Pembukuan Online Shop, Penting? Ternyata Ini 3 Manfaatnya

Monday, 30 March 2020
Maghfirotul Amalia
Maghfirotul Amalia

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Pembukuan Online Shop – Mungkin ini merupakan bisnis yang kecil namun tetap butuh manajemen keuangan yang baik agar bisa berkembang. Pembukuan untuk Online Shop perlu dipelajari oleh Pemilik Bisnis Online baik itu manual atau tersistem.

Pengertian Bisnis Online Shop

Penegrtian Bisnis Online Shop

Ilustrasi Belanja di Online Shop(Sumber : Freepik.com)

Online shop adalah sebuah usaha yang dijalankan dengan cara menjual barang dagangan secara Online atau tidak bertemu langsung dengan pembeli. Dimana penjual dan pembeli hanya bertemu pada media sosial atau marketplace. Semua transaksi jual beli dilakukan tanpa bertatap muka, hanya melalui pesan media sosial atau langsung melakukan pembelanjaan di marketplace. Begitupun dengan pembayarannya, biasanya metode pembayaran menggunakan transfer bank atau bisa via dompet elektronik.

Kenapa Banyak yang Tertarik Bisnis Online Shop?

kenapa banyak orang memilih bisnis online

Ilustrasi Belanja Online Shop di Hp dan Laptop (Sumber: Freepik.com)

Mungkin salah satu alasannya adalah karena bisnis ini simple. Ada istilah dropship dalam bisnis Online Shop. Dimana penjual tidak perlu melakukan stok barang melainkan hanya mengambil barang milik supplier dan mempromosikannya. Jika ada pesanan barulah sang penjual ini memesan produk ke supplier dan mereka akan mengirimkannya.

Jadi penjual tidak ribet harus packing dll, semua supplier yang atur. Selain itu juga dalam berbisnis online, kita bisa dengan mudah memasarkan produk kita sampai ke seluruh negeri bahkan luar negeri. Dengan adanya fasilitas media sosial dan marketplace kita bisa dengan mudah menjangkau pembeli di mana saja.

Dimana Saja Bisa Jualan Online Shop ?

dimana saja bisa jualan online

Ilustrasi Proses Order di Online Shop (Sumber: Freepik.com)

1. Website

Jika anda ingin Toko Online anda terlihat professional maka bangunlah sebuah website khusus untuk menjual produk anda. Dukung dengan tampilan website yang menarik maka calon pembeli akan tertarik untuk membeli produk anda.

2. E-Commerce

Perkembangan teknologi di negeri ini sudah semakin canggih, banyak orang yang dulunya tidak tahu bagaimana cara menggunakan E-Commerce atau marketplace, kini sudah banyak orang yang bisa menggunakannya. Sehingga meningkatkan peluang pebisnis online untuk berjualan di e-commerce. Berjualan online melalui e-commerce menurut saya adalah cara yang paling aman, karena uang pembayaran masuk dulu ke rekening pihak bersama e-commerce sehingga tidak takut akan tertipu.

3. Facebook atau Instagram

Media sosial tentu memiliki pengaruh besar dalam pertumbuhan para pebisnis online. Karena dari sinilah awalnya Online Shop mulai berkembang. Terlebih lagi sekarang di facebook sudak dilengkapi dengan fitur marketplace jadi bisa lebih mudah berjualan. Jika menggunakan instagram anda bisa mencoba untuk menggunakan jasa endorse para selebgram agar penjualan anda bisa meningkat.

4. Whatsapp atau Telegram

Pada media ini kita bisa memanfaatkan fitur story untuk memajang barang dagangan kita. Semakin banyak kontak kita semakin besar peluang untuk produk yang dipasarkan laku terjual. Cara ini termasuk yang paling mudah digunakan karena hamper setiap saat orang menggunakan media ini untuk komunikasi sehari – hari.

3 Strategi Jualan Online Shop Anda Laris

3 strategi jualan online

Ilustrasi Toko Online (Sumber: Freepik.com)

1. Harga Jual Bersaing

Banyak sekali Online Shop bermunculan sekarang ini, segala jenis produk dipasarkan secara online. Tentu harganya pun beragam. Sebagai penjual anda harus bisa mencari supplier dengan harga paling murah atau tangan pertama. Pembeli biasanya lebih menyukai jika menemukan harga yang murah namun kualitas juga harus tetap dijaga.

Baca Juga: 5 Rahasia Membangun E-Commerce Yang Sukses

2. Adakan Promosi

Diskon dan giveaway adalah hal yang paling ditunggu oleh para pembeli online, terutama kaum hawa. Walaupun barang yang didiskon atau giveaway tidak terlalu mahal asal dibutuhkan oleh pembeli, pasti banyak yang suka. Ini juga salah satu cara agar toko online anda bisa lebih menarik jadi tidak monoton. Tentu dengan tetap mempertimbangkan untung ruginya.

3. Fast Respon

Bayangkan jika anda sebagai pembeli, ingin bertanya seputar produk namun tidak segera ada balasan, jengkel bukan ? Pasti semua orang ingin segera dilayani dengan baik, oleh karena itu usahakan untuk selalu fast respon jika ada calon pembeli yang bertanya seputar produk anda.

4. Barang yang Dijual Sesuai Janji

Banyak sekali pengalaman tidak menyenangkan saat berbelanja online, seperti barang yang dikirim tidak sesuai dengan gambar yang dipajang. Tentu ini membuat pembeli marah dan kecewa, karena dalam jual beli online yang kita jual sebenarnya adalah gambar. Oleh karena itu usahakan gambar itu benar – benar sesuai dengan aslinya. Jika memang tidak benar – benar sesuai, usahakan kemiripannya paling tidak 80% dan itu cantumkan dideskripsi barang. Sehingga pembeli tahu gambarannya dan tidak kecewa saat barang datang.

5. Aktif di Media Sosial

Selalu aktif di media sosial untul memasarkan produk anda juga merupakan nilai plus agar pembeli tertarik dengan Online Shop anda. Dengan tetap aktif anda bisa fast respon dan update terus barang – barang jualan anda. Sehingga banyank pilihan bagi pembeli.

Penjualan Laris, Uangnya Gak Ada ?

jualan laris, uangnya gak ada

Mata Uang dan Kalkulator (Sumber: Freepik.com)

Pernahkah mengalami hal ini ? Banyak para penjual online yang mengatakan bahwa usaha ini adalah usaha sampingan mereka. Namun walaupun hanya usaha sampingan jika keuangannya dikelola dengan baik maka akan bisa berkembang dan bisa jadi mata pencaharian utama anda.

Coba anda lihat online shop besar yang masih bertahan sampai sekarang, apakah mereka tidak memiliki laporan akuntansi ? Tentu mereka memilikinya sehingga keuangan mereka bisa dikelola dengan baik. Salah satu cara untuk memudahkan membuat laporan akuntansi adalah dengan menggunakan software akuntansi.

Bagaimana Jika Tidak Menggunakan Software Akuntansi?

Pebisnis Sedang Bekerja dengan Bill Gambar

Menghitung Laporan Manual (Sumber: Freepik.com)

Jika tidak menggunakannya atau jika anda menggunakan cara manual maka yang anda temukan hanyalah laba kotor. Sedangkan hal lain terkait keuangan tidak bisa diketahui dengan akurat. Namun jika anda menggunakan software akuntansi maka bisa dengan mudah membuat laporan akuntansi yang lengkap.

3 Manfaat Kenapa Online Shop Penting Punya Laporan Akuntansi

3 manfaat laporan akuntansi

Pebisnis Merekap Laporan Keuangan dan Hitung Kalkulator (Sumber: Freepik.com)

1. Tahu Sampai Laba Bersih

Dengan memiliki laporan akuntansi anda bisa dengan mudah mengetahui laba bersih usaha anda jadi tidak hanya laba kotor saja.

Baca Juga : Apa itu Laba Rugi? Dan Bagaimana Cara Membuat Laporannya?

2. Biaya Terkontrol

Dalam usaha Online Shop tentu akan membutuhkan biaya promosi dan efisiensi, dengan menggunakan software akuntansi untuk online shop anda maka bisa mengontrol biaya – biaya ini dengan mudah.

3. Online Shop vs Pajak

Tidak hanya usaha besar saja, bisnis online juga harus laporan pajak, tentunya ada syarat dan ketentuan yang berlaku. Nah, dengan memiliki laporan akuntansi yang akurat maka soal perpajakan bisa diatasi dengan baik.

Tapi, Membuat Laporan Akuntansi itu Susah dan Ribet

Tidak mau susah atau ribet? Gunakan software akuntasi untuk memudahkan anda dalam membuat laporan akuntansi usaha Online Shop. Banyak fitur – fitur yang akan memudahkan anda dalam membuat laporan akuntansi, jadi tidak perlu repot – repot harus mengerti akuntansi untuk membuat laporannya. Software akuntansi yang akan membantu anda.

Banner Beecloud Bikin Laporan Neraca 1x Klik

Jadi, gunakanlah Software Akuntansi dalam mengelola usaha anda agar dapat mengetahui  3 hal ini :

  • Tahu berapa laba bersih yang didapat
  • Bisa cek kesehatan bisnis darimana saja
  • Bisa cek stok dan penjualan dari hape

Sehingga laporan keuangan Online Shop anda bisa lebih baik dan teratur dengan menggunakan aplikasi Pembukuan Online Shop.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :