Logo Bee Web

Diskonto Adalah: Jenis, Cara Kerja dan Manfaatnya

Pelajari di artikel ini mengapa diskonto adalah strategi pintar dalam bisnis. Cara kerjanya dan bagaimana bisa menguntungkan kedua belah pihak
Penulis: Al Faris
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Thursday, 10 August 2023

Anda mungkin sedikit asing mendengar istilah "diskonto," terutama dalam konteks bisnis dan perdagangan. Diskonto adalah salah satu konsep penting yang digunakan dalam transaksi jual beli, dan sangat berpengaruh bagi para pelaku usaha maupun konsumen.

Pada artikel ini, kita akan membahas secara conversational tentang apa itu diskonto, jenis-jenisnya, bagaimana cara kerjanya, serta manfaat yang dapat diperoleh baik oleh penjual maupun pembeli. Mari kita mulai dengan memahami pengertian diskonto.

Pengertian Diskonto

Diskonto adalah istilah yang mengacu pada potongan harga atau pengurangan dari harga pokok suatu barang atau jasa. Potongan harga ini diberikan sebagai insentif kepada pembeli agar mereka bersedia membayar lebih awal atau dalam jumlah besar.

Pengertian Diskonto

Diskonto menjadi alat efektif menggerakkan pasar dan meningkatkan penjualan. (Credit: Freepik)

Dalam transaksi diskonto, pembeli akan mendapatkan keuntungan berupa harga yang lebih murah, sedangkan penjual memperoleh keuntungan berupa arus kas yang lebih cepat.

Jenis-jenis Diskonto dalam Bisnis

Mari kita lanjutkan dengan menjelaskan beberapa jenis diskonto yang umum diterapkan dalam berbagai situasi:

1. Diskonto Tunai

Diskonto tunai adalah potongan harga yang diberikan kepada pembeli yang membayar secara tunai atau dalam jangka waktu yang sangat singkat.

Misalnya, dalam beberapa bisnis, jika pembeli melakukan pembayaran pada hari yang sama dengan pembelian, mereka berhak mendapatkan diskonto tunai tertentu.

Hal ini bertujuan untuk mendorong pembayaran segera dan mengurangi risiko tunggakan.

2. Diskonto Kuantitas

Diskonto kuantitas adalah potongan harga yang diberikan kepada pembeli ketika mereka membeli dalam jumlah besar atau melebihi batas tertentu.

Semakin banyak jumlah barang atau jasa yang dibeli, semakin besar pula diskonto yang akan diberikan.

Diskonto kuantitas ini bertujuan untuk merangsang pembelian dalam jumlah besar dan meningkatkan penjualan.

3. Diskonto Musiman

Diskonto musiman diberikan pada saat-saat tertentu dalam setahun, seperti akhir tahun, liburan, atau perayaan hari besar.

Penawaran diskonto ini bertujuan untuk meningkatkan minat pembeli selama periode tertentu dan membantu menghilangkan stok barang yang berlebihan pada saat-saat tertentu.

4. Diskonto Promosi

Diskonto promosi merupakan strategi pemasaran yang populer untuk meningkatkan kesadaran tentang produk atau jasa tertentu.

Diskonto ini biasanya berlangsung dalam jangka waktu terbatas, dan tujuannya adalah untuk menarik perhatian pembeli potensial dan mendorong mereka agar segera melakukan pembelian.

Jenis-jenis Diskonto dalam Perbankan

Diskonto dapat diberikan oleh bank kepada nasabah sebagai bentuk pinjaman, atau oleh penjual surat berharga kepada pembeli surat berharga.

1. Diskonto Wesel

Diskonto yang diberikan oleh bank kepada nasabah atas pembelian wesel berjangka. Wesel berjangka adalah surat berharga yang dijanjikan untuk dibayar pada tanggal tertentu di masa depan.

2. Diskonto Sekuritas

Diskonto yang diberikan oleh bank kepada nasabah atas pembelian sekuritas. Sekuritas adalah surat berharga atau SKBDN yang diterbitkan oleh perusahaan atau pemerintah untuk mendapatkan dana dari masyarakat.

3. Diskonto Kredit

Diskonto yang diberikan oleh bank kepada nasabah atas pembelian kredit. Kredit adalah pinjaman yang diberikan oleh bank kepada nasabah untuk membiayai kebutuhan tertentu.

diskonto kredit

Diskonto dapat diberikan oleh penjual, bank, atau lembaga keuangan lainnya.

Diskonto dalam perbankan berperan penting dalam meningkatkan likuiditas dan arus kas bank dengan menarik dana dari masyarakat untuk membiayai kegiatan operasionalnya.

Contoh Cara Kerja Diskonto

Sekarang, mari kita jelaskan bagaimana mekanisme diskonto bekerja dalam suatu transaksi:

1. Pembeli Membeli Barang atau Jasa dari Penjual

Langkah pertama tentu saja adalah ketika pembeli melakukan pembelian barang atau jasa dari penjual dengan harga penuh atau harga pokok.

2. Pembeli dan Penjual Menyepakati Jangka Waktu Pembayaran

Setelah pembelian dilakukan, pembeli dan penjual akan menyepakati jangka waktu pembayaran. Dalam konteks diskonto, penjual akan menawarkan potongan harga kepada pembeli jika mereka bersedia membayar sebelum jatuh tempo atau dalam jangka waktu yang disepakati.

3. Pembeli Membayar Barang atau Jasa Kepada Penjual Sebelum Jatuh Tempo

Jika pembeli sepakat dengan syarat-syarat diskonto yang ditawarkan, mereka akan melakukan pembayaran sebelum jatuh tempo atau sesuai dengan ketentuan yang disepakati.

4. Penjual Memberikan Potongan Harga Kepada Pembeli atas Pembayaran yang Dilakukan Sebelum Jatuh Tempo

Setelah menerima pembayaran sesuai kesepakatan, penjual akan memberikan potongan harga atau diskonto kepada pembeli sebagai bentuk insentif atas kepatuhan pembayaran mereka.

Dengan cara kerja ini, diskonto menciptakan keuntungan bagi kedua belah pihak. Pembeli mendapatkan harga lebih murah, sedangkan penjual memperoleh arus kas lebih cepat dan meningkatkan peluang untuk penjualan lebih lanjut.

Manfaat Diskonto bagi Penjualan, Pembeli dan Bank

Sekarang, mari kita bahas manfaat yang dapat diperoleh baik oleh penjual maupun pembeli melalui penerapan diskonto:

1. Manfaat Diskonto bagi Penjual

Diskonto memiliki beberapa manfaat bagi penjual, di antaranya adalah:

a. Meningkatkan Arus Kas

Pantau Arus Kas

Ilustrasi menghitung keuangan

Dengan adanya pembayaran lebih awal dari pembeli, penjual dapat mengelola arus kas mereka lebih efisien. Uang yang masuk lebih cepat dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan operasional atau investasi lainnya.

b. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Diskonto tunai atau diskonto kuantitas dapat meningkatkan loyalitas pelanggan karena mereka merasa dihargai atas pembelian besar atau pembayaran tepat waktu.

c. Mendorong Penjualan

Diskonto promosi membantu menarik perhatian pelanggan potensial dan dapat mendorong mereka untuk mencoba produk atau jasa yang ditawarkan.

2. Manfaat Diskonto bagi Pembeli

Diskonto juga memberikan sejumlah manfaat bagi pembeli, yaitu:

a. Menghemat Uang

Diskonto memungkinkan pembeli untuk mendapatkan barang atau jasa dengan harga lebih murah dari harga normalnya, sehingga mereka dapat menghemat uang.

b. Memotivasi Pembelian

Diskonto kuantitas atau promosi dapat menjadi faktor pendorong bagi pembeli untuk membeli lebih banyak atau segera karena adanya penawaran menarik.

3. Manfaat Diskonto bagi Bank

Berikut adalah penjelasan mengenai manfaat diskonto bagi bank:

1. Memberikan Pinjaman kepada Nasabah

Diskonto memungkinkan bank untuk menjual surat berharga dengan harga diskon kepada bank sentral atau lembaga keuangan lain, yang memberikan likuiditas untuk memberikan pinjaman kepada nasabah.

2. Mendapatkan Keuntungan dari Bunga Pinjaman

Bank mendapatkan pendapatan dari bunga pinjaman yang lebih tinggi daripada tingkat diskonto yang diterapkan oleh bank sentral.

Contoh Penggunaan Diskonto dalam Bisnis

Berikut adalah beberapa contoh diskonto dalam bisnis:

  • Seorang pembeli membeli barang dengan harga Rp100.000 dengan syarat pembayaran 2 minggu setelah pembelian. Jika pembeli membayar dalam waktu 1 minggu, maka pembeli akan mendapatkan potongan harga sebesar 10%.
  • Seorang nasabah meminjam uang dari bank sebesar Rp100.000 dengan suku bunga 10% per tahun. Jika nasabah membayar pinjamannya dalam waktu 1 tahun, maka nasabah akan dikenakan bunga sebesar Rp10.000. Namun, jika nasabah membayar pinjamannya dalam waktu 6 bulan, maka nasabah hanya akan dikenakan bunga sebesar Rp5.000.
  • Sebuah toko memberikan diskon sebesar 20% untuk pembelian barang yang dilakukan pada hari Jumat.
  • Sebuah perusahaan memberikan diskon sebesar 50% untuk pembelian barang yang dilakukan dalam jumlah tertentu.
  • Sebuah bank memberikan diskon sebesar 1% untuk pembelian produk perbankan tertentu.

Kesimpulan

Dalam dunia bisnis dan perdagangan, diskonto adalah alat yang efektif untuk mendorong pembelian, meningkatkan arus kas, dan memberikan keuntungan bagi penjual maupun pembeli. Diskonto tunai, diskonto kuantitas, diskonto musiman, dan diskonto promosi adalah beberapa jenis diskonto yang umum diterapkan.

Bagi penjual, diskonto membantu mengatur aliran uang dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Sementara itu, bagi pembeli, diskonto memberikan kesempatan untuk menghemat uang dan memotivasi pembelian.

Bikin Promo Pakai Beepos Mobile

Gunakan aplikasi kasir dari Beepos yang akan membantu Anda mengurusi bisnis tanpa pusing. Beepos juga akan membantu Anda menerapkan diskon pada produk yang anda jual di semua cabang dengan berbagai macam diskon.

Dengan memahami konsep diskonto dan menerapkannya secara bijaksana, pelaku usaha dapat menciptakan iklim perdagangan yang menguntungkan bagi semua pihak yang terlibat.

Semoga artikel ini membantu Anda memahami lebih dalam tentang diskonto dan manfaatnya dalam konteks bisnis dan perdagangan.

Inilah 3 Tools dan Cara Membuat Invoice
Membuat Invoice dalam dunia perdagangan memang sangat familiar. Invoice biasa disebut dengan faktur penjualan yang biasanya digunakan sebagai surat penagihan
Baca Juga
Defisit Adalah Kerugian, Ketahui Macam dan Penyebabnya
Defisit adalah kerugian/ kekurangan berkaitan dengan anggaran belanja. Mengutip Ivestopedia, apa itu defisit adalah sebuah istilah yang menggambarkan kondisi keuangan
Baca Juga
Neraca Perdagangan: Surplus vs Defisit
Membahas mengenai laporan keuangan tentu sudah tidak asing lagi dengan laporan neraca salah satunya neraca perdagangan Indonesia. Artikel kali ini
Baca Juga
5 Contoh Pembukuan Uang Masuk dan Keluar
Apakah Anda sedang berencana membuat pembukuan uang masuk dan keluar? Jika iya, tentu Anda membutuhkan referensi contoh pembukuan uang masuk
Baca Juga
Kenali Pengertian, Jenis, dan Berbagai Unsur Ekuitas
Ekuitas adalah istilah populer dan tentunya sudah sangat populer dalam dunia bisnis khususnya untuk masalah pengelolaan keuangan atau akuntansi. Namun
Baca Juga
Cara Membuat Nota Kosong Manual dan Jenis-Jenisnya
Nota kosong bukanlah hal yang asing kita dengar bahkan mungkin beberapa orang dari kita sudah sangat familiar dengan benda ini.
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu