Ingin Punya Restoran Ramai Pengunjung? Inilah 5 Tipsnya

Friday, 5 March 2021
Rininta Oktaviana
Rininta Oktaviana
tips-restoran-ramai-saat-pandemi

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Restoran ramai adalah impian semua pebisnis di bidang kuliner. Peluang bisnis di bidang kuliner memang sangat menjanjikan karena akan selalu dibutuhkan  dan berkembang dari waktu ke waktu. Namun berbisnis di bidang kuliner tidaklah mudah. Semakin menjamurnya bisnis kuliner maka tingkat kompetisi akan semakin tinggi.

Anda harus mampu bersaing dalam meningkatkan penjualan. Meningkatnya penjualan ditentukan dengan semakin banyaknya pengunjung yang datang, untuk itu dibutuhkan strategi agar restoran ramai dikunjungi pengunjung.

ketika-restoran-yang-ramai-dapat-meningkatkan-penjualan

Restoran Ramai adalah Salah Satu Cara Meningkatkan Omzet (Sumber: Unsplash.com)

Ada kalanya bisnis restoran mengalami naik turun, ada masa ramai ada masa sepi pengunjung. Jika restoran mengalami sepi pengunjung dalam jangka waktu yang lama akan membuat bisnis mengalami kebangkrutan karena tidak adanya pemasukan. Belum lagi bahan baku yang harus dibuang karena tidak bisa dimasak keesokan harinya.

Memang susah gampang menjaga restoran tetap beroperasi apalagi di masa sulit seperti sekarang. Pernah terpikirkan untuk menutup restoran? Jangan terburu-buru mengambil keputusan, mungkin yang Anda perlukan adalah mencari solusi dari masalah tersebut.

5 Tips Restoran Ramai Pengunjung di Masa Pandemi

tips-restoran-ramai-saat-pandemi

Menerapkan Social Distancing di Restoran (Sumber: Unsplash.com)

Terbatasnya aktivitas masyarakat karena virus corona mengubah perilaku konsumen. Beberapa restoran terkenal akhirnya memperbarui format tokonya dan mengambil langkah drastu memperkenalkan desain baru berdasarkan cara konsumen memesan dan mengambil makanan mereka selama pandemi.

Berikut 5 tips membuat restoran tetap ramai pengunjung di masa pandemi yang bisa Anda coba!

1. Pastikan Kebersihan Terjaga

Saat masa pandemi kebersihan merupakan poin utama yang dilihat masyarakat sebelum memutuskan untuk makan di sebuah restoran. Kebersihan restoran harus dijaga setiap waktu. Kebersihan yang dimaksud di sini menyangkut segala hal, mulai dari kebersihan dalam area makan, area memasak, kebersihan bahan baku, hingga kebersihan dari setiap pegawai restoran. Siapa yang akan datang jika restoran tidak bersih?

Sediakan tempat cuci tangan di spot-spot tertentu restoran dan hand sanitizer di setiap meja. Selain itu berikan aturan kepada pegawai untuk selalu memakai masker. Atur meja dengan jarak sesuai dengan standar yang telah diatur pemerintah untuk adaptasi baru selama pandemi.

2. Inovasi Menu Sehat

inovasi-menu-sehat-untuk-manarik-pelanggan

Tambahkan Menu Sehat untuk Menarik Pelanggan (Sumber: Freepik.com)

Tambahkan menu baru dengan tema menu penguat imun. Seperti yang telah kita ketahui, penularan virus corona dapat dicegah apabila antibodi di tubuh kita dalam keadaan baik. Mengonsumsi makanan sehat merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Beruntung, banyak makanan peningkat imunitas yang bisa didapat dengan mudah di Indonesia. Mulai dari jahe, bawang putih, hingga bayam memang sudah menjadi makanan sehari-hari masyarakat Indonesia.

Berikut beberapa contoh menu sehat yang bisa dimodifikasi sesuai konsep restoran Anda, tumis brokoli, cah buncis dan wortel, tumis salmon bayam, dan beberapa minumah herbal. Dengan adanya inovasi menu sehat diharapkan masyarakat menjadi tertarik untuk mencoba.

Baca Juga: Alternatif Software Resto, untuk Resto Ramai dan Banyak Meja

3. Gunakan Bahan Terbaik

Meski dalam keadaan terpuruk selama pandemi, Anda harus tetap memperhatikan pemilihan bahan baku yang akan diolah. Walaupun terkadang tidak ada perbedaan rasa yang terlalu mencolok dari masakan yang terbuat dari bahan baku yang segar ataupun tidak. Tanggung jawab sebuah restoran adalah memberikan makanan yang lebih dari sekadar sehat.

4. Batasi Waktu Buka

Salah satu anjuran yang tengah dilakukan oleh pemerintah saat ini untuk menekan penyebaran virus adalah dengan membatasi jam buka dari pusat keramaian. Dilihat dari sisi positif, pembatasan waktu buka membuat pegawai memberikan pelayan prima kepada pengunjung. Selain itu dengan adanya pembatasan waktu buka Anda juga bisa meningkatkan promosi di sosial media dan mulai mempromosikan layanan antar.

 promosi-restoran-ramai

Promo Menarik untuk Memikat Pelanggan (Sumber: Freepik.com)

5. Berikan Promo Menarik

Hampir semua orang tidak memandang usia, jenis kelamin, atau pekerjaan menyukai promo bahkan rela antre untuk mendapatkan promo. Anda bisa saja menyusun kampanye promosi seperti memberikan voucher kepada konsumen yang baru pertama kali berkunjung atau yang sudah menjadi konsumen setia. Frekuensi berkunjung konsumen setia Anda bisa didata menggunakan Software Kasir Beepos.

6. BONUS: Up-to-date di Sosial Media

Selama masa pandemi banyak orang yang bekerja dari rumah dan melakukan aktivitas yang sama setiap hari karena larangan untuk pergi jauh. Alhasil banyak orang menghabiskan  waktu di media sosial sekadar untuk melepas kebosanan akibat rutinitas yang terus berulang. Maka dari itu, ini merupakan kesempatan bagi pemilik bisnis restoran untuk menjaga animo konsumen dengan membuat postingan secara rutin atau kampanye iklan di media sosial.

Buat konten menarik secara rutin seperti perkenalan restoran, ceritakan suasana  restoran, hal menarik apa saja yang konsumen dapatkan ketika makan di restoran, menu-menu, cerita bergambar, dll.

update-menu-restoran-di-sosial-media

Membuat Konten Menarik di Sosial Media (Sumber: Unsplash.com)

Kesimpulan

Restoran yang ramai artinya pemasukan tinggi. Pemasukan tinggi akan menjamin keberhasilan usaha.  Peluang bisnis restoran memang sangat menjanjikan dan selalu berkembang seiring dengan kemajuan zaman. Oleh sebab itu, Anda harus mampu bersaing dengan pebisnis lainnya dalam meningkatkan penjualan

Untuk membantu memudahkan manajemen keuangan dan menganalisa data pengunjung restoran Anda kami merekomendasikan Software Resto Cafe Beepos. Beepos Resto memudahkan dalam input order, otomatis cetak kitchen,  fleksibel billing, setoran aman, dan paling penting akurat dalam menghitung HPP dan profit. Bonusnya lagi, Beepos Resto aman dari manipulasi dan kebocoran kasir.

Coba gratis selama 14 hari dengan klik di sini atau klik gambar di bawah ini!

Software-Kasir-Resto-Cafe-Aman-Manipulasi-Kebocoran

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :