šŸŽ‰ Promo Spesial Ritel, Dapatkan Disc. Rp. 750.000
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Software Akuntansi Distributor dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Salah satu cara agar bisa mewujudkan impian ini adalah dengan menggunakan software akuntansi distributor. Yuk, simak penjelasan berikut
Penulis: Rininta Oktaviana
Dipublish Tgl: Monday, 4 October 2021

Menjalankan bisnis tanpa harus repot modar-mandir dan menghabiskan banyak waktu di kantor adalah impian bagi banyak pengusaha. Jadi, kegiatan bisnis di berbagai cabang bisnis Anda tetap berjalan meski pemiliki usaha berada di luar kota. Hal ini akan sangat menguntungkan bagi para pengusaha, khususnya distirbutor. Nah, salah satu cara agar bisa mewujudkan impian ini adalah dengan menggunakan software akuntansi distributor.

software-akuntansi-distributor-dan-manfaatnya-untuk-bisnis

Manfaat Software Akuntansi untuk Industri Distribusi (Sumber: Freepik.com)

Perusahaan distributot memiliki sistem kerja yang lebih kompleks karena adanya perputaran stok yang tinggi. Sebagai contoh, stok pembelian barang, barang yang masuk ke gudang, dan barang yang sudah sampai kepada pembeli. Tentu semua pekerjaan ini tidaklah mudah dan perlu ketelitian agar tidak salah menghitung. Namun, jika Anda menggunakan software akuntansi distributor, maka pekerjaan bisa menjadi lebih mudah, efisien, dan akurat.

Maka dari itu, sebuah perusahaan distributor seharusnya menggunakan software akuntansi terbaik tersebut. Selain itu, masih banyak manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan software tersebut. Lantas, apa sajakah manfaat tersebut? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Manfaat Software Akuntansi Distributor

manfaat-software-akuntansi-distributor

Manfaat Software Akuntansi Distributor (Sumber: Freepik.com)

Dengan menggunakanĀ software akuntansi distributor, Anda akan mendapatkan segudang manfaat yang akan memudahkan dan melancarkan bisnis Anda. yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini untuk mengetahui apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan.

1. Mencatat Sisa Piutang Otomatis

Manfaat yang pertama jika sebuah perusahaan distributor menggunakan software akuntansi distributor adalah sisa piutang customer dan vendor bisa tercatat secara otomatis. Hal ini tentu memudahkan perusahaan dalam memonitor sisa piutang tersebut tanppa harus menghitung secara manual. Tidak hanya itu, software ini juga bisa mengingatkan Anda jika ada hutang piutang yang sudah jatuh tempo.

2. Menghitung Laba dan Rugi Otomatis

Selain bisa mencatat sisa piutang secara otomatis, software akuntansi pabrik ini juga bisa menghitung jumlah laba dan rugi setiap bulannya secara otomatis. Dengan demikian, pemilik bisnis bisa mengetahui keuntungan atau kerugian tanpa harus menghitung manual.

3. Menghitung Stok Barang Otomatis

menghitung-stok-barang-otomatis

Gak Perlu Lagi Hitung Ribuan Stok Manual (Sumber: Freepik.com)

Bukan hanya bisa menghitung laba/rugi dan piutang secara otomatis, software akuntansi distributor juga bisa menghitung sisa stok barang di gudang serta mencatat posisi stok tersebut secara otomatis. Tidak hanya itu, software pabrik ini juga bisa mencatat data pemindahan stok barang dari satu gudang ke gudang lainnya.

4. Mencatat Semua Transaksi

Manfaat software akuntansi yang selanjutnya yaitu sebagai pencatat transaksi. Sebuah perusahaan distributor yang baik adalah perusahaan yang mempunyai catatan transaksi yang detail. Mengapa demikian? Hal ini karena data transaksi tersebut sangat penting untuk dijadikan laporan keuangan.

Nah, dengan menggunakan software ini, maka pencatatan transaksi bisa dilakukan secara otomatis. Contoh transaksi yang biasa dilakukan yaitu transaksi penjualan, pembelian, dan transaksi biaya-biaya lainnya. Selain bisa tercatat secara otomatis dengan baik, Anda juga tidak perlu khawatir data hilang karena sudah tersedia back up atau cadangan data.

5. Menyusun Laporan Keuangan

software-akuntansi-distributor-membantu-dalam-penyusunan-laporan-keuangan

Mudah dan Cepat dalam Menysusn Laporan Keuangan (Sumber: Freepik.com)

Selain bermanfaat untuk pencatatan transaksi, software akuntansi juga bermanfaat untuk menyusun laporan keuangan. Proses menyusun laporan keuangan adalah pekerjaan yang rumit karena membutuhkan ketelitian dan kejelian agar mendapatkan hasil yang akurat.

Namun, jika AndaĀ  menggunakan software akuntansi distributor, maka proses membuat laporan keuangan tidak menjadi rumit karena semua data transaksi sudah tercatat. Dengan demikian, membuat laporan keuangan menjadi lebih mudah dan cepat.

6. Membantu Mengurangi Kesalahan Manusia

Manfaat yang selanjutnya adalah meminimalisir kesalahan saat melakukan proses akuntansi secara manual. Jika terjadi kesalahan dalam proses input data, maka tidak jarangĀ  hal tersebut dapat mengambil waktu yang lama untuk memperbaiki.

Selain itu, bahkan kesalahan terkecil dapat menambah biaya perusahaan. Oleh karena itu, saat ini sudah semakin banyak perusahaan yang hanya mempekerjakan tenaga profesional dalam menggunakan software akuntansi distributor tersebut.

7. Menghasilkan Laporan Rinci dalam Waktu Cepat

Tampilan Software Distributor

Rincian Laporan Software Distibutor Beeaccounting dan Beecloud (Sumber: Bee.id)

Manfaat yang selanjutnya adalah mampu menghasilkan laporan secara rinci hanya dengan satu kali klik tombol. Tingkat aksesibilitas yang tinggi ini membuat perusahaan tidak harus menunggu lama untuk membuat laporan keuangan. Dengan demikian, laporan keuangan menjadi mudah, cepat, dan akurat untuk dibuat.

Tidak hanya laporan keuangan, software ini juga bisa membuat semua laporan yang dibutuhkan untuk masalah perpajakan secara otomatis.

8. Software Akuntansi Mudah Disesuaikan

Kebanyakan software akuntansi distributor mudah untuk disesuaikan. Hal ini sangat berguna ketika pengguna ingin melihat semua data mereka dalam berbagai format. Sebagai contoh, jika seorang akuntan bertanggung jawab terhadap klien penagihan, maka ia bisa dengan mudah membangun template faktur sesuai masing-masing klien.

Selain itu, akuntan juga bisa laporan keuangan ke berbagai tata letak atau format yang berbeda-beda untuk dikirim ke berbagai departemen.

9. Mengurangi Biaya SDM

hemat-biaya-sdm

Hemat Biaya Operasional SDM (Sumber: Freepik.com)

Dengan menggunakan software akuntansi manufaktur ini, maka perusahaan bisaĀ  menghilangkan banyak pekerjaan manual yang biasa dilakukan saat melakukan akuntansiĀ tradisional.

OlehĀ karena itu, mempekerjakan seorang ahli komputerisasi software akuntansi, maka akan memungkinkan perusahaan untuk mengurangi SDM dan pengurangan biaya untuk menggaji SDM. Dengan demikian, perusahaan hanya perlu satu karyawan untuk membuat laporan, melakukan pengajuan, danĀ  menangani catatan keuangan.

Download Ebook 3 Jurus Jitu Kontrol Stok Supaya Tidak Kekurangan (Overselling)

Penjualan lagi banyak tapi persediaan stok barangnya kurang? Perasaan minggu lalu sudah re-stok barang ke vendor, tapi kok udah habis? Masak iya salah order barangnya?

Itu tandanya Anda belum menerapkan manajemen kontrol stok barang dengan benar.

Di ebook ini akan dibahasĀ 3 solusi SIMPLE mengatur stokĀ barang agar selalu ready dan AndaĀ tidak kehilangan omset lagi.

Cover Blog Jurus Jitu Kontrol Stok Distributor

Rekomendasi Software Akuntansi Distributor Terbaik

Nah, jika Anda tertarik untuk menggunakan software akuntansi dagang ini, berikut rekomendasi software akuntansi untuk perusahaan distributor.

Beecloud

Rekomendasi software akuntansi distributor yang terbaik adalah Beecloud. Beecloud merupakan software akuntansi yang terbaik dengan banyak kelebihan dan manfaat untuk kelancaran perusahaan jasa dan bisnis lainnya. Ā Dengan menggunakan software ini, maka Anda bisa mengontrol banyak cabang perusahaan jasa tanpa harus mondar-mandir.

Semua data juga terpusat secara online dan realtime dan tergabung menjadi data, tanpa rekap ulang, anti molor dan pasti klop. Data-data yang tercatat ke dalam software yaitu seperti data kas, stok, pembelian, penjualan, hutang piutang, serta pengeluaran biaya-biaya lainnya.

Karena semua cabang perusahaan distributor bisa terkontrol dari kantor pusat menggunakan software ini, maka Anda bisa mengecek limit hutang, limit budget, anggaran biaya, dan lain sebagainya secara online.

Menggunakan software akuntansi distributor ini juga membuat perusahaan aman dan siap untuk melakukan audit. Hal ini karena bukti transaksi dapat Anda lampirkan di Beecloud. Contoh bukti transaksi yang bisa dilampirkan yaitu surat jalan, invoice, nota, faktur pajak, pembayaran mesin, parkir, dan lain sebagainya.

Selain itu, software akuntansi online ini juga bisa melakukan analisa bisnis berdasarkan angka yang bermanfaat untuk menaikkan cashflow dan mengecek piutang macet yang tidak tertagih. Nah, dengan demikian bisnis menjadi lebih lancar dan maju.

Meta Gambar Software Distributor Twitter

Software Akuntansi Distributor Mulai Rp 103rb Klik Gambar Untuk Info Selengkapnya

Keuntungan lainnya jika menggunakan software ini adalah perusahaan menjadi aman dari kebocoran dan manipulasi. Sia-sisa jika Anda sudah berusaha keras dalam menaikkan omset, namun terdapat kebocoran maling di dalam toko. Oleh karena itu, Anda perlu melindungi bisnis dari kebocoran kas/bank, stok barang, dan piutang dengan menggunakan Beecloud.

Selain itu, Anda bisa kontrol perusahaan jasa kapanpun dan dimanapun karena sudah tersedia aplikasi Beecloud Dashborad di Playstore. Dengan aplikasi tersebut, Anda bisa mengecek omset 1 jam terakhir, laba rugi hari ini, dan lain sebagainya.

Itulah penjelasan tentang manfaat dan rekomendasi software akuntansi distributor. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Artikel Terkait

Cara Gampang Menghitung Neraca untuk Laporan Keuangan
Menghitung neraca adalah kegiatan yang banyak orang lakukan untuk membuat laporan keuangan. Karena neraca sendiri termasuk dari laporan keuangan yang
Baca Juga
Apa itu Dividen? Berikut Penjelasan Lengkapnya
Dividen adalah salah satu kata yang sering kita dengarkan. Kata dividen identik dengan sebuah perusahaan umum atau juga perusahaan yang
Baca Juga
10 Karakteristik Laporan Keuangan untuk Pengambilan Keputusan
Sebuah laporan keuangan berarti memiliki karakteristik laporan keuangan itu sendiri. Tujuannya adalah menjadikan catatan transaksi menjadi sistematis, sehingga nantinya dapat
Baca Juga
Apa itu Proses Pemesanan Pembelian (Purchase Order)?
Di dunia bisnis yang mengglobal saat ini, proses pemesanan yang lambat dapat melumpuhkan bisnis Anda. Pemrosesan pesanan pembelian manual dan
Baca Juga
Sistem Informasi Akuntansi: Pengertian, Fungsi, Serta Contoh
Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah sebuah sistem yang biasanya digunakan oleh perusahaan atau organisasi untuk mengelola keuangan mereka dan menyediakan
Baca Juga
Invoice Online: Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuatnya
Mengirim faktur atau invoice tepat waktu adalah salah satu cara terbaik untuk memastikan bahwa pelanggan segera membayar produk dan layanan
Baca Juga

Artikel Populer

Wednesday, 15 March 2023
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Baca Juga
Sunday, 4 December 2022
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Baca Juga
Wednesday, 28 June 2023
7 Contoh Positioning Produk Brand Ternama dan Strateginya
Baca Juga
Wednesday, 18 October 2023
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Baca Juga
Wednesday, 7 June 2023
Feedback Artinya: Jenis, Fungsi, beserta Cara Mendapatkannya
Baca Juga
Wednesday, 7 February 2024
4 Tahapan Proses Manajemen Strategi, Fungsi dan Komponennya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright Ā© 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu