Disc. 11% khusus Ritel & Distributor
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Standar Akuntansi Keuangan: Pengertian, Format dan Bentuk

Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 18 May 2022

Standar akuntansi keuangan merupakan salah satu topik yang selalu ditanyakan beberapa perusahaan yang mengelola laporan keuangan. Pasalnya, lumanyan banyak yang belum memahami mengenai standar akuntansi. Oleh karena itu, banyak orang mencari tahu tentang hal ini.

Untungnya Anda disini menemukan tempat yang tepat karena artikel ini akan membahas secara lengkap mengenai standar akuntansi mulai dari pengertian, format, hingga bentuk agar nantinya Anda paham dalam ilmu akuntansi.

Pengertian Standar Akuntansi Keuangan

Pengertian Standar Akuntansi Keuangan

Ilustrasi Standar Akuntansi Keuangan Foto oleh Oleg Magni dari Pexels

Standar akuntansi keuangan adalah metode dan format yang digunakan untuk memberikan informasi tentang laporan keuangan dalam kegiatan bisnis. Secara umum, sistem ini memiliki bentuk pernyataan atau dokumen, sehingga sering disingkat sebagai PSAK atau Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan.

Dengan standar ini, laporan keuangan apa pun dibuat terlepas dari jenis perusahaan atau bisnis yang membuat laporan keuangan, dapat diatur secara seragam.

Sampai di sini, mungkin fungsi yang seragam melalui standar ini terasa sederhana, atau mungkin bahkan sepele, tetapi justru dalam kesederhanaan ada lebih banyak nilai yang membuatnya lebih mudah bagi pebisnis dalam menjalankan keuangan bisnis mereka.

Misalnya, karena setiap laporan keuangan diatur tidak terselubung dengan standar yang sama, pelaku bisnis dapat dengan mudah membandingkan laporan keuangan dari entitas yang berbeda.

Dengan demikian pebisnis dapat lebih mudah untuk melakukan analisis bisnis berdasarkan laporan keuangan yang dilakukan oleh beberapa entitas sekaligus.

Tujuan Adanya Pedoman Akuntansi Keuangan

Ilustrasi Akuntan Memeriksa Laporan Keuangan Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Selain kenyamanan pelaku bisnis itu sendiri, keberadaan dokumen atau pedoman akuntansi keuangan juga memungkinkan auditor untuk melakukan berbagai jenis audit sesuai dengan kebutuhan.

Auditor tidak perlu lagi mempelajari setiap bentuk atau format laporan keuangan yang ada, karena semua laporan keuangan telah diatur secara seragam.

Tanpa standar standar ini, auditor akan membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Bagaimana tidak? Jika seluruh format laporan keuangan tidak terlepas, itu berarti auditor akan membutuhkan waktu lebih dulu untuk mempelajari cara persiapan laporan keuangan sebelum Anda dapat memulai proses audit itu sendiri.

Namun, bukan standar akuntansi keuangan adalah solusi absolut bagi siapa pun yang secara langsung atau tidak langsung memiliki kewajiban untuk memeriksa laporan keuangan. Karena, terdapat empat standar yang saat ini masih berlaku di Indonesia.

4 Standar Akuntansi Keuangan Umum

Standar Akuntansi Keuangan

Ilustrasi Logo Standar Akuntansi Keuangan (SAK)

Setidaknya pemilik bisnis dan auditor hanya perlu mengetahui perbedaan keempat dari standar ini atau dalam persiapan laporan keuangan yang merupakan standar tertentu dapat digunakan.

Tentu saja ini masih jauh lebih baik daripada memeriksa dan mempelajari seluruh format laporan keuangan jika persiapan tidak distandarisasi dalam standar seragam.

Lalu, apa saja keempat format atau bentuk standar akuntansi keuangan yang saat ini digunakan di Indonesia?

1. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan-International Financial Report Standard (PSAK-IFRS)

Pernyataan Akuntansi Laporan Keuangan-Internasional, atau mereka yang sering disingkat menjadi PSAK-IFRS adalah dua entitas yang menjadi persatuan, PSAK dan juga IFRS.

PSAK itu sendiri adalah standar yang pada tahun 2012 ditentukan oleh Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) dan berlaku hingga 2021. Sementara IFRS adalah standar yang digunakan oleh International Federation of Accountant (IFAC), di mana Indonesia terdaftar sebagai Negara Anggota di dalamnya.

Selain menggunakan PSAK, Indonesia juga harus menggunakan IFRS karena format laporan dalam laporan keuangan internasional standar ini digunakan secara umum oleh negara-negara yang terdaftar sebagai anggota International Federation of Accountant.

Dengan kata lain, bisnis di Indonesia tidak perlu khawatir ketika mereka harus menyajikan laporan keuangan untuk setiap kebutuhan bagi para pemangku kepentingan di tingkat internasional, karena pebisnis ini dapat menggunakan format dalam laporan keuangan internasional standar ini.

Terutama ketika pelaku bisnis harus berurusan dengan pelaku bisnis lain di negara-negara yang juga anggota IFAC.

Dengan standar internasional yang berlaku ini, bisnis juga tidak perlu takut dan bingung ketika mereka harus mempelajari laporan keuangan dari mitra bisnis dan penyandang dana yang berada di luar negeri, karena sudah ada format yang sama yang dapat digunakan.

Tentu saja, pedoman atau referensi persiapan ini akan sangat berguna, terutama bagi pelaku bisnis yang terlibat dalam bisnis ekspor dan impor.

Baca Juga: Contoh Cash Flow Sederhana yang Mudah Penerapannya

2. Standar Akuntansi Pemerintah (SAP)

Jika pernyataan standar akuntansi keuangan adalah format yang digunakan untuk badan bisnis, keduanya dimiliki oleh negara dan dimiliki secara independen, lalu bagaimana dengan laporan keuangan yang perlu disusun oleh entitas pemerintah?

Namun, sebagai bentuk tanggung jawab atas uang negara, lembaga pemerintah juga perlu menyusun laporan keuangan mereka sendiri baik di tingkat pemerintah pusat maupun di tingkat pemerintah daerah.

Oleh karena itu, berbicara terkait dengan lembaga pemerintah, yang kita tahu adalah Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) dan juga Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD).

Untuk lembaga pemerintah, pedoman yang digunakan dalam standar akuntansi keuangan adalah bagaimana membuat laporan keuangan yang akan disusun oleh lembaga pemerintah terkait dapat menjamin transparansi, partisipasi, dan akuntabilitas manajemen keuangan negara yang baik.

3. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan Syariah

SStandar berikutnya yang berlaku di dalam Indonesia adalah Pernyataan Standar Akuntansi Syariah Keuangan atau PSAK-Shariah.

Keberadaan format standar-standar untuk laporan keuangan Islam juga menjadi penting dalam kehidupan masyarakat di Indonesia. Karena, terwujud atau tidak, Indonesia adalah negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia.

Dengan kata lain, sistem keuangan Islam yang digunakan dalam Islam juga memiliki peminat yang tidak sedikit. PSAK-Shariah juga menjadi standar akuntansi keuangan yang diperlukan, terutama untuk praktik bisnis yang menerapkan sistem keuangan Syariah.

Sebagai contoh di Indonesia, format standar ini sering digunakan oleh lembaga-lembaga yang membawa kebijakan Syariah seperti industri perbankan Islam, pion sharia, badan zakat, dan lebih banyak entitas bisnis yang menerapkan hukum Syariah dalam praktiknya.

4. Standar Akuntansi Keuangan untuk Entitas Tanpa Akuntansi Publik

Standar terakhir dalam menyiapkan laporan keuangan yang banyak digunakan di Indonesia adalah standar akuntansi keuangan untuk entitas tanpa akuntansi publik atau SAK-ETAP.

Sesuai namanya, standar terakhir ini lebih banyak digunakan atau ditargetkan untuk entitas bisnis yang akuntabilitas publiknya tidak dapat dikatakan secara signifikan atau untuk entitas bisnis yang membuat laporan keuangannya terbatas pada tujuan umum dan penggunaan eksternal.

Konsepnya, yang membedakan SAK-ETAP dengan standar akuntansi lainnya adalah tidak adanya pernyataan pendapatan yang komprehensif yang disajikan. Dengan kata lain, dalam laporan keuangan yang dikompilasi dengan standar ini, sejumlah penilaian keuangan yang dilakukan memiliki batasan yang lebih besar.

Akuntabilitas Publik Pengguna SAK-ETAP yang tidak secara signifikan membuat entitas bisnis yang termasuk dalam standar akuntansi keuangan ini tidak memiliki pengakuan kewajiban. Selain itu, aset pajak tangguhan karena beban pajak yang diakui oleh format standar ini dihitung pada jumlah pajak sesuai dengan kondisi pajak.

Bikin Laporan Keuangan Sesuai SAK Menggunakan Software Akuntansi Beeaccounting

Jika Anda merasa kseulitan mebuat laporan keuangan karena awam akuntansi, tidak ada salahnya mencoba menggunakan bantuan software akuntansi. Salah satu software akuntansi yang mudah digunakan dan otomatis membuat laporan keuangan sesuai standar akuntansi keuangan adalah Beeaccounting.

Fitur yang akan Anda dapatkan:

  1. Bikin Laporan Keuangan Lebih Cepat dan Mudah, hanya sekali klik akan muncul informasi keuangan yang Anda butuhkan. Laporan Laba rugi, neraca, arus kas, semua sudah tersaji secara otomatis dan data yang diberikan juga sangat akurat
  2. Fitur Inventory barang, mutasi stok sampai laporan stok juga tersedia. Jika Anda membutuhkan, aplikasi Beeaccounting juga menyajikan data dengan cepat dan real-time.
  3. Analisa Bisnis Lebih Mudah, salah satu fitur unggulan yang tidak dimiliki aplikasi lain adalah fitur analisa bisnis yaitu Bee Financial Analisys (BFA). Fitur ini memberikan segala keadaan kaungan bisnis Anda dalam bentuk angka yang akurat, sehingga memudahkan Anda dalam mengambil keputusan.
  4. Cek Data Antar Cabang, punya banyak cabang? Anda tidak lagi repot wira-wiri untuk mengecek laporan keuangan karena Beeaccounting datanya terpusat, Anda bisa mengaksesnya di pusat saja.
  5. Banyak Fitur bisa Anda coba, silahkan klik Aplikasi Laporan Keuangan Beeaccounting
Laporan Akuntansi Pakai Software Akuntansi Beeaccounting

Laporan Akuntansi Pakai Software Akuntansi Beeaccounting

Kesimpulan

Standar akuntansi keuangan merupakan pedoman seorang akuntan atau pemilik bisnis dalam membuat laporan keuangan. Laporan keuangan memang begitu penting dalam perusahaan, sehingga membutuhkan standar yang telah diakui.

Program Stok Cegah Kesalahan Karyawan saat Stok Opname
Program stok bantu cegah kesalahan karyawan saat mengelola stok barang. Sobat Bee, mengelola stok barang memang kadang membutuhkan banyak usaha, […]
Baca Juga
Malas Mencatat Keuangan? Aplikasi Keuangan Digital Bisa Jadi Solusi!
Mencatat keuangan dengan aplikasi keuangan digital, baik untuk pribadi, keluarga, maupun bisnis merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Tujuannya tentu […]
Baca Juga
Profesi Akuntan Adalah: Pengertian dan Tugas
Akuntan memiliki peran utama dalam perusahaan karena mengarahkan langsung dengan keuangan perusahaan. Jika ada kesalahan dalam pembukuan keuangan, perusahaan akan […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu