🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Cara Membuat Surat Penawaran Harga beserta Contohnya

Bagaimana cara membuat surat penawaran harga yang baik dan benar? Ketahui cara membuatnya dengan membaca artikel ini sampai akhir!
Penulis: Rininta Oktaviana
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Saturday, 26 November 2022

Salah satu jenis dokumen yang memiliki peran penting bagi produsen, pemasok barang, dan bisnis adalah surat penawaran harga. Oleh karena itu, setiap pelaku usaha akan membutuhkan format template dokumen ini yang dapat digunakan kembali untuk bisnisnya masing-masing.

Dengan adanya template yang benar seperti ini, pelaku usaha dapat lebih mudah untuk mengedit dan mengirimkan penawaran harga ke pihak kliennya. Tidak hanya itu, proses persiapan penawaran ini juga dapat memudahkan suatu perusahaan untuk memiliki daftar harga tetap atas barang dan jasanya.

Apa itu Surat Penawaran Harga?

Surat Penawaran Harga Adalah

Ilustrasi Membuat Penawaran (Sumber: Freepik.com)

Surat penawaran harga adalah dokumen yang dapat diubah oleh suatu perusahaan tertentu dan berisi tentang harga dari semua barang maupun jasa yang dijual. Mulai dari perincian harga, diskon, hingga waktu implementasi akan terdapat dalam dokumen penting ini.

Umumnya, jenis dokumen bisnis yang satu ini akan dikirim ke pihak klien potensial yang sesuai dengan permintaannya masing-masing atas barang atau jasa tertentu. Namun, ada juga kasus di mana klien menolak penawaran harga yang diberikan tersebut dan meminta penurunan harga.

Karena kasus ini sudah sering dialami oleh beberapa pelaku usaha di Indonesia, sehingga sangat disarankan untuk menciptakan celah keuntungan yang cukup pada dokumen tersebut. Dengan begitu, masih akan ada ruang untuk penurunan harga yang diminta oleh klien tersebut.

Pada dasarnya, dokumen ini dibuat untuk menjalin kerja sama dengan perusahaan lain. Biasanya, jenis surat penawaran ini akan digunakan oleh beberapa perusahaan penyaluran barang seperti distributor.

Salah satu jenis dokumen dalam dunia bisnis ini seringkali berbentuk formal dan memiliki format khusus yang harus diperhatikan oleh setiap pelaku usaha. Untuk itu, di sini kami juga akan membahas tentang format pembuatan surat penawaran harga.

Baca Juga: Penawaran Harga: Pengertian, Jenis, Komponen, dan Contohnya

Bentuk Surat Penawaran Harga

surat penawaran harga barang

Ilustrasi Surat Penawaran Harga Barang

Isi dari surat ini akan menjelaskan tentang keunggulan serta keuntungan dari perusahaan yang akan menjual barang maupun jasa, sehingga perusahaan lain dapat tertarik untuk memesan atau membeli produk yang ditawarkan tersebut.

Nantinya, cara membuat surat penawaran harga dapat dilakukan dengan memperhatikan format-format yang ada di dalamnya. Sementara untuk formatnya yang benar adalah:

  • Tanggal Penawaran

Komponen paling utama dari surat ini adalah tanggal penawaran. Biasanya, proses penawaran ini sudah disiapkan oleh pihak penjual sejak beberapa hari sebelum surat itu dikirim. Namun, tanggal yang harus dicantumkan ke dalam surat ini adalah tanggal pengiriman surat ke pihak pembeli.

  • Masa Berlaku

Masa berlaku adalah periode validitas penawaran yang sedang diberikan oleh pihak perusahaan. Dalam hal ini, masa berlaku yang diberikan perusahaan harus sesuai dengan waktu penyelesaian proyek yang sedang dilakukan tersebut. Sebab, harga barang dan jasa bisa berubah sewaktu-waktu.

  • Nomor Penawaran

Pada dasarnya, setiap surat penawaran yang dikirimkan ke pelanggan atau klien perusahaan harus memiliki nomor unik. Nantinya, nomor unik ini akan berguna untuk tujuan identifikasi. Dengan adanya nomor unik tersebut, pelaku usaha dapat lebih mudah untuk melacak setiap kutipan yang ada.

  • ID Pelanggan/Klien

Contoh surat penawaran jasa service image

Ilustrasi Surat Penawaran Harga Jasa

Meski sama-sama terdiri dari rangkaian angka yang unik, tapi ID pelanggan akan memiliki rangkaian angka yang berbeda dengan nomor penawaran. Dengan adanya ID pelanggan seperti ini, pelaku usaha dapat lebih mudah untuk mengidentifikasi pelanggan dengan data yang mirip.

  • Alamat Pelanggan/Klien

Alamat pelanggan adalah salah satu jenis komponen dalam surat ini yang harus diperhatikan dengan baik. Sebab, ketika hendak berurusan dengan suatu organisasi atau individu tertentu, alamat pelanggan harus menjadi alamat resmi organisasi.

Nantinya, pihak penjual harus mencantumkan judul dan alamat perusahaan dengan benar. Jika perusahaan memiliki cabang yang berbeda, maka perhatikan alamatnya dengan baik. Sebab, kantor pusat dan cabang biasanya berada di lokasi yang cukup berjauhan.

  • Deskripsi Produk

Di bagian ini pihak penjual dapat memberikan detail yang cukup kepada pihak pelanggan atau klien mengenai apa yang bisa mereka dapatkan. Jika produk yang ditawarkan adalah makanan, maka pihak penjual harus mencantumkan nama dan bahan-bahannya dengan baik.

Tidak hanya itu, jika produk yang ditawarkan adalah tekstil, maka pihak penjual juga harus menjelaskan tentang nama, bahan pembuatan, dan proses pembuatan yang telah dilakukannya.

  • Kuantitas

Setelah menjelaskan tentang produk yang sedang ditawarkan, cantumkan juga jumlah item dalam deskripsi tersebut. Dengan begitu, pihak pelanggan ataupun klien ini dapat lebih mempertimbangkan apakah hendak membelinya atau tidak.

  • Instruksi Khusus

Di bagian ini pihak penjual dapat menambahkan instruksi khusus yang bisa lebih memikat perhatian pelanggan atau klien. Sebagai contoh, pihak penjual dapat mencantumkan kalimat seperti di bawah ini:

Penawaran ini hanya berlaku untuk pembelian yang pembayarannya tidak terlambat. Harga ini dikenakan biaya pemrosesan sebesar 2% dan berlaku untuk periode pembayaran yang diperpanjang.

Selain menambahkan kalimat seperti itu, pihak penjual juga bisa mencantumkan syarat dan ketentuan pembelian produk tersebut. Dalam hal ini, syarat pembayaran, syarat konfirmasi, dan beberapa jenis persyaratan seperti ini lainnya akan meliputi di dalamnya.

Contoh Surat Penawaran Harga

Dengan memerhatikan contoh format penawaran harga yang akan kami sebutkan di sini, Anda bisa lebih mudah untuk memahami jenis surat bisnis yang satu ini. Untuk itu, perhatikan beberapa contoh yang ada di bawah ini:

  • Contoh Penawaran Harga Sederhana Barang Elektronik

Indah Elektronik

Jl. KH Wakhid Hasyim No. 33, Pekalongan, Jawa Tengah

08 Mei 2019

No: 12/CE/V/15

Hal: Penawaran Barang Elektronik

 

Yth. Ibu Sri Sulistiyani

Toko Anugerah Abadi

Jl. Samudera No. 17, Pekalongan, Jawa Tengah

 

Dengan hormat,

Melalui surai ini kami dari PT. Indah Elektronik ingin mengajukan penawaran kepada Ibu Sri Sulistiyani selaku pemilik dari Toko Anugerah Abadi. Kami menawarkan beberapa jenis barang elektronik seperti:

No Nama Barang Harga
1 Televisi 21 inch Rp. 2.000.000,00
2 Radio Rp. 800.000,00
3 Kulkas Rp. 2.000.000,00
4 Dispenser Rp. 1.000.000,00
5 DVD player Rp. 800.000,00

Adapun cara pembayaran yang kami terapkan adalah Cash on Delivery (COD) dan dapat diangsur dengan ketentuan adanya uang muka yang telah dibayarkan. Pembayaran dapat diangsur selama 3 bulan.

Sekian surat penawaran ini kami buat, dan kami ucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya atas perhatian yang telah Anda berikan.

 

Hormat kami,

Indah Elektronik

  • Contoh Surat Pengajuan Harga

CV Kemtamin Persada

Contractor – General Supplier – Cleaning Service

12 Mei 2020

No: 059/KEM/SPH/VI/2020

Lampiran: Satu berkas

Hal: Pengajuan Harga Pasang Baru Instalasi Grounding di High Care Kebidanan RSUP Ibu dan Anak

 

Kepada Yth:

Kepala Divisi Persediaan Barang Non Medik & Gizi

RSUP Ibu dan Anak

Jl. Mayjen Sungkono No. 21, Surabaya, Jawa Timur

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya persiapan dari pihak RSUP Ibu dan Anak untuk melakukan kegiatan instalasi grounding di Bilik Kebidanan Aminah di lantai 3 selatan yang baru, kami mengajukan rincian penawaran harga pekerjaan tersebut.

Adapun harga yang kami tawarkan adalah sebesar Rp. 18.000.000,00 dengan rincian yang sudah kami lampirkan bersamaan dengan surat ini.

Demikian yang bisa kami sampaikan, dan kami ucapkan rasa terima kasih yang sedalam-dalamnya atas perhatian yang telah Anda berikan.

 

Surabaya, 12 Mei 2020

Hormat kami,

CV Kemtamin Persada

Baca Juga: 4 Tools Aplikasi Bikin Surat Penawaran

Kesimpulan

Dengan melihat contoh surat penawaran harga yang ada di atas, Anda pasti sudah tahu bagaimana cara membuat surat ini dengan baik dan benar. Dengan begitu, para pelaku usaha di Indonesia tidak perlu merasa kesulitan lagi untuk membuat dokumen penting satu ini.

Membuat surat penawaran ini memang susah-susah gampang. Apalagi jika barang yang Anda tawarkan itemnya tidak hanya satu dan bisnis Anda bergerak di bidang retail yang itemnya puluhan bahkan ratusan ribu. Bayangkan saja jika Anda harus menulis itemnya satu-satu  secara manual.

Jadi saran saya gunakan saja software akuntansi yang sekaligus bisa membuat surat penawaran. Karena dengan begitu Anda akan menghemat waktu, tenaga dan uang tentunya. Hal terpeenting yaitu Anda tidak perlu mengetik satu persatu jenis item barang Anda.

Beecloud merupakan software akuntansi berbasis cloud yang sudah dilengkapi dengan pembuatan surat penawaran penjualan.

Kenapa saya merekomendasikan Beecloud, selain sifatnya online sistem sehingga bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Dari segi harganya pun sangat terjangkau karena Anda bisa bayar perbulan/sistem sewa. Jadi Anda tidak perlu khawatir harus mengeluarkan uang dalam jumlah besar.

Coba gratis Beecloud sekarang!

Bikin Surat Penawaran Ratusan Hingga Ribuan Item Dan Beragam Harga Beecloud

Cara Membuat Pembukuan Keuangan Sederhana Usaha Kecil
Pembukuan keuangan sederhana dibutuhkan oleh pengusaha untuk melihat progres bisnisnya melalui rekapan aktivitas keuangan di dalam perusahaan. Apakah keuntungan meningkat
Baca Juga
Mengenal Lebih Jauh Tentang Manajemen Penjualan Kasir
Sistem manajemen penjualan kasir atau lebih dikenal sebagai POS (Poin of Sales) cocok digunakan mulai dari usaha kecil hingga besar.
Baca Juga
Komponen Dasar Laporan Keuangan Perusahaan
Laporan keuangan adalah sumber informasi yang paling penting untuk membantu Anda sebagai pemilik bisnis membuat keputusan dalam menjalankan bisnis. Artinya,
Baca Juga
Aplikasi Kasir Untuk PC Penting Bagi Bisnis Anda
Berbicara mengenai kasir, pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan mereka yang menggunakan aplikasi kasir untuk PC. Kasir merupakan seseorang
Baca Juga
Biaya Langsung Adalah? Ini Jenis dan Perbedaanya
Dalam dunia bisnis, pengelolaan keuangan yang efektif menjadi salah satu faktor kunci dalam mencapai keberhasilan. Salah satu aspek penting dalam
Baca Juga
Telemarketing Adalah: Tugas serta Peran Pentingnya
Telemarketer yaitu orang yang melakukan pemasaran via telepon dan salah satu tugas telemarketing adalah menawarkan produk atau layanan. Umumnya teknik
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu