Logo Bee Web

9 Cara Jualan Online Untuk Pemula (Lengkap)

Cara Jualan online di era serba digital ini menjadi trend dan sangat diminati berbagai kalangan pengusaha baik pemula atau berpengalaman
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 15 March 2023

Cara Jualan online di era serba digital ini menjadi trend dan sangat diminati berbagai kalangan pengusaha baik pemula ataupun yang sudah berpengalaman. Hal ini karena tingginya minat konsumen dalam melakukan transaksi online ini.

Dikutip dari Crewdible, semenjak pandemi, ide jualan online modal kecil merupakan hal yang cukup banyak dicari di internet. Pasalnya, bisnis semacam ini masih tetap bisa dijalankan meskipun dengan mobilitas terbatas, bahkan saat Anda berada di rumah saja, media pemasarannya pun beragam, bisa menggunakan marketplace lokal atau situs toko online luar negeri.

Yuk, simak selengkapnya di bawah ini dan awali bisnis Anda:

Cara Jualan Online Untuk Pemula dan Profesional

Berikut cara jualan online untuk pemula yang terbukti berhasil, dijamin laris dan untung besar:

1. Menentukan Produk yang Dijual

Langkah awal sebelum memulai jualan online, Anda perlu menentukan terlebih dahulu produk apa yang akan dijual. Anda bisa menjual produk sendiri atau menjadi reseller produk lainnya. Anda bisa riset terlebih dahulu mana produk yang paling banyak diminati atau yang minim kompetitor.

2. Tentukan Unique Point Selling

Setelah menentukan produk jualan Anda tentukan Unique Point Selling (UPS) atau keunikan dan ciri khas khusus dari bisnis yang Anda jual. Sehingga, bisa menjadikan bisnis Anda lebih menarik dibanding dengan bisnis kompetitor.

Unique Point Selling produk

Setiap konsumen yang membeli produk tentunya akan membandingkan beberapa produk terlebih dahulu

Selain itu, dengan menerapkan USP bisa lebih mudah menarget target pasar yang akan dituju dengan lebih spesifik. Contoh saja pada brand IKEA dengan taglinenya membuat hidup sehari-hari lebih mudah. Atau Brand Starbuck, menyediakan berbagai kopi dengan kualitas premium yang menjadikan harganya lebih tinggi dibandingkan dengan brand kopi lainnya.

3. Menentukan Nama Brand/ Usaha

Selanjutnya adalah menentukan nama brand dari usaha atau bisnis Anda. Nama ini bisa Anda jadikan sebagai nama merek produk atau nama toko di platform jualan online yang akan Anda gunakan. Pastikan nama yang akan Anda gunakan nanti mudah diucapkan agar lebih mudah diingat oleh konsumen

Selain mudah diingat buat nama yang memiliki arti baik agar bisa menjadi doa juga unik agar mudah dibedakan dengan kompetitor lain. Keunikan nama usaha Anda akan sangat berpengaruh jika Anda jualan online. Contoh saya Anda memulai bisnis di website, Anda perlu menyiapkan nama yang belum ada. Sebab, domain web tidak bisa menggunakan nama yang sama dengan pengguna lainnya.

4. Mulai Membuka Platform Jualan Online

Produk sudah siap, USP sudah ditentukan, nama juga sudah dipersiapkan langkah selanjutnya adalah mulai membuka platform yang akan Anda gunakan sebagai tempat jualan. Anda bisa menyiapkan website, membuat toko di e-commerce seperti Shopee atau Tokopedia, juga bisa menggunakan media sosial yang kini sudah banyak fitur yang memudahkan pebisnis membuka usaha.

5. Buat Foto Katalog Menarik

Selanjutnya adalah siapkan foto katalog yang menarik. Foto katalog ini menjadi wajah dari produk yang Anda jual. Karena transaksi dilakukan secara online, konsumen hanya bisa mengandalkan foto katalog yang Anda pasang sebagai perbandingan dan pertimbangan.

Katalog Online Shop

Sehingga, Anda perlu memang foto katalog yang menarik di dan usahakan milik Anda sendiri berdasarkan real pic dari produk Anda. Sebab, jika Anda menggunakan foto lain, apalagi tidak sesuai dengan kualitas produk yang Anda berikan kepada konsumen akan menjadikan kepercayaan konsumen menurun dan bisnis Anda tidak akan berkembang.

6. Aktif Promosi Media Sosial

Langkah selanjutnya adalah aktif melakukan promosi di media sosial, dengan melakukan promosi di media sosial maka awareness bisa dibangun dengan mudah, karena media sosial memiliki jangkauan lebih luas. Tidak terbatas waktu dan tempat.

Dengan melakukan promosi di media sosial juga bisa dimanfaatkan menjadi media komunikasi antara pebisnis dan konsumen. Sehingga, akan menimbulkan perasaan akrab dan bisa membangun rasa percaya.

Untuk bisa sukses melakukan promosi di media sosial, konten yang berikan juga tidak harus selalu tentang produk saja, karena biasanya konten yang selalu membahas produk membuat audiens merasa terganggu dan tidak tertarik karena ‘rasa’ promosi yang diberikan terlalu kuat

Sehingga, berikan selibat konten yang relate dengan kehidupan pengguna media sosial agar Anda bisa lebih dekat dan mudah dikenal oleh calon konsumen. Contohnya membuat konten yang lagi viral atau memberikan ucapan-ucapan selamat di hari-hari besar.
Ada beberapa daftar media sosial paling banyak pengguna dan digemari di tahun 2023 ini, mulai dari Tik Tok, Instagram, Facebook, Twitter dan media sosial lainnya.

7. Terapkan Strategi Content Marketing

Nah, selanjutnya adalah terapkan strategi content marketing. Content marketing adalah Salah satu strategi pemasaran yang fokus pada produksi dan publikasi konten yang mampu menarik perhatian khalayak umum sehingga mau menjadi pelanggan.

Dalam pembuatannya, content marketing sangat memperhatikan siapa target pasar yang akan dituju, dengan harapan konten ini nantinya bisa sesuai dengan sasaran dan mencapai apa yang dituju.

Anda bisa memberikan konten produk yang bisa menjadi solusi dari audience yang melihatnya. Dengan demikian audience akan merasa terbantu dan berpeluang menjadi konsumen Anda. Contoh saja, jika Anda menjual produk skincare maka konten marketing yang bisa Anda buat adalah mengenai masalah kulit dan perawatannya.

8. Gunakan SEO

Jika Anda menggunakan content marketing jangan lupa terapkan SEO didalamnya. SEO atau Search Engine Optimization adalah teknik yang digunakan untuk melakukan optimasi agar bisa muncul dalam nomor 1 di pencarian. Kini SEO tidak hanya berguna untuk optimasi website saja, juga sosial media dan sejenisnya.

Dengan menerapkan SEO ini kualitas konten juga akan menjadi lebih baik, karena bisa mengarahkan konten sesuai dengan apa yang dibutuhkan konsumen.

9. Manfaatkan Fitur Ads

Selanjutnya, agar bisnis online bisa menjadi lebih dikenal dan memiliki banyak konsumen, Anda bisa memanfaatkan fitur Ads yang ada pada website atau sosial media sebagai media promosi bisnis Anda.

Ads Untuk Jualan Online

Ada yang akan ditampilkan juga akan disesuaikan dengan segmentasi pasar bisnis, sehingga tidak akan salah sasaran dan potensi untuk menggaet pelanggan juga semakin lebar. Contohnya custom targeting, lookalike targeting, interest targeting dan connection/ behavior targeting.

Ide Jualan Online Paling Laris

Setelah memahami cara jualan online, berikut ini ada beberapa rekomendasi produk yang paling digemari dan laris, bisa Anda coba untuk membuka Usaha.

1. Pakaian

Rekomendasi produk pertama adalah pakaian. Sudah menjadi kebutuhan sehari-hari manusia dengan berbagai model baru yang terus bermunculan menjadi asalan produk pakaian ini tidak pernah sepi peminat. Anda bisa menjual produk pakaian busana muslim, pakaian sehari-hari, kerudung, kaos, jaket, Hoodie, cardigan, pakaian ala Korea dan sejenisnya.

2. Skincare

Kemudian ada skincare, dewasa ini kesadaran masyarakat Indonesia mengenai pentingnya merawat kesehatan kulit cukup meningkat secara signifikan. Sehingga, produk skincare ini cukup banyak dicari oleh banyak kalangan.

3. Makanan Ringan

Berikutnya ada makanan ringan, tidak hanya produk pakaian dan skincare saja, makanan ringan juga bisa bebas dijual belikan secara online. Contohnya saja saat ini sedang ngetrend makanan ringan pedas seperti basreng pedas, makaroni pedas, mie gulung pedas dan sejenisnya.

4. Gadget dan Aksesorisnya

Selanjutnya ada produk gadget dan aksesoris pendukungnya. Seperti handset, casing hp yang lucu dan beragam, kemudian beberapa produk accesories gadget lainnya.

Untuk mendukung bisnis jualan online Anda, sebaiknya Anda juga wajib menyiapkan pembukuan keuangannya. Karena banyak pengusaha rintisan malah merugi karena tidak pernah tahu dan tidak pernah pantau keuntungan bisnisnya.

Umumnya mereka hanya fokus ke jualan saja, padahal kontrol biaya dan bahan baku juga penting untuk menghindari kerugian. Oleh sebab itu, penting sekali menyediakan aplikasi pembukuan untuk mencatat pengeluaran, stok bahan baku dan pencatatan omset Anda.

Mudah Hitung Laba Rugi Pakai Beecloud

Contoh software akuntansi online yang cocok untuk pebisnis pemula saat jualan online adalah Beecloud. Dengan aplikasi ini, Anda bukan hanya mencatat saja. Tapi juga akan tahu laba bersih dari penjualan Anda. Tertarik? Anda bisa coba akses di sini.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

11 Ide Bisnis Musim Konser Dijamin Menguntungkan
Musim konser di Indonesia sudah dimulai sejak pertengahan tahun 2022 lalu, mulai dari konser artis dalam negeri, beberapa grup KPOP
Baca Juga
Peluang Usaha di Desa yang Menguntungkan Bagi Perintis Bisnis
Saat zaman beralih serba digital, ada berbagai peluang usaha di desa yang bisa dirintis untuk memulai bisnis. Orang tidak perlu
Baca Juga
8 Ide Bisnis Berburu Cuan di Akhir Tahun
Bisnis apa yang cocok dijalankan di akhir tahun? Sudahkah Anda tahu bahwa ada 5 periode penting untuk menaikkan penjualan dalam
Baca Juga
7 Komponen Perencanaan Usaha dan Penjelasannya Lengkap!
Komponen perencanaan usaha disusun untuk memudahkan pebisnis dalam memastikan setiap rencananya sesuai dengan tujuan. Tanpa adanya perencanaan maka besar kemungkinan
Baca Juga
6 Strategi Pemasaran Digital Paling Efektif
Strategi pemasaran saat ini tentu jauh berbeda jika dibandingkan dengan puluhan tahun yang lalu. Kecanggihan teknologi yang kini terus berkembang
Baca Juga
Apa itu Resi? Cara Melacak Paket dengan Nomor Resi
Ketika mengirim paket atau berbelanja secara online tentu akan ada suatu nomor yang digunakan untuk melacak barang yang dikirim sampai
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu