Logo Bee Web

DSO Adalah: Rumus, Indikator dan Cara Meningkatkannya

DSO adalah singkatan Days Sales Outstanding, bisa jadi kunci keberhasilan finansial perusahaan Anda. Pelajari cara menghitungnya di sini
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 7 November 2023

DSO adalah singkatan dari Days Sales Outstanding, sebuah rasio keuangan yang memainkan peran kritis dalam mengukur efisiensi manajemen piutang usaha suatu perusahaan.

Sebagai indikator kunci dalam analisis keuangan, DSO memberikan gambaran tentang seberapa cepat perusahaan dapat mengonversi penjualan menjadi arus kas melalui pengumpulan pembayaran dari pelanggan.

Artikel ini akan membahas secara rinci DSO beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya, menjelaskan rumusnya, dan memberikan panduan langkah-langkah praktis untuk meningkatkan atau mengelola DSO dengan efektif.

DSO Adalah …

Days Sales Outstanding

DSO adalah salah satu indikator yang mampu memberikan gambaran tentang seberapa efisien perusahaan dalam mengelola uang yang seharusnya mereka terima dari penjualan (Credit: Freepik.com)

Days Sales Outstanding atau DSO adalah cara untuk mengukur seberapa cepat sebuah perusahaan bisa mengumpulkan uang dari penjualan yang dilakukan kepada pelanggan.

Misalnya, jika perusahaan menjual barang atau jasa kepada pelanggan, DSO akan menghitung berapa lama waktu yang dibutuhkan bagi perusahaan untuk mendapatkan pembayaran dari pelanggan setelah penjualan tersebut.

Hitungan DSO bisa dilakukan per bulan, per tiga bulan, atau per tahun, tergantung pada kebutuhan perusahaan. Ini sebenarnya seperti mengukur seberapa efisien perusahaan dalam mengelola piutangnya.

DSO ini seperti pengukur kesehatan keuangan perusahaan. Semakin rendah angka DSO, semakin baik. Ini menandakan bahwa perusahaan mampu mengumpulkan uang yang mereka tunggu dari pelanggan dengan cepat.

Jadi, semakin rendah DSO, semakin lancar arus kas perusahaan, dan risiko terjadinya tunggakan pembayaran atau kredit macet lebih kecil. Sehingga bisa disimpukan jika DSO adalah salah satu indikator yang mampu memberikan gambaran tentang seberapa efisien perusahaan dalam mengelola uang yang seharusnya mereka terima dari penjualan.

Perbedaan DIO, DSO, dan DPO

Terdapat tiga metrik atau rasio keuangan yang bermanfaat untuk mengukur aspek-aspek penting dalam manajemen keuangan dan operasional suatu bisnis. Meskipun ketiganya terlihat serupa, sebenarnya mereka adalah konsep yang berbeda.

1. Days Inventory Outstanding (DIO)

DIO mengukur rata-rata jumlah hari yang diperlukan perusahaan untuk menjual persediaannya. Berguna dalam mengelola persediaan barang di gudang dengan lebih efisien.

Rumus DIO: (Rata-rata Persediaan / Penjualan Bersih Tahunan) x 365

Dengan catatan semakin rendah nilai DIO, semakin cepat persediaan berputar.

2. Days Sales Outstanding (DSO)

Sedangkan DSO digunakan mengukur rata-rata hari yang diperlukan oleh perusahaan dalam mengumpulkan piutang usaha dari pelanggan. Membantu manajemen arus kas dan mengevaluasi efisiensi penagihan dan regulasi kredit. Semakin tinggi nilai DSO, semakin sulit perusahaan mengumpulkan piutang dari penjualan.

Baca Juga: 7 Contoh Invoice Penagihan dalam Transaksi Jual Beli

3. Days Payable Outstanding (DPO)

Kemudian untuk DPO adalah alat untuk mengukur rata-rata waktu yang diperlukan perusahaan untuk membayar supplier atau hutang dagangnya. Mendukung hubungan dengan pemasok bahan baku dan mempengaruhi likuiditas.

Rumus: (Hutang Dagang Bersih / Pembelian Bersih Tahunan) x 365

Semakin tinggi nilai DPO, semakin lama perusahaan menunda pembayaran kepada supplier. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa:

  • DIO mengukur efisiensi pengelolaan persediaan barang.
  • DSO mengukur efisiensi penagihan piutang dari penjualan.
  • DPO mengukur kemampuan perusahaan dalam membayar utang kepada supplier.

Meskipun ketiganya memiliki peran yang berbeda, kontribusi mereka penting dalam mengelola keuangan dan operasional bisnis. Penggunaan metrik ini membantu optimalisasi aliran kas, efisiensi operasional, dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan dan pemasok.

Rumus DSO atau Day Sales Outstanding

Rumus Dso

Ilustrasi menghitung rumus DSO atau Days Sales Outstanding (Credit: Freepik.com)

Rumus DSO (Days Sales Outstanding) bisa dijelaskan dengan cara sederhana:

DSO = (Piutang Usaha / Penjualan Bersih) x 365 hari

  • Piutang Usaha adalah jumlah uang yang terutang kepada perusahaan dari pelanggan.
  • Penjualan Bersih adalah penjualan total dikurangi potongan penjualan dan pengembalian penjualan.
Misalkan:

Piutang Usaha = Rp 100.000.000

Penjualan Bersih = Rp 500.000.000

DSO = (Rp 100.000.000 / Rp 500.000.000) x 365 hari = 73 hari

Jika kita lihat rumusnya, langkah pertama adalah menghitung rasio piutang usaha terhadap penjualan bersih. Kemudian, hasilnya dikalikan dengan 365 hari untuk mendapatkan angka dalam satuan hari.

Angka DSO yang rendah menunjukkan bahwa perusahaan dapat mengumpulkan uang dari penjualan dengan cepat. Sebaliknya, angka yang tinggi bisa mengindikasikan bahwa perusahaan memerlukan waktu yang lebih lama untuk mengumpulkan pembayaran dari pelanggan. Jadi, semakin rendah nilai DSO, semakin baik kondisi keuangan perusahaan dari segi mengelola piutang usaha.

Baca Juga: Definisi Piutang Serta Cara Mudah Mengatasi Piutang

Batasan DSO yang Optimal Bagi Perusahaan

Days Sales Outstanding yang ideal tergantung pada industri dan kondisi bisnis perusahaan. Secara umum, Days Sales Outstanding yang lebih rendah dari rata-rata industri dianggap baik.

Berikut adalah penjelasan yang lebih rinci:

1. DSO yang Ideal

DSO yang dianggap ideal bervariasi tergantung pada industri dan situasi bisnis perusahaan. Secara umum, memiliki DSO yang lebih rendah dari rata-rata industri dianggap sebagai tanda positif.

2. Indikator Nilai DSO

  • DSO < 30 Hari: Kondisi keuangan perusahaan sangat baik. Ini menunjukkan bahwa perusahaan mampu mengumpulkan pembayaran dari pelanggan dengan sangat cepat, yang dapat meningkatkan likuiditas dan mengurangi risiko kredit macet.
  • 30 Hari < DSO < 60 Hari: Kondisi keuangan perusahaan cukup baik. Perusahaan masih dapat mengumpulkan piutang usaha dengan cepat, tetapi mungkin ada ruang untuk lebih ditingkatkan efisiensi dalam proses penagihan.
  • 60 Hari < DSO < 90 Hari: Kondisi keuangan perusahaan perlu ditingkatkan. DSO yang berada dalam rentang ini menunjukkan bahwa perusahaan mungkin memerlukan peningkatan dalam proses penagihan piutang. Ada potensi untuk mempercepat aliran kas dengan mengelola lebih efisien pengumpulan pembayaran.
  • DSO > 90 Hari: Kondisi keuangan perusahaan sangat buruk. Dengan DSO yang melebihi 90 hari, perusahaan memiliki risiko kredit macet yang tinggi. Ini bisa menjadi indikator bahwa perusahaan mengalami kesulitan dalam mengumpulkan pembayaran dari pelanggan, dan perlu mengambil tindakan untuk mengurangi risiko tersebut.

3. Rekomendasi Nilai DSO

Perusahaan perlu secara aktif memantau dan mengelola DSO mereka. Jika DSO berada di atas batas yang dianggap ideal, langkah-langkah perbaikan dan strategi penagihan yang lebih efisien dapat membantu meningkatkan kondisi keuangan perusahaan.

Dengan memahami interpretasi DSO, perusahaan dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan efisiensi penagihan dan mengoptimalkan manajemen piutang usaha mereka.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi DSO (Days Sales Outstanding)

Foto Industri Pabrik Masker

Jenis industri juga sangat mempengaruhi DSO (Credit: Freepik.com)

Days Sales Outstanding (DSO) dipengaruhi oleh berbagai faktor yang mencerminkan keadaan bisnis dan manajemen keuangan suatu perusahaan. Berikut adalah penjelasan lebih lengkap mengenai faktor-faktor yang dapat mempengaruhi DSO:

1. Jenis Industri

Jenis industri tempat perusahaan beroperasi dapat secara signifikan memengaruhi DSO. Contoh: Industri seperti ritel dan jasa cenderung memiliki DSO yang lebih tinggi dibandingkan dengan industri manufaktur. Ini mungkin karena dalam industri ritel dan jasa, proses penagihan bisa memakan waktu lebih lama.

2. Kebijakan Kredit

Perusahaan yang memberikan kredit kepada pelanggannya biasanya akan memiliki DSO yang lebih tinggi dibandingkan dengan perusahaan yang hanya melakukan penjualan tunai.

Contoh: Jika suatu perusahaan memberikan persyaratan pembayaran yang panjang kepada pelanggan, DSO-nya kemungkinan akan meningkat karena periode penagihan yang lebih lama.

3. Sistem Penagihan

Efisiensi sistem penagihan dapat memengaruhi DSO secara langsung. Sistem yang canggih dan efisien dapat mempercepat proses penagihan. Contoh: Perusahaan dengan sistem penagihan otomatis atau yang terintegrasi dengan sistem keuangan dapat mengumpulkan piutang lebih cepat, menghasilkan DSO yang lebih rendah.

4. Faktor Ekonomi

Kondisi ekonomi, seperti resesi, dapat berdampak pada DSO. Contoh: Selama resesi, pelanggan mungkin mengalami kesulitan membayar tagihan tepat waktu, yang dapat memperpanjang periode penagihan dan meningkatkan DSO.

5. Karakteristik Pelanggan

Tipe pelanggan, seperti apakah mereka perusahaan besar atau usaha kecil, dapat memengaruhi DSO. Contoh: Perusahaan yang memiliki pelanggan besar dengan siklus pembayaran yang panjang mungkin memiliki DSO yang lebih tinggi karena waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan transaksi bisnis dengan perusahaan besar.

6. Kualitas Manajemen Piutang

Kemampuan manajemen dalam mengelola dan menagih piutang dapat mempengaruhi DSO. Contoh: Proses penagihan yang efektif, pengelolaan risiko kredit yang baik, dan tindakan proaktif terhadap piutang macet dapat membantu menjaga DSO tetap rendah.

Pemahaman terhadap faktor-faktor ini membantu perusahaan mengidentifikasi area di mana mereka dapat meningkatkan efisiensi penagihan, mengoptimalkan proses bisnis, dan mengelola risiko kredit untuk menjaga DSO tetap dalam batas yang dapat diterima.

Cara Meningkatkan DSO (Days Sales Outstanding)

Meningkatkan DSO dapat menjadi strategi yang penting dalam manajemen keuangan perusahaan. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil untuk meningkatkan DSO:

1. Memperketat Kebijakan Kredit

Perusahaan dapat melakukan evaluasi kebijakan kreditnya dan mempertimbangkan untuk memperketat syarat-syarat kredit yang diberikan kepada pelanggan. Ini dapat melibatkan peninjauan ulang batas kredit, persyaratan pembayaran, dan pemantauan risiko kredit secara lebih ketat.

Mengidentifikasi dan mengelola pelanggan dengan risiko gagal bayar tinggi dapat membantu mengurangi potensi peningkatan DSO. Hal ini bisa melibatkan peninjauan kembali kondisi keuangan pelanggan secara berkala.

2. Meningkatkan Efektivitas Sistem Penagihan

Penerapan sistem penagihan yang otomatis dapat membantu mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan pembayaran. Reminder pembayaran otomatis, pengiriman faktur secara teratur, dan pemantauan piutang yang cermat dapat meningkatkan efektivitas penagihan.

Menggunakan metode pembayaran elektronik dan portal pelanggan online dapat mempercepat proses pembayaran. Ini tidak hanya memudahkan pelanggan, tetapi juga mengurangi risiko kesalahan administrasi.

3. Meningkatkan Kesadaran Pelanggan

Memberikan informasi jelas tentang syarat pembayaran, tanggal jatuh tempo, dan konsekuensi dari pembayaran terlambat kepada pelanggan dapat meningkatkan kesadaran mereka. Ini bisa dilakukan melalui pemberitahuan reguler, email, atau melalui portal pelanggan.

Menawarkan diskon atau insentif lainnya untuk pembayaran dini dapat menjadi cara untuk mendorong pelanggan membayar lebih cepat. Ini bisa menjadi strategi win-win di mana perusahaan mendapatkan likuiditas lebih cepat, sementara pelanggan mendapatkan manfaat diskon.

4. Analisis Data Pelanggan

Menggunakan analisis data untuk mengidentifikasi pola pembayaran pelanggan dan mengelompokkan mereka berdasarkan kecenderungan pembayaran dapat membantu perusahaan menyesuaikan pendekatan penagihan sesuai dengan karakteristik pelanggan.

5. Peningkatan Proses Bisnis

Mengidentifikasi dan memperbaiki bottleneck dalam proses bisnis yang dapat menyebabkan penundaan pembayaran. Hal ini dapat mencakup peninjauan proses pengiriman, fakturasi, dan verifikasi pembayaran. Meningkatkan DSO memerlukan pendekatan holistik yang melibatkan berbagai aspek operasional dan kebijakan perusahaan. Dengan implementasi langkah-langkah ini, perusahaan dapat mengoptimalkan manajemen piutang usaha mereka dan meningkatkan aliran kas.

Anda bisa meggunakan software akuntasi online Beecloud sebagai alat penting dalam membantu Anda merencanakan, melacak, dan memajukan bisnis Anda dengan lebih efisien. Klik banner di bawah ini untuk informasi selengkapnya!

Pakai Beecloud Berbisnis Jadi Lebih Mudah Dan Menguntungkan

Kesimpulan

Mengelola DSO bukan hanya tentang efisiensi operasional, tetapi juga membangun hubungan baik dengan pelanggan. Strategi seperti memberikan diskon untuk pembayaran cepat dapat meningkatkan kesadaran pelanggan.

Dengan DSO yang dioptimalkan, perusahaan dapat menjaga likuiditas, mengurangi risiko kredit macet, dan mencapai kesuksesan keuangan jangka panjang. Dengan pendekatan proaktif, perusahaan siap menghadapi dinamika pasar dan meraih peluang pertumbuhan.

Biaya Admin Tokopedia Seller dan Cara Perhitungannya
Biaya admin tokopedia hadir menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi pemilik online shop yang mulai bermigrasi menggunakan e-commerce atau marketplace.
Baca Juga
7 Trik Promosi di Facebook Terbaru dan Paling Efektif
Tips Promosi di Facebook - Salah satu bisnis yang paling banyak digandrungi yaitu bisnis online. Hal ini dikarenakan bisnis online
Baca Juga
5 Faktor Fungsi Permintaan dan Rumus untuk Menghitungnya
Dalam ilmu ekonomi, dikenal adanya konsep fungsi permintaan yang menjelaskan korelasi antara jumlah barang atau jasa dengan harga barang atau
Baca Juga
Jenis-Jenis Software Toko Gratis Terpopuler untuk Usaha Bisnis
Software toko gratis kian hari makin berkembang terutama pada usaha bisnis. Bagaimana tidak, bisnis kecil pun seperti toko kelontong, toko
Baca Juga
7 Ide Jualan Modal Kecil Paling Menguntungkan
Sekarang banyak bisnis modal kecil untung besar yang menjanjikan dan cocok dilakukan oleh pemula atau pebisnis rumahan. Belakangan ini, Ide
Baca Juga
Cashback: Pengertian, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya
Istilah cashback mungkin sudah sering didengar. Promo bisa dinikmati ketika pelanggan melakukan pembelian, maka akan mendapatkan nilai kembali berupa pengembalian
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu