Logo Bee Web

Cara Membuat Laporan Laba Rugi Mudah dan Lengkap

Intip cara membuat laporan laba rugi mudah dan cepat beserta contohnya disini. Dari step penentuan periode, laporan neraca dan sejenisnya
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Saturday, 11 February 2023

Laporan laba rugi adalah bagian laporan keuangan sebuah bisnis yang didasari oleh rangkuman perolehan dalam satu periode. Sehingga, pebisnis wajib tahu bagaimana cara membuat laporan laba rugi untuk kepentingan bisnis tentunya.

Ada beberapa jenis laporan laba rugi, baik sesuai bentuknya atau sesuai dengan jenis bidang usahanya. Lantas apa sebenarnya fungsi dari laporan laba rugi? dan bagaimana cara membuatnya? Simak selengkapnya di bawah ini:

Apa Fungsi Laporan Laba Rugi Bagi Bisnis?

Contoh Laporan Laba Rugi

Ilustrasi Pemantauan Kondisi Keuangan Perusahaan dengan Laporan Akuntansi (Sumber: Bee.id)

Secara umum, laporan laba rugi digunakan perusahaan untuk merangkum keuangan mereka dalam satu waktu akuntansi, guna mengetahui bagaimana kondisi keuangan perusahaan sebenarnya.

Selain itu, ada beberapa fungsi lain dari laporan laba rugi, yakni:

1. Memantau Kondisi Perusahaan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, jika laporan laba rugi berfungsi sebagai pemantau kondisi keuangan perusahaan. Hal ini karena jika keuangan perusahaan mengarah pada laba, maka perusahaan bisa disebut prospek dalam keadaan baik.

Sebaliknya, jika pada laporan laba rugi diketahui rugi, maka kondisi keuangan perusahaan sedang rawan dan perlu adanya perbaikan. Perbaikan ini bisa dilakukan dengan perbaikan sumber daya, peralatan produksi atau hal-hal lainnya.

2. Evaluasi Keuangan

Berikutnya adalah laporan laba rugi bisa dijadikan sebagai bahan acuan dari evaluasi. Seperti pada penjelasan di atas jika pada laporan laba rugi menunjukan kerugian, maka perusahaan perlu melaksanakan perbaikan dengan melakukan evaluasi.

Evaluasi ini bisa dilakukan mulai dari melakukan analisa, apa sebenarnya yang menjadi masalah dalam satu periode tersebut sehingga mengakibatkan kerugian dan dilanjutkan dengan rencana perbaikan.

3. Dasar Kebijakan

Fungsi berikutnya dari laporan laba rugi adalah mengatur dasar kebijakan yang akan diterapkan di perusahaan sesuai dengan hasil evaluasi yang sudah diputuskan sebelumnya.

Jika dalam evaluasi laporan laba rugi ditemukan jika kerugian sebabkan karena tidak optimalnya fungsi mesin produksi sehingga banyak mengakibatkan kerusakan produk, maka hal yang dilakukan adalah melakukan perbaikan mesin produksi.

Dan beberapa perubahan lain yang sekiranya bisa memperbaiki faktor kerugian dari periode sebelumnya. Agar kerugian tidak berulang di masa yang akan datang.

Komponen Penting dalam Laporan Laba Rugi

Ada 4 Komponen Penting Wajib Tahu Sebelum Tahu Cara Membuat Laporan Laba Rugi (Sumber: Freepik.com)

Sebelum membuat laporan laba rugi, seorang akuntan yang bertugas dalam membuat laporan laba rugi wajib mengetahui jika dalam laporan laba rugi terdapat beberapa komponen penting.

Berikut list komponen penting wajib ada dalam laporan laba rugi:

1. Revenue (Pendapatan)

Komponen pertama yang wajib ada dalam laporan laba rugi adalah pendapatan, sebagai peningkatan arus masuk perusahaan yang diperoleh selama kegiatan operasional dalam kurun waktu tertentu.

Untuk mendapatkan nilai pendapatan, bisa menggunakan cara mengurangi total pendapatan kotor dengan potongan harga, retur dan beberapa biaya lainnya.

2. Expenses (Beban)

Berikutnya adalah beban/ expenses. Dimana jenis beban ini merupakan salah satu dari arus kas keluar yang akan memunculkan liabilitas dalam kurun waktu tertentu. Biasanya disebabkan oleh pengiriman atau aktivitas produksi barang.

3. Profit (Keuntungan)

Komponen selanjutnya yang wajib ada dalam laporan laba rugi adalah peningkatan ekuitas yang disebabkan karena transaksi perusahaan yang bisa meningkatkan pendapatan perusahaan.

Baca juga: Laba Adalah Keuntungan, Apa Bedanya dengan Profit?

4. Loss (Kerugian)

Terakhir ada komponen kerugian atau penurunan ekuitas yang disebabkan oleh turunnya aktivitas transaksi perusahaan. Salah satu penyebabnya adalah akibat dari beban dan pendistribusian perusahaan.

Selanjutnya, unsur kerugian adalah penurunan ekuitas akibat terjadinya transaksi yang dilakukan perusahaan atau akibat dari beban dan pendistribusian kepada pemilik perusahaan.

Cara Membuat Laporan Laba Rugi

Ilustrasi

Ilustrasi Analisa Laporan Laba Rugi (Sumber: Pixels.com)

Berikut adalah cara membuat laporan laba rugi dengan mudah dan lengkap:

1. Memutuskan Periode Laporan

Langkah awal yang dilakukan ketika membuat laporan laba rugi adalah menentukan terlebih dahulu periode pelaporannya. Bisa dilakukan secara tahunan, bulanan atau periode waktu lainnya.

Jika bisnis yang Anda jalankan termasuk dalam bisnis publik maka wajib untuk dilakukan penyiapan laporan keuangan setiap triwulan dan tahunan. Namun, jika bisnis Anda masih dalam skala kecil Anda bisa bebas menentukan periode waktu pembuatan laporan laba rugi.

2. Buat Laporan Neraca Percobaan

Berikutnya adalah membuat neraca percobaan atau dokumen internal yang mencantumkan data saldo akhir pada setiap akun di buku besar dalam satu periode akuntansi.

Dan dari data ini juga laporan laba rugi bisa disusun dengan data yang akurat, sehingga bisa dijadikan bahan evaluasi juga dasar keputusan perusahaan dimasa yang akan datang.

3. Data Total Pendapatan

Berikutnya adalah perhitungan total pendapatan dari transaksi bisnis yang terjadi dalam satu periode pelaporan.

Data yang dibutuhkan bisa mencakup semua uang yang diperoleh selama periode bahkan jika Anda belum benar-benar menerima pembayaran tersebut.

4. Menghitung HPP

Selanjutnya adalah menghitung HPP (harga pokok penjualan) yang mencakup tenaga kerja, bahan baku, biaya overhead yang dikeluarkan selama proses produksi.

Dalam laporan laba rugi, cantumkan total harga pokok penjualan, yang dapat Anda hitung dengan menjumlahkan semua pos harga pokok penjualan dalam laporan neraca saldo percobaan tepat di bawah pos pendapatan.

5. Menghitung Gross Margin

Jika sudah melakukan pencatatan HPP dan pendapatan, maka cara selanjutnya adalah menghitung gross margin. Dengan mengurangi total HPP dari total pendapatan yang sudah ada sebelumnya.

Dan dari hasil ini juga Anda akan mendapatkan jumlah kotor yang diperoleh pada penjualan selama periode waktu pelaporan.

6. Masukkan Data Biaya Operasi

Langkah berikutnya, masukkan semua data biaya operasional yang sudah dicantumkan dalam laporan neraca saldo. Dan masukkan jumlah tetal ke dalam laporan laba rugi sebagai item biaya penjualan dan administrasi yang telah dikeluarkan di bawah margin kotor.

7. Total Penghasilan

Berikutnya adalah mengurangi total biaya pendapatan dan administrasi dari jumlah margin kotor yang sudah dilakukan pada tahapan sebelumnya.

Dengan memasukkan data ini penghasilan sebelum pajak akan didapatkan. Yang nantinya akan di masukkan di bagian bawah laporan.

8. Pajak Penghasilan

Berikutnya adalah menambahkan pajak penghasilan guna menghitung pajak pendapatan. Caranya, kalikan tarif pajak negara dengan total pendapatan sebelum pajak.

9. Hitung Penghasilan Neto

Berikutnya adalah menentukan penghasilan neto/ laba bersih bisnis. Caranya dengan mengurangi pajak pendapatan yang didapatkan dari angka pendapatan sebelum pajak.

10. Susun Laporan Laba Rugi

Jika semua cara sudah Anda lakukan, berikutnya adalah proses penyelesaian laporan laba rugi. Anda hanya perlu menambahkan judul ke laporan yang digunakan untuk mengidentifikasi laporan, jika beberapa detail lainnya yang berkaitan dengan laporan laba rugi.

Cara Membuat Laporan Laba Rugi Perusahaan Jasa

Contoh laporan laba rugi

Dari Gross Margin Pebisnis Tahu Laba Kotornya (Sumber: Freepik.com)

Pada umumnya proses pembuatannya tidak jauh berbeda dengan proses pembuatan laporan laba rugi yang sudah dijelaskan sebelumnya, namun ada beberapa hal yang membedakan. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Menghitung Pendapatan Usaha

Langkah pertama adalah mengidentifikasi semua sumber pendapatan perusahaan jasa, seperti pendapatan dari layanan atau konsultasi yang diberikan, untuk menemukan jumlah pendapatan yang sebenarnya. Jika proses identifikasi selesai maka dilanjutkan dengan menjumlahkan seluruh pendapatan dari setiap pendapatan yang ada.

2. Biaya Operasional

Berikutnya adalah melakukan identifikasi biaya operasional dari kegiatan perusahaan jasa, biaya ini sangat penting untuk dihitung guna mengetahui berapa besar pengeluaran yang dikeluarkan perusahaan dalam satu periode. Berbeda dengan perusahaan dagang, perusahaan jasa tidak perlu menghitung biaya produksi karena produk yang ditawarkan berupa jasa yang sangat jarang membutuhkan proses produksi.

Biaya operasional perusahaan ini meliputi apa saja? Meliputi biaya gaji karyawan, biaya sewa, biaya utilitas, biaya iklan, biaya transportasi, dan biaya overhead lainnya. Jika biaya operasional selesai diidentifikasi berikutnya adalah menjumlahkan seluruh nilai dari biaya operasional itu sendiri.

3. Menghitung Laba Kotor

Selanjutnya adalah kurangkan total biaya operasional dari total pendapatan usaha. Laba kotor adalah selisih antara pendapatan usaha dan biaya operasional.

4. Biaya Non-Operasional

Berikutnya, tidak hanya biaya operasional saja yang perlu dijumlahkan, Anda juga perlu untuk mengidentifikasi biaya yang tidak terkait dengan operasional utama perusahaan, seperti biaya bunga pinjaman atau biaya hukum. Jangan lupa untuk menjumlahkan total biaya non-operasional untuk mengetahui nilainya.

5. Pendapatan Non-Operasional

Pendapatan perusahaan jasa tidak hanya bergantung pada operasional saja, melainkan juga non operasional. Oleh sebab itu, Anda juga perlu melakukan identifikasi terkait semua pendapatan yang tidak terkait dengan operasional utama perusahaan, seperti pendapatan dari investasi atau pendapatan bunga, dan menjumlahkan seluruh total pendapatan agar mengetahui nilainya.

6. Laba Sebelum Pajak

Jika semua langkah telah dilakukan, maka berikutnya adalah mengurangi total biaya non-operasional dari laba kotor. Kemudian tambahkan pendapatan non-operasional ke laba kotor. Laba sebelum pajak adalah selisih antara laba kotor dan total biaya non-operasional atau pendapatan non-operasional.

7. Pajak

Sebagai warga dalam satu wilayah negara pembayaran pajak perlu dilakukan. Oleh sebab itu, Anda perlu menghitung jumlah pajak yang harus dibayar berdasarkan aturan perpajakan yang berlaku di wilayah perusahaan.

8. Laba Bersih

Berikutnya kurangkan jumlah pajak dari laba sebelum pajak. Laba bersih adalah laba yang tersisa setelah membayar pajak.

Setelah langkah-langkah ini, Anda dapat menyusun laporan laba rugi dengan menggambarkan informasi tersebut dalam format tabel atau dalam bentuk narasi. Pastikan untuk menyertakan semua pos pendapatan dan biaya yang relevan untuk mendapatkan laporan laba rugi yang komprehensif.

Bentuk-Bentuk Laporan Laba Rugi dan Contoh

Ada dua jenis bentuk laporan laba rugi yang biasa digunakan oleh perusahaan, yakni:

1. Laporan Laba Rugi Single-step

Bentuk laporan pertama ini terbilang sederhana, sehingga dalam pembuatannya juga lebih mudah karena laporan tidak terlalu mendetail.

Selain itu, pihak lain seperti investor juga lebih mudah dalam memahami data yang disampaikan dalam laporan. Berikut contohnya:

tabel laba rugi

Tabel Laporan Laba Rugi Single Step

2. Laporan Laba Rugi Multi-step

Bentuk kedua adalah Multi-step, bentuk laporan laba rugi ini lebih kompleks dibandingkan dengan bentuk sebelumnya.

Jenis ini biasanya digunakan untuk perusahaan yang memiliki skala luas dan berbagai jenis produk dan mitra bisnis. Berikut Contohnya:

tabel laba rugi

Contoh Laporan Laba Rugi Multiple Step

Contoh-Contoh Laporan Laba Rugi Sesuai Jenis Usaha

Berikut deretan contoh laporan laba rugi dari berbagai bidang usaha:

1. Laporan Laba Rugi Cafe

05 Laporan Laba Rugi Usaha Cafe

Ilustrasi laporan laba rugi usaha cafe (Sumber: Bee.id)

2. Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan Dagang

Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan Dagang Single Step

Laporan Laba Rugi Perusahaan Dagang

3. Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan Jasa

Contoh laporan laba rugi perusahaan jasa

Ilustrasi laporan laba rugi perusahaan jasa (Sumber: nimbus9.tech)

Baca Juga: 4 Contoh Laporan Keuangan Sederhana dan Caranya Lengkap

Buat Laporan Cepat dan Mudah Dengan Beecloud

Membuat laporan laba rugi secara manual membutuhkan ketelatenan dan pemahaman dasar mengenai akuntansi, agar laporan yang dihasilkan benar-benar akurat dan bisa dipertanggungjawabkan.

Bagaimana untuk pebisnis yang tidak begitu paham tentang akuntansi? Apakah mereka harus belajar dari awal agar bisa membuat laporan akuntansi dengan akurat? Lalu bagaimana dengan bisnis mereka jika pebisnis fokus dengan keuangan?.

Hadir software akuntansi online Beecloud, mudahkan pebisnis atur keuangan. Ingin buat laporan laba rugi tinggal masukkan stok dan melakukan transaksi dan wala.. laporan laba rugi bisa langsung jadi.

Cta Beecloud 230123

Sekian informasi tentang cara membuat laporan laba rugi mudah dan cepat, semoga bisa membantu.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Budidaya Ikan Lele untuk Pemula, Lengkap!
Siapa yang tidak tahu ikan lele, salah satu komoditas ikan yang paling digemari masyarakat Indonesia, sehingga banyak yang berniat melakukan
Baca Juga
7 Cara Mengatur Keuangan Usaha Paling Efektif
Cara mengatur keuangan usaha memang bukan suatu perkara mudah. Pasalnya, urusan keuangan merupakan hal krusial dalam bisnis, karena memiliki peran
Baca Juga
8 Bisnis Modal Kecil yang Hasilkan Keuntungan Besar
Mengantongi modal kecil bukan penghalang untuk memulai bisnis. Sebab, banyak pilihan bisnis modal kecil yang keuntungannya menjanjikan seperti usaha di
Baca Juga
13 Contoh & Cara Promosi Produk Paling Efektif Dijamin Laris
Dalam dunia bisnis, promosi merupakan salah satu kunci sukses dalam memperkenalkan produk atau jasa kepada pelanggan potensial. Tanpa promosi yang
Baca Juga
5 Aplikasi Penjualan Online Terbaik 2023 untuk UMKM
Kehadiran aplikasi penjualan online dapat membantu mempercepat transaksi penjualan yang sebelumnya dilakukan secara manual, kini bahkan dapat diperoleh secara real-time.
Baca Juga
Trik Membuat Iklan Baliho sebagai Media Promosi Bisnis
Mempromosikan bisnis ada banyak caranya, salah satu yang masih banyak digunakan saat ini adalah iklan baliho. Terutama untuk bisnis, yang
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu