Pengertian Persamaan Dasar Akuntansi

Thursday, 17 September 2020
Feni Purwantini
Feni Purwantini

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Persamaan dasar akuntansi atau persamaan akuntansi merupakan hubungan antara harta (asset), kewajiban (liabilitas) dan modal (ekuitas) yang sudah dimiliki oleh suatu perusahaan. Dan ini pengetahuan utama yang harus dimiliki oleh setiap pebisnis. Karena persamaan akuntansi dasar ini merupakan awal dari proses dalam akuntansi yang menerapkan sistem double entry.

Pengertian Persamaan Dasar Akuntansi

Persamaan akuntansi adalah salah satu dasar utama yang digunakan dalam pencatatan sistem akuntansi. Jadi setiap ada transaksi harus dicatat seimbang dalam dua aspek yaitu antara pasiva (sebelah kanan ) dan aktiva (sebelah kiri).

Jadi pada intinya setiap transaksi yang merubah aktiva harus diimbangi pada kewajiban. Jadi bisa kita simpulkan bahwa persamaan dasar akuntansi yang benar adalah jika adanya keseimbangan antara Aktiva (sisi kiri ) dengan pasiva (sisi kanan) tetap seimbang meski adanya transaksi.

Fungsi Persamaan Dasar Akuntansi

Fungsi persamaan dasar akuntansi adalah untuk mengetahui perubahan kekayaan pada saat terjadinya suatu transaksi di suatu perusahaan. Selain itu juga untuk mengetahui berapa yang telah digunakan dan dibelanjakan dalam satu periode akuntansi.

Penerapan Rumus Persamaan Akuntansi

Persamaan akuntansi dasar

Persamaan Dasar Akuntansi (Sumber: Freepik.com)

Supaya lebih mudah dalam mengingat beberapa orang menyingkat rumus dari persamaan akuntansi dengan ALE. ALE merupakan singkatan dari Aset, Liabilitas dan Ekuitas.

Jadi rumus persamaa akuntansi adalah sbb ;

Aset = Liabilitas + Ekuitas

Mengapa akun liabiliats diletakan disisi kiri ? Karena berpedoman kepada sebuah buku pengantar akuntansi yang ditulis oleh Carl S.Warren, Janes M. Reeve dan Philips E.Fess 2006 yang menyebutkan jika kreditur, ataun pihak yang memberikan pinjaman kepada perusahaan, memiliki hak terlebih dulu atas asset perusahaan.

Jadi dengan adanya persamaan akuntansi maka total aset harus sama dengan total liabilitas ditambah ekuitas. Dan sebaliknya jiika total asset dikurangi liabilitas maka totalnya harus sama dengan ekuitas.

Agar Anda lebih mudah dalam memahami materi persamaan dasar akuntansi ini. Berikut sata berikan contoh sederhananya.

Jika suatu perusahaan memiliki aset sebesar Rp 500.000.000, Liabilitas sebesar Rp 200.000.000 dan Ekuitas Rp 300.000.000. Maka pencatatanya sebagai berikut ;

Karena rumusnya A= L+ E

Jadi Rp 500.000.000 = Rp 200.000.000 + Rp 300.000.000

Agar Anda lebih memahami persamaan dasar akuntansi ini berikut saya berikan cotoh format persamaan dasar akuntansi yang lebih detail.

Persamaan dasar akuntansi

Form Persamaan Akuntansi (Sumber: Bee.id)

Unsur-Unsur Persamaan Dasar Akuntansi

Berikut ini ada 6 unsur-unsur persamaan akuntansi

1. Aset (Aktiva)

Aset adalah kekayaaan atau sumber daya yang dimiliki oleh suatu perusahaan yang bisa diukur dengan satuan uang. Dan untuk urutannya sediri berdasarkan pada seberapa cepat harta tersebut dapat dirubah atau dikonversikan menjadi satuan uang kas.

Aktiva dibagi menjadi 3 jenis yaitu ;

a. Aktiva Lancar (Current Assets)

Aktiva lancar adalah aktiva yang dapat dicairkan (diuangkan) secepat mungkin. Dan yang termasuk dengan aktiva lancar adalah sbb :

  • Kas (Cash)
  • Surat Berharga
  • Piutang Dagang
  • Piutang Wesel
  • Beban Dibayar di Muka
  • Persediaan Barang Dagang
  • Perlengkapan
  • Piutang Pendapatan

b. Aktiva Tetap (Fixed Assets)

Aktiva tetap adalah kekayaan atau sumberdaya yang dimiliki suatu perusahaan yang sifatnya permanen dan bisa diukur dengan jelas. Untuk aktiva ini manfaatnya dalam jangkan waktu yang panjang atau lebih dari satu tahun.

Contoh dari fixed assets adalah ;

  • Tanah
  • Gedung
  • Mesin
  • Peralatan Kantor, Pabrik ataupun Toko
  • Kendaraan (Mobil, Truk, Sepeda Motor dll)

c. Aktiva Tidak Berwujud (Intaglibe Fixed Assets)

Intaglibe Fixed Assets adalah suatu hak istimewa yang dimiliki oleh perusahaan. Dia memiliki nilai uang namun tidak memiliki fisik. Contohnya adalah sbb;

  • Hak Cipta
  • Hak Paten
  • Merk Dagang
  • Hak Sewa
  • Franchise

2. Liabilitas / Kewajiban (Hutang)

Liabilitas atau kewajiban adalah hutang yang harus dibayarkan/dilunasi ataupun pelayanan yang harus dilakukan oleh perusahaan kepada pihak lain.

Liabilitas dibagi menjadi 3 jenis yaitu ;

a. Kewajiban Lancar (Hutang Jangka Pendek)

Sesuai dengan judulnya maka kewajiban lancar ini adalah hutang yang harus dibayarkan secepat mungkin temponya kurang dari 1 tahun biasanya 15-45 hari saja. Hutang ini biasanya bukan untuk hal yang penting dalam sebuah bisnis. Contoh dari hutang lancar ini sbb;

  • Akun Hutang
  • Hutang Bunga
  • Hutang Tagihan
  • Hutang Pajak Penghasilan

b. Kewajiban Tidak Lancar (Hutang Jangka Panjang)

Hutang jangka panjang ini biasanya baru lunas setelah 1 tahun atau lebih. Biasanya hutang ini timbul untuk tambahan modal atau pembelian asset. Contoh dari hutang jangka panjang adalah sbb;

  • Modal
  • Hutang Hipotek
  • Hutang Obligasi

c. Kewajiban Kontinjensi

Hutang luar biasa yang bisa saja terjadi dimasa depan. Dan hutang kontinjensi ini tidak terjadi kepada semua pebisnis, karena sifatnya yang tidak pasti. Contohnya adalah ;

  • Terjadinya Gugatan
  • Garansi Produk / Jasa

3. Ekuitas / Modal (Equity)

Ekuitas atau equity adalah hak kepemilikan aset setelah dikurangi liabilitas (kewajiban) dan neraca atau bisa juga diartikan ekuitas itu adalah modal atau kekayaaan entintas bisnis, yang dihitung dari total aset dikurangi kewajiban.

Modal sendiri ada beberapa jenis antara lain sbb ;

  • Modal Disetor
  • Modal Sumbangan
  • Modal Penilaian Kembali
  • Laba Tidak Dibagi (Retained Earning)
  • Modal Lain-lain

4. Revenue / Pendapatan

Pendapatan adalah uang yang diterima pemiliki perusahaan atas penjualan produk/jasa. Revenue juga bisa dikatakan sebagai pendapatan/hasil yang diperoleh dari seluruh bisnis yang kemudian dicatat di dalam laporan keuangan. Dan hanya berasal dari satu periode saja. Dan catatan tersebut masih dalam jumlah kotor karena belum dipotong dengan biaya produksi dll.

Dan Revenue disini dibedakan menjadi 2 yaitu;

  • Operating Revenues
  • Non Operating Revenues

5. Expense/ Beban

Expense (Beban ) adalah suatu penuruan nilai ekonomi yang merupakan arus kas keluar atau aktiva yang berkurang. Karena adanya kewajiban akibat dari aktivitas penjualan atau aktivitas lain yang merupakan kegiatan utama dari sebuah perusahaan.

6. Prive (Drawing)

Prive artinya pengambilan dana oleh pemilik perusahaan untuk keperluan pribadi. Konsekuensi jika pemilik perusahaan melakukan prive ini maka modal yang ada akan berkurang.

Kesimpulan

Materi persamaan dasar akuntansi ini sangatlah penting penggunaannya dalam proses pembuatan laporan keuangan. Dari persamaan dasar inilah kita bisa tahu apa arti dari aktiva, ekuitas dan liabilitas serta bagaimana caranya menggunakan dalam pelaporan bisnis.

Mengingat Akuntansi itu penting untuk laporan bisnis. Jadi mau tidak mau Anda harus bisa mengerti soal ini. Jika dulu dalam membuat laporan keuangan Anda harus belajar akuntansi yang begitu njlimet.

Atau Anda harus merekrut karyawan yang khusus pintar dalam urusan akuntansi dengan mengeluarkan cost yang tidak sedikit. Tenang sekarang Anda sudah tidak usah gundah gulana lagi, karena dengan perkembangan teknologi sekarang ini. Banyak sekali software akuntansi yang bermunculan. Yang akan membantu dalam proses pembuatan laporan keuangan dengan cepat dan tepat. Hanya dengan sekali klik laporan laba rugi, neraca dll akan jadi.

Banner Beeaccounting untuk Pabrik Produksi Manufaktur

Namun pesan saya jangan sembarangan dalam memilih software akuntansi karena jika sampai salah bisa-bisa pelaporan yang disajikannya pun tidak akurat. Tentu saja ini akan merugikan, karena Anda bisa mengambil keputusan yang salah.

Software akuntansi yang sudah terbukti memiliki kapasitas yang mumpuni dan juga aftersalesnya bagus adalah Beeacoounting. Beeaccounting sendiri sudah lebih dari 10 tahun berdiri jadi Anda tidak perlu khawatir jadi pasti sudah sangat terpercaya.

Anda bisa download secara gratis software akuntansi Beeaccounting dengan cara klik disini. Selamat mencoba dan semoga artikel beserta softaware akuntansi Beeaccounting dapat membantu bisnis Anda lebih berkembang.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :