Web Logo Bee
Penulis: Lutfatul Malihah

Mengenal Media Sosial Sebagai Pasar Pemasaran Baru Era Digital

Dipublish Tgl: Tuesday, 20 December 2022

Media sosial atau sosial media menjadi sebuah platform sudah umum digunakan oleh berbagai kalangan, baik untuk hiburan atau untuk perkembangan bisnis, seperti pemasaran media sosial dan masih banyak lagi

Penggunaan media sosial sebagai tempat pemasaran sudah tidak menjadi hal baru lagi, mengingat di Indonesia sendiri ada total 191 juta orang pengguna per-Januari 2022 berdasarkan data yang disampaikan We Are social, angka ini meningkat sebanyak 12,35% dari tahun sebelumnya.

Kenali lebih dalam dan jadikan peluang bisnis Anda semakin berkembang, selengkapnya di bawah ini:

Pengertian Media Sosial Menurut Ahli

Media Sosial

Peluang Pasar Baru di Media Sosial (Sumber: Freepik.com)

Media sosial secara umum dapat dikatakan sebagai sebuah platform digital yang menyediakan beberapa, fasilitas sosial secara digital bagi para penggunanya. Beberapa diantaranya komunikasi, mengirimkan gambar, video dan sejenisnya. Untuk lebih mendetail, berikut pengertian media sosial menurut para ahli:

1. Dave Kerpen (2011)

Dave Kerpen menjelaskan dalam bukunya yang berjudul Likeable Social Media menjelaskan jika sosial media adalah sebuah tempat yang sekumpulan gambar, video hingga tulisan yang berhubungan dengan interaksi dalam jaringan. Baik antar individu-individu, kelompok-kelompok atau sebaliknya.

2. B.K. Lewis (2010)

B.K.Lewis menjelaskan media sosial sebagai sebuah label yang mengarah pada teknologi digital yang bisa membuka peluang setiap orang melakukan interaksi dengan berbagi pesan. Penjelasan ini disampaikan Lewis dalam bukunya yang berjudul Social Media and Strategic Communication Attitudes and Perceptions among College Students.

3. Chris Brogan (2010)

Berikutnya, menurut Chris Brogan dalam bukunya Social Media 101: Tactics and Tips to Develop Your Business menjelaskan jika media sosial adalah sebuah perangkat komunikasi yang membuka peluang untuk menciptakan sebuah interaksi dengan gaya baru

Fungsi dan Manfaat Media Sosial

Seiring perkembangan zaman sosial media tidak hanya memiliki satu fungsi saja, dan mungkin akan terus berkembang seiring berjalannya waktu. berikut deretan fungsi dan manfaat dari media sosial yang bisa Anda manfaatkan.

1. Komunikasi

Fungsi pertama paling dasar adalah komunikasi, seperti tujuan awal adanya sosial media adalah sebuah media komunikasi digital yang memudahkan penggunanya membagikan kabar berupa tulisan, gambar hingga video tanpa batasan geografi.

Perkembangan zaman beriringan dengan meningkatnya keragaman kebutuhan manusia yang menjadikan media sosial kini memiliki beragam fungsi yang bisa dimanfaatkan para penggunanya.

2. Branding

Fungsi berikutnya adalah sebagai tempat Anda membangun branding baik untuk branding bisnis maupun branding diri.

Melalui media sosial Anda bisa membangun citra diri dimata banyak orang tanpa adanya batasan, mengingat platform ini bebas dan dapat digunakan siapa saja dari berbagai kalangan di belahan dunia.

Cara membangun diri atau branding ini cukup bervariatif dan unik, tidak ada panduan atau standar khusus yang perlu dilakukan. Banyak cara unik yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan citra Anda.

Keberagaman inilah yang menjadikan media sosial seakan dunia nyata tempat kita bertemu dengan berbagai karakter manusia dengan mudah.

3. Tempat Usaha

Selain membangun diri, Anda juga bisa dijadikan sebagai tempat usaha online, dengan membangun sebuah akun khusus tempat Anda memamerkan barang dagangan Anda. Dengan fitur komunikasi yang akan memudahkan para calon konsumen menghubungi Anda dan melakukan transaksi.

Membangun usaha di media sosial juga tidak ada periode waktu khusus, para calon konsumen bisa mengunjungi toko Anda kapan saja 24 jam non-stop. Lalu bagaimana dengan pelayanannya? perihal ini Anda bisa menyesuaikan sesuai dengan kemampuan Anda.

4. Marketing

Fungsi dan manfaat selanjutnya adalah marketing atau pemasaran. Jangkauan media sosial yang luar akan memudahkan Anda menjangkau calon kostumer tanpa batasan jarak.

Kini banyak pembaruan fitur yang diberikan beberapa media sosial yang semakin memudahkan pengguna/ pebisnis untuk melakukan pemasaran di media sosial mereka.

Selain itu, di Indonesia saja ada ratusan juta pengguna yang mungkin saja terus meningkat setiap tahunnya akan semakin memudahkan Anda menjangkau banyak target marketing.

Baca juga: Cara Memasarkan Produk untuk Pebisnis Pemula

5. Belajar

Selain berkaitan dengan bisnis dan hiburan sosial media juga bisa dijadikan sebagai platform belajar, dimana banyak informasi yang bisa Anda akses dalam waktu yang singkat. Baik informasi berupa tulisan, gambar atau video.

Jenis-Jenis Media Sosial

Pemasaran Media Sosial

Media Sosial Menjadi Wadah Baru Pebisnis Memasarkan Produknya (Sumber: Freepik.com)

Ada beberapa jenis media sosial yang dibedakan berdasarkan fungsi dan jenis media yang diberikan, diantaranya:

1. Layanan Blog/ Website

Jenis media sosial pertama adalah layanan blog atau website yang biasanya menjadi tempat sharing jurnal pribadi dan hal-hal lain berupa tulisan yang mengusung sebuah isu atau informasi tertentu.

Hasil dari tulisan ini nantinya bisa ditemukan di mesin pencari salah satunya Google dengan menuliskan satu kata kunci (keyword) di kolom pencarian.

Pengguna dari layanan blog ini disebut dengan narablog atau yang lebih populer dengan sebutan blogger. Ada beberapa media layanan blog yang sering digunakan diantaranya ada Blogger, WordPress dan sejenisnya.

2. Social Network (Jejaring Sosial)

Jenis lainnya adalah jejaring sosial. Jejaring sosial ini lebih komplek dari pada layanan blog, karena jejaring sosial ini akan memberikan informasi penggunanya berupa tulisan, foto, video serta fitur komunikasi yang memudahkan pengguna satu dan yang lain saling bertukar informasi.

Tujuan dari layanan ini adalah sebagai wadah berkumpulnya orang untuk saling berinteraksi satu sama lain baik sudah kenal maupun belum. Platform jenis ini diantaranya seperti Facebook, Linkedin dan sejenisnya.

3. Microblogging (Layanan Blog Mikro)

Selanjutnya adalah microblogging, layanan diberikan hampir sama dengan blog juga hampir sama dengan social network.

Namun informasi yang disampaikan lebih ringkas dan lebih cepat dalam memberikan informasi daripada keduanya. Layanan ini bisa Anda dapatkan di Twitter dan aplikasi sejenisnya.

4. Media Forum

Forum menjadi jenis berikutnya, jenis ini terbilang klasik dan termasuk menjadi salah satu pelopor karena kehadirannya paling lama dibandingkan dengan lainnya.

Layanan forum ini memberikan fasilitas para pengguna-nya untuk melakukan diskusi tentang sebuah fokus perbincangan dalam satu ruang diskusi yang disediakan. Platform ini bisa Anda temukan di Quora, Kaskus, Pancafe dan sejenisnya.

5. Media Sharing

Selanjutnya, media sosial juga bisa dijadikan sebagai media forum yang memiliki fokus utama berupa konten media seperti video, foto, dan foto. Salah satu aplikasi yang mengusung jenis ini adalah Instagram, Youtube dan sejenisnya.

Melalui media forum ini juga Anda bisa mendapatkan hiburan juga media belajar dalam waktu yang sama. Informasi yang disampaikan juga beragam, Anda bisa menjadi penikmat konten atau distributor konten sama seperti jenis media sosial lainnya.

6. Kolaborasi

Berikutnya adalah kolaborasi, yang mana memberikan akses para penggunanya untuk menciptakan sebuah kontribusi konten di dalamnya, meskipun demikian pihak penyedia platform sosial media jenis ini juga biasanya melakukan koreksi isi konten yang dikirimkan.

Platform populer yang menyediakan layanan ini salah satunya adalah Wikipedia, sebuah jaringan besar yang merupakan sebuah ensiklopedia multibahasa.

Strategi Pemasaran Media Sosial

Untuk Anda yang ingin mencoba melakukan strategi pemasaran media sosial, ada beberapa strategi yang bisa diterapkan agar pemasaran Anda tidak kalah saing dengan kompetitor, diantaranya:

1. Menentukan Platform Media Sosial Utama yang Akan Digunakan

Setiap platform yang digunakan ada target pasarnya sendiri, karena biasanya jenis informasi yang diberikan juga akan mempengaruhi siapa pengguna dari platform yang akan digunakan.

Lakukan riset terlebih dahulu siapa target market yang akan bisnis Anda tuju. Jika kalangan muda biasanya cenderung sering menggunakan Instagram/ Tiktok dan jenisnya.

2. Menentukan Strategi Konten

Langkah berikutnya yang bisa kalian lakukan adalah dengan menentukan strategi pemasaran sosial media adalah strategi konten seperti apa yang akan kalian gunakan untuk bahan pemasaran.

Selain itu, Anda juga bisa menentukan citra/ karakter seperti apa yang akan anda bangun sebagai pemasaran. Karena konten yang ditampilkan sudah seharusnya sejalan dengan karakter dari bisnis.

Baca Juga: 6 Strategi Pemasaran Produk Berbagai Bisnis

3. Menentukan Strategi Promosi

Berikutnya adalah menentukan strategi pemasaran media sosial adalah promosi yang akan digunakan. hal paling utama dari proses pemasaran adalah melakukan promosi. Anda bisa memberikan promo atau membuat iklan di platformdan sejenisnya.

4. Konsisten dengan Membuat Jadwal Rutin

Tidak kalah penting, dalam melakukan pemasaran, konsisten menjadi kunci utama sukses atau tidaknya konten pemasaran yang anda bangun.

Dengan konsisten mengunggah postingan juga akan semakin membuka peluang pengunjung platform Anda mengingat brand yang sedang Anda pasarkan.

5. Jalin Kerja Sama

Jika memang dibutuhkan menjalin kerja sama dengan influencer yang memiliki pengikut besar juga bisa dilakukan, untuk meningkatkan pengunjung Anda.

Sebelum menjalin kerjasama pastikan juga citra influencer yang akan anda ajak kerja sama memiliki korelasi dengan produk yang sedang Anda tawarkan.

6. Memberikan Komunikasi Efektif

Hal penting lainnya yang tidak boleh dilewatkan untuk mensukseskan pemasaran Anda semakin sukses adalah menjalin komunikasi yang efektif.

Komunikasi ini akan semakin membantu Anda dan calon konsumen menjalin sebuah hubungan yang akan semakin membuat Anda tampak profesional.

Bentuk profesional Anda ini juga bisa Anda lakukan dengan bisa mengatur dan mengelola stok barang hingga keuangan dengan jelas. Agar tidak hanya promosinya saja yang berjalan lancar namun juga bisnisnya.

Software akuntansi Beeaccounting bisa membantu Anda mengelola pencatatan keuangan bisnis Anda dengan mudah, dengan fitur pengelolaan barang, pembukuan keuangan sederhana, pencatatan transaksi dan sejenisnya.

Segera jalankan bisnis secara profesional dan dapatkan gratis trial 14 hari!!

Beeaccounting

8 Macam Diskon, Cara Menghitung Diskon dan Contohnya
Setiap orang tentu sudah pernah mendapatkan diskon pada suatu pembelian, baik di toko offline maupun online. Akan tetapi, tidak banyak […]
Baca Juga
Tips Menghemat Biaya Operasional Perusahaan yang Efektif
Kebanyakan bisnis kecil dan menengah atau startup memiliki biaya operasional yang terbatas. Maka dari itu, tentunya selalu diperlukan cara yang […]
Baca Juga
Cara Memasarkan Produk Online Shop Dengan Tepat
Baik Anda pebisnis online baru atau sudah lama, mempelajari cara memasarkan suatu produk akan sangat berguna. Tanpa strategi pemasaran yang […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No. 41B, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2023 Bee.id
magnifiercrossmenu