Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Cara Membuat Laporan Penjualan Harian Sederhana dan Contohnya

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Monday, 9 May 2022

Buat Anda pelaku bisnis tentu sudah tidak asing lagi dengan laporan penjualan harian. Laporan penjualan ini memiliki peranan penting untuk mengembangkan dan menunjukkan kesehatan arus penjualan serta sarana untuk evaluasi. Artikel kali ini akan membagikan ilmu mengnai laporan penjualan mulai dari pengertian, jenis-jenis laporan, tujuan dan fungsi serta cara membuatnya. 

Apa Itu Laporan Penjualan?

Apa Itu Laporan Penjualan

Ilustrasi Orang-orang Menganalisa Laporan Penjualan (Sumber: Freepik.com)

Laporan penjualan dapat didefinisikan sebagai catatan tentang produk-produk yang telah terjual serta menampilkan informasi mengenai produk apa saja yang sudah terjual, berapa banyak produk yang terjual, harga produk yang terjual, periode penjualan di bulan apa hingga analisis mengenai penjualan itu sendiri. 

Jenis Jenis Laporan Penjualan

Adapun jenis-jenis laporan penjualan di antaranya: 

  • Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi atau dikenal dengan income statement ini merupakan laporan penjualan terkait kinerja keuangan yang bertujuan untuk memberikan informasi keuntungan dan kerugian. Isi dari laporan laba rugi ini yaitu pendapatan, beban, beban pajak, harga pokok produksi serta laba rugi.  

  • Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal ini merupakan laporan untuk menganalisa perubahan modal setelah adanya kegiatan operasional. Perubahan modal ini bisa bertambah atau berkurang tergantung tingkat penjualan setiap harinya. Modal bisa bertambah jika tingkat penjualan dan keuntungan naik. Namun jika tingkat penjualan turun dan banyak kerugian tentu modal akan berkurang. 

  • Laporan Arus Kas

Laporan arus kas merupakan laporan untuk menganalisa arus penjualan dan pembelian serta perubahan modal perusahaan. Terdapat 3 kegiatan utama dalam laporan arus kas ini yaitu aktivitas operasi, aktivitas investasi dan aktivitas pendanaan. 

Fungsi dan Manfaat Laporan Penjualan

Ilustrasi Meeting Membahas Laporan Penjualan (Sumber: Freepik.com)

Adapun fungsi dan manfaat laporan penjualan di antaranya : 

  • Menunjukkan Kesehatan Bisnis

Laporan penjualan harian dapat membantu dalam mengidentifikasi kesehatan sebuah bisnis. Artinya bisnis tersebut bisa sehat dan berjalan baik jika kondisi finansial keuangan terutama laporan penjualan juga stabil dan baik serta jelas. 

  • Media Evaluasi Strategi Bisnis

Dengan adanya laporan penjualan harian, tentu dapat digunakan sebagai media evaluasi strategi bisnis. Artinya ketika laporan penjualan menunjukkan penurunan dari periode sebelumnya maka Anda bisa mengevaluasi ketika menggunakan strategi lama kurangnya dimana serta untuk memperbaikinya menggunakan strategi yang bagaimana.

  • Memudahkan Pemantauan Kinerja Para Staf

Laporan penjualan harian ini juga bisa membantu Anda dalam memantau kinerja para staf. Artinya ketika penjualan menurun, Anda bisa langsung memantau kinerja staf Anda. Karena kemungkinan ada faktor internal yang menyebabkan tingkat penjualan menurun misalnya pelayanan staf dalam menjawab pertanyaan dari customer kurang ramah. 

  • Memaksimalkan Produktivitas Kerja

Dengan adanya laporan penjualan harian dapat memaksimalkan produktivitas kerja. Artinya ketika tingkat penjualan menurun, Anda bisa meningkatkan produktivitas kerja. Hal ini dilakukan agar tingkat penjualan harian bisa stabil kembali. 

  • Sumber Penentu Keputusan Bisnis

Dalam membangun bisnis tentu laporan penjualan harian sangat penting karena bisa menentukan dalam pengambilan keputusan bisnis. Artinya jika laporan penjualan menunjukkan adanya penurunan atau kenaikan maka 

  • Sebagai Indikator Perusahaan Dikelola Secara Profesional

Dengan adanya laporan penjualan harian maka dapat diidentifikasi bahwa perusahaan tersebut dikelola secara professional. Karena penjualan yang bagus tentu di dalamnya tidak bisa lepas dengan tingkat kinerja para staf juga. 

Cara Membuat Laporan Penjualan Harian Sederhana

Ilustrasi Membuat Laporan Penjualan Harian (Sumber: Freepik.com)

Terdapat 2 cara membuat laporan penjualan harian sederhana yaitu : 

1. Penjualan Tunai

Penjualan tunai sendiri merupakan penjualan yang nantinya diinput ke mesin kasir dan akan dicatat di dalam berbagai akun. 

2. Penjualan Kredit

Laporan penjualan harian secara kredit merupakan sebuah catatan yang dimanfaatkan untuk jenis transaksi penjualan secara kredit. Perusahaan memang mempunyai hak untuk menjual produknya secara tunai maupun kredit. Penjualan tunai untuk laporan penjualan kredit mempunyai konsekuensi berupa terbitan jurnal wesel tagih dan jurnal wesel bayar. 

Report Penjualan Harian

Report penjualan harian didefinisikan sebagai alat manajemen yang bisa digunakan oleh bisnis, perwakilan penjualan, untuk mengesktrak data penjualan harian. Ekstrak data penjualan harian seperti jumlah transaksi yang ditutup, percakapan klient, maupun peluang untuk perkembangan perusahaan. 

Contoh Laporan Penjualan Harian

laporan penjualan harian beecloud

Contoh Laporan Penjualan Harian dengan Software Akuntansi Beecloud

Contoh Laporan Penjualan Bulanan

laporan penjualan bulanan beecloud

Contoh Laporan Penjualan Bulanan dengan Software Akuntansi Beecloud

Contoh Laporan Penjualan Mingguan

laporan penjualan mingguan beecloud

Contoh Laporan Penjualan Mingguan dengan Software Akuntansi Beecloud

Buat Laporan Penjualan Harian Satu Kali Klik dengan Beecloud

Beecloud merupakan software akuntansi yang bisa mengontrol 48 cabang. Artinya Anda hanya diperlukan 1 klik saja untuk semua cabang usaha Anda dengan menggunakan software ini. Ada beberapa kelebihan dari software ini. Pertama, dapat membantu analisa bisnis berdasarkan angka seperti cash flow atau analisa penyakit bisnis. Kedua, aman dari manipulasi dan kebocoran. Kebocoran disini artinya kebocoran stok, kas, dan piutang.

Dengan Beecloud keluar/masuk barang semua tercatat sehingga mencegah kebocoran/manipulasi stok. Ketiga, bisa diakses di hp, tablet, maupun laptop.  Selain itu terdapat laporan yang bisa disajikan melalui software ini yaitu Laporan Laba/Rugi, Neraca, Kas/Bank, Stok, Piutang.

Kesimpulan

Laporan penjualan harian merupakan sebuah catatan mengenai informasi terkait produk yang terjual pe hari, harga produk yang terjual, jumlah produk yang terjual, hingga periode penjualan. Tujuan dan fungsi laporan penjualan yaitu menunjukkan kesehatan bisnis, media evaluasi strategi bisnis, memudahkan pemantauan kinerja staf, memaksimalkan produktivitas kerja, sumber penentu keputusan bisnis, memaksimalkan produktivitas kerja, dan sebagai indicator perusahaan dikelola secara professional.

Terdapat 2 cara dalam membuat laporan penjualan harian yaitu laporan penjualan tunai dan kredit. Terdapat solusi bagi Anda untuk memudahkan mengontrol penjualan cabang usaha dengan satu kali di 1 lokasi hanya menggunakan software akuntansi Beecloud. 

Beecloud Program Akuntansi Online Mengontrol 48 Cabang dari 1 Tempat

Wajib Tahu! Software Akuntansi Manufaktur Punya Banyak Kelebihan
Bisnis manufaktur di Indonesia yang biasanya orang sebut dengan pabrik memiliki sistem yang besar dan hilir-mudik perputaran modal yang tinggi. […]
Baca Juga
Pengertian Akuntansi Manajemen, Fungsi, Penerapan dan Manfaatnya
Akuntansi Manajemen merupakan hal terpenting bagi bisnis. Segala perencanaan dan pengambilan keputusan manajemen berdasarkan data akuntansi manajemen. Oleh sebab itu, […]
Baca Juga
Pentingnya Analisi Laporan Keuangan
Biasanya di akhir periode tahun berjalan, seorang akuntan yang bekerja untuk sebuah perusahaan akan membuat berbagai macam laporan keuangan seperti […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu