⌛️ Besok Terakhir, Diskon 15% untuk Distributor!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan Dagang

Penulis: Farhan Anggara
Kategori:
Dipublish Tgl: Saturday, 5 December 2020

Setiap perusahaan dagang selalu memiliki misi yang diharapkan suatu saat dapat terlaksanakan. Untuk mendukung itu semua, pastinya harus didukung dengan operasional yang tepat. Seperti halnya ketika membutuhkan laporan keuangan yang akan digunakan menganalisa perkembangan perusahaan. Salah satu laporan keuangan yang sangat dibutuhkan contohnya laporan laba rugi perusahaan dagang.

Sekilas Tentang Laporan Laba Rugi

laporan laba rugi perusahaan dagang

Mengetahui Laporan Laba Rugi (Sumber: Freepik.com)

Selain dianggap penting, laporan laba rugi memiliki peran sebagai alat penganalisa kondisi keuangan perusahaan Anda. Laporan laba rugi adalah bagian dari laporan keuangan, yaitu laporan yang menampilkan informasi keuangan suatu usaha yang dihasilkan selama periode akuntansi yang menjabarkan unsur-unsur pendapatan dan beban perusahaan sehingga menghasilkan informasi laba atau kerugian bersih.

Tujuan Membuat Laporan Laba Rugi

Penting untuk Anda ketahui bahwa beberapa jenis laporan keuangan memiliki alasan dan tujuan yang berbeda-beda. Misalnya laporan akhir tahun yang dibuat untuk memberikan informasi keuangan bagi pemegang saham dan calon investor.

Untuk laporan laba rugi memiliki tujuan utama yaitu untuk mengkomunikasikan profitabilitas dan operasional bisnis perusahaan dengan pengguna terakhir dan para pemegang kepentingan. Setiap pengguna terakhir ini punya rencana dalam mengolah laporan ini.

Baca Juga: Management Keuangan: Penjelasan dan Cara Pengelolaannya

Cara Membuat Laporan Laba Rugi Perusahaan Dagang

Cara sederhananya, jika Anda ingin membuat laporan laba rugi Anda memerlukan pengutip seluruh saldo dari akun pendapatan dan beban/biaya yang ada di neraca lajur. Terdapat dua format laporan laba rugi perusahaan dagang, yaitu format single step dan multi step. Berikut ini cara membuat laporan laba rugi perusahaan dagang.

Cara Membuat Laba Rugi Single Step :

  • Menulis seluruh pemasukan
  • Menulis seluruh pengeluaran
  • Menghitung selisih pemasukan dengan pengeluaran, apabila pemasukan lebih besar dari pada pengeluaran maka selisihnya disebut laba bersih dan bila sebaliknya maka selisihnya tersebut disebut rugi bersih.

Cara Membuat Laba Rugi Multi Step :

  • Menulis pemasukan usaha
  • Menulis pengeluaran usaha
  • Menghitung selisih pemasukan dengan pengeluaran, bila pemasukan lebih besar dari pada pengeluaran maka selisihnya disebut laba usaha dan jika sebaliknya maka selisihnya tersebut disebut rugi usaha.
  • Menulis pemasukan di luar usaha
  • Menulis pengeluaran di luar usaha
    Menghitung selisih pemasukan dengan pengeluaran di luar usaha, bila pemasukan di luar usaha lebih besar daripada pengeluaran di luar usaha maka selisihnya disebut laba di luar usaha dan bila sebaliknya maka selisihnya disebut rugi di luar usaha.
  • Mengkalkulasi keuntungan dan kerugian usaha serta di luar usaha, hasilnya disebut laba rugi bersih sebelum pajak.
  • Menghitung laba bersih sebelum pajak dikurangi dengan pajak pemasukan yang dikenakan dan hasilnya tersebut disebut laba bersih setelah pajak.

Beberapa hal yang wajib ada dalam penyusunan laporan laba rugi, yaitu sebagai berikut:

  1. Secara detail, harus memuat seluruh pemasukan dan pengeluaran pada periode akuntansi tertentu.
  2. Wajib disusun dalam posisi vertikal dengan pemasukan berada pada posisi atas dan pengeluaran berada pada posisi dibawahnya.
  3. Harus ada pemisahan antara pemasukan usaha dan pemasukan di luar usaha, dan antara pengeluaran dan pengeluaran di luar usaha.

Pada umumnya konsep penghitungan laporan laba rugi pada perusahaan dagang tidak jauh berbeda dengan perusahaan lain. Secara umum, laporan laba rugi dapat dihitung dengan rumus laporan laba rugi perusahaan dagang berikut:

Laba Rugi = Pendapatan - Beban/Biaya

Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan Dagang

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, terdapat dua jenis format laporan laba rugi yaitu single step dan juga multi step. Berikut ini adalah contoh laporan laba rugi dalam format single step.

laporan laba rugi perusahaan dagang

Contoh Laporan Laba Rugi Single Step (Sumber: Beeaccounting.com)

Dan berikut ini untuk contoh laporan laba rugi multi step.

laporan laba rugi

Contoh Laporan Laba Rugi Multi Step (Sumber: Bee.id)

Membuat Laporan Laba Rugi Lebih Mudah

Ada cara lain untuk membuat laporan laba rugi selain melakukannya secara manual. Yaitu dengan menggunakan Aplikasi laporan laba rugi. Aplikasi tersebut adalah Beeaccounting yang mampu memberikan Anda kemudahan dalam membuat laporan laba rugi hanya dengan 1x klik saja.

Beeaccounting, Software Akuntansi Sekali Bayar Lifetime, Cukup 1x Bayar

Bahkan Anda tidak perlu repot menyusun laporan tersebut karena Beeaccounting sudah membuatkannya ketika Anda melakukan input transaksi pemasukan dan juga pengeluaran. Sehingga jika Anda membutuhkan laporan keuangan, semua sudah tersedia pada menu Laporan Akuntansi

Artikel Terkait

Biaya Peluang Adalah, Jenis, Manfaat, dan Cara Menghitung
Biaya peluang adalah biaya yang hilang karena digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang lain. Fungsinya ialah sebagai tolak ukur dari biaya
Baca Juga
10 Standar Audit Menurut GAAP Serta Prosedur Penerapannya
Audit adalah sebuah istilah yang menggambarkan proses pemeriksaan yang berkaitan dengan keuangan, dengan tujuan melakukan koreksi sehingga meminimalisir kesalahan. Sehingga
Baca Juga
6 Jenis Pembukuan Usaha Wajib Dimiliki Perusahaan
Tidak sedikit pengusaha mengalami kegagalan dalam merintis usahanya. Padahal sudah susah payah dalam membangun serta menjalankan bisnis dalam jangka waktu
Baca Juga
5 Contoh Pembukuan Uang Masuk dan Keluar
Apakah Anda sedang berencana membuat pembukuan uang masuk dan keluar? Jika iya, tentu Anda membutuhkan referensi contoh pembukuan uang masuk
Baca Juga
Bagaimana Cara Menyusun Laporan Posisi Keuangan?
Saat Anda bersiap untuk memulai bisnis Anda sendiri, salah satu contoh dokumen terpenting yang Anda perlukan adalah laporan posisi keuangan.
Baca Juga
Mengenal Aktiva dalam Akuntansi Lengkap dengan Contohnya
Aktiva atau juga disebut dengan aset memiliki dua jenis, pertama adalah aktiva tetap dan kedua adalah aktiva lancar, dimana keduanya
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu