🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Laporan Posisi Keuangan adalah dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Laporan posisi keuangan adalah laporan yang berguna untuk mengetahui harta, kewajiban yang harus dipenuhi, serta modal perusahaan
Penulis: Al Faris
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Monday, 6 March 2023

Setiap perusahaan memerlukan laporan posisi keuangan dengan rincian yang jelas. Laporan jenis ini hadir dengan banyak sekali fungsi yang semestinya wajib dipahami. Terlebih bagi perusahaan yang memang ingin lebih terlihat profesional.

Hadirnya laporan keuangan juga sebagai wujud pertanggungjawaban kepada para investornya. Termasuk di dalamnya adalah laporan jenis posisi keuangan. Lebih lengkap tentang laporan satu ini, berikut adalah pembahasan lengkapnya.

Mengenal Apa Itu Laporan Posisi Keuangan?

Menurut KEMENKEU, laporan posisi keuangan adalah laporan yang berguna untuk mengetahui harta, kewajiban yang harus dipenuhi, serta modal perusahaan. Perusahaan harus mengetahui hal-hal tersebut agar memudahkan dalam membua kebijakan.

Mengenal laporan posisi keuangan

ilustrasi laporan posisi keuangan (Freepik)

Tidak jarang istilah laporan satu ini juga kerap disebut sebagai balance sheet, atau statement of financial position. Istilah lain dari laporan keuangan satu ini yakni laporan neraca.

Ragam Komponen Laporan Posisi Keuangan

Setelah memahami apa itu laporan posisi keuangan, lanjut mempelajari komponen di dalamnya. Ada tiga macam komponen yang bisa Anda jumpai di statement of financial position ini, yakni:

1. Aset

Aset merupakan hal pertama yang dimuat dalam berbagai laporan keuangan. Termasuk laporan jenis satu ini. aset yang dibahas sesuai dengan kondisi atau milik perusahaan. Untuk jenisnya bisa berupa aset tetap atau juga piutang perusahaan.

laporan posisi keuangana dalah

ilustrasi aset perusahaan (Freepik)

Komponen aset harus disajikan dengan besaran nilai bukunya. Pembuatan laporan harus teliti memasukkan berbagai aset. Terutama untuk nilai dari aset yang akan dilaporkan tersebut.

2. Kewajiban/Liabilitas

Perusahaan pasti memiliki tanggungan yang harus dibayarkan atau diselesaikan. Pos tersebut ditulis dengan keterangan liabilitas atau kewajiban. Penyelesaian tanggungan tersebut harus sesuai dengan waktu yang telah disepakati.

Contoh dari kewajiban atau liabilias adalah pendapatan yang diperoleh di muka. Maksudnya adalah utang dari pihak ketiga yang diberikan kepada perusahaan.

3. Modal/Ekuitas

Komponen lainnya dalam laporan posisi keuangan merupakan modal. Modal atau ekuitas merupakan hal yang dimanfaatkan dalam operasional perusahaan atau organisasi. Contoh modal dalam laporan keuangan adalah modal yang disetorkan.

Untuk jenis modal yang disetorkan, perhitungan labanya juga memiliki kekhususan tersendiri. Labanya akan ditahan dalam periode atau jangka waktu tertentu.

Bentuk Format Laporan Posisi Keuangan

Neraca atau laporan posisi keuangan bisa dibedakan berdasarkan format penyajiannya. Untuk bentuknya terdiri atas dua macam yakni skronto serta staffle yang akan dibahas lebih lanjut di bawah ini.

1. Bentuk Skronto

Statement of financial positiion bisa disajikan dalam bentuk skronto. Bentuk satu ini dibuat dengan susunan vertikal yang hasil akhirnya disusun berdampingan. Letak pos aset, ekuitas, dan kewajiban juga diposisikan secara berdampingan.

Aset disajikan di sisi kiri laporan, sementara ekuitas dan kewajiban di bagian kanan. Penyajian format skronto wajib tidak melupakan prinsip penyusunannya. Jumlah aset keseluruhan akan sama dengan total liabilitas dan ekuitas.

Rumus skronto

Untuk rumus format data keuangan ini adalah Aset = Modal atau Ekuitas + Kewajiban atau Liabilitas. Rumus tersebut merupakan dasar dari akuntansi dimana hasil akhir nantinya mesti balance.

2. Bentuk Staffle

Format staffle sering dipakai dalam pembuatan neraca. Laporan dengan format ini menyajikan tampilan vertikal. Aset akan dimasukkan ke laporan teratas, diikuti liabilitas dan ekuitas.

Jika hendak memakai format ini, pastikan urutan tersebut tidak diabaikan. Tujuannya agar laporan relevan, serta mudah untuk dipelajari.

Membuat Laporan Posisi Keuangan Bagi Bisnis

Laporan posisi keuangan bisa dibuat dengan beberapa langkah mudah. Berikut ini step cara membuat laporan posisi keuangan bisnis yang bisa Anda pelajari.

data Keuangan Perusahaan

ilustrasi pembuatan laporan bagi perusahaan

  • Pertama, lakukan analisis serta identifikasi transaksi keuangan yang dilakukan perusahaan
  • Setelah itu, catat dan klasifikasi jurnal transaksi keuangannya, dan posting hasilnya ke buku besar
  • Siapkan neraca saldo berdasarkan informasi yang tersedia di buku besar
  • Susun kertas kerja kolomnya dengan acuan buku besar
  • Setelah itu, buat laporan posisi keuangannya dengan dasar kertas kerja kolom

Laporan Posisi Keuangan, Contohnya

Untuk mempermudah memahami laporan posisi keuangan, pahami juga contoh-contohnya. Berikut beberapa contoh laporan posisi keuangan dalam format skronto hingga staffel.

1. Format Staffle

Laporan posisi keuangan format staffle disusun menggunakan metode vertikal. Untuk bentuknya memiliki akun yang sedikit lebih banyak, dengan contoh seperti berikut.

Laporan posisi keuangan adalah

2. Format Skronto

Untuk format laporan skronto menggunakan metode penulisan horizontal. Perusahaan bisa menggunakan format satu ini, sesuai dengan kebijakan internalnya. Berikut contoh laporan neraca skronto untuk CV Maju Jaya.

Kenali Manfaat Menggunakan Laporan Posisi Keuangan Bagi Bisnis

Setiap jenis laporan pasti memiliki manfaat yang baik bagi bisnis. Begitu juga jenis financial statement ini dimana beberapa manfaatnya bagi bisnis antara lain.

1. Dasar Evaluasi

Keuntungan yang sesuai target atau sebaliknya bisa dilihat dengan melakukan evaluasi keuangan. Oleh karena itu peran laporan posisi keuangan sangat penting sebagai tolok ukur evaluasi.

Ketika hasil pembukuan kurang baik, perusahaan akan melakukan evaluasi secara mendalam. Hal ini sangat berguna sebagai landasan menghindasi kerugian besar. Hal ini juga berlaku jika hasil pembukuan baik, dimana kinerja perusahaan pasti akan ditingkatkan.

2. Pengambilan Keputusan

Audit pasti akan dilaksanakan setiap tahunnya di berbagai bidang, termasuk departemen keuangan. Pemeriksaan ini bertujuan untuk tahu kondisi keuangan selama periode akuntansi. Selain itu, raihan laba juga akan diketahui dengan adanya audit ini.

Termasuk bagaimana kerugian dan berbagai keterangan lain bisa dipahami. Hal ini sangat berguna sebagai dasar untuk mengambil keputusan ke depannya.

Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud, menawarkan berbagai fitur yang diluar dugaan Anda. Aplikasi yang berbasis cloud ini memungkinkan Anda mengelola bisnis dalam genggaman Anda.

Fitur Analisa Bisnis Komplit Dari Beecloud

Analisa bisnis berdasarkan angka. Penjualan naik tapi cashflow seret? Piutang macet tak tertagih? Analisa penyakit bisnis anda berdasarkan angka, tanpa feeling & kira-kira. Menekan piutang macet tak tertagih. Banyak pengusaha bankrut karena hal ini! Gampang ngutangin gak bisa nagih. Di Beecloud anda bisa kontrol limit per pelanggan & manajemen penagihan.

Selain itu, Beecloud telah memiliki aplikasi sendiri yang memungkinkan Anda sebagai business owner melakukan pengecekkan menyeluruh pada bisnis Anda dalam satu tampilan dashboard. Segala informasi yang Anda butuhkan sudah tersaji secara otomatis dan real time.

3. Bentuk Tanggung Jawab

Bagi perusahaan yang bekerjasama dengan investor, perlu pertanggungjawaban setiiap periode akuntansi. Pertanggungjawaban ini dihadirkan dalam format laporan posisi keuangan.

Investor pasti ingin tahu bagaimana perolehan laba sehingga dana yang diinvestasikan jelas perhitungannya. Hadirnya laporan satu ini merupakan sarana yang jelas untuk pertanggungjawaban.

4. Magnet Investor

Hadirnya laporan yang jelas, transparan, dan mudah dipahami juga bisa menjadi magnet investor. Investor sangat penting bagi jalannya usaha karena diperlukan untuk mengembangkan bisnis.

Modal akan Anda peroleh yang tentu diperlukan untuk pengembangan usaha. Dana yang digelontorkan investor tentu tidaklah tanpa jaminan. Hadirnya laporan posisi keuangan akan memberikan jaminan bahwa bisnis memang menjanjikan untuk lahan investasi.

5. Standar Berinovasi

Laporan posisi keuangan juga bisa dijadikan sebagai acuan melakukan inovasi. Adanya laporan keuangan lengkap dan detail akan memberikan informasi bagan yang perlu perubahan.

Contohnya target penjualan yang sudah dilampaui dan ingin mempertahankannya di periode berikutnya. Hal ini perlu adanya inovasi di bagian tertentu yang tertulis dalam laporan tersebut.

KESIMPULAN

Perusahaan memang diwajibkan membuat laporan keuangan yang relevan, mudah dipahami, dan tentu kualitasnya tidak abal-abal. Hal ini sebagai tanda bahwa profesionalisme bisnis memang Anda miliki.

Pembuatan laporan posisi keuangan adalah dan jenis laporan lainnya saat ini tidak perlu manual. Sudah ada software khusus yang dapat membantu Anda seperti Beecloud. Produk dari Beecloud ini merupakan perangkat lunak akuntansi sarat fitur.

Anda bisa membuat laporan neraca, kas, hingga memakai sistem kasir dengan Beecloud. Tentunya menjalankan bisnis akan terasa lebih mudah dengan bantuan software Beecloud.

Memahami Pengertian LKBB, Jenis, dan Fungsinya
Institusi selain bank yang beroperasi dengan menjalan kegiatan financial disebut juga dengan LKBB. Peranan Lembaga Keuangan Bukan Bank cukup penting
Baca Juga
Financial Distress Adalah Indikasi Awal Kebangkrutan, Ini Cara Cegahnya
Istilah Financial Distress mungkin menjadi mimpi buruk bagi para pebisnis. Sebab, financial distress adalah indikator awal kebangkrutan, yang merupakan sebuah
Baca Juga
WIP Adalah: Fungsi, Rumus dan Contoh Laporannya
Dalam dunia manufaktur dan akuntansi, pemahaman yang kuat tentang WIP adalah kunci utama dalam mengelola proses produksi yang efisien dan
Baca Juga
Cara Berjualan di Tokopedia Langsung Banjir Orderan
Cara berjualan di tokopedia semakin dilirik oleh banyak orang terutama setelah adanya pandemi. Semua orang berbondong-bondong menjalankan bisnis online untuk
Baca Juga
Cash Opname Adalah Pemeriksaan Kas Fisik, Begini Contohnya
Dalam menjalankan bisnis, mengetahui cara mengelola uang tunai yang efektif dan akurat sangat penting. Salah satunya dengan cara cash opname,
Baca Juga
Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan Jasa dan Cara Membuatnya
Hampir seluruh pengusaha membutuhkan laporan laba baik untuk perusahaan jasa maupun perusahaan dagang. Dalam artikel kali ini akan membahas tentang
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu