🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Lembaga Keuangan Non Bank: Jenis, danFungsinya Bagi Bisnis

Lembaga keuangan non bank memiliki peranan yang tidak kalah penting dalam mendorong roda perekonomian nasional maupun bisnis perseorangan.
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Monday, 24 April 2023

Tidak hanya bank, lembaga keuangan non bank juga berperan sebagai salah satu roda penggerak perekonomian. Layanan yang dihadirkan mampu mempermudah aktivitas perekonomian masyarakat secara lebih luas.

Fungsi lembaga tersebut adalah menghimpun dan menyalurkan dana masyarakat secara lebih efisien melalui program pembiayaan dan lainnya guna meningkatkan taraf hidup. Selain itu, juga berperan dalam membantu meningkatkan produktivitas barang dan jasa.

Apa itu Lembaga Keuangan Non Bank?

Lembaga keuangan non bank didefinisikan sebagai pihak yang berperan dalam kegiatan menghimpun dana yang berasal dari masyarakat. Dana yang terkumpul akan dikelola untuk dapat disalurkan menjadi surat berharga maupun sebagai sarana yang dapat mendukung aktivitas ekonomi.

Lembaga ini didirikan dengan tujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Dukungan yang dilakukan oleh lembaga ini berupa menghimpun dana masyarakat dan menyalurkan dana untuk dapat membiayai beragam kebutuhan pada aktivitas perekonomian.

Sistem operasionalnya diawasi langsung oleh lembaga berwenang seperti OJK, BAPPEBTI, dan lainnya untuk dapat meminimalisir kerugian yang mungkin terjadi. Diantaranya seperti investasi bodong, pencucian uang, penyelewengan dana, dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Lembaga Keuangan Non Bank

Lembaga Keuangan

Mengenal apa itu lembaga non bank dan fungsinya bagi bisnis (Credit: Freepik.com)

Lembaga keuangan adalah badan yang aktivitasnya terdiri dari pengelolaan atau penarikan uang dan menyalurkannya dengan menggunakan prosedur yang berlaku.

Berdasarkan prosedur kerja dan fungsinya, lembaga keuangan terbagi atas dua golongan yaitu lembaga keuangan bukan bank dan berbentuk bank. Lembaga keuangan non bank terdiri dari banyak jenis, berikut penjelasannya.

1. Pasar Modal

Jenis lembaga satu ini memiliki fungsi sebagai wadah jual beli surat berharga untuk kurun waktu lebih dari satu tahun atau jangka panjang. Pasar modal menjadi tempat ideal bagi pencari dana untuk bisa mendapatkan investor.

Penanam modal dapat memberikan bantuan dengan cara membeli saham atau obligasi yang dimiliki perusahaan melalui pihak sekuritas.

2. Pegadaian

Pegadaian berperan sebagai tempat penyalur kredit untuk masyarakat. Lembaga ini bisa jadi solusi bagi masyarakat yang sedang membutuhkan pinjaman dengan cara menggadaikan barang berharga yang dimilikinya.

Ada banyak sekali layanan pegadaian yang bisa dimanfaatkan diantaranya seperti gadai emas, gadai syariah, dan lain sebagainya.

3. Perusahaan Asuransi

Lembaga asuransi berperan dalam memberikan perlindungan bagi masyarakat apabila terjadi sesuatu hal yang beresiko. Terdapat beberapa jenis produk yang dimiliki oleh perusahaan asuransi diantaranya seperti asuransi pendidikan, asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan lainnya.

Masyarakat bisa memilih salah satu diantara berbagai produk yang tersedia untuk bisa menikmati layanan. Sistem kerja perusahaan asuransi adalah dengan menghimpun dalam melalui jumlah premi yang dibayarkan oleh pihak nasabah secara rutin dalam kurun waktu yang lama.

Apabila terjadi suatu hal yang beresiko, maka perusahaan asuransi akan memberikan bantuan. Perjanjian antara nasabah dan perusahaan sesuai dengan apa yang tertulis pada polis asuransi.

4. Koperasi Simpan Pinjam

Pada dasarnya, koperasi simpan pinjam memiliki tugas yang sama dengan bank namun dengan prosedur yang berbeda. Tugasnya adalah menghimpun dana dari anggota koperasi kemudian menyalurkannya kembali kepada para anggota maupun non anggota.

Perbedaan antara bank dan koperasi simpan pinjam adalah besarnya bunga yang diberikan. Umumnya, besaran bunga koperasi simpan pinjam lebih besar.

Meskipun begitu, namun lembaga ini dinilai cukup menguntungkan para anggota karena pada saat akhir periode akan ada pembagian hasil dari selisih usaha yang berhasil didapatkan selama kurun waktu satu tahun dikurangi beban usaha.

Baca Juga: Jenis-Jenis Koperasi dalam 3 Kategori Utama

5. Financial Technology Fintech

Fintech merupakan lembaga keuangan non bank yang menjalankan sistemnya berbasis teknologi. Aktivitas keuangannya dilakukan melalui penggalangan dana, pinjaman dana online, micro financing, dan peer to peer lending services.

6. Perusahaan Modal Ventura

Perusahaan ini diartikan juga sebagai pihak yang memberikan dana untuk suatu usaha dalam kurun waktu yang telah ditentukan. Bentuk kegiatan yang dilakukan diantaranya berupa saham, kesepakatan bagi hasil, dan lainnya.

7. Perusahaan Dana Pensiun

Lembaga ini menawarkan layanan untuk menjamin hari tua. Sistem kerjanya adalah menghimpun dana yang berasal dari pemotongan gaji karyawan yang dilakukan setiap bulan selama aktif menjadi pegawai.

Lembaga yang mengelola dana pensiun diantaranya seperti Taspen, BPJS Ketenagakerjaan, dan lainnya.

8. Pasar Uang

Aset yang umumnya diperjualbelikan di pasar uang diantaranya adalah Deposito, Surat Berharga Pasar Uang SBPU, dan Sertifikat Bank Indonesia SBI. Pasar uang adalah tempat terbaik untuk mencari investor seperti halnya pasar modal.

Namun perbedaannya berada pada jangka waktu surat yang diperjualbelikan. Pasar uang umumnya menjual surat berharga untuk waktu yang pendek yaitu sekitar satu tahun atau lebih cepat dari satu tahun.

9. Perusahaan Anjak Piutang Factoring Company

Peranan dari lembaga keuangan non bank yang satu ini adalah mengambil alih kredit sebuah perusahaan yang sedang mengalami kendala. Selain itu juga berperan dalam pengelolaan penjualan kredit untuk perusahaan yang membutuhkan.

10. Perusahaan Multifinance

Perusahaan ini dikenal juga dengan sebutan sewa guna atau leasing. Peranannya adalah memberikan layanan pembiayaan berbasis kontrak yang telah disepakati. Pembayarannya bisa dilakukan secara kredit sesuai dengan perjanjian yang dibuat sesuai dengan prosedur berlaku.

Target pasarnya adalah individu maupun perusahaan dengan layanan pembiayaan yang disertai dengan adanya agunan.

Fungsi Lembaga Keuangan Non Bank Bai Bisnis

Akuntansi Keuangan Adalah

Lembaga Keuangan Non Bank Berfungsi dalam Membantu Perkembangan Bisnis (Credit: Freepik.com)

Jika sudah memahami apa itu lembaga keuangan non bank, hal selanjutnya yang harus diketahui adalah peranan dari badan tersebut. Tidak hanya berperan dalam menghimpun dana seperti bank konvensional saja, namun lembaga ini juga mempunyai beberapa fungsi bagi perkembangan bisnis, berikut diantaranya:

1. Memberikan Fasilitas Kredit

Lembaga ini menyediakan fasilitas kredit yang bisa dimanfaatkan untuk membeli barang. Diantaranya seperti kendaraan bermotor, elektronik, dan lain sebagainya yang biasa digunakan untuk keperluan operasional perusahaan.

Sebelum melakukan pengakuan kredit, Anda perlu memahami memenuhi syarat serta ketentuan yang berlaku terlebih dahulu. Semua dokumen harus dilampirkan secara lengkap dan nantinya akan ada pengecekan riwayat kredit terlebih dahulu sebelum pengajuan kredit disetujui.

2. Melaksanakan Usaha Untuk Mendukung Bidang Keuangan

Hadirnya lembaga ini memiliki peranan yang sangat penting karena ikut serta dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjaga kelangsungan aktivitas dalam bidang keuangan.

Contohnya adalah layanan perusahaan pembiayaan atau multiguna, perusahaan penyelenggara jaminan sosial, dan lain sebagainya.

3. Perantara Bagi Perusahaan

Adanya layanan dari lembaga keuangan non bank dapat membantu perusahaan untuk bisa mendapatkan modal atau investor untuk perkembangan bisnisnya. Peluang mendapatkan suntikan dana dari banyak investor dari dalam maupun luar negeri akan semakin besar.

Dalam menjalankan bisnis keuangan adalah kunci dari berjalan atau tidaknya operasional. Kondisi keuangan juga tidak selamanya stabil dan kadang kalanya mengalami krisis oleh sebab itu pinjaman dan investasi diadakan.

Baca Juga: 5 Perbedaan Hutang dan Piutang dalam Keuangan Bisnis

Sebagai pebisnis yang bijak, Anda bisa menggunakan software akuntansi Beeaccounting mudahkan Anda dalam melakukan manajemen kontrol hutang dan piutang. Bisnis akan menjadi lebih stabil dan dapat dipercaya.

Beeaccounting Memudahkan Kontrol Hutang Piutang Untuk Kelola Arus Kas

Hadirnya layanan lembaga keuangan non bank dapat secara efektif memudahkan masyarakat dalam melakukan kegiatan perekonomian sehari-hari. Sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan yang tersedia, pastikan untuk memilih lembaga resmi yang sudah memiliki legalitas resmi agar lebih aman.

Joint Cost Adalah: Komponen, Metode Alokasi dan Contohnya
Dalam dunia produksi dan manufaktur, pengelolaan biaya adalah salah satu aspek kunci dalam menjaga keseimbangan keuangan perusahaan. Salah satu komponen
Baca Juga
Budget Adalah, Fungsi, Jenis, dan Budget Plan
Secara umum budget adalah daftar rencana mengenai perkiraan pendapatan dan pengeluaran dalam periode tertentu yang digunakan untuk keperluan bisnis. Budget
Baca Juga
Peran Penting Kebijakan Fiskal beserta Jenis dan Contohnya
Kebijakan fiskal adalah kebijakan di bidang ekonomi dan perbankan yang dikeluarkan oleh pemerintah, di mana semua jenis keputusan dan peraturannya
Baca Juga
Pengertian Biaya Overhead Serta Jenis dan Fungsinya
Overhead adalah sejumlah biaya yang harus dipersiapkan pada saat menjalankan bisnis, yang tidak terkait secara langsung terhadap aktivitas produksi barang
Baca Juga
Fungsi Kwitansi Pembayaran, Contoh dan Cara Membuatnya
Pada umumnya kwitansi pembayaran digunakan sebagai bukti transaksi untuk menyusun laporan keuangan. Kwitansi yang berupa lembar kertas biasanya diperoleh saat
Baca Juga
Cash Flow: Pengertian, Jenis Aliran, dan Cara Menyusunnya
Cash flow bisa dikatakan sebagai darah yang mengalir di dalam tubuh. Selama aliran lancar, maka tubuh bisa terus hidup dan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu