Logo Bee Web

Pengertian, Jenis dan Contoh Hak Paten dalam Bisnis

hak paten adalah salah satu bentuk perlindungan hukum juga hak eksklusif investor atas investasi di bidang teknologi dalam waktu tertentu.
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Tuesday, 5 September 2023

Secara pengertian contoh hak paten adalah salah satu bentuk perlindungan hukum yang diberikan kepada pencipta atau pemilik inovasi baru dalam bidang teknologi, proses, atau produk.

Dalam konteks bisnis, hak paten memungkinkan pemiliknya untuk melindungi dan mengendalikan penggunaan, produksi, distribusi, dan pemasaran dari inovasi tersebut selama jangka waktu tertentu.

Pengertian Hak Paten

Hak Paten Adalah

Ilustrasi gambar hak paten (Credit: Freepik.com)

Mengutip dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) paten diartikan sebagai hak eksklusif investor atas investasi di bidang teknologi dalam waktu tertentu. Pelaksanaannya dapat dilakukan sendiri atau mereka dapat memberi wewenang kepada pihak lain untuk melaksanakan penemuan mereka.

Hak paten eksklusif ini juga berlaku untuk semua aktivitas bisnis, termasuk penggunaan logo dan nama merek yang telah dipatenkan. Penggunaan yang tidak sah akan mengakibatkan pelanggaran hak cipta.

Di Indonesia sendiri hak paten telah menerapkan undang-undang untuk melindungi hak paten, seperti UU No.14 tahun 2001. Namun, karena kemajuan teknologi, pemerintah merevisi UU No.13 tahun 2016.

Perbedaan Hal Paten dan Hak Cipta

Hak paten dan hak cipta adalah dua konsep hukum yang berbeda dan memberikan perlindungan terhadap hak intelektual, meskipun sekilas terlihat sama. Berikut penjelasannya:

1. Definisi

Perbedaan yang pertama adalah dari definisinya, secara pengertian hak paten adalah memberikan hak eksklusif yang diberikan kepada seseorang atas sesuatu penemuan atau inovasi teknis yang baru, berguna, non-obvious.  Ini berlaku untuk produk atau proses yang dapat diimplementasikan atau diterapkan secara praktis

Sedangkan hak cipta adalah hak eksklusif yang diberikan kepada pencipta atau pemegang hak untuk karya-karya kreatif berupa ekspresi artistik, musik, literatur, dan karya-karya intelektual lainnya.

Baca Juga: Royalti adalah Hak Pemilik Karya, Ini Penjelasannya!

2. Jenis Karya

Berikutnya adalah dari segi jenis karya, hak paten meliputi penemuan baru, alat, mesin, proses manufaktur, dan produk teknologi lainnya. Sedangkan hak cipta meliputi buku, musik, lukisan, film, perangkat lunak, dan karya seni lainnya yang diekspresikan dalam bentuk konkret.

3. Perlindungan

Perbedaan selanjutnya dari perlindungan yang diberikan, perlindungan untuk hak paten diberikan untuk mencegah orang lain untuk membuat menggunakan, menjual, atau mendistribusikan penemuan yang dilindungi selama jangka waktu tertentu yang diberlakukan.

Sedangkan untuk perlindungan hak cipta biasanya akan mencakup pemberian hak eksklusif kepada pemegang hak cipta untuk mengontrol reproduksi, distribusi, pementasan, dan adaptasi karya tersebut.

4. Persyaratan dan Proses Pendaftarannya

Perbedaan yang paling menonjol berikutnya ada dari segi persyaratan dan pendaftarannya Proses persyaratan hak paten harus memenuhi kriteria yang ketat seperti penemuan yang berguna, baru dan seterusnya, pendaftarannya pun harus dilakukan oleh pihak perweag dengan seleksi yang ketat.

Hak cipta diberikan secara otomatis saat karya tersebut diwujudkan dalam bentuk konkret (tidak perlu pendaftaran), tetapi dalam beberapa yurisdiksi, pendaftaran dapat memberikan hak-hak tambahan.

Dari segi pendaftaran meskipun pendaftaran tidak selalu diperlukan untuk mendapatkan perlindungan hak cipta, pendaftaran dapat memberikan bukti kuat tentang kepemilikan dan membantu dalam kasus penegakan hukum.

Jenis-Jenis Hak Paten

Menurut Undang-Undang No. 14 Tahun 2001, hak paten dibedakan menjadi dua jenis yakni hak paten dan paten sederhana, berikut penjelasannya:

1. Paten

Jenis pertama adalah hak paten, yakni hak yang diberikan kepada penemuan yang bersifat bari, inventis dan dapat diterapkan di Industri terkait. Jenis hak paten ini diberikan kepada seorang dengan jangka waktu 20 sejak pertama kali diberikan.

2. Paten Sederhana

Kedua adalah paten sederhana, hak ini diberikan kepada setiap penemuan baru atau pengembangan proses produk yang sudah ada dan bisa diterapkan di industri yang berkaitan.

Poin penting dari paten sederhana adalah pengembangan proses, produk dan mede dari yang sebelumnya sudah ada. Untuk jangka waktu pemberian paten sederhana diberikan selama 10 tahun sejak pertama kali diberikan.

Contoh Hak Paten dalam Bisnis

Software Minimarket Di Komputer

Salah satu contoh gak paten adalah 4G LTE milik Dr. Eng. Khoirul Anwar (Credit: Bee.id)

Dunia bisnis mencakup berbagai aspek sekaligus, seperti keilmuan, teknologi, bahkan biologi. Mengingat bisnis bisa bergerak di bidang apa saja. Berikut beberapa contoh hak paten yang sangat membantu dan berpengaruh dalam bisnis dan kehidupan sehari-hari.

1. Contoh Hak Paten 4G LTE oleh Dr. Eng. Khoirul Anwar

Contoh hak paten yang pertama adalah 4G LTE yang dimiliki oleh Dr. Eng. Khoirul Anwar, yakni sebuah teknologi yang membantu dalam meningkatkan kecepatan koneksi internet. Dr. Eng. Khoirul Anwar pertama kali mempublikasikan teknologi ini pada tahun 2010.

Dengan penemuannya ini ia berhak mendapatkan hak paten eksklusif atas kepemilikan teknologi 4G LTE. Selain itu, penemuannya ini juga banyak membantu para pebisnis dalam menjalankan usahanya, baik untuk kegiatan promosi, pelayanan dan masih banyak lagi.

Mengingat saat ini hampir semua komponen bisnis bergantung dengan kecepatan internet. Sehingga penemuan beliau bisa dikatakan salah satu contoh hak paten yang sangat berpengaruh di dunia bisnis.

2. Contoh Hak Paten Proses oleh Prof. Dr. Ir. C. Hanny Wijaya, M. Agr, ID untuk Pembuatan Tempe dengan Glukono - Δ – Laktone (GDL)

Berikutnya ada hak paten proses proses pembuatan tempe dengan menggunakan glukoasa - Δ – Laktone (GDL) yang dimiliki oleh Prof. Dr. Ir. C. Hanny Wijaya, M. Agr, ID. Dengan teknologi yang diciptakan oleh beliau dapat membantu para pengusaha tempe dalam proses produksi mereka.

3. Contoh Hak Paten Komputer oleh Charles Babbage

Contoh hak paten yang ketiga adalah hak paten komputer yang dimiliki profesor matematika asal inggris Charles Babbage sebagai penemu pertama, tepatnya pada tahun 1812. Dengan penemuan Charless Babbage banyak sekali bisnis yang dibantu, baik untuk operasional, pemasaran, penjualan dan masih banyak lagi.

Cara Mendaftarkan Hak Paten

Prosedur Mengurus Surat Izin Usaha

Syarat dan prosedur pendaftaran hak paten (Credit: Freepik.com)

Berikut beberapa syarat dan cara mendaftarkan hak paten:

Syarat Mendaftar Hak Paten

Berikut beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi sebelum mendaftarkan hak paten.

# Syarat Produk

  • Produk yang didaftarkan memiliki sifat baru dan tidak pernah didaftarkan sebelumnya.
  • Produk harus memiliki sifat inventif, yakni produk tambahan atau pembaharuan dari produk yang pernah ada.
  • Produk yang didaftarkan memiliki sifat aplikatif, atau bermanfaat bagi banyak kalangan.

# Syarat Formalitas

  • Memiliki surat pengalihan hak (jika inventor dan pemohon bukan orang yang sama) dan surat kuasa jika permohonan diajukan melalui kuasa.
  • Fotokopi KTP khusus untuk pemohon perorangan
  • Fotokopi akta pendirian badan hukum yang sudah dilegalisir jika pemohon dari badan hukum
  • Fotokopi NPWP badan hukum untuk pemohon dari badan hukum
  • Salinan kartu identitas orang yang berwenang menandatangani surat pernyataan dan surat kuasa atas nama pemohon badan hukum.

Prosedur Mendaftarkan Hak Paten

Berikut prosedur cara pendaftaran hak paten offline:

  • Pertama adalah mengajukan permohonan langsung ke DJKI (Direktorat Jenderal kekayaan Intelektual)
  • Kemudian lakukan pendaftaran dengan mengisi formulir permohonan 4 rangka
  • Meliputi isi spesifikasi paten, dari judul investasi, latar belakang, uraian invensi, gambar teknik, abstrak, penjelasan fitur dst.
  • Melengkapi syarat-syarat ketentuan yang sudah disebutkan sebelumnya.
  • Berikunya lakukan pembayaran pendaftaran dan Anda akan mendapatkan tanggal penerimaan , setelah semua prosedur dilampirkan.
  • Selanjutnya pihak DJKI akan melakukan pemeriksaan administrasi dan biaya diberikan selama 6 bulan dari tanggal penerimaan.
  • Setelah masa pengumuman berakhir atau paling lama 36 bulan dari tanggal penerimaan, Anda sebagai pemohon dapat mengajukan Permohonan Pemeriksaan Substantif dengan menyerahkan formulir yang telah dilengkapi dan membayar biaya ke DJKI.
  • Pemeriksa paten harus membuat keputusan apakah akan memberikan atau menolak paten dalam waktu 36 bulan setelah menerima permohonan pemeriksaan substantif. Jika permohonan paten ditolak, pemohon memiliki opsi untuk mengajukan banding. Jika permohonan paten diterima, DJKI akan menerbitkan sertifikat paten.

Prosedur Mendaftarkan Hak Paten Online

Berikut langkah-langkah mendaftarkan  hak paten online:

  • Pertama buka situs resmi milik Direktoral Jenderal kekayaan Intelektial, dgip.go.id
  • Lalu buat permohonan baru
  • Kemudian unggah data pendukung yang dibutuhkan, seperti deskripsi permohonan, klaim, abstrak, gambar invensi, hingga SK akta pendirian untuk pemohon adalah lembaga pendidikan atau litbang pemerintah.
  • Berikutnya isi seluruh formulir
  • Lalu lakukan pembayaran dengan mengklik pemesanan kode billing paten yang diurus.
  • Kemudian klik pemesanan kode billing substantif untuk melanjutkan pembayaran.
  • Pastikan semua data terisi dan klik selesai dan permohonan akan diproses.

Biaya Pendaftaran Hak Paten

Mendaftarkan hak paten dibutuhkan biaya mencapai Rp15.000.000 dengan rincian berikut:

  • Biaya pendaftaran hak paten PNBP-KEMENKUMHAM sebesar Rp1.500.000,
  • Biaya pemeriksaan PNBP-KEMENKUMHAM sebesar Rp3.000.000
  • Biaya minimal untuk pembuatan spesifikasi hak paten, mulai dari kelengkapan surat formalitas dan substantif sebesar Rp4.500.000
  • Kemudian biaya untuk sewa jasa konsultan sebesar RP3.000.000

Baca Juga: Surat Izin Tempat Usaha: Apa Saja Syarat dan Prosedurnya?

Manfaat Memiliki Hak Paten bagi Bisnis

Berikut ini adalah lima manfaat utama memiliki hak paten:

1. Perlindungan Inovasi

Pertama, hak paten melindungi produk atau proses inovatif yang telah diciptakan oleh bisnis Anda. Ini mencegah pihak lain untuk membuat, menggunakan, menjual, atau mendistribusikan inovasi tersebut tanpa izin Anda.

Dengan demikian, hak paten membantu mencegah persaingan yang tidak adil dan memungkinkan bisnis Anda mendapatkan keuntungan dari investasi besar dalam penelitian dan pengembangan.

2. Keunggulan Pasar

Dengan memiliki hak paten atas produk atau proses yang unik, bisnis Anda dapat memiliki keunggulan kompetitif di pasar. Ini bisa membuat bisnis Anda menjadi satu-satunya penyedia solusi tertentu atau memberikan ciri khas yang sulit ditiru oleh pesaing.

Keunggulan semacam ini dapat membantu bisnis Anda menarik pelanggan dan membangun basis pelanggan yang setia.

3. Nilai Ekonomi

Hak paten memiliki nilai ekonomi yang signifikan. Mereka dapat menjadi aset berharga yang dapat diperdagangkan, diberikan lisensinya kepada pihak lain untuk penggunaan tertentu, atau digunakan sebagai jaminan dalam transaksi keuangan. Hak paten juga dapat meningkatkan nilai perusahaan dalam hal penilaian dan daya tarik bagi investor.

4. Hambatan Masuk

Fungsi selanjutnya dapat menciptakan hambatan masuk bagi pesaing. Dengan memiliki hak eksklusif untuk inovasi Anda, pesaing akan menghadapi kesulitan dalam mengembangkan produk serupa atau bersaing di pasar yang sama tanpa melanggar hak paten Anda. Ini dapat membantu mempertahankan pangsa pasar Anda dan memberikan waktu tambahan bagi bisnis Anda untuk tumbuh dan berkembang.

5. Dorongan untuk Inovasi Lanjutan

Terakhir, mendorong bisnis untuk terus berinovasi. Dengan adanya perlindungan hukum atas inovasi tertentu, bisnis cenderung menginvestasikan lebih banyak dalam penelitian dan pengembangan untuk menciptakan produk atau proses yang lebih baik.

Ini bisa membantu bisnis Anda tetap relevan di pasar yang terus berubah dan meningkatkan peluang keberhasilan jangka panjang. Namun, sayangnya hak paten juga memiliki keterbatasan dan biaya terkait. Proses pendaftaran hak paten bisa rumit dan memerlukan waktu, serta biaya yang signifikan.

Selain itu, hak paten hanya memberikan perlindungan terbatas dalam jangka waktu tertentu (biasanya 20 tahun dari tanggal pengajuan), setelah itu inovasi tersebut akan menjadi domain publik. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan dengan cermat apakah manfaat hak paten sesuai dengan strategi bisnis Anda.

Bisa Intip Omset Jualan Online Setiap Hari Dimana Saja Kapan Saja Pakai Beecloud

Yuk, optimalkan efisiensi bisnis Anda dengan menggunakan software akuntansi online Beecloud. Dengan fitur-fitur unggulan seperti kontrol stok yang canggih, manajemen gudang yang terintegrasi, dan kemampuan untuk menghasilkan laporan akuntansi secara otomatis, Beecloud adalah mitra yang tak tergantikan dalam meraih keuntungan maksimal dari usaha Anda.

Format Order dan Cara Membuatnya
Dalam bisnis jual beli online biasanya ada istilah yang dikenal dengan format order. Istilah ini memiliki peran yang sangat penting
Baca Juga
Mengenal FOB (Free On Board) dalam Bisnis Pengiriman Barang
Anda mungkin pernah mendengar istilah "FOB" ketika berurusan dengan bisnis pengiriman barang internasional. FOB adalah singkatan dari "Free On Board",
Baca Juga
Contoh dan Cara Promosi Makanan Menarik
Ada banyak orang yang penasaran dan ingin tahu tentang bagaimana cara promosi makanan menarik serta efektif agar bisa mendapatkan cuan
Baca Juga
Cara Mudah Bikin Laporan Cash Flow Cukup 5 Menit Saja
Apakah mungkin nih bikin laporan cash flow hanya dengan 5 menit saja? Sangat mungkin dong, tetapi sebelum saya berbagi kepada
Baca Juga
Konsep Strategi Marketing Mix 7P dan Contohnya
Setiap bisnis perlu menjalankan pemasaran untuk bisa dikenal banyak orang sekaligus menjadi upayanya dalam meningkatka penjualan. Dalam proses pemasaran ini
Baca Juga
Inspirasi Bisnis Online Modal Kecil: Menguntungkan Banget!
Saat ini, bisnis yang menguntungkan tidak selalu dikerjakan secara offline atau luring. Namun, bisnis online modal kecil juga tidak kalah
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu