🎉 Promo Khusus Pengguna Beeaccounting, Disc. upto se-Juta
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

8 Macam Sertifikasi Akuntansi Profesional dan Penjelasannya

Lulusan akuntansi wajib paham 8 jenis sertifikasi akuntansi untuk mengembangkan karier, apa saja? Bagaimana cara mendapatkannya? Cek di sini
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 26 September 2023

Menjadi seorang akuntan profesional menjadi impian banyak orang terlebih yang sudah mendalami bidang akuntansi selama masa kuliah. Untuk menjadi seorang profesional seorang perlu meningkatkan kredibilitasnya salah satunya dengan memiliki sertifikasi akuntansi.

Proses sertifikasi akuntansi di Indonesia sendiri biasa dilakukan oleh beberapa pihak seperti Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) dan Institut Akuntan Publik Indonesia (IAI).

Sedangkan untuk lembaga atau organisasi internasional biasa dilaksanakan oleh Insititute of Internal Auditor (IIA), Institute for Certified management Accountant (ICMA) dan sejenisnya. Kenali lebih dalam jenis dan cara mendapatkannya para artikel di bawah ini:

Jenis-Jenis Sertifikasi Akuntansi Profesional

Review Software Akuntansi

Seorang akuntan profesional wajib memiliki sertifikasi profesi akuntansi sebagai bentuk validasi kemampuan (Credit: Freepik.com)

Berikut beberapa macam sertifikasi akuntansi profesional:

1. Certified Internal Auditor (CIA)

Pertama ada Certified Internal Auditor (CIA) yang dikeluarkan oleh Institute of Internal Auditors (IIA) yang sudah diakui global kredibilitasnya. Sertifikasi ini biasa diambil oleh seorang lulusan akuntansi yang ingin mendalami bidang auditor.

Selain IIA, Anda yang ingin mendapatkan sertifikasi serupa di Indonesia Anda bisa mendapatkannya dengan mendaftar di Yayasan Pendidikan Internal Audit (YPIA) yang juga disebut dengan Qualified Internal Auditor (QIA). Sertifikasi YPIA diakui di Indonesia dan hanya berlaku di Indonesia berbeda dengan CIA.

Dengan memiliki sertifikasi ini menjadi bukti jika Anda telah memiliki keterampilan dan kompetensi yang diperlukan dalam menjalankan tugas audit internal secara profesional.

Baca Juga: Audit Internal Adalah, Jenis, Tujuan dan Perbedaannya

2. Chartered Financial Analyst (CFA)

Berikutnya ada Chartered Financial Analyst (CFA) yang dikeluarkan dan diberikan oleh CFA Institute yang diakui secara global yang mengatur profesi analis keuangan.

Sertifikasi CFA diberikan kepada para profesional keuangan yang ingin meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam analisis investasi, manajemen portofolio, dan bidang keuangan lainnya.

Untuk mendapatkan sertifikasi ini, Anda perlu melewati tiga tingkatan ujian. Sebelum itu, Anda harus terlebih dahulu memiliki pengalaman kerja secara profesional di bidang keuangan minimal 4 tahun, gelar sarjana, sertifikat TOAFL dan sejenisnya.

3. Certified Management Accountant (CMA)

Selanjutnya ada Certified Management Accountant (CMA) yang dikeluarkan oleh Institute of Management Accountants (IMA), seorang yang memiliki sertifikasi ini memiliki prospek kerja yang cukup menjanjikan, dimana biasanya mereka akan diterima bekerja di perusahaan korporat besar hingga perusahaan multinasional.

Tujuan dari sertifikasi akuntansi jens ini adalah untuk mengakui kemampuan dan keterampilan seorang dalam bidang analisis, manajemen dan perencanaan strategis keuangan bisnis.

Untuk mendapatkannya Anda perlu memenuhi beberapa syarat dan tahapan di bawah ini:

  • Syarat:Memiliki gelar sarjana di bidang yang berkaitan, seperti akuntansi, keuangan dan bisnis.
  • Lulus Ujian Sertifikasi:Ujian ini dibagi menjadi dua tahapan, setiap tahapannya Anda akan diuji dalam segi pemahaman dan penerapan konsep, metode manajemen bisnis.

4. Chartered Global Management Accountant (CGMA)

Keemat adalah Chartered Global Management Accountant (CGMA) dikeluarkan oleh Chartered Institute of Management Accountants (CIMA) berbasis di Inggris, selaku badan resmi akuntansi manajemen.

Cakupan dari sertifikasi ini terbilang lebih luas dibandingkan dengan sertifikasi akuntansi lainnya, yang mencakup analisis kinerja, manajemen resiko, keputusan strategis hingga perencanaan keuangan. Sebelum mengajukan sertifikasi CGMA Anda perlu memenuhi persyaratannya, apa saja? Berikut diantaranya:

  • Memiliki pengalaman di bidang yang relevan minimal 3 tahun.
  • Memiliki gelar sarjana di bidang yang relevan, seperti akuntansi dan keuangan.
  • Mengikuti deretan tingkatan ujian yang relevan di bidang terkait.

5. Certified Public Accountant (CPA)

Certified Public Accountant (CPA) atau yang juga disebut dengan akuntan publik bersertifikat dikeluarkan oleh Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI), dengan memiliki sertifikat ini Anda dihormati dan diakui karena telah memenuhi persyaratan lisensi sebagai seorang akuntan publik.

Setiap negara memiliki kualifikasi khusus yang wajib dijalankan agar mendapatkan kualifikasi CPA ini, sebagian besar negara termasuk Indonesia mewajibkan pemilik sertifikasi untuk melakukan pembaruan lisensi setia tahun dengan melibatkan 40 jam pendidikan profesional setiap tahunnya.

Untuk mendapatkan CPA kandidat perlu memenuhi syarat seperti 150 jam semeter pendidikan dan minimal 2 tahun bekerja. Baru kemudian mengikuti ujian yang diadakan. Ujian CPA dilakukan dalam 4 bagian, yakni:

  • Auditing dan Atestasi (AUD)
  • Lingkungan dan Konsep Bisnis (BEC)
  • Akuntansi dan pelaporan Keuangan (FAR)
  • Regulasi (REG)

6. Sertifikat Konsultan Pajak

Manfaat Menggunakan Jasa Konsultan

Ilustrasi konsultan pajak melakukan kondultasi dengan cliennya (Credit: Freepik.com)

Sertifikat Konsultan Pajak adalah sertifikasi yang diberikan kepada individu yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam bidang perpajakan. Sertifikasi ini biasanya dikeluarkan oleh otoritas pajak di suatu negara atau lembaga profesional terkait dengan perpajakan.

Biasanya, sertifikasi akan dibedakan menjadi 3 tingkatan sesuai dengan apa yang diujikan, yakni sertifikat A (konsultan pajak pribadi), B (calon konsultan pajak bagi wajib pajak) dan C (konsultan pajak internasional).

Syarat untuk mendapatkan sertifikasi ini dapat bervariasi, tetapi umumnya melibatkan pendidikan dan pengalaman kerja dalam perpajakan serta lulus ujian yang relevan.

7. Financial Risk Manager (FRM)

Sertifikasi Financial Risk Manager (FRM) adalah sertifikasi yang diberikan oleh Global Association of Risk Professionals (GARP) kepada individu yang memiliki pemahaman mendalam tentang manajemen risiko keuangan.

Untuk mendapatkan sertifikasi FRM, calon harus lulus dua ujian FRM yang menguji pemahaman mereka tentang berbagai aspek risiko keuangan, termasuk risiko pasar, risiko kredit, dan lainnya. FRM adalah sertifikasi yang sangat dihormati dalam industri keuangan dan membantu profesional dalam mengelola risiko finansial dengan lebih baik.

8. Sertifikat Akuntansi Syariah (SAS)

Sertifikat Akuntansi Syariah (SAS) adalah sertifikasi yang menunjukkan pemahaman tentang prinsip-prinsip akuntansi yang sesuai dengan syariah Islam. Biasanya dikeluarkan oleh lembaga atau asosiasi akuntansi syariah yang diakui.

Untuk mendapatkan SAS, individu perlu memahami bagaimana menerapkan prinsip-prinsip akuntansi syariah dalam praktik akuntansi, termasuk aturan tentang larangan riba dan prinsip keadilan. Pendidikan, pengalaman, dan ujian biasanya merupakan syarat untuk memperoleh sertifikasi ini.

Baca Juga: Memahami Apa Itu Akuntansi Syariah Prinsip Dasar, dan Tujuannya

Ujian sertifikasi akuntansi syariah dibagi menjadi 2 jenjang, yaitu USAS level dasar dan level profesional, meliputi:

  • Ujian SAS Level Dasar: Pengantar fiqih muamalah dan akuntansi keuangan dasar
  • Ujian SAS Level Profesional: Akuntansi keuangan syariah dan Akuntansi keuangan terapan.

Cara Mendapatkan Sertifikasi Akuntansi

Untuk mendapatkan sertifikasi keahlian akuntansi yang diakui secara internasional atau di tingkat nasional, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Pendidikan

Pertama Anda perlu memastikan apakah pendidikan yang Anda tempuh sudah memenuhi persyaratan pendidikan yang diperlukan untuk sertifikasi yang Anda inginkan. Sebagian besar sertifikasi akuntansi memerlukan gelar sarjana dalam bidang akuntansi atau bidang terkait. Beberapa sertifikasi juga memerlukan tingkat pendidikan lebih tinggi, seperti gelar magister.

2. Pengalaman Kerja

Sebagian besar sertifikasi akan mengharuskan Anda memiliki pengalaman kerja dalam bidang akuntansi. Jumlah tahun pengalaman yang diperlukan akan bervariasi tergantung pada sertifikasi yang Anda pilih. Selama masa ini, Anda akan memperoleh pengalaman yang relevan dalam berbagai aspek akuntansi.

3. Mempersiapkan Ujian

Hampir seluruh pengajuan sertifikasi mengharuskan Anda lulus ujian yang relevan. Contoh sertifikasi yang populer adalah CPA (Certified Public Accountant), CMA (Certified Management Accountant), dan ACCA (Association of Chartered Certified Accountants). Anda perlu mempersiapkan diri dengan baik untuk ujian ini dengan belajar materi yang relevan.

Selain itu, bergabung dengan organisasi profesi akuntansi atau asosiasi yang relevan dapat membantu Anda mendapatkan informasi lebih lanjut dan mendukung perjalanan Anda menuju sertifikasi akuntansi.

Fungsi Sertifikasi Akuntansi bagi Akuntan

Sertifikasi profesi akuntansi memiliki peran penting bagi akuntan dalam berbagai cara:

  • Mengukuhkan Kompetensi: Sertifikasi profesi akuntansi mengkonfirmasi bahwa seorang akuntan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam bidang akuntansi, memberikan keyakinan kepada klien dan majikan.
  • Meningkatkan Kredibilitas: Sertifikasi meningkatkan kredibilitas seorang akuntan dalam industri dan di mata pihak-pihak yang terkait, seperti investor, bank, dan regulator.
  • Akses ke Peluang Karir: Sertifikasi membuka pintu bagi peluang karir yang lebih baik, seperti kenaikan pangkat, gaji yang lebih tinggi, dan tanggung jawab yang lebih besar.
  • Mendukung Profesionalisme: Mempertahankan sertifikasi memerlukan ketaatan terhadap kode etik dan standar profesional, yang mendukung praktik akuntansi yang etis.
  • Pengetahuan yang Diperbarui: Untuk mempertahankan sertifikasi, akuntan harus terus mengikuti pendidikan berkelanjutan, memastikan pengetahuan mereka tentang perubahan regulasi dan perkembangan terbaru dalam akuntansi selalu terbarui.

Software Akuntansi Online Beecloud Bantu Mudahkan Kerja Akuntan

Mudah Hitung Laba Rugi Pakai Beecloud

Software akuntansi online Beecloud menjadi alat yang sangat berharga bagi akuntan dalam mengatasi tugas-tugas akuntansi sehari-hari. Dengan antarmuka yang user-friendly dan fitur-fitur yang komprehensif, Beecloud memungkinkan akuntan untuk mengelola catatan keuangan klien dengan lebih efisien.

Ini termasuk pencatatan transaksi, pengecekan saldo, dan pelaporan keuangan yang cepat dan akurat. Selain itu, fitur kolaborasi dan akses berbasis cloud memfasilitasi komunikasi antara akuntan dan klien, sehingga memungkinkan kolaborasi yang lancar dan akses real-time ke data keuangan.

Dengan Beecloud, akuntan dapat fokus pada analisis yang lebih mendalam dan memberikan nasihat berharga kepada klien mereka, meningkatkan produktivitas dan kualitas layanan mereka dalam dunia yang semakin terdigitalisasi. Sekian informasi tentang sertifikasi akuntansi semoga bermanfaat!.

Artikel Terkait

10 Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses di Indonesia
Jadi pengusaha sukses sudah menjadi hal umum yang diimpikan manusia. Namun, untuk menjadi sukses tidak ada kata instan, semua butuh
Baca Juga
Profesi Aktuaris Adalah, Kualifikasi Hingga Tantangannya
Di dunia keuangan, ada satu profesi yang memiliki peran penting dalam melindungi perusahaan dari risiko keuangan dan membantu perusahaan membuat
Baca Juga
Pengertian, Jenis dan Contoh Hak Paten dalam Bisnis
Secara pengertian contoh hak paten adalah salah satu bentuk perlindungan hukum yang diberikan kepada pencipta atau pemilik inovasi baru dalam
Baca Juga
Dalam UU Cipta Kerja UMKM di Mudahkan, Ini 9 Kebijakannya
Bee.id -  Pemerintah Republik Indonesia terus berusaha mengembangkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dengan beberapa poin kebijakan dalam Undang-Undang
Baca Juga
13 Jenis Kopi Laris Cocok untuk Bisnis Kedai Kopi Kekinian
Kebiasaan meminum kopi sebelum beraktivitas memang sudah terkenal sejak zaman dahulu. Membangun bisnis kedai kopi laris bisa Anda lakukan jika
Baca Juga
10+ Contoh Kerajinan Pasar Lokal dan Potensi Bisnisnya
Kerajinan pasar lokal merupakan salah satu cerminan kekayaan budaya dan kreativitas masyarakat setempat, merefleksikan tradisi, kearifan lokal, dan keterampilan yang
Baca Juga

Artikel Populer

Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Sejarah awal akuntansi ini ada dengan seiring manusia mengenal hitungan uang serta cara pencatatanya. Oleh karena itu akuntansi juga dikenal
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Contoh cash flow excel berfungsi untuk mengonversi data-data akuntansi pada laporan laba rugi dan neraca menjadi suatu informasi mengenai pergerakan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu