Logo Bee Web

Rahasia Usaha Bengkel Biar Ramai Seperti AHASS

Tips atau strategi agar usaha bengkel biar ramai beserta kunci sukses mendirikan atau memulai usaha bengkel
Penulis: Rizal Arisona
Dipublish Tgl: Thursday, 21 July 2022

Membahas mengenai usaha tentu tidak lepas dengan tips agar ramai dan bisa berkembang. Usaha pun banyak sekali jenisnya termasuk ada usaha bengkel. Adapun tips atau strategi agar usaha bengkel biar ramai. Anda pun bisa mengaplikasikan secara langsung tips memulai usaha bengkel ini. Bahkan artikel ini juga membagikan ilmu mengenai kunci sukses mendirikan usaha bengkel.

Tips Memulai Usaha Bengkel Biar Ramai Seperti AHASS

  • Pencarian Lahan Usaha

Mencari lahan usaha merupakan hal utama dan penting untuk memulai usaha bengkel biar ramai ini. Anda bisa mencari lahan usaha yang lokasinya ramai dan strategis.

  • Perlengkapan dan Peralatan Kerja

Peralatan Bengkel Untuk Modal Usaha

Peralatan Bengkel Untuk Modal Usaha (Sumber: Pexels.com)

Tips kedua adalah Anda perlu melengkapi segala jenis peralatan kerja di bengkel. Hal ini bertujuan agar kinerja dan pelayanan usaha bengkel Anda bisa lebih optimal.

  • Kualitas Pelayanan

Agar usaha bengkel bisa ramai tentu Anda harus mengutamakan yang namanya kualitas baik kualitas hasil kinerja maupun pelayanan. Jika pelayanan bagus tentu customer juga ikut puas.

Baca Juga: Strategi Rahasia Membangun Customer Loyalty

  • Strategi Cara Promosi Bengkel

Promosi tentu tidak bisa lepas dengan dunia usaha. Anda perlu belajar dan memperhatikan strategi promosi untuk usaha bengkel Anda. Hal ini bertujuan agar usaha Anda bisa lebih dikenal oleh orang.

  • Layanan Panggilan

Lelaki Menelpon

Ilustrasi Layanan Booking via Telepon (Sumber: Freepik.com)

Tips kelima agar usaha bengkel bisa ramai adalah Anda menyediakan layanan untuk panggilan. Artinya customer bisa menghubungi bengkel Anda melalui via telepon atau panggilan. Hal ini tentu sangat memudahkan customer jika memang kendala yang dialami adalah darurat.

  • Mempersiapkan Manajemen dan Teknisi yang Baik

Usaha bengkel bisa ramai jika Anda mampu mempersiapkan manajemen dan teknisi yang baik. Teknisi disini memang memiliki peranan yang penting untuk kemajuan bengkel Anda. Anda perlu merekrut teknisi yang ahli di bidang sehingga mampu mengatasi segala masalah atau kendala yang dialami oleh pihak customer.

  • Memberikan Souvenir Untuk Pelanggan Setia

Usaha memang tidak lepas dari yang namanya promo atau gift. Anda bisa memberikan souvenir untuk customer Anda yang setia berlangganan menggunakan bengkel Anda untuk setiap kendala yang customer alami.

  • Menggunakan Pembukuan

12 Beeaccounting Software Bengkel Laba Rugi

Contoh Laporan Laba Rugi Usaha Bengkel

Tips selanjutnya adalah perihal pembukuan. Agar Anda bisa tertata dalam manajemen keuangan tentu Anda perlu adanya pembukuan. Hal ini bertujuan agar Anda mengetahui pemasukan dan pengeluaran tiap bulannya.

Baca Juga: Contoh Pembukuan Sparepart dan Cara Membuat Pembukuan Sederhana

  • Menentukan Market Bengkel

Usaha bengkel bisa ramai tentu karena sudah tepat marketnya. Anda pun bisa menentukan market bengkel Anda terlebih dahulu agar bisa tepat sasaran.

Rahasia Strategi Usaha Bengkel Biar Ramai

  • Utamakan kepuasan pelanggan

Agar usaha bengkel Anda bisa ramai tentu Anda harus selalu mengutamakan yang namanya kepuasan customer atau pelanggan. Jika customer puas tentu bisa berlangganan di bengkel Anda. Jika pelanggan puas maka bisa memberikan review yang bagus dan ini bagus untuk perkembangan usaha Anda.

  • Berikan nilai lebih pada konsumen

Anda bisa memberikan nilai lebih untuk customer. Misalnya memberikan pelayanan gratis yang mana hal ini membuat customer senang karena bisa menandakan bahwa Anda tidak hanya mementingkan keuntungan namun juga kepuasan customer.

  • Terapkan sistem manajemen yang baik

Manajemen tentu sangat mempengaruhi sebuah suksesnya usaha termasuk usaha bengkel Anda. Manajemen disini tentu bisa manajemen operasional, manajemen waktu, maupun manajemen keuangan.

  • Perhatikan kualitas dan berikan garansi produk

Kualitas adalah yang paling utama artinya Anda tetap menomorsatukan kualitas. Bahkan jika ada beberapa part kendaraan yang memang harus diganti maka Anda pun harus menyediakan part tersebut dengan memberikan garansi produk.

  • Manajemen keuangan

Rahasia terakhir agar usaha bengkel Anda bisa ramai adalah manajemen keuangan. Artinya Anda membuat arus kas yang isinya mengenai pemasukan dan pengeluaran setiap bulan. Sehingga setiap bulannya Anda pun juga bisa evaluasi.

Kunci Sukses Usaha Bengkel

  • Rekrut mekanik/montir yang benar-benar ahli

Suasana Servis Bengkel Ahass Terlihat Ramai

Suasana Mekanik Sedang Memperbaiki Motor (Sumber: Otosia.com)

Kunci yang pertama adalah Anda perlu merekrut montir yang benar-benar ahli di bidangnya. Hal ini bertujuan agar segala kendala yang dialami customer bisa diatasi dengan benar. Selain itu, dengan mempunyai montir yang ahli tentunya bisa membangun kepercayaan customer terhadap usaha bengkel Anda.

  • Layani pelanggan dengan ramah

Pelayanan memang sangat diutamakan apalagi usaha yang berbidang jasa. Anda bisa memberikan pelayanan dengan komunikasi yang ramah sehingga customer bisa dengan nyaman dan berlangganan ke bengkel Anda.

  • Buat suasana ruang tunggu yang nyaman

Ruang Tunggu Servis Auto2000

Contoh Ruang Tunggu Servis di Auto2000 (Sumber: auto2000.co.id)

Usaha bengkel memang tidak bisa lepas dengan yang namanya antrian orderan. Untuk mengoptimalkan hal ini maka Anda bisa membuat suasana ruang tunggu yang nyaman sehingga meskipun nomor antrian panjang customer tidak mengeluh.

  • Cara Promosi/iklan Bengkel

Kunci sukses usaha bengkel biar ramai adalah membuat promosi atau iklan. Hal ini sangat penting karena bisa mengenalkan usaha Anda ke orang sekitar. Bisa jadi customer tidak memilih bengkel Anda karena banyak yang tidak tahu jika Anda mendirikan usaha bengkel.

  • Perhatikan harga pesaing

Usaha tentu identic dengan persaingan harga. Oleh sebab itulah Anda perlu melakukan survei kecil-kecilan mengenai harga agar harga yang Anda berikan tidak terlalu murah juga tidak terlalu mahal. Dalam arti bisa menjangkau orang sekitar.

Manajemen Antrian Order Bengkel dengan Software Bengkel Beeaccounting

Dalam mendirikan usaha bengkel tentu Anda perlu memperhatikan urutan antrian order servis di bengkel. Jika Anda menyepelekan hal ini mungkin banyak customer yang kecewa karena antrian yang panjang atau antrian yang tidak berurutan. Oleh sebab itulah, Beeaccounting Bengkel inilah yang bisa menjadi solusi terbaik.

Beeaccounting Bengkel Cc Web

Anda pun juga tidak akan kewalahan saat banyaknya jumlah orderan di bengkel Anda. Cara mendapatkan software ini pun sangatlah mudah. Anda bisa langsung membuka website resmi Beeaccounting untuk manajemen antrian order maka langsung muncul. Anda bisa langsung klik Chat via WA untuk konsultasi.

Cara penggunaannya pun juga sangatlah mudah namun dengan fitur yang lengkap sesuai kebutuhan usaha bengkel.

  • Anda bisa melakukan manajemen antrian order servis dengan mudah.
  • Selain itu Anda bisa melakukan cetak PKB (Perintah Kerja Bengkel) dan berisi keluhan berikut jasa service plus parts yang diperlukan.
  • Hitung otomatis komisi mekanik tanpa repot rekap-rekap manual dan hitungannya pasti akurat
  • Bisa digunakan untuk kontrol ratusan stok sparepart, proses stok opname juga mudah karena tinggal cocokan dengan sistem
  • Yang terakhir, Anda jadi tahu Pendapatan Jasa vs Pendapatan Sparepart

Dari penjelasan di atas tentu Anda sudah mengenali tips agar usaha bengkel biar ramai. Selain itu Anda juga sudah memahami cara meminimalkan kesalahan saat melayani customer.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Mengenal Segmentasi Pasar, Tujuan, Contoh dan Caranya
Segmentasi pasar adalah istilah pemasaran yang merujuk pada metode menjumlahkan calon pembeli ke dalam kelompok atau segmen dengan kebutuhan yang
Baca Juga
7 Langkah Perencanaan Keuangan Bisnis, Contoh dan Manfaatnya
Proses perencanaan bisnis tidak hanya sekedar menggambarkan visi dan misi, tetapi juga melibatkan analisis mendalam terhadap pasar, pesaing, dan faktor-faktor
Baca Juga
11 Rekomendasi Franchise Minuman Kekinian Paling Laris 2023
Pengen buka usaha waralaba/ franchise minuman kekinian tapi bingung mau pilih yang mana? Bee telah merangkum 11 rekomendasi franchise minuman
Baca Juga
8 Tips Membangun Teamwork dan Bicara Tentang Team Building
Apa Itu Teamwork? Bisnis tidak bisa dijalankan seorang diri. Bisnis yang besar pasti memiliki kerjasama tim atau teamwork yang baik.
Baca Juga
COD Artinya Cash On Delivery, Seperti Inilah Cara Menerapkannya
COD artinya sistem pembayaran langsung. Saat ini banyak sekali metode pembayaran yang tersedia sehingga mampu memberikan kemudahan bagi penjual dan
Baca Juga
7+ Cara Menentukan Target Market untuk Bisnis UMKM
Dalam menjalankan bisnis menentukan target  market atau target pasar adalah hal penting, agar proses pemasaran nanti mendapatkan angka penjualan yang
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu