Alternatif Software Resto, untuk Resto Ramai & Banyak Meja

Saturday, 7 March 2020
Feni Purwantini
Feni Purwantini

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Software resto yang cocok untuk usaha rumah makan yang sudah ramai dan mejanya banyak. Anda Pemilik Resto dengan kondisi tersebut? Yuk simak artikel Saya ini.

Resto atau restoran sendiri merupakan salah satu bisnis yang bergerak di bidang penyedia makanan dan minuman.

Jenis-Jenis Resto

Jenis Restoran sendiri banyak, mulai dari Fast Food Restaurant, Fast Casual-Dining Restauran, Family Style Restaurant, Casual Dining, Fine Dining, Café, Cafetaria, Coffe House/Coffe Shop, Pub, Bistro dan Brasserie, Mongolia Barbeque dan Teppayanki Style.

Trend usaha kuliner di tahun 2020 masih akan terus naik seperti tahun-tahun sebelumnya. Apalagi saat ini industri pariwisata juga sedang digalakkan oleh Pemerintah yang tentu saja ini akan membawa pengaruh positif pada Bisnis Kuliner.

Jadi tidak heran jika banyak sekali kita jumpai Rumah Makan, Kedai dan Café baru bermunculan. Ditambah lagi dengan adanya system foodcourt yang lebih memudahkan Customer untuk mencari berbagai jenis makanan sekaligus di satu tempat.

Dengan banyaknya Warung Makan baru yang bermunculan tentu saja ini menjadi salah satu tantangan tersendiri untuk Pengusaha Restoran. Bisnis restoran pada era milenial ini tidak cukup hanya bermodalkan makanan dan minuman enak saja, namun juga dituntut harus menyediakan  tempat resto yang nyaman menarik, unik dan bagus untuk foto-foto kalau istilah jaman anak sekarang ”instagramable”.

Foto Instagramable di Restoran

Restoran Instagramable (Sumber: Pexels.com)

Ada 4 masalah klasik nih yang sudah pasti akan dihadapi dalam mengelola usaha resto Anda. Simak dan baca artikel ini sampai selesai ya, jika Anda ingin usaha resto Anda tetap menunjukkan taringnya di kancah bisnis kuliner.

4 Masalah Klasik Saat Kelola Usaha Resto

1. Resto Sepi

Ini permasalahan yang paling sangat mendasar bagi Pengusaha Warung Makan. Jika restoran sepi tentu saja otomatis penjualannya pun ikut sepi. “Apa yang menyebabkan resto Anda sepi?”, ada berbagai faktor yang menyebabkan usaha restoran sepi salah satunya adalah salah memilih tempat.

Pemilihan tempat ini akan sangat berpengaruh pada usaha kuliner Anda. Lebih baik Anda survey tempat terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mendirikan restoran. Apakah mereka termasuk masyarakat yang lebih suka makan di luar dibandingkan makan masakan rumah atau sebaliknya.

Lebih bagus lagi sih jika tempat yang Anda pilih adalah tempat-tempat yang dekat dengan kampus, perumahan, kos-kosan maupun perkantoran. Karena tempat-tempat ini memiliki trafik pengunjung yang besar.

2. Makanan Kurang Enak

Kok makanan di restoran A sekarang berubah gak enak ya, gak seperti dulu”

Saya atau mungkin Anda sendiri sering mendengar kalimat di atas. Untuk itu menjaga kualitas makanan adalah sebuah keharusan. Namanya juga usaha makanan tentu saja rasa menjadi salah satu elemen terpeting dalam bisnis ini.

Selain Anda harus memiliki koki yang bisa diandalkan. Anda juga harus memiliki buku resep khusus menu-menu di restoran Anda. Yang tentu saja racikan menu ini harus Anda ciptakan sendiri agar rasanya berbeda dengan resto yang lain. Jadi jika suatu hari koki Anda resign maka cerita seperti di atas tidak akan Anda alami.

Selain Anda harus menciptakan resep yang dibukukan, Anda juga harus rajin-rajin untuk meminta testimoni tentang rasa makanan dan minuman dari pengunjung resto agar Anda dapat meracik resep terbaik tapi ingat Anda harus pintar dalam memutuskan apakah resep yang sudah Anda racik perlu di rubah atau tidak.

Jangan sampai hanya 3 orang dari 100 pengunjung resto yang memberikan masukkan makanan di restoran kurang asin, lalu Anda langsung menambahkan garam. Paling tidak jika ada 70 orang dari 100 pengunjung mengatakan kurang asin boleh-lah Anda memperbaiki resep.

3. Marketing Kurang Jago

Kalau ini biasanya berkaitan dengan SDM Anda. Jika Anda salah merekrut SDM maka strategi sebagus apapun juga tidak akan jalan jika ditangan orang yang salah. Oleh sebab itu selain Anda harus memiliki strategi yang penuh kreatifitas, Anda juga harus memiliki SDM yang mumpuni.

Mencari tenaga marketing yang sudah berpengalaman akan lebih membantu Anda meski mungkin Anda harus merogoh kocek lebih dalam tapi menurut saya ini tidak akan masalah dibandingkan Anda merekrut tenaga marketing yang belum berpengalaman dan hasilnya tidak memuaskan.

4. Restoran Ramai

“Lho kok bisa restoran Ramai kok justru jadi masalah? Bukannya bagus  ya?” Anda jangan terlena dengan istilah Restoran Ramai = Laba Banyak = Bisnis Berkembang. Karena jika sampai terlena ini justru akan menjadi boomerang untuk Anda sendiri.

4  Masalah Yang Timbul Saat Restoran Anda Ramai

masalah yang terjadi di bisnis resto

Pesta di Cafe (Sumber: Freepik.com)

Kenapa bisa begitu? Yuk kita telaah bersama. Seiring restoran Anda ramai maka hal-hal ini pasti akan terjadi ;

  • Tempat Anda akan kepenuhan pengunjung
  • Kekurangan SDM
  • Antrian Membludak
  • Penyajian Lama

Itulah ke-4 masalah yang timbul pada saat restoran Anda mulai ramai di kunjungi customer. Dan yang perlu perhatikan adalah orang yang hidup di jaman milenial seperti sekarang ini lebih suka kemudahan dan kecepatan.

Baca Juga : Cara Cepat Mengembangkan Bisnis F&B

Nah Jika hal-hal di atas tidak segera di atasi, maka lama-lama pelanggan restoran Anda akan berguguran dan berpaling ke kompetitor alias restoran lain.

Solusi Permasalahan Restoran Ramai Pengunjung

Lantas bagaimana solusinya menghadapi kepadatan pengunjung agar restoran Anda tetap menjadi primadona dikalangan penikmat kuliner?

1. Perluasan Tempat

Perluasan tempat mutlak harus Anda lakukan agar dapat menampung lebih banyak pengunjung. Namun jangan hanya tempatnya saja yang diperluas ya. Tapi fasilitasnya juga sama seperti tempat duduk, meja dan lain-lain. Kan tidak lucu tempatnya luas tapi tamunya bingung mau duduk dimana.

2. Menambah SDM (Sumber Daya Manusia)

Selain memperluas tempat Anda juga harus menyediakan SDM tambahan. Agar Anda dapat memastikan semua pengunjung terlayani dengan baik. Jangan sampai hanya mau order saja, pengunjung harus mencari-cari pelayan atau harus menunggu lama.

Kalau ordernya aja lama, apa kabar dengan makanananya? Kalau customer lapar pasti resek deh hehehe. Jadi intinya sih gimana caranya Customer terlayani dengan baik dan penyajian makanannya cepat.

3. Buka Cabang

Nah jika Anda tidak dapat memperluas tempat karena memang tempatnya terbatas maka membuka Cabang adalah pilihan terbaik. Tapi lagi-lagi saya ingatkan jangan sampai salah memilih lokasi.

4. Gunakan Software Resto

Gambar Beepos Resto Waiter Order

Software Resto + Waiter Order (Sumber: Bee.id)

Lha apa hubungannya resto ramai dengan menggunakan software, bukannya software hanya untuk membuat nota dan pelaporan keuangan serta administrasi?”

Nah inilah salah satu kesalahan pemahaman yang cukup fatal. Software resto tidak hanya untuk membuat nota dan yang berhubungan dengan urusan administrasi serta laporan keuangan, namun fungsi dari software resto lebih dari itu.

Oke-oke akan Saya jabarkan lebih detail agar Anda tidak bingung. Begini, kalau misal Anda menggunakan software resto otomatis Anda akan lebih cepat dalam melayani order maupun pembayaran jadi Customer Anda tidak perlu lagi lama-lama mengantri.

Sekali klik menu akan tertampil, coba bandingkan jika waitress atau kasir Anda harus menulis secara manual sedangkan antriannya panjang. Selain itu dengan software resto juga akan memudahkan komunikasi antara waitress dan koki maupun kasir.

Jadi otomatis semua pelayanan di resto Anda akan 2x lebih cepat. Anda masih ingat bukan dengan kalimat customer di jaman milenial saat ini paling males kalau disuruh menunggu dan mengantri lama. Mereka semuanya ingin dilayani dengan cepat.

Dan pada kenyataannya persaingan usaha kedai makanan saat ini tidak hanya perang RASA saja. Untuk itu Anda harus menggunakan aplikasi restoran untuk membuat pelayanan Anda secepat kilat walaupun resto Anda sedang kepenuhan pengunjung.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah dalam usaha resto Anda membutuhkan kecepatan dan keakuratan oleh karena itu menggunakan software resto merupakan solusi paling tepat agar usaha resto Anda tetap bisa bersaing di tengah gempuran resto-resto baru yang bermunculan.

Selain itu dengan menggunakan software resto Anda dapat menekan biaya dan yang pasti lebih efisien serta Anda akan lebih mudah dalam mengontrol usaha restoran Anda.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :