Disc. 11% khusus Ritel & Distributor
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Pembukuan UMKM Masih Dianggap Sepele, Bahaya Bisa Bangkrut!

Dipublish Tgl: Friday, 17 June 2022

Pembukuan UMKM akan membantu pelaku usaha mengetahui besarnya keuntungan atau kerugian selama satu kali periode tertentu. Oleh karena itu, pembukuan keuangan tentu sangat penting bagi pelaku UMKM. Pembukuan dapat menjadi acuan bagi pelaku usaha untuk menentukan langkah strategi, promosi, atau bahkan inovasi kedepannya. Tidak hanya bagi pelaku usaha skala besar, UMKM juga perlu melakukan pembukuan keuangan.

Pengertian Pembukuan UMKM

Pasangan Yang Memiliki Bisnis Umkm

Pentingnya Pembukuan untuk UMKM (Sumber: Freepik.com)

Bagi pelaku usaha UMKM pembuatan pembukuan dapat dilakukan melalui pembukuan sederhana. Biasanya, pembukuan UMKM terdiri dari seluruh laporan keuangan di suatu perusahaan. Pembukuan UMKM memiliki sifat yang sangar krusial. Pelaku usaha dapat memonitor sejauh mana UMKMnya dalam mendapatkan keuntungan, sebaik apa kinerjanya, hingga dapat menilai sebaik apa kendali UMKM tersebut terhadap arus dana yang ada. Tidak hanya itu, pelaku usaha akan mudah dalam menilai seberapa baik nilai-nilai asset, nilai likuiditas, serta kemampuan dalam menangani segala bentuk tanggung jawab terhadap utang-piutang yang ada pada sebuah UMKM.

Baca Juga: Template Laporan Keuangan Sederhana Mudah Ditiru!

Apa Pentingnya Pembukuan UMKM?

pentingnya pembukuan sederhana online shop

pentingnya pembukuan sederhana

  • Pembukuan UMKM Sebagai Perencana

Adanya pembukuan UMKM dapat menjadi acuan dalam melihat hasil laporan keuangan secara keseluruhan. Mulai dari arus dana produksi hingga operasional. Dari sini Anda dapat melakukan analisa dan evaluasi untuk menciptakan stratgei baru kedepannya dalam menjalankan bisnis UMKM. Aspek ini diharapkan dapat memajukan bisnis UMKM Anda.

  • Pembukuan UMKM Sebagai Alat Penilaian

Maksud dari alat penilaian di sini adalah tolak ukur keberhasilan bisnis UMKM Anda. Melalui pembukuan UMKM, Anda dapat memantau hasil penjualan. Semakin besar hasil penjualan pada suatu usaha, semakin sukses suatu usaha tersebut. Namun perlu diperhatikan melihat hasil penjualan dari jumlah uang masuk dan keluar. Kedua aspek ini tidak boleh terdapat keganjilan atau bahkan pengeluaran lebih besar dari pendapatan.

  • Alat Untuk Mengetahui Jumlah Transaksi

Peran pembukuan UMKM dinilai sangat penting bagi pelaku usaha. Setiap usaha pasti memiliki transaksi yang perlu dicatat. Dengan Menyusun pembukuan, setiap transaksi dalam usaha yang dijalani akan terlihat dengan sangat detail. Jumlah transaksi yang  masuk dan transaksi keluar juga sangat mudah untuk dipantau. Pelaku usaha juga tidak perlu khawatir dengan transaksi yang tidak akan tercatat dalam pembukuan. Yang pasti, jumlah transaksi akan tersusun secara rapi dan jelas.

  • Alat Untuk Pengambilan Keputusan

Pembukuan UMKM dapat menjadi acuan dalam menganalisa dan evaluasi berjalannya usaha dalam periode waktu tertentu. Adanya analisa dan evaluasi memberikan dampak pada pengambilan keputusan selanjutnya. Dari pembukuan yang disusun, pelaku usaha dapat memperhatikan strategi awal yang diterapkan apakah sudah cukup efektif. Jika dinilai kurang, maka dapat membuat strategi baru berdasarkan hasil analisa pembukuan UMKM.

  • Alat Untuk Mengetahui Jumlah Keuntungan Dan Kerugian

pengertian laporan laba rugi

Ilustrasi Profit Usaha yang Selalu Naik

Seluruh arus dana dicatat rapi dalam pembukuan UMKM. Tidak luput proses transaksi juga ada di dalamnya. Dari sini, Anda dapat mengetahui jumlah keuntungan dan kerugian dalam usaha yang dijalankan. Pembukuan akan menunjukkan bagaimana jumlah keuntungan dan kerugian yang didapatkan.

  • Mudah Dalam Penghitungan Pajak

Seperti yang kita tahu, pajak wajib dibayarkan oleh setiap orang yang memenuhi suatu persyaratan tertentu. Tidak terkecuali bagi pelaku usaha juga wajib membayar pajak. Berapa besaran jumlah pajak yang dibayarkan bagi pelaku usaha? Setiap usaha memiliki besaran nilai pajak yang berbeda. Menghitung besaran pajak yang harus dibayarkan tidak boleh asal dan salah perhitungan. Salah perhitungan menyebabkan kesalahan fatal bagi pelaku usaha.

Antisipasi kesalahan tersebut, keberadaan pembukuan adalah hal wajib yang harus dimiliki. Agar perhitungan pajak usaha tidak sembarangan dan tidak salah. Adanya pembukuan, akan membantu pelaku usaha menghitung besar pajak yang harus dibayar.

  • Alat Untuk Mengetahui Jumlah Modal, Aset, Dan Hutang

Pembukuan UMKM dapat digunakan untuk mengetahui jumlah aset dan modal yang dimiliki. Besaran hutang perusahaan juga akan terdapat di dalamnya. Jadi pergerakan aset, modal, dan hutang akan terpantau dengan jelas.  Jika Anda tidak memiliki pembukuan, maka akan sulit untuk mengetahui aset, modal dan hutang yang dimiliki.

Misalnya Anda memiliki hutang dalam bisnis usaha UMKM yang dijalankan. Kemudian Anda tidak melakukan pembukuan dengan baik. Dapat dipastikan kerugian besar akan menanti Anda. Karena pelaku usaha tidak mengetahui catatan hutang yang dimiliki. Tentu hal ini akan berakibat fatal. Selain besaran nilai hutang, dalam pembukuan UMKM juga terdapat tanggal jatuh tempo pembayaran hutang.

  • Mudah Dalam Mengontrol Biaya

Pembukuan UMKM sebagai kontrol arus dana berperan mencatat seluruh biaya baik biaya produksi maupun operasional. Rincian biaya dalam usaha terpantau jelas dalam satu periode waktu. Setiap rincian biaya yang tercatat dalam pembukuan akan membantu pengusaha untuk menentukan besaran harga produksi. Anda juga akan terbantu dalam menghitung besaran untung dan rugi yang didapat. Jika tidak ada pembukuan yang berisi laporan keuangan, maka akan sulit mengetahui menentukan harga produksi. Selain itu, Anda juga akan mengalami kesulitan menentukan besaran keuntungan dan kerugian.

  • Informasi Untuk Manajemen

Bagaimana peran pembukuan UMKM bagi manajemen? Tidak dapat dipungkiri, pembukuan UMKM juga sangat penting bagi manajemen. Misalnya dalam bisnis UMKM Anda mendapatkan investor. Para investor tentu memerlukan pembukuan usaha yang jelas. Investor dapat mengetahui apakah modal yang diberikan telah digunakan sebaik mungkin melalui pembukuan UMKM. Maka dari itu, pelaku usaha tidak boleh mengabaikan keberadaan pembukuan untuk usaha yang dijalankan. Jika pembukuan ini tidak disusun dengan rapi, jelas dan terperinci, dapat dipastikan Anda akan kesulitan mendapatkan investor untuk pengembangan usaha selanjutnya.

  • Mudah untuk Mendapat Pinjaman Bank

Pembukuan UMKM dapat menjadi alat penilaian pihak bank jika Anda hendak melakukan pinjaman. Pembukuan yang jelas akan membantu kemudahan proses pinjaman bank untuk usaha Anda. Dari sini, pihak bank dapat mengetahui apakah Anda layak mendapatkan pinjaman dari bank atau tidak.

Jika Anda tidak memiliki pembukuan yang jelas, Anda akan mengalami kesulitan mendapatkan pinjaman bank. Hal ini terjadi karena usaha Anda tidak memiliki bukti arus dana keuangan dalam usaha yang dijalankan.

Pembukuan UMKM Sederhana Sesuai Kebutuhan

Cara Mudah Membuat Pembukuan Sederhana

Cara Mudah Membuat Pembukuan Sederhana

  • Buku Catatan Pengeluaran

Setiap proses transaksi wajib bagi Anda untuk mencatat dalam pembukuan. Adanya catatan transaksi pengeluaran akan memudahkan Anda memantau arus biaya usaha.

  • Buku Catatan Masukan

Tidak hanya pengeluaran, setiap pemasukan juga wajib ada dalam pembukuan. Mulai dari waktu hingga sumber pemasukan.

  • Buku Kas Utama/Arus Kas

Buku kas merupakan gabungan catatan antara transaksi pengeluaran dan pemasukan. 

  • Buku Persediaan Barang

Adanya buku persediaan barang akan memudahkan Anda memonitoring persediaan produk tersedia hingga pada akhir periode. Dari sini Anda dapat mengetahui jumlah produk agar tidak terjadi penimbunan yang cukup banyak sehingga dapat meminimalisir kerugian.

  • Buku Inventaris Barang

Buku inventaris barang berisi catatan asset yang Anda miliki. Catatlah setiap barang atau pun asset yang dibeli. Anda juga perlu mencatat pengeluaran kas atas pembelian barang tersebut. Buku inventaris barang akan membantu Anda menjaga dan mengendalikan aset perusahan.

  • Buku Laba Rugi

Laporan laba rugi adalah bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan yang dihasilkan pada suatu periode yang menjabarkan unsur-unsur pendapatan dan beban perusahaan sehingga menghasilkan suatu laba atau rugi bersih.

Laporan laba rugi tentu hal wajib bagi pelaku usaha. Hal ini membantu meminimalisir resiko fatal seperti kerugian hingga kebangkrutan.

Baca Juga: 5 Laporan Keuangan Pengusaha Wajib Punya

Cara Membuat Pembukuan Keuangan Sedehana untuk UMKM

Pembukuan UKM

Pembukuan UKM

  • Mengumpulkan dan Mencatat Transaksi Pada Pembukuan

Bukti transaksi merupakan dasar pencatatan dalam membuat pencatatan laporan keuangan sederhana yang berupa nota, kuitansi, faktur atau  jenis bukti lainnya.

  • Mengumpulkan Data yang Diperlukan untuk Membuat Jurnal Penyesuaian

Beberapa transaksi mungkin ada yang belum tercatat atau transaksi terjadi di akhir saat tahap pembuatan laporan keuangan dan masih ada yang tidak sesuai dengan keadaan di akhir periode sehingga data tersebut perlu dikumpulkan untuk membuat jurnal penyesuaian.

  • Pembukuan UMKM Membantu Membuat Laporan Keuangan

Informasi yang disajikan di dalam pencatatan laporan keuangan sangatlah penting karena mencerminkan kinerja perusahaan serta dapat digunakan untuk mengambil keputusan. Untuk itu laporan yang sudah disusun tinggal di tulis dengan rapi sesuai ketentuan atau standar laporan keuangan. 

Bikin laporan keuangan lebih cepat dan mudah dengan software akuntansi online Beecloud. Hanya sekali klik akan muncul informasi keuangan yang Anda butuhkan. Laporan laba rugi, neraca, arus kas, semua sudah tersaji secara otomatis dan data yang diberikan juga sangat akurat.

Banner Beecloud Laporan Neraca

Kili gambar di atas untuk info selengkapnya software akuntansi online UMKM Beecloud

Hubungan Pembukuan UMKM dengan Kewajiban Pajak

Segala bentuk transaksi masuk dalam laporan keuangan. Laporan keuangan yang digabung dengan laporan lainnya akan menjadi pembukuan sederhana. Lantas apa hubungannya dengan pajak? Dari sini Anda akan mudah menghitung besar pajak yang harus dibayar agar tidak mengalami kerugian ataupun denda lainnya.

Baca Juga: Pajak Online Shop: Jenis, Cara Lapor & Bayar Lengkap!

Kesimpulan

Sebagai pelaku usaha UMKM yang ingin memajukan UMKM, maka dengan memiliki pembukuan UMKM yang baik dan tertata bisa menjadi poin penting. Sebab, dari pembukuan UMKM tersebut dapat mengevaluasi dan meninjau sudah sejauh mana UMKM tersebut akan mendapatkan untung.

Namun, apabila pembukuan UMKM secara sederhana tersebut tidak dapat Anda lakukan karena kekurangan tenaga atau karyawan. Maka, tidak ada salahnya untuk menggunakan software akuntansi online Beecloud untuk membantu pembukuan Anda. 

Beecloud, Software Akuntansi Online yang bisa mengontrol 48 cabang dari 1 tempat. Satu-satunya software akuntansi online yang didesain untuk kontrol banyak cabang. Dilengkapi ratusan variasi laporan yang tersaji cepat & akurat. Laporan Laba/Rugi, Neraca, Kas/Bank, Stok, Piutang. Memudahkan manajemen mengambil keputusan bisnis.

Coba gratis Beecloud untuk pembukuan UMKM Anda! Kliki gambar di bawah ini untuk info selengkapnya!

Beecloud Program Akuntansi Online Mengontrol 48 Cabang dari 1 Tempat

Beecloud Program Akuntansi Online Mengontrol 48 Cabang dari 1 Tempat

Penjelasan Inflasi: Definisi, Penyebab, Dampak
Di dalam dunia perekonomian terdapat kata-kata yang kurang dimengerti oleh orang yang awam. Salah satunya adalah inflasi. Singkatnya, inflasi adalah […]
Baca Juga
7 Tips Promosi di Instagram Untuk Pemula
Tips promosi di Instagram - Bisnis online kini semakin banyak diminati orang, karena cara promosi yang semakin mudah. Media online […]
Baca Juga
7 Jenis Alat Scan Harga Barang yang Biasa Digunakan di Indomaret
Dаlаm dunіа bіѕnіѕ rіtеl, alat scan harga barang ѕаngаt аkrаb bagi mеrеkа уаng bеkеrjа dі kasir dаn kоntеr tоkо. Alаt […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu