🌙 Beerkah Ramadhan Disc. upto 20% dan Cashback 15%
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Pengertian dan Contoh Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK)

Ingin membuat CaLK tapi bingung caranya? Simak contoh Catatan atas Laporan Keuangan terlengkap hanya disini!
Penulis: Rininta Oktaviana
Dipublish Tgl: Friday, 8 July 2022

Pentingnya Pembukuan Sederhana Untuk Bisnis Kecil / UMKMCatatan atas Laporan Keuangan (CaLK) merupakan dokumen tambahan pada isi laporan keuangan. Tujuannya sebagai informasi tambahan untuk menjelaskan kondisi keuangan. Bagi pelaku usaha, di bawah ini akan dibahas contoh Catatan atas Laporan Keuangan yang bisa dijadikan referensi.

Muatan isi dalam CaLK meliputi informasi khusus yang berkaitan dengan kinerja keuangan dan laporan laba rugi. Dengan kata lain, CaLK bersifat mendukung informasi yang telah ada. Umumnya, CaLK digunakan oleh pihak perusahaan besar dalam bentuk catatan kaki sesuai aturan PSAK.

Unsur Unsur Catatan atas Laporan Keuangan

Contoh Laporan Keuangan Usaha Dagang

Ilustrasi Catatan atas Laporan Keuangan (Sumber: Freepik.com)

Sebelum membahas lebih jauh tentang contoh Catatan atas Laporan Keuangan, sebagai pelaku bisnis sebaiknya Anda mengetahui apa saja unsur-unsur yang terdapat dalam CaLK.

Di bawah ini adalah isi Catatan atas Laporan Keuangan yang wajib ada di CaLK:

  • Unsur umum atau penjelasan perusahaan.
  • Kebijakan akuntansi, termasuk asumsi dasar.
  • Informasi kebijakan fiskal, meliputi ekonomi makro, kebijakan ekonomi, dan sebagainya.
  • Kebijakan Standar Akuntansi Keuangan (SAK).
  • Ringkasan pencapaian kinerja perusahaan.
  • Pengguna laporan keuangan (pemegang saham, manajemen perusahaan, pemerintah, dan masyarakat).

Baca Juga: 5 Laporan Keuangan Pengusaha Wajib Punya

Cara Membuat Catatan atas Laporan Keuangan

Pembuatan CaLK harus sesuai dengan SAK EMKM 2016:43. Bagi pebisnis pemula, maka langkah-langkah membuat CaLK berikut ini bisa dijadikan sebagai panduan:

  • Struktur

Istilah ini mengacu pada gambaran umum bisnis atau perusahaan. Bagian struktur terdiri atas beberapa informasi, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Nomor serta tanggal akta pendirian perusahaan.
  • Lokasi kegiatan bisnis.
  • Sejarah singkat perusahaan.
  • Tanggal mulai beroperasinya usaha.
  • Bidang utama usaha.

Dalam contoh Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK), Anda juga akan menemukan informasi mengenai penawaran efek perusahaan, jenis efek, hingga kebijakan perusahaan lainnya.

  • Pernyataan & Interpretasi SAK

Selanjutnya, buatlah aplikasi pernyataan serta interpretasi Standar Akuntansi Keuangan (SAK) dengan mengacu pada aturan berlaku agar dapat diterima oleh semua pihak.

  • Kebijakan Akuntansi

Bagian Catatan atas Laporan Keuangan harus mengandung informasi seperti, dasar penyusunan, aset tetap, kepatuhan terhadap SAK, piutang usaha, dan kebijakan penting lainnya.

  • Informasi Tambahan Lain

Catatan atas Laporan Keuangan juga berisi informasi mengenai tambahan pos yang sudah disajikan. Pada bagian ini, Anda harus mengungkapkan pos laporan keuangan.

Contoh Catatan Laporan Keuangan

siapa saja yang butuh laporan keuangan

Ilustrasi Contoh Catatan atas Laporan Keuangan (Sumber: Freepik.com)

Anda sedang membuat dokumen keuangan usaha, namun masih bingung mengenai cara membuat Catatan atas Laporan Keuangan menurut PSAK. Jangan khawatir, sebab contoh CaLK super lengkap di bawah ini bisa dijadikan referensi:

PT Maju Maju

Catatan atas Laporan Keuangan

Untuk Tahun Tahun yang Berakhir 30 Desember 2021 & 2022

UMUM

Tulis informasi sesuai yang telah dijelaskan di bagian Struktur sebelumnya, yaitu akta pendirian usaha, lokasi kegiatan bisnis, riwayat perusahaan, dan lain sebagainya.

IKHTISAR KEBIJAKAN AKUNTANSI PENTING

  • Dasar Penyusunan
  • Piutang Usaha
  • Persediaan
  • Aset Tetap
  • Pengakuan Pendapatan dan Beban
  • Pajak Penghasilan
KAS

  • GIRO
  • DEPOSITO
  • PIUTANG USAHA
  • BEBAN DIBAYAR DI MUKA
  • UTANG BANK
  • SALDO LABA
  • PENDAPATAN PENJUALAN

Tujuan Membuat Catatan Laporan Keuangan

apa itu laporan keuangan

Ilustrasi Tujuan Membuat Catatan atas Laporan Keuangan (Sumber: Freepik.com)

Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK) dibuat dengan beberapa tujuan. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, silahkan simak di bawah ini!

  • Memberikan Informasi Potensi Penghasilan

CaLK harus mampu memberi isyarat mengenai potensi penghasilan usaha. Mengacu pada dokumen aset dan ekonomi, pihak manajemen bisa memprediksi tingkat ekspansi.

  • Memberikan Informasi Sumber Daya

Informasi ini bertujuan memberitahukan informasi mengenai sumber daya yang tersedia di perusahaan seperti, kapasitas produksi, jam kerja, cadangan kas, mekanisme pengiriman, inventaris, hingga persentase WIP atau Work in Progress.

  • Dasar Mengambil Keputusan

CaLK bisa dijadikan sebagai acuan mengambil keputusan oleh pemegang saham perusahaan, seperti pemilik bisnis, karyawan, pemerintah, pelanggan, dan pihak lainnya.

  • Laporan Efektivitas dan Efisiensi Pengelolaan Usaha

Dokumen keuangan yang kuat bisa menjadi gambaran dari efektivitas serta efisiensi untuk mengambil keputusan pihak manajemen. Sebab efektivitas berisi tentang apakah tujuan perusahaan tercapai atau tidak. Sedangkan efisiensi mengacu pada pencapaian target.

  • Meningkatkan Pemahaman Pengguna

Setiap peraturan serta kerangka dan standar akuntansi yang terdapat pada CaLK dibuat untuk memastikan pemahaman para pengguna akhir termasuk pemilik perusahaan.

Baca Juga: Pentingnya Pembukuan Sederhana Untuk Bisnis Kecil/UMKM

Kesimpulan

Tanpa laporan keuangan, perusahaan tidak dapat mengukur kinerja hingga perkembangan perusahaan selama periode yang diketahui. Sayangnya hal ini tidak disadari oleh beberapa perusahaan yang baru berkembang.

Untuk itu, sangat penting untuk mengetahui dan membuat 5 laporan keuangan untuk perusahaan. Jika Anda ingin membuat laporan keuangan secara otomatis dan cepat, Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud.

Membuat laporan keuangan bulanan dengan menggunakan Excel memang suatu keharusan bagi setiap instansi, perusahaan, dinas, maupun lembaga organisasi lainnya dengan tujuan untuk menganalisa pengelolaan keuangan di instansi tersebut. Prosesnya yang ribet dan memakan waktu kini sudah ada solusinya. Cobalah gunakan software akuntasi Beecloud untuk merasakan kemudahan dalam mengelola laporan keuangan perusahaan Anda.

Beecloud, Software Akuntansi Online yang Bisa Mengontrol 48 Cabang dari 1 Tempat. Satu-satunya software akuntansi online yang didesain untuk kontrol banyak cabang. Dilengkapi ratusan variasi laporan yang tersaji cepat & akurat. Laporan Laba/Rugi, Neraca, Kas/Bank, Stok, Piutang. Memudahkan manajemen mengambil keputusan bisnis

Banner Beecloud Laporan Neraca

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

MOQ Adalah Minimum Order Quantity, Begini Cara Menghitungnya
MOQ adalah singkatan dari minimum order quantity, merujuk pada jumlah minimal pembelian barang yang ditetapkan oleh penjual, khususnya untuk produsen
Baca Juga
Tips Melakukan Manajemen Gudang yang Benar
Setiap perusahaan yang punya gudang sendiri atau menyewa memang sudah sepatutnya melakukan suatu sistem manajemen gudang secara baik dan benar.
Baca Juga
5+ Cara Menawarkan Produk Online Efektif & Menarik
Saat ini ada banyak sekali cara menawarkan produk ke konsumen secara online akhir-akhir ini, seiring dengan perkembangan media online yang
Baca Juga
Cara Membuat Laporan Keuangan di Excel dengan Mudah
Melakukan cara membuat laporan keuangan di Excel sebenarnya cukup mudah. Aplikasi satu ini memang sudah dikenal lama sebagai software pengolahan
Baca Juga
Contoh Surat Tagihan Dan Kegunaannya
Mungkin Anda sudah sangat sering mendengar istilah surat tagihan. Namun tahukah Anda apa yang dimaksud dengan surat tagihan? Sebelum membahas
Baca Juga
3 Cara Membuat Pembukuan Keuangan Sederhana Usaha Kecil
Membuat pembukuan keuangan sederhana ini sangat dibutuhkan bagi usaha kecil maupun besar. Karena dengan membuat pembukuan keuangan Anda dapat melihat
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu