Logo Bee Web

11 Tips Cara Membuat Iklan yang Menarik Audience

Membuat iklan menjadi salah satu cara para pebisnis untuk meningkatkan penjualannya, mulai dari membangun awareness hingga menjual produk
Penulis: Al Faris
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Saturday, 22 July 2023

Iklan menjadi salah satu cara para pebisnis untuk meningkatkan penjualannya, mulai dari membangun awareness hingga menjual produk secara terang-terangan. Oleh sebab itu perlu mengetahui bagaimana cara membuat iklan yang menarik dan baik.

Sebab, iklan yang menarik akan lebih besar berpotensi dalam meningkatkan penjualan dibandingkan yang tidak. lantas bagaimana caranya? Simak selengkapnya di bawah ini:

Tips dan Cara Membuat Iklan yang Menarik

Berikut adalah penjelasan lebih detail mengenai cara membuat iklan yang menarik:

1. Kenali Target Audiens Anda

Sebelum mengerti cara membuat iklan yang powerful, penting untuk memahami siapa target audiens Anda. Ketahui demografi mereka, minat, kebutuhan, dan masalah yang ingin Anda selesaikan. Dengan memahami audiens Anda, Anda dapat menyesuaikan pesan iklan agar lebih relevan dan menarik bagi mereka.

Tentukan Audience

Tentukan Audience agar iklan relevan

Langkah ini bisa Anda mulai dari melakukan analisa terkait potensi perilaku konsumen brand Anda, dapat dilihat dari kompetitor atau dari analisa Anda pribadi melalui survey dan sejenisnya.

2. Buat Pesan yang Menarik

Selanjutnya adalah coba buat pesan yang menarik, sebab pesan iklan harus menarik perhatian langsung dari audiens. Gunakan headline yang kuat dan memikat untuk menarik perhatian mereka. Sebutkan manfaat atau penawaran yang jelas agar audiens tertarik untuk melanjutkan membaca atau menonton iklan.

Dengan mencantumkan manfaat yang jelas akan mempermudah konsumen dalam memahami apa sebenarnya fungsi produk Anda, sehingga memudahkan mereka dalam memutuskan pembelian produk dengan lebih jelas dan cepat.

3. Gunakan Visual yang Menarik

Berikutnya, terapkan visual yang menarik, yang mana visual merupakan elemen penting dalam iklan yang menarik. Gunakan gambar atau video yang menarik dan relevan dengan pesan iklan Anda. Pastikan visual tersebut berkualitas tinggi dan dapat membangkitkan emosi atau ketertarikan audiens.

4. Buat Pesan Singkat dan Padat

Iklan yang efektif harus memiliki pesan yang singkat, padat, dan mudah dipahami. Gunakan kalimat sederhana dan jelas. Sampaikan pesan inti iklan secara langsung dan hindari penggunaan bahasa yang terlalu teknis atau rumit.

5. Fokus pada Manfaat dan Solusi

Seperti yang sudah disinggung pada poin kedua, gunakan kalimat yang menarik, salah satunya dengan mencantumkan manfaat dan solusi yang Anda tawarkan dalam produk yang Anda jual. Langkah ini harus benar-benar Anda terapkan.

Gambarkan sebaik mungkin bagaimana produk atau layanan Anda dapat memenuhi kebutuhan atau mengatasi masalah audiens. Ini akan membuat iklan lebih relevan dan menarik bagi mereka.

6. Gunakan Narasi atau Cerita

Berikutnya adalah menggunakan narasi atau cerita dalam iklan dapat membuatnya lebih menarik dan mudah diingat. Buatlah cerita yang menggambarkan pengalaman positif dengan menggunakan produk atau layanan Anda. Hal ini akan membantu audiens merasa terhubung dan terinspirasi oleh iklan Anda.

7. Gunakan Call-to-Action yang Jelas

Setiap iklan harus memiliki panggilan untuk tindakan yang jelas. Beri tahu audiens apa yang harus mereka lakukan setelah melihat iklan, misalnya mengunjungi situs web, mendaftar, membeli produk, atau menghubungi Anda.

Panggilan untuk tindakan yang jelas akan membantu mengarahkan audiens ke langkah selanjutnya. Dalam menghasilkan iklan yang menarik, Anda bisa menggabungkan panggilan tindakan yang jelas (CTA) dan penutup iklan.

Cta Beepos Software Kasir Khusus Usaha Makanan Dan Minuman

Ilustrasi banner CTA untuk iklan

Penutup iklan Anda harus memperkuat pesan inti dan meninggalkan kesan yang kuat pada audiens. Sementara itu, CTA harus memberi tahu audiens apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Seperti "Beli Sekarang", "Daftar Sekarang", atau "Kunjungi Situs Web Kami". Dengan menggabungkan penutup yang kuat dan CTA yang jelas, Anda dapat menginspirasi audiens untuk mengambil tindakan sesuai dengan tujuan iklan Anda.

8. Uji Coba dan Pantau Kinerja Iklan

Lakukan uji coba terhadap iklan Anda untuk melihat respons dan kinerjanya. Lakukan pengujian A/B dengan membandingkan beberapa variasi iklan untuk melihat mana yang lebih efektif. Pantau metrik iklan seperti tingkat klik, konversi, atau interaksi untuk mengukur keberhasilannya dan melakukan penyesuaian jika diperlukan.

9. Konsisten dengan Branding

Berikutnya, pastikan iklan Anda konsisten dengan identitas merek Anda. Gunakan elemen visual, warna, logo, dan gaya penulisan yang konsisten dengan merek Anda. Ini akan membantu membangun kesadaran merek dan menciptakan konsistensi yang kuat dalam pesan dan identitas merek Anda.

10. Tambahkan Emosi Didalamnya

Iklan yang menarik seringkali mengandalkan emosi untuk membuat hubungan dengan audiens. Gunakan elemen emosional seperti kebahagiaan, kegembiraan, kebanggaan, atau empati untuk menarik perhatian dan membangun ikatan dengan audiens. Emosi yang terhubung dengan iklan dapat membantu mengingat iklan lebih lama dan mempengaruhi keputusan pembelian.

11. Pertimbangkan Media dan Platform yang Tepat

langkah terakhir sekaligus penting dan sangat berpengaruh dalam keberhasilan iklan adalah media atau platform yang digunakan. Sehingga Anda perlu memilih media dan platform yang tepat untuk menayangkan iklan Anda.

Pertimbangkan karakteristik audiens Anda, jenis produk atau layanan yang Anda promosikan, dan tujuan iklan Anda. Misalnya, iklan video bisa efektif di media sosial atau platform streaming, sementara iklan cetak mungkin lebih cocok untuk publikasi atau majalah terkait.

6 Media Iklan yang Umum Digunakan

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi media iklan efektif yang dapat Anda pertimbangkan:

1. Media Sosial (Social Media)

Platform pertama yang bisa Anda gunakan sebagai iklan adalah media sosial. Media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn adalah platform yang sangat populer dan efektif untuk menjalankan kampanye iklan.

Ads Untuk Jualan Online

iklan social media

Keunggulan media sosial adalah Anda dapat menargetkan audiens yang spesifik berdasarkan demografi, minat, dan perilaku mereka. Selain itu, media sosial juga memungkinkan Anda untuk menggunakan berbagai format iklan seperti gambar, video, atau iklan carousell.

2. Platform Video Online (Online Video Platforms)

Berikutnya adalah platform seperti YouTube dan TikTok adalah tempat yang sangat cocok untuk iklan video. Video memiliki daya tarik yang kuat dan dapat menyampaikan pesan dengan cara yang kreatif dan menarik. Anda dapat memilih iklan yang ditayangkan sebelum atau selama video, serta memanfaatkan fitur targeting dan pengukuran yang disediakan oleh platform tersebut.

3. Iklan Pencarian (Search Advertising)

Media iklan berikutnya adala Iklan pencarian, seperti yang ditawarkan oleh Google melalui Google Ads, adalah cara efektif untuk menjangkau audiens yang sedang mencari produk atau layanan yang Anda tawarkan.

cara membuat iklan pencarian

Dalam iklan pencarian, Anda dapat menampilkan iklan Anda di hasil pencarian yang relevan dengan kata kunci yang ditargetkan. Hal ini memungkinkan Anda untuk menjangkau audiens yang sedang dalam fase aktif mencari informasi atau produk yang terkait dengan bisnis Anda.

4. Iklan Native (Native Advertising)

Rekomendasi media selanjutnya adalah Iklan native mengintegrasikan iklan dengan konten yang ada di platform yang Anda gunakan. Misalnya, iklan native dapat berupa artikel yang disponsori atau iklan yang terintegrasi dalam aliran konten pada situs web atau aplikasi. Keuntungan iklan native adalah lebih alami dan organik, sehingga dapat lebih efektif dalam menarik perhatian dan menghasilkan interaksi dengan audiens.

5. Influencer Marketing

Cara iklan yang menarik selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan Influencer marketing, dimana Anda akan bekerja sama dengan influencer yang memiliki audiens yang relevan dengan bisnis Anda.

Influencer dapat mempromosikan produk atau layanan Anda melalui postingan, video, atau konten kreatif lainnya. Kelebihan dari influencer marketing adalah audiens yang telah dibangun oleh influencer memiliki kepercayaan dan keterlibatan yang tinggi, sehingga dapat membantu meningkatkan kesadaran merek Anda.

6. Iklan Mobile (Mobile Advertising)

Dengan semakin meningkatnya penggunaan smartphone, iklan mobile menjadi sangat penting. Anda dapat menggunakan iklan yang dioptimalkan untuk tampil di aplikasi mobile, situs web responsif, atau platform periklanan seluler.

Keuntungan iklan mobile adalah kemampuannya untuk menjangkau audiens yang aktif secara geografis dan menyediakan opsi seperti iklan banner, iklan interstisial, atau iklan dalam aplikasi.

Kesimpulan

Membuat iklan yang menarik membutuhkan pemahaman yang baik tentang audiens target Anda, penekanan pada manfaat dan solusi, serta penggunaan elemen visual dan narasi yang kuat.

Dengan mengikuti tips ini, Anda akan dapat mengerti cara membuat iklan yang efektif, memikat, dan dapat mempengaruhi audiens Anda dengan positif. Jangan lupa untuk melakukan pengujian dan pemantauan kinerja iklan Anda untuk terus memperbaiki dan mengoptimalkan kampanye iklan Anda.

Beecloud Untuk Mencatat Biaya Promosi Iklan Pemasaran Dan Mengetahui Laba Rugi

Dalam hal mencatat biaya promosi dan menghitung efektivitas pemasaran, aplikasi pembukuan Beecloud dapat membantu pebinsis untuk memantau biaya promosi yang dikeluarkan dan melihat seberapa besar pengaruh promosi terhadap penjualan dan laba perusahaan.

Dengan begitu, pengguna Beecloud dapat mengetahui dengan jelas apakah biaya promosi yang dikeluarkan sudah sebanding dengan efektivitasnya dalam meningkatkan penjualan dan laba perusahaan atau tidak.

9 Strategi Market Penetration, Pengertian & Manfaatnya
Dalam lanskap bisnis yang kompetitif saat ini, Market Penetration adalah strategi yang penting bagi perusahaan yang ingin memperluas pangsa pasar
Baca Juga
Apa itu Afiliasi? Kesalahan Awam dan Cara Menyebarkan
Anda mungkin pernah mendengar istilah apa itu afiliasi dan mungkin bertanya-tanya apa arti sebenarnya dan bagaimana bisnis affiliate marketing bisa
Baca Juga
Kemitraan Adalah: Jenis, Prinsip dan Cara Kerjanya
Sebagai seorang pebisnis, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah "kemitraan" atau kerja sama dalam dunia bisnis. Dalam kemitraan,
Baca Juga
Aplikasi Kasir Sederhana untuk Usaha Cafe
Saat ini banyak pilihan aplikasi penunjang bisnsi yang dapat digunakan. Salah satunya aplikasi kasir sederhana yang dapat digunakan untuk memudahkan
Baca Juga
Tips Jualan di Tokopedia Banjir Ratusan Pesanan Tiap Hari
Ingin jualan di Tokopedia, tapi khawatir banyak saingan di dalamnya sangat wajar bagi Anda? Anda butuh tips jualan agar tidak
Baca Juga
7+ Tips Menggunakan Promo Gratis Ongkir Anti Rugi
Penggiat bisnis online atau pembeli online pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah gratis ongkir atau gratis ongkos kirim ini.
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu