Pengertian dan Manfaat Software Akuntansi Untuk Bisnis

Tuesday, 22 December 2020
Rininta Oktaviana
Rininta Oktaviana
software-akuntansi-support-profesional

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Pengertian Akuntansi dan Akuntan

Sebelum kita membahas software akuntansi, akan lebih baik kita mengenal terlebih dahulu apa itu akuntansi dan akuntan.

Akuntansi adalah seni mencatat, meringkas, menganalisis serta melaporkan informasi terkait transaksi keuangan. Laporan keuangan ini nantinya dijadikan bahan acuan para pemegang keputusan untuk membuat alokasi sumber daya dalam perusahaan atau bisnisnya.

Ada akuntansi, tentunya ada akuntan, yaitu orang yang mengerjakan laporan akuntansi tersebut. Ia akan memonitor dan mencatat aliran dana yang digunakan untuk jalannya bisnis di suatu perusahaan atau organisasi.

perbedaan akuntansi dan akuntan

Perbedaan Akuntansi dan Akuntan (Sumber: Freepik.com)

Apa itu Software Akuntansi?

Software Akuntansi merupakan perangkat yang dibuat untuk membantu akuntan dalam bekerja. Seperti, melakukan pencatatan, meringkas, menganalisa dan menghasilkan laporan keuangan yang utuh dalam bisnis dan perusahaan. Software akuntansi juga membantu pembukuan & operasional bisnis menjadi lebih mudah dan efisien. Sedangkan dari sisi pemilik bisnis akan membantu memantau kinerja usahanya secara realtime, kapanpun dan di manapun.

Baca Juga: Pengertian Persamaan Dasar Akuntansi

Manfaat Software Akuntansi Bagi Bisnis

1. Menghemat Biaya

Anda tidak perlu lagi menyewa tenaga ahli  eksternal. Sehingga, Anda dapat menghemat biaya pengeluaran dan mengatur anggaran untuk keperluan yang lebih penting demi kelangsungan bisnis Anda.

2. Menghemat Waktu

Segala pencatatan transaksi bisnis dapat diproses dengan cepat. Memasukkan transaksi penjualan dan pembelian dengan format yang telah diatur. Melacak faktur, membuat jurnal dan mengoreksi kesalahan pencatatan dapat dilakukan denga mudah. Segala pembayaran hutang dan piutang terkontrol karena memiliki catatan dan pengingat.

Anda juga bisa lebih fokus dengan proses pemasaran, riset target market, bahkan mendapatkan ide strategi baru untuk mengembangkan bisnis.

3. Meningkatkan Akurasi Data

Mencatat transaksi secara manual bisa terjadi kemungkinan kesalahan. Software akuntansi dapat meminimalisir human error yang biasa terjadi saat memasukkan data. Ingat, ketidakakuratan dalam laporan keuangan dapat menyebabkan krisis pada bisnis Anda

4. Manajemen Stok

Bagi Anda yang memiliki banyak jenis stok, Anda tidak perlu pusing lagi. Dalam software akuntansi, semua stok tercatat secara detil dan rapi. Stok persediaan akan selalu update otomatis ketika memasukkan data pembelian ataupun data penjualan. Proses stock opname juga lebih mudah.

Anda juga melihat jumlah stok secara realtime dan melihat apabila ada kecurangan atau kebocoran stok.

software-akuntansi-membantu-manajemen-stok

Manfaat Software Akuntansi untuk Manajemen Stok (Sumber: Freepik.com)

5. Membuat Laporan Keuangan Otomatis

Anda tidak perlu pusing meghafalkan rumus-rumus penghitungan akuntasi, karena di dalam sudah terdapat sistem yang akan menghitung secara otomatis. Anda juga tidak perlu repot membuat laporan keuangan, seperti laporan kas, neraca, laba rugi atau perubahan modal secara manual. Karena, segala transaksi yang dimasukkan akan otomatis diproses menjadi laporan keuangan.

Jika saat akhir bulan ditagih laporan keuangan, hanya 1 kali klik. Selesai.

6. Mempermudah Pengambilan Keputusan

Dengan software akuntansi Anda dapat memahami secara rinci kondisi keuangan Anda, sehingga akan lebih mudah memutuskan mana pengeluaran yang tidak efisien dan harus dipotong mana bagian yang harus diinvestasikan lebih banyak. Anda bisa lebih mudah mengembangkan strategi yang cerdas dan mengalokasikan sumber daya yang tepat.

7. Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Membuat laporan keuangan dan merapikan pembukuan adalah pekerjaan yang memakan banyak waktu apabila dikerjakan secara manual. Karyawan Anda mungkin mengorbankan pekerjaan penting lainnya. Belum lagi, jika ada kesalahan dalam laporan keuangan, mau tidak mau mereka harus memulai kembali dari awal. Jika Anda menggunakan software, apabila ada kesalahan, karyawan hanya perlu memperbaiki yang salah bukan memulai dari awal.

Baca Juga: Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan Dagang

Fitur Utama Software Akuntansi

fitur-software-akuntansi

Berbagai Fitur dalam Satu Software Akuntansi

Pada dasarnya, ada beberapa fitur utama software akuntansi yang bisa membantu perkerjaan akuntan, di antaranya:

1. Financial Forecasting

Fitur forecasting dapat membantu Anda mengestimasi biaya dan pendapatan secara tepat, mengontrol keuangan, menghilangkan biaya yang tidak perlu dan mengoptimalkan keuntungan.

2. Manajemen Panagihan dan Faktur

Fitur ini dilengkapi dengan berbagai komponen dan dapat dikostumisasi sesuai kebutuhan bisnis Anda. Terlebih lagi faktur dapat dibuat dengan cepat. Hal ini akan mempermudah kelola dan pengiriman berbagai jenis penagihan dan faktur.

3. Pembuatan Laporan Keuangan

Fitur untuk menghasilkan laporan keuangan (laba rugi, neraca, perubahan modal, arus kas, dll) secara otomatis.

4. Manajemen Pembelian dan Penjualan

Fitur ini membantu Anda mengelola transaksi kapanpun. Anda dapat dengan mudah membuat berbagai dokumen seperti pembelian dan penjualan, nota debet dan kredit, penawaran, resi, dan masih banyak lagi.

5. Manajemen Depresiasi Aset

Anda dapat menghitung penyusunan aset secara otomatis dan akurat.

Tujuan Software Akuntansi

contoh-laporan-arus-kas

Contoh Laporan Arus Kas Menggunakan Software akuntansi (Sumber: Beecloud)

Tujuan utamanya adalah untuk membantu akuntan menghasilkan laporan keuangan secara cepat dan akurat. Sebenarnya semua yang terdapat di software akuntansi bisa dilakukan secara manual oleh akuntan. Namun, akan memakan lebih banyak waktu dan berpotensi terjadi kesalahan apabila kurang teliti.

Bayangkan pada saat membuat jurnal semua aktvitas akuntansi seperti transaksi pembelian dan penjualan ada sedikit kesalahan sehingga neraca tidak seimbang, tentu akan merepotkan. Akuntan harus kembali mengecek satu per satu nota pembelian dan penjualan sampai mendapat hasil yang seimbang.

Apakah Software Akuntansi Akan Mengganti Fungsi Akuntan?

Software akuntansi tidak bisa menggantikan fungsi akuntan, justru membantu akuntan untuk mempermudah pekerjaannya. Jika biasanya akuntan akan membutuhkan waktu berjam-jam bahkan berhari-hari untuk membuat laporan keuangan, dengan software akuntansi bisa selesai lebih cepat.

Akuntan justru bisa mengembangkan fungsi kerjanya ke ranah yang lebih luas. Misalnya, mengatur perencanaan bisnis, mengontrolnya, dan menyuksesi perencanaan bisnis tersebut. Keputusan tetap bergantung pada akuntan.

Jangan takut dengan perkembangan zaman dan kecanggihan yang ada karena sebenarnya dengan adanya berbagai fasilitas yang ada, kitapun dipermudah dalam menjalan pekerjaan yang kita miliki.

Baca Juga: 5 Hal yang Dapat Dilakukan dengan Laporan Keuangan

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Memakai Software Akuntansi

Software Bengkel Screenshot Merk dan Tipe Kendaraan

Software Akuntansi untuk Bengkel

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan Bisnis

Sebagai pemilik, Anda harus mengerti apa yang dibutuhkan bisnis Anda. Karena, kebutuhan fitur berbeda-beda tergantung dari fokus kegiatan bisnis. Beberapa jenis bisnis membutuhkan fitur khusus, seperti fitur perusahaan perdagangan pasti akan berbeda dengan perusahaan manufaktur, jasa, pendidikan, dsb.

2. Perhatikan Harga & Biaya Tambahan

Software akuntansi yang dipilih sebaiknya menyesuaikan dengan anggaran bisnis Anda. Banyak vendor yang menawarkan pasket dengan harga yang bervariasi. Teliti lebih jauh apakah nantinya ada biaya tambahan yang tersembunyi dan tidak disebutkan. Biasanya baiaya tambahan ini berupa pembelian fitur tambahan, update software dan biaya perawatan lainnya.

3. Memenuhi Standar Laporan Keuangan

Pastikan software sudah memenuhi standar pembentukan laporan keuangan di Indonesia. Hal tersebut untuk menghindari kesalahan di masa mendatang jika laporan yang dibuat tidak sesuai dengan standar yang berlaku.

4. Mencakup Transaksi Perpajakan

Beberapa software tidak memiliki fitur penghitungan pajak dalam pembuatan laporannya. Maka pastikan Anda memilih software yang sesuai supaya penghitungan pajak bisa langsung dimasukkan dalam laporan.

5. Pelayanan Aftersales

Ini adalah fitur paling penting, mengingat software akuntansi adalah sistem yang terus berjalan yang sewaktu-waktu bisa mengalami kendala atau perawatan sistem. Sehingga, pastikan bahwa vendor memberikan pelayanan aftersales dan support yang cepat ketika dibutuhkan. Tips sederhana untuk memeriksa bagaimana pelayanan aftersales dengan menghubungi nomor customer service dan lihat bagaimana mereka merespons. Berdasarkan waktu respons dan kualitas problem solving yang diberikan, Anda akan mengetahuui baik atau buruknya sistem dukungan mereka.

6. Kompleksitas Antarmuka Untuk Pengguna

Sebagian besar pemilik bisnis tidak memiliki latar belakang akuntansi. Namun, jika Anda memiliki seorang akuntan yang akan berencana menggunakan software akuntansi, sebagai pemilik bisnis, Anda harus dapat login untuk memeriksa setiap laporan keuangan bisnis Anda. Selain itu,  Anda harus memilih software akuntansi yang cukup mudah untuk dioperasikan karyawan Anda.

7. Referensi Pihak Lain

Kunjungi situs dan testimoni dari pelanggan lain. Tanyakan kepada teman-teman bisnis Anda apakah sudah pernah memakai software akuntasi ini dan dengarkan bagaimana pengalaman mereka.

Testimoni Pengguna Mesin Kasir BPM Offline

Referensi Pihak Lain dengan Melihat Ulasan Pelanggan

Kesimpulan

Setalah mengetahui apa itu software akuntansi dan pentingnya untuk bisnis Anda, saatnya Anda mulai bergerak untuk mencari kira-kira software akuntansi mana yang cocok untuk kebutuhan bisnis Anda.

Jika Anda masih bingung, kami akan memberikan sedikit ulasan mengenai software akuntansi Beeaccounting. Software ini dikenal unik, handal, mudah, akurat dan mempunyai 47+ plugin yang bisa dipilih sesuai kebutuhan bisnis Anda.

Untuk lebih mengenal Beeaccounting silahkan klik banner di bawah ini.

Banner Beeaccounting Software untuk Mempermudah Laporan Akuntansi

Bagi Anda yang tertarik dan ingin coba gratis selama 30 hari silahkan klik link di sini.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :