Web Logo Bee
Penulis: Rizal Arisona

Usaha Bengkel untuk Pemula Mulai Persiapan Hingga Cuan

Dipublish Tgl: Friday, 22 July 2022

Apakah Anda termasuk pelaku usaha bengkel pemula ? Atau mempunyai niatan untuk membuka usaha bengkel? Anda sebelum membangun usaha ini tentu perlu memperhatikan tahapan-tahapannya mulai dari persiapan,modal awal, strategi bisnis hingga mendapatkan cuan. Hal ini sangat penting dilakukan agar usaha Anda lebih cepat berkembang.

Persiapan Membuka Usaha Bengkel Pemula

  • Menyiapkan Modal Awal

Persiapan pertama adalah Anda perlu menyiapkan modal awal mulai dari modal biaya peralatan, renovasi lahan hingga biaya operasional.

  • Menentukan Lokasi Usaha Bengkel

Anda juga harus menentukan lokasi usaha bengkel Anda tentu harus strategi agar peluang cuan lebih besar dan mudah berkembang.

  • Mencari Montir Profesional

Dalam membangun usaha ini tentu Anda harus mencari montir yang profesional dan ahli di bidang agar mampu menunjang baik dari segi pelayanan.

  • Mencari Pemasok Sparepart

 

Spare Part Mobil Service Bengkel

Spare Part Mobil untuk Service Bengkel (Sumber: Freepik.com)

Mencari supplier atau pemasok sparepart juga sangat penting dalam tahapan persiapan ini. Hal ini bertujuan agar Anda mendapatkan produk yang berkualitas dan terjangkau.

  • Merincikan Biaya Peralatan dan Operasional

Membahas mengenai biaya tentu sangat penting termasuk merincikan secara terpisah biaya peralatan dan biaya operasional agar bisa tertata rapi.

  • Sistem Manajemen Layanan Bengkel

Anda bisa menggunakan sistem manajemen layanan bengkel dengan menggunakan fitur software bengkel beeaccounting agar lebih mudah dan praktis.

  • Mengatur Strategi Promosi

Dalam tahapan persiapan Anda pun perlu mengatur strategi promosi agar bengkel Anda mudah dikenali orang dan peluang cuan besar dan tinggi.

Modal Awal Usaha Bengkel Motor

  • Sewa lahan dan renovasi

Lahan memang tidak bisa dipungkiri menjadi modal awal sekaligus penting untuk memulai usaha bengkel motor ini. Lahan ini bisa Anda sewa jika sebelumnya Anda belum ada lahan kosong. Setelah melakukan sewa lahan ini tentu Anda harus melakukan renovasi agar bengkel terlihat menarik dan nyaman serta bersih.

  • Biaya peralatan

Modal awal dalam membangun usaha bengkel selain lahan juga ada biaya peralatan.Anda harus membeli peralatan lengkap bengkel agar kinerja bengkel optimal. Jika peralatan tidak memadai maka bisa menyebabkan kinerja bengkel tidak berjalan optimal dan mempengaruhi peluang cuan Anda.

  • Parts dan Pelumas

Anda harus membeli dan menyediakan sparepart dan pelumas juga sebagai modal awal usaha bengkel motor. Hal ini sangat diutamakan juga agar jika ada customer yang ingin membeli sparepart Anda pun bisa melayani dengan baik. Begitu juga pelumas, tentu banyak orang yang membutuhkan juga.

  • Biaya operasional

Dalam membangun sebuah usaha termasuk usaha bengkel tentu tidak lepas dengan biaya operasional. Anda sangat perlu mempertimbangkan dari segi ini agar usaha Anda juga berjalan optimal dan seimbang.

Strategi Usaha Bengkel Pemula

  • Punya Konsep Bengkel yang Jelas

Anda perlu mempunyai konsep bengkel yang jelas dan juga menarik agar customer suka dan nyaman.

  • Kualitas Pelayanan

Pelayanan yang berkualitas tentu mampu menjadi daya tarik customer untuk selalu datang ke bengkel Anda.

Baca Juga: Loyalitas Pelanggan Merupakan Asset Bagi Bisnis Anda

  • Menentukan Target Market Usaha Bengkel

Tentukan Target Market Bengkelmu

Tentukan Target Market Bengkel Anda (Sumber: Freepik.com)

Agar usaha Anda lebih mudah berkembang tentunya Anda harus menentukan target market usaha terlebih dahulu agar tepat sasaran.

  • Lakukan Promosi

Promosi sudah menjadi garda terdepan untuk memperkenalkan usaha Anda agar peluang cuan juga semakin terbuka lebar.

  • Manajemen Mekanik

Anda bisa membuat manajemen mekanik dengan menggunakan fitur software bengkel di Beeaccounting agar lebih tertata dan terstruktur.

  • Jangan Lupakan After Service

Memberikan garansi pasca service juga mampu menjadi daya tarik tersendiri untuk customer datang ke bengkel Anda.

  • Manfaatkan Komunitas

Anda juga bisa bergabung di komunitas yang satu visi misi untuk menunjang dari segi marketing dan pemasaran agar lebih mudah berkembang.

  • Rajin Melakukan Pembukuan

Pembukuan usaha tentu sangat penting. Anda bisa melakukan pembukuan ini dengan menggunakan teknologi canggih berbasis digital yaitu melalui fitur software bengkel dari Beeaccounting.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Pembukuan Keuangan Sederhana Usaha Kecil

Tips Usaha Bengkel Motor

  • Jaga Relasi dengan Karyawan

Membangun usaha tentu tidak lepas dari membangun dan menjaga relasi atau hubungan dengan karyawan. Hal ini penting agar sama sama berjalan maksimal dan menghindari adanya kesenjangan sosial.

  • Pisah Pengelolaan Keuangan Pribadi dan Bengkel

Memisahkan keuangan pribadi dan bengkel tentu sangat penting agar tidak saling campur dan keuangan bengkel bisa tertata dengan rapi. Selain itu lebih mudah melakukan evaluasi juga agar mudah berkembang.

  • Ketahui Urusan Bengkel

Tips selanjutnya adalah Anda harus memonitor dan mengetahui urusan bengkel. Anda harus memahami dulu pekerjaan yang ada di bengkel.

  • Manfaatkan Media Sosial dan Teknologi

Media Sosial untuk Promosi Bengkel

Media Sosial untuk Promosi Bengkel (Sumber: Pexels.com)

Tips terakhir adalah menggunakan media sosial untuk promosi karena media sosial memiliki jangkauan lebih luas dan peluang tepat sasaran market lebih besar.

Bagaimana Strategi Usaha Bengkel Tetap Cuan Saat Pandemi?

  • Sediakan Konsultasi Online

Agar tetap menghasilkan cuan di saat pandemic maka Anda perlu menyediakan konsultasi berbasis online. Karena di saat pandemic masyarakat menggunakan prinsip stay at home.

  • Tawarkan Jasa Home Service

Strategi kedua agar tetap cuan adalah Anda menawarkan jasa home service artinya montir siap datang kerumah customer untuk memberikan pelayanan.

  • Lakukan Follow-up Terhadap Pelanggan

Anda juga harus melakukan follow up terhadap pelanggan agar usaha Anda dikenali banyak orang meskipun masa pandemic.

  • Bertransaksi Tanpa Kontak Langsung

Pembayaran via Transfer Bank

Pembayaran via Transfer Bank (Sumber: Pexels.com)

Masa pandemi memang banyak yang menggunakan via Transfer dari segi pembayaran. Hal ini dilakukan agar tidak ada kontak secara langsung.

  • Sesuaikan dengan Tren

Membangun usaha tentu sangat perlu disesuaikan dengan tren sekarang agar customer juga suka dan tertarik. Jika tidak mengikuti trend maka customer bisa saja bosan baik dengan pelayanan maupun dengan konsep bengkel Anda.

Manajemen Usaha Bengkel Sistematis, Bikin Pembukuan Mudah dengan Software Bengkel Beeaccounting

Membangun usaha bengkel memang tidak bisa lepas dengan yang namanya manajemen keuangan, manajemen operasional, maupun manajemen waktu. Manajemen keuangan tentu identik dengan pembukuan kas yang di dalamnya tercantum pemasukan dan pengeluaran. Untuk memudahkan membuat pembukuan, maka di era digital sekarang ada teknologi canggih terkait pencatatan pembukuan. Anda bisa menggunakan Software Bengkel Beeaccounting karena sederhana, mudah penggunaanya dan lebih praktis.

Beeaccounting Bengkel Cc Web

Software tersebut memiliki banyak fitur bengkel yang bisa Anda gunakan. Mulai dari :

  • Manajemen antrian order
  • Laporan  pendapatan jasa dan penjualan sparepart
  • Cetak PKB untuk menghindari kesalahan kerja
  • dan Manajemen stok spare part

Dengan Anda menggunakan software bengkel tersebut, tentu manajemen bengkel akan jauh lebih tertata dan produktif yang nantinya mampu meningkatkan kepuasan customer.

Dari penjelasan di atas tentu Anda sudah mengenali tahapan persiapan usaha bengkel, modal awal, strategi pemasaran bahkan saat pandemic masih tetap cuan. Anda bisa menggunakan tips tipsnya agar usaha Anda bisa sukses.

Rekomendasi Software Cetak Struk Online Terbaik
Software struk cetak online merupakan inovasi teknologi yang sangat berguna dalam mengembangkan bisnis Anda, pasalnya software cetak struk ini sudah […]
Baca Juga
Biaya Admin Tokopedia Seller dan Cara Perhitungannya
Biaya admin tokopedia hadir menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi pemilik online shop yang mulai bermigrasi menggunakan e-commerce atau marketplace. […]
Baca Juga
Cara Membuat Pembukuan Keuangan Sederhana Usaha Kecil
Pembukuan keuangan sederhana dibutuhkan oleh pengusaha untuk melihat progres bisnisnya melalui rekapan aktivitas keuangan di dalam perusahaan. Apakah keuntungan meningkat […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu