Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Ingin Memulai Bisnis Kopi Online di 2022? Simak Tipsnya!

Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 17 March 2022

Bisnis kopi online di 2022 termasuk bisnis yang bisa berkembang pesat. Penyebabnya saat ini sudah banyak yang menerapkan sistem online yang dimana kita sebagai pembeli bisa melakukan pembelian dari rumah saja. Apalagi bisnis kedai kopi. Sudah sangat memungkinkan apabila hendak memulai bisnis kopi online.

Kedai kopi sendiri identik dengan ramainya pengunjung yang melakukan aktivitas seperti nongkrong, mengerjakan tugas, ataupun sekedar mengunjungi. Hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa bisnis kopi online bisa berjalan dengan sesuai keinginan.

Bisnis kopi online tetap bisa dijalankan di era digital ini karena ada berbagai platform yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung berjalannya bisnis kopi tersebut.

Apa Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Menjalankan Bisnis Kopi Kekinian?

bisnis kopi online

Tips Memulai Bisnis Kopi Online (Sumber: Freepik.com)

Pertanyaan tersebut tentunya sangat lumrah dan sering ditanayakan oleh para pelaku usaha yang ingin memulai menjalankan bisnis. Tak terkecuali dengan bisnis kopi online kekinian yang akan kita bahas ini.

Adapun berikut beberapa hal yang perlu Anda siapkan jika ingin menjalankan bisnis kopi kekinian.

  1. Supplier, sebisa mungkin Anda harus menemukan supplier atau produsen kopi utama untuk mendapatkan harga kopi yang murah
  2. Peralatan, lakukan survey peralatan kopi untuk mendapatkan harga lebih murah. Anda bisa cek di marketplace
  3. Nama Brand, mempertimbangkan sebuah nama brand kopi yang unik sangat perlu untuk lebih mudah diingat oleh orang lain
  4. Logo, buatlah branding logo yang menarik untuk nantinya digunakan untuk keperluan sticker dan media sosial
  5. Kemasan Produk, cari kemasan untuk produk Anda yang memiliki harga murah dan unik untuk menarik pelanggan
  6. Platform Online, buatlah akun sosial media untuk mengenalkan produk dan brand Anda untuk menjangkau lebih banyak palanggan
  7. Tempat/lokasi berjualan, jika modal terbatas, Anda dapat memanfaatkan teras rumah untuk berjualan. Karena bisnis lebih fokus ke online
  8. Banner, meskipun fokus pada online tetapi Anda tetap harus memasang banner untuk menarik pelanggan lokal

Manfaat Kopi

manfaat-kopi

Ketahui Apa Saja Manfaat Kopi (Sumber: Pexels.com)

Kopi menjadi produk utama jika kita menjalankan bisnis kopi kekinian. Umumnya masyarakat mengetahui bahwa manfaat kopi adalah untuk menghilangkan kantuk. Namun sebenarnya ada banyak pula manfaat kopi yang tentunya untuk kesehatan tubuh. Mari kita bahas:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Menurut penelitian yang dipublikasikan Current Cardiology Reports, minum kopi secara rutin terdapat kemungkinan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Meminum 4 atau lebih cangkir kopi per hari dapat menurunkan 20% risiko stroke dibandingkan dengan orang yang tidak meminum kopi sama sekali.

2. Mempertahankan Berat Badan Ideal

Manfaat lain yang didapatkan dari kopi adalah mempertahankan berat badan ideal, bahkan bisa saja membantu menurunkannya. Hal ini dikarenakan kandungan kafein yang sebenarnya bisa membantu seseorang dalam mendukung pemeliharaan atau usaha penurunan berat badan.

3, Menjaga Kesehatan Otak

Kafein yang terkandung dalam kopi punya banyak efek positif pada otak, misalnya meningkatkan kewaspadaan, membantu konsentrasi, meningkatkan suasana hati, sampai mengurangi risiko depresi.

Kopi dan Barista

kopi-dan-barista

Seorang Barista sedang Meracik Kopi (Sumber: Pexels.com)

Salah satu cara untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dalam menjalankan bisnis kopi adalah dengan mempertimbangakan produk kopi tersebut. Dalam membuat kopi, tentunya tidak semua orang bisa melakukannya. Orang yang kita kenal bisa membuat berbagai jenis kopi disebut sebagai barista.

Memilih barista yang handal tentunya akan sangat menguntungkan. Terlebih barista tersebut bisa konsisten dalam membuat kopi yang enak bagi semua orang.

Untuk hal ini, Anda bisa mencari kenalan barista handal untuk bekerja sama menjalankan bisnis kopi kekinian.

Baca Juga: Mau Kedai Kopi Laku Keras? Lakukan 4 Hal Ini

Tips Memulai Bisnis Kopi

tips-memulai-bisnis-kopi

Bagaimana Tips Memulai Bisnis Kopi? Photo by Nathan Dumlao on Unsplash

Menjalankan bisnis kopi agar bertahan lebih lama hingga berkembang pesat memang suatu hal yang diinginkan semua orang. Untuk mencapai pencapaian itu tentunya begitu banyak hal yang harus dipertimbangkan.

Berikut beberapa tips untuk Anda yang ingin memulai bisnis kopi:

  • Mencari Kopi yang Tepat

    Memilih jenis kopi yang tepat tentunya sebuah hal yang wajib agar banyak pelanggan yang setiap hari membeli produk Anda. Ada banyak jenis kopi yang bisa Anda pilih, mulai dari espresso, americano, cappucino, latte, dan masih banyak lagi.

  • Pangsa Pasar

    Mempertimbangkan pangsa pasar juga perlu dilakukan sejak awal agar nantinya tidak salah target bila bisnis sudah berjalan. Ketahui target market atau calon pembeli jenis kopi yang Anda pilih agar nantinya lebih mudah dalam melakukan promosi.

  • Tempat Usaha

    Tentukan tempat usaha yang strategis supaya bisa lebih banyak menjangkau lebih banyak pelanggan. Jika modal minim, Anda bisa memanfaatkan teras rumah yang tentunya ramah dikunjungi orang lain.

  • Metode Penjualan

    Disini Anda bisa memilih metode penjualan online atau offline untuk mendapatkan pelanggan. Tentunya akan ada plus minus jika Anda memilih salah satunya.

  • Pelayanan

    Perhatikan juga pelayanan Anda. Memberikan pelayanan yang ramah tentu akan lebih banyak mendatangkan pengunjung.

Hal yang Harus Diperhatikan Agar Bisnis Kopi Online Anda Berkembang

tips-bisnis-kopi-sukses

Sajikan Kopi Bersama Menu Lainnya Photo by Ali Inay on Unsplash

Supaya Anda bisa menjalankan bisnis kopi yang berkembang, tentu ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, diantaranya:

  • Menu Kopi
    Disarankan untuk menjual berbagai jenis kopi agar menarik banyak peminat. Anda juga bisa menyediakan menu non kopi untuk orang-orang yang tidak suka kopi
  • Karyawan
    Dalam memilih karyawan, usahakan dengan memilih orang yang ramah dan tanggung jawab
  • Izin Usaha
    Izin usaha juga perlu Anda siapkan agar nantinya Anda lebih tenang dalam menjalankan bisnis kopi
  • Konsep
    Sebuah cara untuk menarik pengunjung adalah konsep yang unik. Pilihlah konsep kekinian agar banyak orang yang minat.

7 Cara Memulai Usaha Kedai Kopi dan Mempromosikannya

Bagaimana cara memulai usaha kedai kopi? Tentunya banyak orang yang menanyakan hal ini. Memulai bisnis kedai kopi ada banyak cara yang harus Anda lakukan. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

1. Hitung dan Siapkan Modal Usaha

Dalam memulai bisnis apapuin tentunya harus memperhatikan modal yang dimiliki. Anda bisa menghitung dan menyiapkan modal untuk memulai bisnis kedai kopi. Mulai dari tempat usaha, peralatan kopi, biaya karyawan, semua itu bisa Anda hitung mulai sekarang.

2. Tempat atau Lokasi

Pilihlah tempat atau lokasi yang strategis untuk menjalankan bisnis kedai kopi. Tentukan dimana Anda bisa menjangkau lebih banyak orang agar bisnis Anda bisa berkembang.

3. Menentukan Target Market

menentukan-target-market-usaha-kopi

Pelajari Target Markeu Usaha Kopi Anda Agar Promosi Lebih Optimal Photo by Mikail Duran on Unsplash

Tentukan taget market yang cocok untuk bisnis Anda. Pelajari target market yang menjadi calon pelanggan Anda mulai dari mengenal umur, perilaku, minat, dan lainnya.

4. Menentukan Konsep Kedai Kopi

Banyak orang cenderung suka berkunjung ke kedai kopi yang memiliki konsep. Konsep kedai kopi kekinian tentunya akan menarik minat banyak orang karena suasananya yang fresh dan ramah.

5. Cari Supplier yang Tepat

Agar lebih hemat dalam menjalankan bisnis kopi adalah dengan menemukan supplier yang tepat. Carilah supplier yang menyediakan kopi dengan harga yang hemat agar operasional usaha Anda tidak mengalami kerugian.

6. Rekrut Karyawan atau Barista

Seperti yang sudah disinggung di atas, Anda bisa merekrut barista yang bisa konsisten dalam membuat kopi. Rekrutlah karyawan yang bertanggung jawab agar bisnis Anda lebih stabil.

7. Pelajari Soal Pembukuan & Keuangan

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh banyak pengusaha adalah pembukan dan keuangan. Tentunya tidak banyak orang yang bisa melakukan pembukuan keuangan dengan benar. Ini bisa Anda pelajari sejak awal agar nantinya Anda tidak mengalami kerugian usaha.

Untuk memudahkan pembuat catatan dan keuangan bisnis kedai kopi Anda gunakan aplikasi kasir POS yang telah terintegrasi dengan akuntansi. Jadi gak perlu ribet pakai dua aplikasi, hanya dengan satu aplikasi data kasir akan langsung otomatis terhitung di akuntansi dan laporan keuangan. Coba gratis Beepos Mobile sekarang!

Beepos Mobile Cafe untuk Kedai Kopi Angkringan_web

2 Cara Mempromosikan Bisnis Kedai Kopi

Ada 2 cara mempromosikan bisnis kedai kopi yang bisa Anda coba, diantaranya adalah:

  1. Promosi online
    Anda bisa memanfaatkan sosial media untuk menjangkau banyak pelanggan. Anda bisa melakukan promosi dengan membuat desain menarik untuk diunggah ke sosial media seperti Instagram, Facebook, dan Google Bisnis. Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan platform seperti Gofood, Grabfood, dan Shopeefood untuk mendapatkan lebih banyak penjualan.
  2. Promosi offline
    Untuk offline ini bergantung dari lokasi dan konsep kedai kopi Anda. Lokasi yang strategis memudahkan orang lain untuk berkunjung. Konsep kekinian juga menjadi penentu banyaknya pengunjung yang mampir.

Pembukuan dan Keuangan Bisnis Kopi Online

Salah satu cara mempertahankan bisnis kedai kopi adalah dengan melakukan pembukuan agar tidak mengalami kerugian. Mencatat segala pengeluaran dan pemasukan sangat wajib dilakukan.

Untuk hal ini, Anda bisa menggunakan cara otomatis agar lebih mudah menjalankan bisnis. Karena kini sudah ada aplikasi Beepos Mobile yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pencatatan secara otomatis. Sehingga Anda tidak akan teganggu apabila harus melakukan banyak pekerjaan dalam mengembangkan bisnis kedai kopi.

Kesimpulan

Di era digital ini sangat memungkinkan sekali untuk menjalankan bisnis kedai kopi secara online maupun offline. Karena ada banyak cara untuk menarik minat pembeli dan juga ada berbagai paltform yang bisa Anda gunakan untuk melakukan promosi secara online. Bikin pelanggan loyal dengan promo kreatif dan kekinian. Jangan mau kalah dengan café sebalah yang ngadain banyak promo.

Dengan Beepos Mobile, buat promo hari atau jam tertentu, potongan harga khusus member, diskon khusus minuman tertentu, diskon dengan syarat minimal belanja bisa dilakukan!

Usaha Bengkel untuk Pemula Mulai Persiapan Hingga Cuan
Apakah Anda termasuk pelaku usaha bengkel pemula ? Atau mempunyai niatan untuk membuka usaha bengkel? Anda sebelum membangun usaha ini […]
Baca Juga
Ketahui Pentingnya Nota Penjualan dan Cara Mudah Membuatnya
Pernahkah kalian melakukan pembelian kemudian mendapatkan kertas yang bertuliskan barang apa saja yang kita beli? Kertas yang sering kita sebut […]
Baca Juga
Contoh Format Order untuk Usaha Online Shop
Ketika pertama kali membuat sebuah bisnis online shop, tentu siapapun akan bingung untuk memulainya dari mana. Salah satu yang sering […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu