Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan Dagang

Saturday, 5 December 2020
Anggara Farhan
Anggara Farhan
laporan laba rugi perusahaan dagang

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Setiap perusahaan dagang selalu memiliki misi yang diharapkan suatu saat dapat terlaksanakan. Untuk mendukung itu semua, pastinya harus didukung dengan operasional yang tepat. Seperti halnya ketika membutuhkan laporan keuangan yang akan digunakan menganalisa perkembangan perusahaan. Salah satu laporan keuangan yang sangat dibutuhkan contohnya laporan laba rugi perusahaan dagang.

Sekilas Tentang Laporan Laba Rugi

laporan laba rugi perusahaan dagang

Mengetahui Laporan Laba Rugi (Sumber: Freepik.com)

Selain dianggap penting, laporan laba rugi memiliki peran sebagai alat penganalisa kondisi keuangan perusahaan Anda. Laporan laba rugi adalah bagian dari laporan keuangan, yaitu laporan yang menampilkan informasi keuangan suatu usaha yang dihasilkan selama periode akuntansi yang menjabarkan unsur-unsur pendapatan dan beban perusahaan sehingga menghasilkan informasi laba atau kerugian bersih.

Tujuan Membuat Laporan Laba Rugi

Penting untuk Anda ketahui bahwa beberapa jenis laporan keuangan memiliki alasan dan tujuan yang berbeda-beda. Misalnya laporan akhir tahun yang dibuat untuk memberikan informasi keuangan bagi pemegang saham dan calon investor.

Untuk laporan laba rugi memiliki tujuan utama yaitu untuk mengkomunikasikan profitabilitas dan operasional bisnis perusahaan dengan pengguna terakhir dan para pemegang kepentingan. Setiap pengguna terakhir ini punya rencana dalam mengolah laporan ini.

Baca Juga:ย Management Keuangan: Penjelasan dan Cara Pengelolaannya

Cara Membuat Laporan Laba Rugi Perusahaan Dagang

Cara sederhananya, jika Anda ingin membuat laporan laba rugi Anda memerlukan pengutip seluruh saldo dari akun pendapatan dan beban/biaya yang ada di neraca lajur. Terdapat dua format laporan laba rugi perusahaan dagang, yaitu format single step dan multi step. Berikut ini cara membuat laporan laba rugi perusahaan dagang.

Cara Membuat Laba Rugi Single Step :

  • Menulis seluruh pemasukan
  • Menulis seluruh pengeluaran
  • Menghitung selisih pemasukan dengan pengeluaran, apabila pemasukan lebih besar dari pada pengeluaran maka selisihnya disebut laba bersih dan bila sebaliknya maka selisihnya tersebut disebut rugi bersih.

Cara Membuat Laba Rugi Multi Step :

  • Menulis pemasukan usaha
  • Menulis pengeluaran usaha
  • Menghitung selisih pemasukan dengan pengeluaran, bila pemasukan lebih besar dari pada pengeluaran maka selisihnya disebut laba usaha dan jika sebaliknya maka selisihnya tersebut disebut rugi usaha.
  • Menulis pemasukan di luar usaha
  • Menulis pengeluaran di luar usaha
    Menghitung selisih pemasukan dengan pengeluaran di luar usaha, bila pemasukan di luar usaha lebih besar daripada pengeluaran di luar usaha maka selisihnya disebut laba di luar usaha dan bila sebaliknya maka selisihnya disebut rugi di luar usaha.
  • Mengkalkulasi keuntungan dan kerugian usaha serta di luar usaha, hasilnya disebut laba rugi bersih sebelum pajak.
  • Menghitung laba bersih sebelum pajak dikurangi dengan pajak pemasukan yang dikenakan dan hasilnya tersebut disebut laba bersih setelah pajak.

Beberapa hal yang wajib ada dalam penyusunan laporan laba rugi, yaitu sebagai berikut:

  1. Secara detail, harus memuat seluruh pemasukan dan pengeluaran pada periode akuntansi tertentu.
  2. Wajib disusun dalam posisi vertikal dengan pemasukan berada pada posisi atas dan pengeluaran berada pada posisi dibawahnya.
  3. Harus ada pemisahan antara pemasukan usaha dan pemasukan di luar usaha, dan antara pengeluaran dan pengeluaran di luar usaha.

Pada umumnya konsep penghitungan laporan laba rugi pada perusahaan dagang tidak jauh berbeda dengan perusahaan lain. Secara umum, laporan laba rugi dapat dihitung dengan rumus laporan laba rugi perusahaan dagang berikut:

Laba Rugi = Pendapatan – Beban/Biaya

Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan Dagang

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, terdapat dua jenis format laporan laba rugi yaitu single step dan juga multi step. Berikut ini adalah contoh laporan laba rugi dalam format single step.

laporan laba rugi perusahaan dagang

Contoh Laporan Laba Rugi Single Step (Sumber: Beeaccounting.com)

Dan berikut ini untuk contoh laporan laba rugi multi step.

laporan laba rugi

Contoh Laporan Laba Rugi Multi Step (Sumber: Bee.id)

Membuat Laporan Laba Rugi Lebih Mudah

Ada cara lain untuk membuat laporan laba rugi selain melakukannya secara manual. Yaitu dengan menggunakan Aplikasi laporan laba rugi. Aplikasi tersebut adalah Beeaccounting yang mampu memberikan Anda kemudahan dalam membuat laporan laba rugi hanya dengan 1x klik saja.

Banner Beeaccounting Software untuk Mempermudah Laporan Akuntansi

Bahkan Anda tidak perlu repot menyusun laporan tersebut karena Beeaccounting sudah membuatkannya ketika Anda melakukan input transaksi pemasukan dan juga pengeluaran. Sehingga jika Anda membutuhkan laporan keuangan, semua sudah tersedia pada menu Laporan Akuntansi

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :