Logo Bee Web

Flash Sale: Strategi Jitu Meningkatkan Konversi Penjualan

Flash sale adalah strategi pemasaran yang digunakan perusahaan untuk meningkatkan penjualan produk dalam waktu singkat melalui diskon.
Penulis: Al Faris
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Wednesday, 8 March 2023

Flash sale adalah strategi pemasaran yang sering digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan penjualan produk mereka dalam waktu singkat. Hal ini dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli produk dengan diskon harga yang lebih murah.

Namun, flash sale juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum digunakan sebagai strategi pemasaran.

Oleh sebab itu, artikel ini akan membahas secara lengkap tentang pengertian, cara melakukan, hingga kelebihan dan kekurangan dalam penjualan bisnis. Apabila Anda berencana untuk menggunakannya, mari simak ulasan berikut hingga selesai!

Apa itu Flash Sale?

Flash sale merupakan suatu strategi pemasaran yang digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan penjualan dengan menawarkan produk atau layanan dengan harga diskon sangat menarik dan terbatas waktu.

Produk atau layanan yang ditawarkan biasanya memiliki harga jauh lebih murah dari harga normal dan itu sangat ampuh untuk memikat konsumen agar membelinya saat itu juga.

Apa Itu Flash Sale

ilustrasi flash sale pada black friday (Credit: Unsplash)

Flash sale biasanya dilakukan secara online dan diselenggarakan oleh toko online atau platform e-commerce. Penawaran diskon biasanya hanya tersedia selama beberapa jam atau bahkan hanya beberapa menit, sehingga konsumen harus cepat mengambil keputusan.

Pada umumnya, strategi pemasaran ini diadakan pada hari-hari tertentu, seperti hari libur, ulang tahun toko, atau dalam rangkaian event promosi. Contoh flash sale, seperti Shopee 12.12 Sale, Tokopedia Flash Sale, Lazada 11.11 Sale, hingga Sephora Beauty Pass Sale.

Tips Sukses Cara Melakukan Flash Sale

Flash sale merupakan strategi pemasaran yang tidak hanya menguntungkan perusahaan dalam meningkatkan penjualan, tetapi juga dapat membantu perusahaan untuk memperkenalkan produk baru ke pasar.

Jika ingin melakukannya, maka Anda atau perusahaan perlu memperhatikan beberapa hal, antara lain:

1. Menentukan Tujuan Awal

Menurut Qiscus, sebelum memulai persiapan sale, Anda perlu menentukan terlebih dahulu target dan tujuan dari sale yang ingin dilakukan. Apakah Anda ingin menyasar pembeli baru dalam jangka pendek? Atau Anda ingin mencari pelanggan yang berpotensi menjadi pelanggan tetap dalam jangka waktu yang panjang? Cobalah spesifikasikan tujuan dan target agar Anda bisa lebih mudah mengeksekusi seluruh persiapan flash sale dengan baik.

2. Menyiapkan Persediaan Barang

Persediaan barang yang cukup merupakan hal penting dalam strategi pemasaran ini. Perusahaan harus menyiapkan stok barang yang cukup untuk memenuhi permintaan selama flash sale.

Selain itu, perusahaan juga harus menyiapkan sistem manajemen persediaan yang baik untuk memastikan bahwa barang yang dijual benar-benar tersedia dan siap dikirimkan kepada konsumen.

3. Menentukan Diskon yang Ditawarkan

Penentuan diskon yang ditawarkan sangat penting untuk menarik perhatian konsumen. Diskon yang terlalu kecil mungkin tidak cukup menarik minat konsumen, sedangkan diskon yang terlalu besar dapat membuat perusahaan merugi.

Oleh karena itu, perusahaan perlu menentukan diskon yang cukup menarik, tetapi masih menguntungkan.

4. Menentukan Durasi Flash Sale

Memikirkan durasi yang tepat juga penting dalam keberhasilan flash sale. Durasi terlalu singkat dapat membuat konsumen kesulitan dalam memutuskan apakah akan membeli atau tidak.Sementara durasi yang terlalu lama mungkin kehilangan efek ekslusifitas.

5. Promosi Flash Sale

Setelah menentukan detailnya, perusahaan harus mempromosikan flash sale tersebut dengan efektif. Anda bisa memanfaatkan media sosial, email marketing, atau platform e-commerce.

Promosi diskon Flash Sale

ilustrasi mempromosikan flash sale (Credit: Unsplash)

Promosi yang efektif dapat membantu menarik perhatian konsumen dan meningkatkan penjualan dalam waktu singkat.

6. Berikan Pengalaman Pembelian yang Baik

Berikan pengalaman pembelian yang baik untuk pelanggan Anda. Pastikan website atau platform online Anda mudah digunakan dan transaksi pembelian berjalan lancar tanpa hambatan.

Kelebihan Flash Sale Pada Penjualan Bisnis

Flash sale artinya salah satu strategi pemasaran yang digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan penjualan dengan memberikan diskon besar dalam waktu singkat. Adapun di bawah ini akan dijelaskan kelebihan flash sale pada penjualan bisnis, antara lain:

1. Menarik Perhatian Konsumen

Startegi ini menawarkan diskon besar dalam waktu singkat untuk menarik perhatian konsumen yang mencari produk dengan harga lebih murah. Hal ini bisa meningkatkan jumlah pengunjung atau toko serta kesadaran merek perusahaan.

2. Meningkatkan Penjualan dalam Waktu Singkat

Memberikan diskon yang besar dalam waktu singkat, flash sale dapat meningkatkan penjualan karena konsumen merasa perlu untuk membeli produk pada saat diskon diberikan.

Ini juga karena mereka tidak ingin melewatkan kesempatan untuk membeli produk dengan harga yang lebih murah.

3. Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Bisa meningkatkan loyalitas karena konsumen merasa bahwa perusahaan memberikan kesempatan untuk membeli produk dengan harga yang lebih murah. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap merek dan produk yang ditawarkan.

4. Memperkenalkan Produk Baru ke Pasar

Memberikan diskon besar, perusahaan dapat menarik perhatian konsumen dan memperkenalkan produk baru kepada mereka. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan penjualan produk baru dalam waktu singkat.

5. Menjaga Persediaan Barang

Perusahaan yang memberikan diskon besar dalam waktu singkat berarti bisa menjual produk di gudang atau tidak terlalu laku. Hal ini akan membantu perusahaan untuk menjaga persediaan barang dan mencegah terjadinya kerugian akibat stok yang tidak terjual.

6. Meningkatkan Awareness Merek

Flash sale dapat membantu meningkatkan awareness merek jika dipromosikan secara efektif melalui media sosial atau email marketing. Jadi, perusahaan dapat menjangkau konsumen yang belum pernah mengenal merek mereka sebelumnya.

7. Meningkatkan Cash Flow

Membantu bisnis untuk meningkatkan aliran kas dengan mendorong penjualan dalam waktu singkat. Jadi, suatu bisnis akan lebih mudah dalam mengelola arus kasnya dengan lebih baik.

Laporan arus kas atau cash flow sangat penting untuk membantu analisa maupun mengaudit aliran keuangan perusahaan Anda. Membuat laporan keuangan memang sebuah proses yang rumit dan memerlukan ketelitian tinggi. Butuh pengetahuan serta memakan waktu yang tidak sebentar untuk menyusun laporan cash flow.

Beecloud Untuk Pantau Cash Flow Dan Pengambilan Keputusan

Tapi Anda tidak perlu khawatir, Sekarang Anda dapat merasakan betapa mudahnya membuat laporan cash flow dengan menggunakan software akuntansi online Beecloud.

8. Meningkatkan Interaksi Sosial Media

Bisa meningkatkan interaksi di media sosial dengan mendorong pembeli untuk berbagi tawaran diskon dengan teman dan keluarga mereka. Ini akan memudahkan perusahaan untuk mendapat lebih banyak pelanggan potensial dan meningkatkan eksposur merek.

Kekurangan Flash Sale Pada Penjualan Bisnis

Selain kelebihan, flash sale juga memiliki beberapa kekurangan dalam penjualan bisnis yang harus dipertimbangkan sebelum digunakan sebagai strategi pemasaran. Berikut adalah beberapa kekurangannya, antara lain:

1. Meningkatkan Ekspektasi Konsumen

Dalam flash sale, perusahaan menawarkan diskon yang sangat besar dalam waktu singkat. Hal ini dapat meningkatkan ekspektasi konsumen bahwa perusahaan akan memberikan diskon besar setiap saat.

Namun, jika perusahaan tidak memberikan diskon yang sama pada waktu lain, hal ini dapat mengecewakan konsumen dan memengaruhi citra merek perusahaan.

2. Menurunkan Nilai Merek

Jika perusahaan terus-menerus memberikan diskon besar pada produk mereka, hal ini dapat menurunkan nilai merek dan mengurangi daya tarik konsumen terhadap produk tersebut.

3. Meningkatkan Permintaan Barang dan Menurunkan Ketersediaan Stok

Flash sale dapat meningkatkan permintaan barang yang sangat besar dalam waktu singkat. Jika tidak diatur dengan baik, maka bisa menyebabkan persediaan barang habis sebelum waktu berakhir dan mengecewakan konsumen yang tidak bisa membeli produk tersebut.

Selain itum jika perusahaan tidak dapat memenuhi permintaan produk, hal ini akan memengaruhi citra merek perusahaan dan mengurangi kepercayaan konsumen terhadap produk mereka.

4. Memperlemah Margin Keuntungan

Memberikan diskon yang sangat besar dalam waktu singkat dapat memperlemah margin keuntungan perusahaan dan memengaruhi keuntungan jangka panjang mereka.

Jika perusahaan memberikan diskon yang terlalu besar, hal ini akan berdampak negatif pada laba perusahaan dan mengurangi daya saing mereka di pasar. Oleh sebab itu, perhitungkan diskon dengan matang sebelum melakukan strategi pemasaran yang satu ini.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, telah dibahas secara lengkap tentang flash sale atau sebuah strategi pemasaran yang sering digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan penjualan produk mereka dalam waktu singkat.

Flash sale memiliki kelebihan dalam meningkatkan penjualan dan meningkatkan daya tarik produk, tetapi juga kekurangan dalam menurunkan nilai merek serta melemahkan margin keuntungan perusahaan.

Oleh karena itu, perusahaan harus mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan flash sale serta mengaplikasikan tips untuk mengoptimalkannya sebagai strategi pemasaran.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Branding Adalah: Pengertian, Jenis, Elemen & Caranya Lengkap
Branding adalah hal penting dalam bisnis agar sebuah produk atau merek dapat diingat oleh konsumen secara luas. Dalam sistem bisnis,
Baca Juga
Cara Membuat Laporan Keuangan dan Ketahui Jenis-jenisnya
Jika Anda mempunyai bisnis atau ingin mengatur keuangan pribadi agar lebih terstruktur, maka mengetahui cara membuat laporan keuangan bisa menjadi
Baca Juga
Mengetahui Pengertian Kas, Jenis, dan Cara Mengelolanya
Definisi kas secara umum adalah harta kekayaan sebuah perusahaan. Pemahaman tentang hal ini tentu sangat penting, terutama bagi pebisnis yang
Baca Juga
3 Contoh Marketing Plan dan Cara Penyusunannya
Bisnis perlu mengenalkan produk kepada masyarakat supaya bisa menghasilkan penjualan, sehingga dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat. Namun menyusun rencana pemasaran
Baca Juga
7+ Cara Mudah Menyusun Laporan Keuangan
Sekilas, menyusun laporan keuangan usaha memang terdengar mudah. Akan tetapi, nyatanya masih banyak perusahaan yang belum benar-benar paham cara membuat
Baca Juga
Apa Tujuan Reklame Dalam Promosi? Ini Penjelasannya
Reklame merupakan salah satu media informasi yang sering digunakan dalam mendukung strategi pemasaran hingga perkembangan bisnis. Memangnya, apa tujuan reklame
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu