Web Logo Bee
Penulis: Rizal Arisona

12 Franchise Makanan untuk Pemula Modal Kecil

Dipublish Tgl: Wednesday, 28 December 2022

Franchise makanan kekinian dapat menjadi pilihan yang menarik bagi seseorang yang ingin memulai bisnis makanan namun tidak memiliki pengalaman atau sumber daya yang cukup untuk memulainya dari awal, khususnya yang ingin franchise makanan untuk pemula.

Namun, ada juga beberapa risiko yang harus dipertimbangkan dalam memutuskan untuk memulai bisnis melalui franchise makanan. Yuk, kita pelajari bersama di artikel ini.

Apa itu Franchise Makanan?

Franchise makanan adalah sebuah sistem kemitraan bisnis di mana sebuah perusahaan atau bisnis (yang disebut sebagai franchisor) memberikan hak kepada seseorang atau sekelompok orang (yang disebut sebagai franchisee) untuk menjual produk atau jasa mereka dengan menggunakan merek dagang, sistem operasi, dan bahan baku yang telah ditentukan oleh franchisor.

Dalam sebuah franchise makanan kekinian, franchisee menjual makanan atau minuman yang telah diproduksi oleh franchisor atau menggunakan resep dan bahan baku yang telah ditentukan oleh franchisor.

Franchise makanan biasanya dijual di toko atau gerai yang disebut sebagai outlet, yang bisa berupa restoran, kios makanan, atau toko kelontong.

Franchisor akan memberikan bimbingan dan dukungan kepada franchisee dalam hal mengelola bisnis, termasuk memberikan pelatihan tentang cara menyajikan produk, mengelola keuangan, dan mengelola staf.

Pemilik lokasi dapat membuat keuntungan dengan menjual produk atau layanan yang disediakan oleh pemilik merek asli.

Baca Juga: Bisnis Waralaba: Sejarah Singkat, Kelebihan, dan Kelemahannya

Cara Memilih Franchise Makanan yang Tepat sesuai Budget Anda

Untuk memilih franchise makanan yang tepat sesuai budget Anda, pertama-tama Anda harus memutuskan berapa banyak uang yang Anda miliki untuk diinvestasikan dalam bisnis. Kemudian, Anda dapat membandingkan berbagai opsi franchise makanan yang tersedia sesuai dengan budget yang telah Anda tetapkan. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti dalam memilih franchise makanan yang tepat sesuai budget Anda:

1. Tentukan Budget yang Tepat

Buat estimasi yang realistis tentang berapa banyak uang yang Anda miliki untuk diinvestasikan dalam bisnis franchise makanan kekinian. Jika Anda tidak memiliki banyak uang, Anda mungkin harus memilih franchise makanan yang memiliki biaya yang lebih rendah. Namun, ingat bahwa franchise makanan yang memiliki biaya yang lebih rendah mungkin juga memiliki potensi keuntungan yang lebih rendah.

2. Cari Tahu Tentang Biaya yang Terkait dengan Setiap Opsi Franchise

Setiap franchise makanan akan memiliki biaya yang berbeda-beda, termasuk royalti, fee, biaya pelatihan, dan biaya pengembangan. Pastikan Anda memahami seluruh biaya yang terkait dengan setiap opsi franchise yang Anda pertimbangkan sebelum membuat keputusan.

3. Baca Kontrak dengan Seksama

Pastikan Anda membaca dan memahami kontrak yang ditawarkan oleh franchisor dengan seksama. Kontrak ini akan menjelaskan hak dan kewajiban Anda sebagai franchisee, serta ketentuan yang harus diikuti.

4. Bandingkan Opsi Franchise Makanan yang Tersedia

Setelah Anda tahu budget Anda dan biaya yang terkait dengan setiap opsi franchise, bandingkan opsi-opsi tersebut untuk menentukan franchise makanan yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

5. Mintalah Saran dari Orang-orang yang Sudah Memiliki Pengalaman dalam Bisnis Franchise Makanan

Jika Anda kesulitan menentukan franchise makanan yang tepat, pertimbangkan untuk bertanya kepada orang-orang yang sudah memiliki pengalaman dalam bisnis franchise makanan. Mereka bisa memberikan saran yang berguna tentang franchise makanan yang sesuai dengan budget Anda.

6. Jangan Terburu-buru dalam Membuat Keputusan

Jangan terburu-buru dalam memutuskan franchise makanan yang akan Anda pilih. Pastikan Anda telah mempertimbangkan semua faktor yang relevan sebelum membuat keputusan akhir.

Selain itu, ada beberapa hal lain yang perlu dipertimbangkan dalam memilih franchise makanan, seperti reputasi franchisor, lokasi yang tepat untuk outlet, dan prospek pasar di wilayah tersebut. Pastikan Anda mempertimbangkan semua faktor ini sebelum membuat keputusan akhir.

Berapa Bagi Hasil Franchise Makanan?

Ketika Anda memutuskan untuk berkecimpung di bisnis franchise makanan, Anda harus menetapkan bagi hasil yang akan dibayarkan oleh franchisor kepada Anda. Franchisor biasanya menetapkan royalti atau fee yang harus dibayarkan oleh franchisee kepada franchisor setiap periode waktu tertentu, biasanya setiap bulan atau setiap tahun.

Royalti atau fee ini biasanya merupakan persentase dari penjualan yang dihasilkan oleh franchisee. Bagi hasil yang ditawarkan oleh franchisor biasanya berkisar antara 4% hingga 12% dari penjualan. Namun, ada juga beberapa franchisor yang menawarkan bagi hasil yang lebih tinggi atau lebih rendah dari persentase tersebut.

Franchisor juga mungkin mengenakan biaya tambahan seperti biaya pelatihan, biaya pengembangan, atau biaya lainnya yang terkait dengan franchise.

Sebelum memutuskan untuk membeli franchise makanan, pastikan Anda memahami dengan jelas berapa bagi hasil yang ditawarkan oleh franchisor, serta biaya lainnya yang terkait dengan franchise.

Bagi hasil yang tinggi mungkin terlihat menarik, namun juga perlu dipertimbangkan apakah Anda akan mampu mengembalikan investasi Anda dalam waktu yang wajar dengan bagi hasil tersebut. Selalu pertimbangkan kemampuan Anda untuk mengelola bisnis dan membuat keuntungan yang cukup sebelum memutuskan untuk membeli franchise makanan.

Merk Franchise Makanan-Minuman Kurang dari 10 juta

Apa saja merk Franchise makanan Modal Kecil yang Menjanjikan di Indonesia? Berikut adalah beberapa contoh franchise makanan modal kecil kekinian yang menjanjikan di Indonesia:

5 Franchise Minuman Modal Kecil

Franchise minuman umumnya merujuk pada usaha yang menjual minuman seperti kopi, teh, jus, atau minuman ringan lainnya. Berikut daftar waralaba minuman dengan investasi di bawah 10 juta.

Paket Usaha Franchise Minuman Xioboba

Franchise Minuman Xioboba (Sumber: Waralabaku.com)

1. Xioboba Indonesia

Xioboba mengantarkan kebahagiaan bersama mengadopsi boba fresh to cup yang menyajikan cita rasa boba dengan perpaduan cita rasa yang menyegarkan. Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini mulai dari Rp 4,6 juta tergantung lokasi dan kondisi tempat usaha.

2. Mi Num Dong

Franchise ini bisa dibuka indoor ataupun outdoor dan memiliki prospek bisnis yang bagus sehingga dapat memberi passive income yang menarik. Franchise ini menyediakan 2 jenis Booth. Yang pertama booth portable ukuran 100x50cm dan yang kedua booth Kayu Jati Belanda dan kontainer ukuran 100x60x180 cm. Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini mulai dari Rp. 8,3 juta

Paket Franchise Minuman Keraton Kopi

Franchise Minuman Keraton Kopi (Sumber: Waralabaku.com)

3. Keraton Kopi

Keraton Kopi adalah produk kuliner di bidang minuman yang sedang trend dan booming. Keraton Kopi menjangkau setiap lapisan masyarakat, mulai dari anak muda sampai dewasa yang ekonomisnya rendah sampai ke atas. Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini mulai dari Rp. 8,5 juta.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Usaha Kedai Kopi untuk Pemula

4. Chaphoria Thai Tea

Peluang bisnis Tahiland Chaphoria Thai Tea dengan modal yang sangat terjangkau dengan peralatan lengkap dan siap jualan. Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini mulai dari Rp. 3,8 juta.

Usaha Franchising Minuman Dan Makanan Sure Kopi

Franchising Minuman dan Makanan Sure Kopi (Sumber: Waralabaku.com)

5. SURE COFFEE

SURE COFFEE membuka kemitraan usaha minimum kopi kekinian dengan harga ekonomis. Mengedepankan kemudahan memulai usaha minuman kekinian. Cocok bagi Anda yang ingin membuka usaha minuman kopi premium dengan harga terjangkau. Paket usaha kopi kekinian ini mulai Rp. 7,9 juta.

7 Franchise Makanan Modal Kecil

Franchise makanan kekinian ini merujuk pada usaha yang menjual makanan siap saji seperti makanan cepat saji, makanan tradisional, makanan ringan, dan lainnya. Franchise makanan dapat menjadi pilihan yang menarik bagi individu atau perusahaan yang ingin membuka usaha tapi tidak memiliki banyak pengalaman atau waktu untuk mengembangkan merek dan sistem operasi sendiri.

Franchising Makanan Kekinian Siomay Hore

Franchise Jajan Siomay Hore (Sumber: Waralaba.com)

1. Siomay Hore

Siomay Hore merupakan merk dagang usaha penjualan makanan siomay yang berdiri sejak 2007. Dan sejak itu pula Siomay Hore dipercaya konsumen sebagai produsen makanan siomay berkualitas. Dapat dinikmati oleh semua kalangan usia, mulai anak-anak, dewasa, hingga orang tua. Modal usaha untuk mendirikan franchise ini mulai Rp. 5 juta.

2. Ayam Gunting Cuwan

Paket usaha ayam gunting dengan konsep modern, bahan baku berkualitas terbaik serta lengkap sudah siap jualan. Anti ribet, terjangkau dan cepat balik modal. Seluruh keuntungan hanya milik Anda. Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini mulai dari Rp. 5 juta.

Franchising Kue Balok Arjuna

Franchise Kue Balok Arjuna (Sumber: Waralaba.com)

3. Kue Balok Arjuna

Kue cokelat dengan ciri khas bagian dalam yang lumer. Berbeda dengan kue lainnya, Kue Balok Arjuna memiliki tekstur yang lembut. Konsep bisnis yang sangat simple dan mudah di duplikasi, sehingga bisa dijalankan oleh siapapun, termasuk delegasi ke crew / karyawan Anda. Hanya dengan modal mulai Rp. 8,5 juta, Anda sudah mempunyai bisnis Kue Balok Arjuna ini.

4. Taw Taw Tahu

Peluang usaha tahu crispy paling lengkap dan murah. Tawtaw Tahu ini termasuk camilan paling laku di segala musim. Menyediakan paket kemitraan dengan berbagai macam pilihan paket sesuai kantong Anda. Paket kemitraan paling murah mulai Rp. 4,2 juta saja.

5. Dimsum Salmon

Usaha ini dimulai dari sebuah garasi mobil yang diubah menjadi tempat produksi Dimsum Salmon. Seiring berjalannya waktu rupaya usaha ini mulai tampak dan membuahkan hasil menjadi makin berkembang, hingga saat ini sudah lebih dari 20 cabang Stockis/Distributor maupun outlet yang tersebar di seluruh area JABODETABEK dan pulau Jawa.

Team Dimsum Salmon memberikan peluang usaha bagi para pecinta bisnis kuliner dan frozen food untuk turut bergabung bersama. Program Stockis atau Distributor resmi Dimsum Salmon ini membuka peluang kemitraan dengan modal mulai Rp. 8,75 juta.

Ayo Toast Paket Franchising Kekinian

Waralaba Ayo Toast (Sumber: Waralabaku.com)

6. Ayo Toast

Ayo Toast adalah franchise roti panggang termurah memiliki bahan baku pilihan terbaik, dan memberikan layanan mutu terjamin. Memberikan paket usaha termurah dan memberikan peralatan lengkap eksklusif mulai Rp. 2,9 juta include peralatan dan sudah siap jualan.

Ingat bahwa meskipun franchise modal kecil dapat menjadi pilihan yang menarik, ada juga risiko yang harus dipertimbangkan. Pastikan Anda melakukan riset yang cukup dan memahami dengan jelas ketentuan yang ditetapkan oleh franchisor sebelum memutuskan untuk membeli franchise modal kecil.

Franchise Mie Goreng Umihantsa

Franchising Mie Goreng Umihantsa (Sumber: Waralabaku.com)

7. Mie Goreng Umihantsa

Mie Goreng Umihantsa merupakan mie yang sehat tanpa MSG, tanpa pengawet, tanpa kimia, tanpa pewarna dan bersetifikat halal. Penawaran saling menguntungkan untuk ibu rumah tangga, para karyawan dan calon pengusaha sukses sebagai Distributor Umihantsa. Paket investasinya mulai Rp. 8,8 juta.

Bagaimana Cara Membeli Bisnis Franchise?

Membeli waralaba bisnis makanan adalah keputusan besar dengan banyak detail yang harus dipertimbangkan. Untuk memulainya, Anda harus menghubungi pemilik waralaba - perusahaan yang memiliki konsep bisnis - dan menegosiasikan persyaratan yang sesuai untuk kedua belah pihak. Tergantung pada perjanjian Anda, Anda mungkin diminta untuk melakukan investasi awal yang mencakup biaya waralaba dan biaya lisensi.

Anda juga wajib memeriksa catatan kesuksesan pemilik waralaba. Apakah mereka memiliki reputasi yang baik? Apakah waralaba mereka yang lain menguntungkan? Bagaimana hubungan produk mereka dengan pelanggan ?

Luangkan waktu untuk mengajukan pertanyaan dan melakukan riset, Anda pasti tidak ingin melakukan investasi yang buruk atau mendaftar dengan operator yang salah. Terakhir, cari kemungkinan adanya peraturan pemerintah atau pembatasan dalam membuka dan mengoperasikan waralaba makanan khusus ini di daerah Anda.

Kiat untuk Mengembangkan Bisnis Franchise Makanan Anda

Jika Anda sebagai Franchisor, berikut ini adalah beberapa kiat yang dapat Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis franchise makanan Anda:

1. Jelaskan Visi Anda dan Fokus pada Pelanggan

Visi Anda harus berkaitan dengan pelanggan Anda dan Anda harus fokus pada meningkatkan pengalaman mereka. Carilah cara untuk menjadi lebih unik dan menarik dari pesaing Anda. Sebuah ide yang bagus adalah menciptakan suasana unik di toko Anda dengan menggunakan hiasan khusus atau memilih musik yang sesuai dengan konsep Anda.

2. Pertahankan Kualitas

Pastikan Anda hanya menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi untuk membuat produk Anda. Dengan kualitas produk yang baik, Anda dapat membangun kepercayaan pelanggan Anda dan memberi mereka alasan untuk kembali lagi.

3. Manfaatkan Teknologi

Teknologi dapat membantu Anda meningkatkan efisiensi operasional Anda dan memudahkan proses bisnis Anda. Gunakan teknologi untuk membuat proses pemesanan dan pengiriman produk Anda lebih cepat dan lebih efisien.

Sebuah usaha franchise makanan tentu masih membutuhkan software kasir untuk mengelola keuangan dan transaksi bisnis. Beepos Mobile adalah salah satu contoh software kasir yang dapat membantu mengatur dan mencatat setiap transaksi yang terjadi di bisnis, seperti pembelian bahan baku, penjualan produk, dan pembayaran dari pelanggan.

23 Desember Cta Bp

Software kasir juga dapat membantu mengelola laporan keuangan, seperti laporan pendapatan, pembelian, dan biaya operasional. Dengan menggunakan software kasir, bisnis dapat lebih terorganisir dan mudah mengakses informasi keuangan.

4. Promosikan Usaha Anda

Promosi adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan penjualan Anda. Anda dapat mempromosikan usaha Anda di media sosial, di majalah lokal, di acara-acara lokal, dan di radio lokal. Anda juga dapat menggunakan alat pemasaran seperti iklan display, iklan video, atau iklan email untuk meningkatkan brand awarness Anda.

5. Tawarkan Menu Baru

Menambahkan menu baru ke dalam pilihan makanan yang Anda tawarkan dapat menjadi cara yang efektif untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan keberlangsungan bisnis Anda. Pastikan untuk terus mencari inspirasi menu baru yang sesuai dengan selera pelanggan Anda.

6. Tawarkan Layanan yang Lebih Baik

Layanan yang lebih baik dapat menarik pelanggan yang lebih banyak dan membuat mereka kembali lagi. Anda dapat menawarkan layanan yang lebih baik dengan cara meningkatkan kualitas makanan yang Anda tawarkan, menyediakan meja yang lebih nyaman, atau meningkatkan kecepatan pelayanan.

Perlu diingat bahwa mengembangkan bisnis franchise makanan kekinian memerlukan usaha yang konsisten dan tidak mudah. Namun, dengan memperhatikan beberapa kiat di atas dan terus belajar dari pengalaman Anda, Anda dapat mengembangkan bisnis franchise makanan Anda dengan lebih baik dan mencapai keberhasilan yang lebih besar.

Ketika Anda mencari waralaba makanan, penting untuk memastikan Anda memilih bisnis yang tidak hanya sukses tetapi juga sesuai dengan tujuan dan gaya hidup Anda. Lakukan riset dan ajukan pertanyaan yang tepat untuk menemukan yang cocok untuk Anda.

Faktur Motor Bukti Sah Pembelian Kendaraan dan Fungsinya
Membahas tentang faktur motor tentu tidak bisa lepas dari pembelian sepeda motor. Faktur kendaraan bermotor ini sangatlah penting karena ini […]
Baca Juga
5 Cara Bisnis Rental Mobil yang Sukses
Bisnis rental mobil termasuk salah satu jenis usaha yang memiliki peluang kesuksesan cukup menjanjikan. Namun, untuk memulai bisnis di bidang […]
Baca Juga
Mudahnya Bikin Laporan Keuangan dengan Aplikasi Keuangan
Segala kemudahan kita dapatkan di zaman ini, termasuk kemudahan dalam menjalankan sebuah usaha. Salah satunya dengan menggunakan berbagai aplikasi laporan […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No. 41B, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2023 Bee.id
magnifiercrossmenu