🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Komponen Dasar Laporan Keuangan Perusahaan

Komponen dasar laporan keuangan adalah sumber informasi yang paling penting untuk membantu Anda membuat keputusan menjalankan bisnis.
Penulis: Rizal Arisona
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Friday, 23 August 2019

Laporan keuangan adalah sumber informasi yang paling penting untuk membantu Anda sebagai pemilik bisnis membuat keputusan dalam menjalankan bisnis. Artinya, semua komponen dasar laporan keuangan perusahaan atau bisnis memainkan peran penting. Dalam bentuk kata-kata maupun angka, semua komponen yang ada dalam laporan keuangan tak boleh terlewatkan.

Di bawah ini, Anda bisa mengetahui beberapa komponen dasar laporan keuangan untuk bisnis Anda sebagai panduan. Dengan memasukkan semua komponen ini, Anda bisa membuat laporan keuangan yang lengkap serta mendukung berjalannya bisnis.

Komponen Dasar Laporan Keuangan

Berikut beberapa komponen dasar laporan kauangan perusahaan:

1. Neraca

Komponen Dasar Laporan Keuangan

Ilustrasi Laporan Neraca (Sumber: Freepik.com)

Neraca terdiri dari beberapa unsur seperti aset, liabilitas, dan modal sebuah bisnis pada waktu tertentu. Dari neraca, Anda bisa mengetahui berapa modal yang dimiliki, juga berapa jumlah utang yang harus dibayarkan kepada pihak lain. Dalam neraca, ada beberapa unsur penting yang harus Anda perhitungkan.

a. Aset

Aset bisa berupa benda yang berbentuk fisik maupun tidak. Suatu unsur dari bisnis dikategorikan ke dalam aset jika hal itu dipercaya bisa mendatangkan keuntungan di masa depan.

Contoh aset berbentuk fisik adalah Gedung, peralatan, perlengkapan, serta barang-barang lainnya. Contoh aset tanpa bentuk fisik adalah hak cipta, hak milik, serta paten.

b. Liabilitas

Liabilitas merupakan utang atau kewajiban yang harus dibayarkan oleh suatu bisnis selama beroperasi. Biasanya, liabilitas memiliki tenggat waktu pembayaran tertentu.

Beberapa macam liabilitas yang umum ditemui dalam sebuah bisnis adalah gaji karyawan yang belum dibayarkan, pajak, deposit konsumen, serta biaya lain yang harus dibayarkan kepada pihak ketiga.

c. Ekuitas

Berikutnya adalah ekuitas, merupakan jumlah yang masih dimiliki oleh bisnis Anda setelah dikurangi dnegna liabilitas. Ekuitas biasanya meliputi biaya dari pemegang saham serta dana cadangan. Hal ini berarti ekuitas hanya bisa ditingkatkan dengan cara menarik investor atau meningkatkan jumlah keuntungan yang didapatkan dari bisnis.

Baca Juga: Mengenal Dasar Dasar Akuntansi, Ini Pembahasannya Lebih Lanjut

2. Untung dan Rugi (Laba Rugi)

Komponen ini merupakan ringkasan performa keuangan dari bisnis Anda selama jangka waktu tertentu. Biasanya, catatan ini dibuat setiap kuartil atau tahunan.

a. Pendapatan

Jumlah yang diperoleh oleh bisnis melalui penjualan barang atau jasa dikenal sebagai pendapatan. Pendapatan ini merupakan pendapatan kotor, yang berarti semua dana yang berasal dari luar dihitung tanpa pengecualian.

b. Pengeluaran

Pengeluaran bisa terjadi dalam berbagai bentuk, misalnya produksi barang, biaya untuk memberikan layanan, dan biaya operasional. Beberapa jenis pengeluaran yang umum ditemui dalam suatu bisnis adalah gaji karyawan, sewa bangunan, penyusutan, serta bunga pinjaman.

c. Keuntungan

Keuntungan merupakan peningkatan ekuitas melalui transaksi. Yang termasuk dalam keuntungan adalah pendapatan yang terjadi di luar kebiasaan, misalnya peningkatan harga saham dan mendapatkan hibah. Bisa juga disebut dengan pendapatan pasif.

3. Laporan Aliran Dana (Arus Kas)

Ini merupakan ringkasan dari uang yang keluar dan masuk selama periode akuntansi tertentu. Biasanya, laporan ini dibuat setiap bulan, kuartil, atau tahun. Dengan adanya laporan aliran dana, Anda bisa membuat perencanaan biaya atau rencana pengembangan bisnis di masa depan. Ada beberapa kegiatan yang bisa menjadi sumber aliran dana, seperti di bawah ini:

a. Biaya Perusahaan

Aliran dana bisa terjadi dalam dua arah, keluar dan masuk. Aliran dana keluar misalnya berasal dari pembelian bahan baku, pemasaran, serta biaya pengiriman. Pendapatan dari penjualan barang atau jasa serta bunga yang diperoleh merupakan aliran dana masuk.

b. Investasi

Merupakan aliran dana yang terkait dengan investasi, misalnya saham di pasar modal. Setiap komponen dasar laporan keuangan sangat penting untuk melihat performa bisnis yang Anda jalankan. Dengan laporan keuangan yang tepat dan terperinci, Anda bisa menentukan strategi untuk menjalankan serta mengembangkan bisnis dengan lebih mudah.

Bikin Laporan Akuntansi 1x Klik Pakai Beeaccounting

Kini Anda bisa menggunakan software akuntansi Beeaccounting untuk membuat laporan keuangan akuntansi perusahaan otomatis. Hanya perlu memasukkan data penjualan, pembelian sat set langsung jadi. Tidak perlu jago akuntansi dulu. Yuk langganan sekarang juga!

Itulah dia beberapa komponen dasar laporan keuangan untuk Anda yang ingin belajar membuat laporan keuangan untuk bisnis Anda.

Semoga Bermanfaat 🙂

Tabel Laba Rugi: Pengertian, Bentuk, dan Contohnya
Di dunia bisnis atau usaha, terutama perusahaan perdagangan, laporan tabel laba rugi perusahaan perdagangan adalah bagian yang sangat penting dari
Baca Juga
6 Perbedaan PPn Dan PPh dan Sanksi jika Tidak Bayar Sesuai Aturan
Pajak merupakan bagian dari berbagai transaksi. Dua diantara jenis pajak yang paling sering diperbincangkan adalah Pajak Pertambahan Nilai (PPn) dan
Baca Juga
7 Cara Mengatur Keuangan Usaha Paling Efektif
Cara mengatur keuangan usaha memang bukan suatu perkara mudah. Pasalnya, urusan keuangan merupakan hal krusial dalam bisnis, karena memiliki peran
Baca Juga
Mengenal E Wallet Serta Cara Kerja dan Jenisnya di Indonesia
Seiring berkembangnya teknologi manusia kian diberi kemudahan dalam berbagai hal, salah satunya saat melakukan pembayaran transaksi online digital. Transaksi digital
Baca Juga
Pengertian Software Akuntansi yang Jarang Diketahui Akuntan
  Digitalisasi  pada zaman sekarang ini memiliki pengaruh ke berbagai aspek kehidupan, termasuk urusan akuntansi dalam sebuah perusahaan. Saat ini
Baca Juga
Kenali Pengertian, Jenis, dan Berbagai Unsur Ekuitas
Ekuitas adalah istilah populer dan tentunya sudah sangat populer dalam dunia bisnis khususnya untuk masalah pengelolaan keuangan atau akuntansi. Namun
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu