⌛️ Besok Terakhir, Diskon 15% untuk Distributor!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

10 Aplikasi Dompet Digital Terbaik di Indonesia 2023

Pahami jenis-jenis dompet digitl terbaik di Indonesia dan cara penerapan pembayaran digital bagi pelaku usaha detail pada artikel berikut
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Wednesday, 27 September 2023

Aplikasi dompet digital terbaik atau e-wallet menyediakan berbagai transaksi keuangan yang menawarkan fleksibilitas, kepraktisan, dan kecepatan. Oleh karena itu, tidak jarang orang Indonesia memilih untuk menggunakannya. Sebagai pemilik bisnis, penting untuk mengenali dan mengakui bahwa dompet elektronik ini memainkan peran penting.

Dimana, dompet digital telah membuka pintu bagi para pengusaha untuk menghadirkan kemudahan pembayaran bagi pelanggan mereka, mengurangi hambatan transaksi, dan memperluas jangkauan bisnis mereka. Apa saja jenisnya dan bagaimana cara menerapkannya dalam bisnis Anda? Simak selengkapnya pada artikel di bawah ini:

10 Aplikasi Dompet Digital Umum Digunakan di Indonesia

Dompet Digital Di Indonesia

Ilustrasi beberapa dompet digital yang digunakan di Indonesia (Credit: Bee.id)

Berikut beberapa dompet digital yang umum digunakan di Indonesia:

1. GoPay

Dompet digital terbaik pertama ada GoPay, salah satu layanan keuangan berbasis teknologi (financial technology) yang berasal dari aplikasi ojek online terkemuka, GoJek. GoPay telah menjadi salah satu dompet digital terpopuler di Indonesia sejak tahun 2019, dengan dukungan dan izin resmi dari Bank Indonesia.

Selain itu, GoPay tidak hanya menyediakan layanan pembayaran di berbagai merchant, tetapi juga menawarkan beragam fitur lainnya, termasuk pengisian pulsa, pembayaran tagihan, layanan pemesanan makanan, serta pembayaran untuk jasa pengiriman barang. Proses pengisian saldo GoPay juga sangat mudah dilakukan, dengan berbagai opsi, mulai dari ATM, mobile banking, hingga internet banking.

2. OVO

Berikutnya, selain GoJek, OVO juga merupakan salah satu dompet digital yang sangat populer di Indonesia dan saat ini mendominasi lebih dari 70% pusat perbelanjaan di negara ini, termasuk kafe, bioskop, dan supermarket.

Selain digunakan untuk transaksi online, OVO juga dapat digunakan untuk pembayaran offline dengan menggunakan QR code (Qris) yang tersedia di berbagai merchant yang bermitra dengan platform ini.

OVO menawarkan dua fitur utama, yaitu pembayaran yang mudah dan cepat untuk berbagai kebutuhan, serta poin loyalitas yang diberikan kepada pengguna setiap kali bertransaksi di merchant rekanan OVO. Poin ini dapat digunakan kembali sebagai alat pembayaran di merchant yang bekerja sama dengan OVO, di mana 1 poin OVO setara dengan Rp 1.

3. Dana Dompet Digital

Selanjutnya ada DANA salah satu dompet digital yang memiliki prestasi yang luar biasa, dimana DANA berhasil mencapai peringkat tiga besar di antara penyedia layanan e-wallet lainnya di seluruh dunia, meskipun masih tergolong baru karena diluncurkan pada tahun 2018.

Keunggulan DANA tidak hanya terletak pada izin dari Bank Indonesia, tetapi juga pada keamanan yang diperkuat dengan integrasi data dari Kependudukan dan Catatan Sipil. DANA dapat digunakan untuk bertransaksi baik dalam lingkup online maupun konvensional.

Dengan konsep open platform yang memungkinkan integrasi dengan berbagai layanan transaksi digital lainnya dari berbagai vendor yang telah bekerja sama. Dengan bermitra dengan merek terkenal seperti KFC, Bukalapak, TIX.ID, hingga Samsung Pay, DANA menawarkan beragam opsi transaksi digital, bahkan memungkinkan pengguna untuk menabung.

4. Shopeepay

Keempat ada Shopee Pay, merupakan bagian dari ekosistem Shopee, salah satu platform e-commerce terbesar di Asia Tenggara. Shopeepay ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran yang cepat dan aman saat berbelanja di Shopee.

Fitur-fitur unggulan Shopee Pay mencakup kemampuan untuk menyimpan saldo, menghubungkan kartu kredit atau rekening bank, serta melakukan transfer uang antar pengguna Shopee Pay. Keunggulan lainnya adalah integrasi yang mudah dengan platform Shopee, memungkinkan pembayaran langsung dari aplikasi Shopee tanpa keluar dari platform.

Selain itu, Shopee Pay dapat digunakan untuk pembayaran di merchant fisik yang telah bermitra dengan Shopee, menawarkan kenyamanan dalam berbelanja di lokasi yang berbeda.

5. LinkAja

Selanjutnya, LinkAja dompet digital yang dikembangkan oleh sejumlah perusahaan besar, termasuk Telkomsel, BRI, BNI, Mandiri, dan beberapa bank lainnya. Aplikasi LinkAja menyediakan beragam fitur yang memudahkan pengguna dalam transaksi keuangan.

Seperti menyimpan uang, transfer ke sesama pengguna LinkAja, transfer ke rekening bank, pembayaran di berbagai merchant atau toko online yang bermitra, top up pulsa, pembelian token listrik, dan banyak lagi.

6. i.Saku

Keenam ada i.Saku, e-wallet yang dimiliki oleh Grup Salim, yang juga memiliki Indomaret. i.Saku memudahkan pelanggan Indomaret dalam bertransaksi dan telah terintegrasi dengan Indomaret Poinku. Aplikasi ini memungkinkan berbagai pembayaran seperti tiket, pulsa, dan lainnya, sehingga menjadi pilihan utama pelanggan Indomaret.

7. Jenius

Jenius adalah salah satu pendatang baru dalam layanan dompet digital di Indonesia yang dikembangkan oleh Bank Tabungan Pensiunan Negara (BTPN). Jenius menargetkan pengguna yang lebih suka transaksi tanpa uang tunai karena alasan praktis dan keamanan.

Fitur-fitur unggulan Jenius mencakup aktivasi akun tanpa harus ke bank, aktivasi akun melalui video call, penggunaan debit card seperti kartu kredit virtual, pembagian tagihan, pembayaran dengan QRIS, bunga yang kompetitif, dan dukungan untuk berbelanja di merchant Indonesia.

Jenius menawarkan fitur tabungan virtual dan kartu kredit, serta opsi untuk berlangganan layanan seperti Netflix dan Spotify. Jenius terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan memiliki sertifikat penjaminan dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

8. Sakuku

Berukutnya ada Sakuku, yakni produk dompet digital dari Bank BCA yang memudahkan transaksi digital dan lainnya. Sakuku terdiri dari dua jenis berdasarkan layanan yang diberikan, yaitu Sakuku reguler dan Sakuku Plus. Perbedaannya terletak pada batas saldo yang dapat disimpan dalam aplikasi.

Sakuku memiliki batas saldo maksimal Rp2 juta, sementara Sakuku Plus memungkinkan pengguna menyimpan saldo hingga Rp10 juta. Selain itu, Sakuku Plus dilengkapi dengan fitur tambahan seperti tarik tunai dan pembagian tagihan (split bill).

9. DOKU

Kesembilan ada DOKU, aplikasi pembayaran elektronik yang dimiliki oleh PT Nusa Satu Inti Artha dan cukup dikenal di Indonesia. Seperti dompet digital pada umumnya, DOKU menyediakan layanan pembayaran untuk berbagai keperluan. Keunggulan DOKU terletak pada keamanan data dan privasi pengguna, dengan menerapkan sistem keamanan ganda yang canggih.

10. JakOne Mobile

Terakhir, JakOne Mobile aplikasi dompet digital yang diluncurkan oleh Bank DKI. Aplikasi ini menggabungkan mobile wallet dan mobile banking dalam satu aplikasi. Fitur-fiturnya meliputi pembukaan deposito dari aplikasi, transaksi cashless dengan mobile wallet.

Kemudian fitur "scan to pay," layanan branchless banking untuk membuka rekening baru, transfer uang, pembayaran dan pembelian, serta layanan mobile banking (m-banking). Dengan JakOne Mobile, pengguna dapat mengakses berbagai layanan perbankan secara praktis melalui perangkat mobile mereka.

Cara Menerapkan Pembayaran Dompet Digital Terbaik bagi Pebisnis

Pebisnis juga wajib mengikuti perkembangan zaman dan kebiasaan konsumen, salah satunya dengan menyediakan sistempembayaran dompet digital, bagaimana caranya? Anda bisa menggunakan software kasir online Beepos, dengan sistem kasir cepat, kekinian dan fleksibel bisa layan berbagai macam metode pembayaran termasuk E-Wallet dan QRIS.

Beepos Bisa Bikin Usaha Anda Makin Modern Dan Kekinian Dengan Fitur Pembayaran E Wallet

Selain itu, Beepos juga terintegrasi dengan software akuntansi sebagai back offlice. Sehingga, selain kasir Anda juga akan mendapatkan fitur akunting yang akan menjadikan bisnis Anda jadi lebih mudah dan menyenangkan. Yuk coba langganan sekarang juga dengan klik banner di atas dan berikan layanan pembayaran dompet digital terbaik kepada customer sesegera mungkin.

Artikel Terkait

Mengenal Indeks Harga sebagai Alat Ukur Penjualan
Anda tentu pernah mendengar istilah "indeks harga," tetapi apakah Anda benar-benar memahami apa artinya? Indeks harga adalah salah satu konsep
Baca Juga
Urutan E-Commerce Terbaik untuk Anda yang Ingin Ekspansi Bisnis
Saat memilih platform e-commerce yang tepat untuk ekspansi bisnis, Anda dihadapkan dengan sangat banyak pilihan. Banyak sekali E-commerce terbaik yang
Baca Juga
Bisnis UMKM Adalah, Definisi dan Perkembangannya
Bagi pelaku usaha yang dibilang masih kecil, kita sering mendengar kata UMKM. Tentunya banyak orang yang sudah mengetahui apa itu
Baca Juga
Komponen Sistem Pembayaran: Tujuan, Jenis dan Contohnya
Dalam dunia modern ini, kita sering mendengar istilah komponen sistem pembayaran ketika berbicara tentang transaksi keuangan. Tetapi, pernahkah Anda pernah
Baca Juga
Contoh Faktur Penjualan, Komponen dan Fungsinya (Lengkap)
Menjalankan sebuah usaha yang melibatkan transaksi pastinya membutuhkan sebuah kwitansi atau faktur penjualan maupun faktur pembelian sebagai bukti. Faktur sendiri
Baca Juga
E Commerce Indonesia: Pengertian dan Marketplace Populer
Beberapa tahun terakhir kegiatan belanja online melalui e-commerce Indonesia telah menjadi tren tersendiri di tengah masyarakat. Seperti yang diketahui bersama,
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu