Web Logo Bee
Penulis: Dhea Forekha

Update! Biaya Admin Star Seller Shopee Disertai Ilustrasi Perhitungannya

Dipublish Tgl: Thursday, 16 June 2022

Bagi setiap pelaku usaha star seller shopee pasti tidak asing dengan biaya admin star seller shopee. Biaya admin merupakan biaya yang dibebankan kepada pengguna untuk pemeliharaan suatu layanan atau pengelolaan. Dalam dunia usaha, biaya admin dapat berarti anggaran tertentu digunakan sebagai penunjang kebutuhan berjalannya usaha seperti biaya air, gaji, listrik, gas, perlengkapan alat tulis kantor dan lain-lain.

Pengertian ini berbeda halnya dengan biaya admin jika Anda pelaku usaha online melalui platform marketplace. Setiap platform marketplace memiliki ketentuan biaya admin bagi penggunanya, terutama bagi penjual. Salah satunya adalah Shopee. Shopee menerapkan biaya admin bagi penjualnya jika telah memenuhi persyaratan. Biaya admin ini digunakan untuk proses pemeliharan Shopee. Penjelasan lebih lengkap dapat Anda simak pada pembahasan berikut.

Biaya Jualan Di Shopee Gratis Sebelum 100 Pesanan Pertama

Biaya Admin Star Seller Shopee Disertai Ilustrasi Perhitungannya

Bebas Biaya Jualan di Shopee (Sumber: Freepik.com)

Secara umum platform marketplace shopee membagi kategori penjual di platformnya yaitu penjual non-star, penjual star (star seller), star plus, dan mall. Penggolongan biaya admin ini nantinya akan dibebankan kepada penjual. Namun, Anda tidak perlu khawatir jika seorang pemula pelaku usaha online. Shopee memberikan dukungan berupa gratis biaya admin sebelum mencapai 100 pesanan pertama.

Hal ini dinilai cukup menguntungkan bagi penjual karena penjual dapat melakukan strategi agar usaha tetap berjalan tanpa memikirkan biaya admin. Dapat dikatakan pembebasan biaya admin bagi penjual kurang dari 100 pesanan merupakan dukungan dari shopee untuk pelaku usaha. Ketentuan ini dapat dimanfaatkan oleh penjual untuk mengambil keuntungan dan mengumpulkan kembali modal.

Biaya admin shopee akan dibebankan kepada penjual yang telah mencapai lebih dari 100 transaksi penjualan. Perhitungannya pun telah ditentukan sesuai dengan kategori.

Baca Juga: Pembukuan Online Shop, Penting? Ternyata Ini 3 Manfaatnya

Berapa Biaya Admin Shopee yang Ditanggung Penjual?

  • Biaya Admin Shopee Non Star

Penjual Shopee Non Star adalah penjual pemula yang belum mencapai 100 transaksi penjualan. Shopee memberikan gratis biaya admin untuk penjual pemula. Penerapan biaya admin dibebankan kepada penjual ketika telah mencapai 100 transaksi atau dikenakan pada transaksi ke-101.

Berikut rumus perhitungan biaya admin penjual Shopee Non-Star

Biaya Admini Non-Star = (Harga Asli Produk – Diskon Produk dan/atau Voucher Diskon Ditanggung Penjual) × 2,5%/1,7%/1,25% (tergantung kategori produk A/B/C)

Ilustrasi Biaya Admin Non Star

Ilustrasi Biaya Admin Non-Star (Sumber: Shopee.co.id)

  • Biaya Admin Shopee Star Seller

Program Star memberikan keuntungan kepada Penjual yang dipilih secara eksklusif oleh

Shopee sebagai pengakuan atas penjualan dan layanan Pembeli yang sangat baik. Anda bisa

mendapatkan tag Star yang akan ditampilkan di toko dan produk Anda jika menjadi Penjual

Star.

Berikut rumus perhitungan biaya admin penjual Shopee Star Seller

Biaya Administrasi Star/Star+ = (Harga Asli produk - Diskon Produk dan/atau Voucher

Diskon Ditanggung Penjual) x 3,2%/2,5%/1,75% (tergantung kategori produk A/B/C)

Ilustrasi Biaya Admin Star Seller

Ilustrasi Biaya Admiin Star Seller (Sumber: Shopee.co.id)

  • Biaya Admin Shopee Mall

Shopee Mall adalah ruang belanja khusus yang menampilkan merek internasional dan lokal terbaik.

Manfaat berbelanja dari Penjual Shopee Mall:

  1. 100% produk asli
  2. Gratis pengembalian 15 (lima belas) hari 
  3. Gratis ongkir tersedia untuk pesanan yang memenuhi kriteria min. belanja
  4. Manfaat keanggotaan untuk Penjual Shopee Mall dengan Membership Brand

Berikut rumus perhitungan biaya admin penjual Shopee Star Seller

Biaya Administrasi Final Shopee Mall = (Harga Asli Produk – Diskon Produk dan/atau Voucher Diskon Ditanggung oleh Penjual Shopee Mall) x % Biaya Administrasi Final*

*Persentase biaya administrasi final didasarkan pada sub-kategori produk, antara 1%, 3%, atau 5%

A B

Berapa Biaya Admin Shopee Gratis Ongkir XTRA

Program Gratis Ongkir XTRA adalah program yang memberikan kesempatan bagi penjual untuk menawarkan min. pembelian Gratis Ongkir yang LEBIH BAIK kepada pembelinya dibandingkan penjual gratis ongkir biasa.

  • Penjual Non-Star

Biaya Layanan Gratis Ongkir XTRA = (Harga Asli Produk - Diskon Produk dan/atau Voucher Diskon Ditanggung Penjual) x 4%/3% (tergantung kategori produk A/B/C)

  • Penjual Star & Star+

Biaya Layanan Gratis Ongkir XTRA = (Harga Asli Produk - Diskon Produk dan/atau Voucher Diskon Ditanggung Penjual) x 3,6%/2,5% (tergantung kategori produk A/B/C)

Biaya Admin Jualan Di Shopee

Ilustrasi Biaya Admin di Shopee

C C3

  • Penjual Shopee Mall

Biaya Layanan = (Harga Asli Produk - Diskon Produk dan/atau Voucher Diskon Ditanggung Penjual) x 1,4% (Diskon 30% dari Biaya Layanan normal sebesar 2%)***

***Biaya layanan program Cashback XTRA belum termasuk biaya administrasi Shopee Mall 1%/3%/5% (tergantung kategori produk), biaya pembayaran Shopee Mall 1,8% & biaya pembayaran Shopee Mall, dan biaya layanan program Gratis Ongkir XTRA.

D D2

Berapa Biaya Layanan Shopee Untuk Seller

Biaya Layanan adalah biaya yang diterapkan untuk memastikan kualitas layanan terbaik dari Shopee untuk Anda. Perlu diperhatikan, Biaya Layanan ini dapat berbeda-beda untuk setiap penjualnya.

Berikut adalah daftar lengkap perhitungan biaya yang berlaku untuk Penjual Non-Star, Star, dan Star+ per tanggal 15 Februari 2022:

  • Biaya Administrasi

Biaya Administrasi = (Harga Asli Produk - Diskon Produk dan/atau Voucher Diskon Ditanggung Penjual) x 1,25% s/d 3,2% (tergantung tipe Penjual dan kategori produk A/B/C)

  • Biaya Layanan Gratis Ongkir XTRA

Biaya Layanan Gratis Ongkir XTRA = (Harga Asli Produk - Diskon Produk dan/atau Voucher Diskon Ditanggung Penjual) x 2,5% s/d 4% (tergantung tipe Penjual dan kategori produk A/B/C)

  • Biaya Layanan Cashback XTRA

Biaya Layanan Cashback XTRA = (Harga Asli Produk - Diskon Produk dan/atau Voucher Diskon Ditanggung Penjual) x 1,4% atau 1% (jika Penjual mengikuti program Gratis Ongkir XTRA dan Cashback XTRA)

Aturan Biaya Admin Shopee Berdasarkan Jenis Seller

Biaya Admin Jualan Di Shopee

Ilustrasi Biaya Admin Shopee

  • Biaya Admin ShopeePay dan Biaya Admin Shopee PayLater

ShopeePay adalah layanan dompet digital yang dirilis oleh Shopee. ShopeePay digunakan untuk transaksi di aplikasi dan merchant Shopee. Biaya transaksi menggunakan ShopeePay adalah 0 rupiah. TopUp saldo ShopeePay dikenakan biaya transaksi Rp 500 – Rp 1.000.

Shopee PayLater adalah layanan Pay Later atau kredit yang difasilitasi oleh Shopee. Biaya penanganan transaksi menggunakan Shopee PayLater dikenakan 1% dari nilai transaksi.

  • Biaya Admin Shopee ke Bank

Pilihan bank untuk pembayaran di aplikasi Shopee terdiri dari 20 bank. Bank-bank tersebut meliputi BCA, BNI.

Terdapat 2 jenis metode transfer bank di Shopee. Secara otomatis melalui Virtual Account dan secara manual dengan mengirim bukti transfer.

    • Cek Otomatis

Transaksi transfer bank secara otomatis dilakukan melalui Virtual Account pada m-banking. Setiap pembeli yang melakukan pembayaran dengan metode ini akan dikenakan biaya admin sebesar Rp 1.000

    • Cek Manual

Transaksi transfer bank secara manual dilakukan melalui ATM atau pun teller bank. Setiap pembeli yang melakukan pembayaran dengan ini dikenakan biaya admin sebesar Rp 3.000

Terdapat pengecualian gratis biaya admin, bagi yang menggunakan atau top up Shopeepay melalui SeaBank/Indomaret/Alfamart/BCA OneKlik.

  • Biaya Admin Shopee Merchant

    • Alfamart dan Alfamidi

Pembayaran tagihan Shopee di merchant alfamart dan alfamidi dikenakan biaya admin sebesar Rp 2.500

    • Dandan dan Indomaret

Pembayaran transaksi Shopee melalui kasir Indomaret dan Dandan dikenakan biaya admin Rp 3.000

  • Biaya Admin Shopee COD (Cash On Delivery)

COD (Bayar di Tempat) adalah metode pembayaran yang dilakukan secara langsung di tempat, setelah pesanan dari kurir diterima oleh Pembeli. Untuk metode pembayaran COD, tidak ada biaya yang dikenakan ke Penjual. Biaya penanganan yang berlaku untuk seluruh Pengguna Shopee dengan ketentuan berikut:

  1. Untuk pesanan COD pertama s/d ke-6 kali akan dikenakan biaya penanganan sebesar 0%. Khusus Pengguna lama, biaya penanganan akan dihitung secara prorata, yaitu berdasarkan jumlah transaksi COD yang telah digunakan sebelum tanggal 25 Januari 2021 (contoh: jika Pengguna telah memesan 3 kali sebelum tanggal 25 Januari 2021, biaya penanganan sebesar 0% hanya akan berlaku pada pesanan ke-4 s/d ke-6).
  2. Untuk pesanan COD ke-7 dan seterusnya akan dikenakan biaya penanganan sebesar 3%.
  3. Pengguna yang teridentifikasi sebagai Dropshipper, baik dengan mengaktifkan tombol fitur dropship ataupun yang teridentifikasi pernah melakukan transaksi COD ke lebih dari 3 alamat yang berbeda, akan dikenakan biaya penanganan sebesar 9%. 
  4. Penjual yang teridentifikasi secara sistem memiliki pesanan dropship melebihi pesanan normal, maka seluruh pesanannya akan dikenakan biaya penanganan sebesar 9%.
  5. Pengguna yang teridentifikasi menggunakan browser Komputer/Handphone saat melakukan checkout dikenakan biaya penanganan sebesar 9%.
  • Kartu Debit dan Kartu Kredit

Pembayaran menggunakan kartu debit dan kredit tidak dikenakan biaya admin. Adapun metode pembayaran lain yang tidak dikenakan biaya admin melalui BCA OneKlik dan BRI Direct Debit.

Baca Juga: Cara Mudah Buat Pembukuan Keuangan Online Shop dengan Excel

Setiap Ada Biaya Marketplace Seller Wajib Melakukan Pencatatan

Demi kelancaran melanjankan bisnis usaha online, setiap ketentuan biaya wajib Anda catat. Hal ini akan sangat membantu menentukan harga jual produk agar tidak mengalami kerugian dan meminimalisir resiko yang tidak diinginkan.

Online shop Anda punya ratusan hingga ribuan transaksi per hari? Ribet kalau harus rekap manual satu per satu ke pembukuan? Aplikasi pembukuan online shop Beecloud, rekap ribuan transaksi dari online shop ke pembukuan. Memudahkan rekap data transaksi ke pembukuan hingga jadi laporan keuangan

Apa saja fitur aplikasi pembukuan online shop Beecloud:

  • Export-Import data transaksi dari marketplace ke pembukuan
  • Intip omset dan profit toko online real time kapanpun
  • Efisiensi biaya dan waktu
  • Intip produk terlaris per channel
  • Laporan penjualan per channel
  • Gampang stok opname harian

Kesimpulan

Itulah pembahasan mengenai berbagai ketentuan perhitungan pengenaan biaya yang ada pada shopee bagi penjual. Anda perlu memperhatikan dengan seksama setiap ketentuan biaya agar dapat menentukan harga jual produk secara tepat. Hal ini juga akan sangat membantu dalam proses pembukuan keuangan bagi usaha Anda. Pembukuan yang rapi dan detail akan memberikan Anda kemudahan untuk menganalisa bagaimana jalannya bisnis Anda. 

Tidak mau susah atau ribet? Gunakan software akuntasi untuk memudahkan anda dalam membuat pembukuan usaha online shop. Banyak fitur-fitur yang akan memudahkan anda dalam membuat pembukuan, jadi tidak perlu repot-repot harus mengerti akuntansi untuk membuat laporannya. Aplikasi pembukuan online shop Beecloud yang akan membantu Anda.

Jadi, gunakanlah aplikasi pembukuan online shop dalam mengelola usaha anda agar dapat mengetahui 3 hal ini :

  • Tahu berapa laba bersih yang didapat
  • Bisa cek kesehatan bisnis darimana saja
  • Bisa cek stok dan penjualan dari hape

Sehingga pembukuan Anda bisa lebih baik dan teratur dengan menggunakan aplikasi pembukuan online shop Beecloud. Coba gratis Beecloud sekarang!

Beecloud Ecommerce untuk Toko Online web

Beecloud Ecommerce untuk Toko Online

Definisi Piutang Serta Cara Mudah Mengatasi Piutang
Banyak orang belum mengetahui definisi piutang secara umum. Di dalam dunia bisnis masalah piutang adalah salah satu aktivitas yang akan […]
Baca Juga
Komputer untuk Kasir dan Macam-macam Perangkatnya
Jenis komputer untuk kasir adalah perangkat yang secara luas dipertanyakan oleh orang-orang baru yang akan memulai bisnis mereka. Nah, komputer […]
Baca Juga
Mengenal Strategi Pemasaran Online dan Manfaatnya Bagi Bisnis
Pemasaran online adalah salah satu teknik marketing yang dijalankan dengan cara memanfaatkan jaringan internet. Contohnya saja media sosial, website, iklan […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Web Bee Logo
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial.
Chat via WA
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu