Strategi Promosi Produk ke Luar Negeri, Efektif untuk Ekspansi Bisnis

Tuesday, 3 September 2019
Anggara Farhan
Anggara Farhan

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Satu-satunya cara ekpansi bisnis hinggi ke luar negeri adalah dengan merencanakan strategi promosi produk. Konsultan bisnis terkemuka,  Matriks Ansoff menyarankan pemilik bisnis untuk fokus pada kuadran pengembangan pasar dan mencoba memasuki pasar internasional sebagai bagian dari strategi pertumbuhan masa depannya. Menjual ke pasar internasional semakin menarik untuk bisnis Anda kedepan karena:

  • Pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi di negara-negara berkembang seperti Cina, India, Brasil dan Rusia
  • Saturasi dan kematangan pasar (penjualan lambat atau menurun) di pasar domestik
  • Lebih mudah menjangkau pelanggan internasional menggunakan e-commerce
  • Dukungan pemerintah yang lebih besar untuk bisnis yang ingin melakukan ekspansi ke luar negeri

Beberapa metode yang bisa dilakukan untuk berinvestasi di pasar internasional diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mengekspor langsung ke pelanggan internasional
  • Jual melalui agen atau distributor luar negeri
  • Distribusi atau kontrak keagenan dibuat dengan satu atau lebih perantara
  • Distributor & agen dapat membeli stok untuk melayani permintaan lokal
  • Membuka operasi bisnis di luar negeri
  • Usaha patungan atau membeli bisnis di luar negeri

Apapun metode yang digunakan, bisnis yang melihat ekspansi internasional perlu mempertimbangkan beberapa faktor risiko berikut ini:

  • Perbedaan budaya: bisnis perlu memahami pengaruh budaya lokal agar dapat menjual produknya secara efektif. Ambil contoh saja, suatu produk dapat dipandang sebagai komoditas dasar di dalam negeri, tetapi tidak di target pasar luar negeri.
  • Masalah bahasa: meskipun bahasa bisnis umum di seluruh dunia sekarang adalah bahasa Inggris, namun masih mungkin muncul kendala bahasa. Bisakah bisnis memasarkan produknya secara efektif dalam bahasa lokal?
  • Legislasi: legislasi sangat bervariasi di pasar luar negeri dan akan mempengaruhi cara menjualnya. Sebuah bisnis harus memastikan bahwa ia mematuhi hukum setempat. Ini juga perlu mempertimbangkan bagaimana menemukan dan memilih mitra di negara-negara di luar negeri.

Masing-masing metode di atas memiliki kelebihan dan kekurangan. Dalam ulasan artikel kali ini akan diulas, strategi promosi produk ke luar negeri.

Baca Juga: Software Akuntansi Custom Praktis

Strategi promosi produk ke luar negeri

Strategi promosi produk
Pemasaran Produk hingga Luar Negeri (Sumber: Freepik.com)

Jika Anda berpikir untuk memperluas bisnis di luar negeri, Anda mungkin perlu mengetahui bahwa Anda dapat menemukan perbedaan dalam bahasa dan budaya. Anda mungkin juga harus membuat perubahan dalam logo dan warna, atau bahkan mengubah nama produk Anda jika itu tidak bisa diterjemahkan dengan baik ke dalam bahasa lokal. Anda mungkin perlu membuat modifikasi produk yang jelas. Semua itu berujung pada kondisi bahwa Anda juga mungkin perlu memodifikasi strategi pemasaran untuk transaksi bisnis di luar negeri. Berikut ini cara yang bisa Anda coba:

Pameran perdagangan

Beli ruang stan di pameran dagang internasional untuk memamerkan produk atau layanan Anda sebelum melakukan lompatan ke upaya pemasaran luar negeri skala penuh adalah langkah yang tepat. Cara ini memungkinkan Anda untuk menguji kualitas produk Anda tanpa mengeluarkan sumber daya yang signifikan untuk memodifikasi produk atau menyiapkan infrastruktur. Anda dapat berkonsultasi dengan pihak penyelenggara dan pelaku usaha disana seperti distributor, pengecer dan pemasar, serta anggota media yang meliput produk Anda. Anda juga harus mengunjungi pameran pesaing untuk melihat produk mereka dan merasakan strategi pemasaran mereka.

Kemitraan

Menjalin kemitraan dengan mereka yang sudah melakukan bisnis di negara target Anda seperti distributor, perusahaan ekspor, dan agen adalah langkah yang tepat. Hal ini dapat menghemat waktu, uang, dan potensi Anda. Keuntungannya, misalnya distributor yang sudah memiliki jaringan penjualan di bidang yang sesuai dengan bisnis Anda dapat membantu Anda menghindarkan Anda mulai dari awal. Perusahaan ekspor bisa membantu Anda terkait regulasi. Agen lain juga dapat memberi tahu Anda tentang perbedaan budaya yang penting untuk dipertimbangkan ketika bekerja dengan media lokal dan dapat memberi Anda kontak yang sesuai. Mitra semacam itu juga dapat merekomendasikan penerjemah yang bisa saja Anda butuhkan nantinya.

Harga

Menentukan strategi penetapan harga yang tepat untuk pasar luar negeri bisa rumit karena biasanya melibatkan peningkatan biaya – misalnya, layanan pengiriman antar negara. Untuk memberi harga produk atau layanan Anda dengan tepat, tentukan nilainya di negara target Anda. Penilaian harga pesaing dapat menjadi ukuran yang efektif. Dalam beberapa negara, membentuk hubungan non formal sebelum melakukan bisnis adalah penting dan dalam beberapa kasus, hubungan tersebut memerlukan harga preferensial. Tim penjualan atau distributor lokal dapat membantu Anda dalam hal ini. Faktor stabilitas pemerintah dan pengaruhnya terhadap fluktuasi mata uang lokal biasanya sangat berpengaruh.

Gunakan pemasaran Online

Membuat situs web Anda yang ramah (user friendly) dan skala global sangat penting untuk dilakukan. Jika Anda berencana untuk menawarkan produk atau layanan Anda di lebih dari satu negara, atau di negara dengan beberapa dialek, pertimbangkan untuk meluncurkan beberapa versi situs web Anda. Hapus kelebihan grafik yang dapat menghambat pemuatan di negara-negara dengan infrastruktur Internet terbatas. Jika Anda mengizinkan e-commerce, periksa konversi mata uang, sertakan pajak dan biaya yang diperlukan. Terakhir, ujilah situs web Anda dengan pakar bahasa dan budaya setempat.

Dengan memahami strategi pemasaran global yang tepat, potensi Anda untuk sukses di pasar internasional juga akan semakin terbuka.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print

Artikel Yang Mungkin Anda Suka :