Jangan Lupa Mengecek Kualitas Produk Sebelum Dikirim ke Pelanggan (Sumber: Freepik.com)

Kualitas produk merupakan hal terpenting untuk diperhatikan agar pembeli tidak kecewa dan merasa tidak puas. Selain itu pembeli juga lebih nyaman apabila produk memiliki jaminan garansi. Jenis garansi yang ditawarkan bisa beragam, mulai dari keaslian barang, kualitas barang, hingga harga yang bersaing tergantung jenis produk yang ditawarkan.

5. Pelayanan yang Cepat dan Ramah

Inti dari jualan online adalah pelayanan dan kepercayaan. Pembeli tidak bertatap muka langsung dengan penjual dan tidak mengetahui kualitas produk yang sebenarnya. Untuk itu pelayanan yang cepat dan ramah adalah kunci. Banyak calon pembeli yang akan bertanya-tanya mengenai produk Anda, jadi Anda harus menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan cepat dan ramah.

6. Buy 1 Get 1 Free (BOGOF)

Salah satu kata yang dapat memikat konsumen adalah GRATIS. Siapa yang bisa menolak jika mendapatkan produk gratis? Buy 1 Get 1 Free ini berbeda dengan diskon 50% dan lebih menguntungkan penjual karena pada dasarnya konsumen harus “membeli 2 produk” untuk mendapatkan diskon setengah harga. Dengan kata lain BOGOF dapat menghabiskan stok produk lebih cepat. Strategi ini efektif untuk menghabiskan stok lama produk.

7. Memberikan Sampel Gratis

Pemberian sampel dapat memberikan pengalaman berbelanja ekstra kepada konsumen dan memberikan manfaat pada perkembangan bisnis. Misalnya jika Anda sedang mencoba untuk membuat varian produk baru. Sebelum dirilis Anda bisa meminta tanggapan konsymen untuk dijadikan acuan dalam menyempurnakan produk tersebut. Dengan begitu saat dirilis produk sudah dikenal masyarakat dan diterima baik oleh konsumen.

Strategi memberikan sampel gratis ini cocok untuk jualan online yang konsumsinya cepat habis seperti makanan, parfum, aromaterapi, skincare, dll.

tips-jualan-online-dengan-memberikan-sampel-gratis

Memberikan Sampel Gratis Kepada Calon Pembeli (Sumber: Freepik.com)

Baca Juga: Pembukuan Online Shop, Penting? Ternyata Ini 3 Manfaatnya

Kesimpulan

Berikut adalah 7 tips jualan online kami harap Anda dapat mulai belanjar mengelola bisnis online dengan baik. Meskipun terkesan sulit dan rumit, tetapi demi menjalan suatu usaha yang baik, teratur dan menguntungkan makan Anda harus mulai aksi nyata. Karena saat sudah dijalankan sebenarnya tidak akan sesulit teorinya.

Untuk Anda yang ingin memulai jualan online dan mendambakan bisnis yang baik, teratur, dan menguntungkan kini hadir Beecloud sobat jualan online. Beecloud adalah Software Akuntansi berbasis cloud yang bisa membantu bisnis online Anda tetap teratur terutama menyangkut keuangan. Anda bisa intip omset setiap saat, laporan laba rugi, neraca, cashflow rapi jadi gak perlu repot pembukuan. Anda bisa fokus dengan pemasaran bisnis Anda.

Coba gratis Beecloud dengan klik di sini atau klik gambar di bawah ini!

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :