Strategi Promosi Kreatif dan Kekinian Untuk Meningkatkan Omset

Friday, 22 January 2021
Rininta Oktaviana
Rininta Oktaviana
persiapan-sebelum-melakukan-promosi

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Apa Itu Strategi Promosi?

Pengertian strategi promosi adalah pemberian informasi, mengajak dan memberi pengaruh mengenai suatu produk atau jasa dengan tujuan meningkatkan volume penjualan dengan cara menarik perhatian konsumen atau pelanggan saat penentuan keputusan pembelian.

Pengertian Strategi Promosi Menurut Para Ahli

memahami-pengertian-strategi-promosi

Memahami Pengertian Strategi Promosi (Sumber: Freepik.com)

Tjiptono (2001:219)

Promosi pada hakekatnya adalah suatu komunikasi pemasaran, artinya aktifitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.

Sistaningrum (2002:98)

Promosi adalah suatu upaya atau kegiatan perusahaan dalam mempengaruhi ‚ÄĚkonsumen aktual‚ÄĚ maupun ‚ÄĚkonsumen potensial‚ÄĚ agar mereka mau melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan, saat ini atau di masa yang akan datang.

Moekijat (2000: 443)

adalah: ‚ÄúKegiatan perusahaan untuk mendorong penjualan dengan mengarahkan komunikasi-komunikasi yang meyakinkan kepada para pembeli‚ÄĚ.

Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan Strategi Promosi?

Secara umum tujuan strategi promosi untuk meningkatkan permintaan, menjangkau konsumen baru, menstimulus pembelian kembali dengan kuantitas lebih banyak dan menciptakan goodwill. Selain itu strategi promosi juga memberi pengaruh terhadap keputusan pembelian produk/jasa, menjaga loyalitas konsumen dan strategi bersaing dengan kompetitor.

tujuan-strategi-promosi

Manfaat Strategi Promosi Untuk Brand Awareness (Sumber: Freepik.com)

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa alasan mengapa bisnis membutuhkan strategi promosi:

1. Membangun Brand Awareness

Jika Anda baru memiliki usaha atau brand, sangat wajib untuk membuat strategi promosi. Promosi yang berhasil dapat membuat usaha atau brand Anda terus terpatri di benak khalawak umum. Hal ini juga bisa menjadi faktor uniqness dibandingkan dengan kompetitor Anda lainnya. Dengan demikian brand atau usaha Anda akan lebih menonjol.

2. Memperkenalkan Produk/Jasa Bisnis Anda

Promosi bertujuan untuk memperkenalkan produk/jasa bisnis Anda kepada konsumen. Tanpa promosi, meskipun Anda memiliki produk yang sangat berkualitas tapi sedikit orang  yang tahu akan sulit untuk mendapatkan penjualan.

Selain itu dengan promosi, Anda mengkomunikasikan visi dan misi usaha Anda kepada konsumen serta membangun citra positif brand/usaha Anda. Dengan demikian, konsumen akan merasa lebih memahami produk tersebut dan mempercayai usaha Anda sehingga akan mempengaruhi keputusan pembelian mereka.

3. Meningkatkan Volume Produksi dan Penjualan

Promosi membuat persiapan penjualan lebih matang. Tentu saja strategi promosi akan disesuaikan dengan ketertarikan, permintaan, dan kebutuhan konsumen. Kesesuaian minat konsumen dan konten promosi yang dijalan akan menimbulkan permintaan terhadap produk/jasa. Peningkatan permintaan akan mendorong kenaikan penjualan dan produksi.

4. Menarik Konsumen Potensial Baru

Di antar para target market usaha pasti Anda memiliki konsumen tetap dan konsumen potensial baru. Kepada konsumen tetap Anda akan melakukan tindakan promosi yang lebih sedikit upaya karena mereka sudah mengenal dan paham produk Anda. Namun akan berbeda dengan konsumen potensial baru.

Di sinilah peran strategi promosi untuk menarik dan memberikan informasi kepada konsumen potensial baru yang belum pernah mencoba atau melakukan pembelian terhadap produk/jasa Anda.

5. Meningkatkan Repeat Order

Penerapan strategi promosi selain menyasar pada pembeli potensial juga terhadap pelanggan tetap dan pembeli yang pernah mencoba suatu produk namun dalam jumlah sedikit. Penerapan promosi yang sesuai dapat membuat pelanggan melakukan pembelian ulang/repeat order karena diingatkan kembali akan suatu produk ditambah adanya kepuasan terhadap produk.

Baca Juga: Tips Manajemen Gudang untuk Kontrol Stok Barang

Persiapan Sebelum Melakukan Strategi Promosi

Sebelum Anda membuat strategi promosi, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan agar nantinya bisa efektif dan efisien. Strategi promosi ada untuk menjadi penghubung dan mengkomunikasikan produk Anda dengan konsumen.

persiapan-sebelum-melakukan-promosi

Sebelum Melakukan Strategi Promosi Persiapkan Data Pendukung (Sumber: Pexels.com)

Komunikasi yang terjalin dalam strategi promosi nantinya tidak hanya komunikasi satu arah. Komunikasi yang terbentuk harapannya dapat menciptakan kondisi timbal balik sehingga konsumen dengan sendirinya bersedia dalam pembelian produk.

Oleh karena itu dalam penyusunan strategi promosi penjualan diperlukan data yang akurat mengenai konsumen.

1. Menentukan Target Market

Setiap target market memiliki kebutuhan yang berbeda sehingaa dibutuhkan pendekatan yang berbeda-beda pula. Menentukan target market dapat mempengaruhi produk apa yang akan dipromosikan, harga dan positioning produk/jasa.

2. Menentukan Tujuan Promosi

Ada beberapa tujuan promosi yang bisa Anda capai, misalnya seperti meningkatkan awareness di kalangan masyarakat, meningkatkan citra positif terhadap bisnis Anda, hingga meningkatkan penjualan produk maupun jasa yang Anda tawarkan.

3. Memilih Media Promosi yang Tepat

Setiap media promosi memiliki karakternya masing-masing. Baik itu dalam hal bagaimana setiap media dapat mengemas pesan yang akan disampaikan maupun karakteristik audiens di setiap media yang digunakan.

4. Merancang Kampanye Promosi

Agar membuat promosi yang Anda buat lebih terarah, akan lebih baik jika Anda mempunyai sebuah campaign atau kampanye yang menyuarakan suatu pesan tertentu. Selain membuat promosi Anda menjadi semakin terarah dan sistematis, hal ini juga penting untuk meninggalkan kesan yang mendalam berkaitan dengan produk maupun jasa yang Anda tawarkan.

5. Bergabung ke Komunitas Pebisnis

Sebagai Pebisnis setidaknya Anda membutuhkan rekan sesama pebisnis untuk saling berbagai pengalaman, tips promosi hingga kolaborasi untuk membuat usaha baru.

6. Memperluas Relasi dengan Media

Tidak hanya meluaskan relasi ke sesama pebisnis, namun tidak menutup kemungkinan juga para pebisnis memiliki relasi dengan media. Pemasaran dengan media juga bisa menjadi solusi agar bisnis yang dijalankan dapat menarik banyak konsumen.

4 Klasifikasi Strategi Promosi Penjualan

trade-promotion

Distributor Menjualkan Kembali Produk Anda (Sumber: Freepik.com)

Promosi penjualan dapat dikelompokkan berdasarkan tujuan yang ingin dicapai:

1. Customer Promotion

Memiliki tujuan untuk membujuk konsumen untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

2. Trade Promotion

Bertujuan untuk mendorong distributor seperti pedagang grosir, agen, pengecer, eksportir dan importir untuk menjualkan kembali produk/jasa usaha Anda.

3. Sales-force Promotion

Langkah untuk memotivasi armada penjualan yang dimiliki perusahaan agar penjualan meningkat.

4. Business Promotion

Promosi penjualan untuk memperoleh pelanggan baru dan mempertahankan huubungan dengan pelanggan lama agar penjualan lebih banyak. Tujuannya juga untuk memperkenalkan produk baru, menjual lebih banyak kepada pelanggan lama dan memberi edukasi kepada pelanggan baru.

Strategi Promosi Kekinian Untuk Meningkatkan Omset Usaha

1. Strategi Promosi Online

Membuat Website atau Blog

Di era digital, orang-orang tidak hanya membeli produk lewat toko fisik. Adanya internet mengubah prilaku dan perjalan konsumen dalam membeli produk. Adanya internet juga dapat kita manfaatkan untuk membuat jangkauan konsumen lebih luas dengan menggunakan website atau blog yang berisikan detail produk yang kita jual.

Dengan membuat website atau blog usaha Anda akan muncul di mesin pencari seperti Google. Dari sisi efisiensi cost, Anda tidak perlu lagi menyewa toko yang memakan cost yang besar. Blog gratis atau domain website murah bisa Anda manfaatkan.

Pemasaran Sosial Media

Berkembangnya internet secara global membuat sosial media digunakan banyak orang sebagai alat komunikasi dan strategi promosi produk. Sosial media menjadi sarana paling efektif untuk memasarkan produk dan sebagai jembatan antara pelaku bisnis dan pembeli agar terjalin komunikasi yang mudah, cepat dan efisien.

Pengunaan sosial media sebagai strategi promosi oleh Pebisnis semakin meningkat dari tahun ke tahun. Fitur-fitur yang tersedia di sosial media sangat mendukung untuk memasarkan produk. Dengan adanya sosial media, pemasaran produk menjadi lebih mudah, efektif, dan hemat biaya.

pemasaran-sosial-media

Pengunaan Sosial Media sebagai Strategi Promosi (Sumber: Unsplash.com)

Anda juga bisa memanfaatkan metode endorsement  atau paid promote (promosi berbayar) ke orang-orang dengan followers banyak dan menjadi pusat perhatian. Dengan adanya endorsement usaha yang dijalankan akan semakin dikenal banyak orang.

Berjualan di Marketplace

Tidak hanya sosial media, kemunculan marketplace juga imbas dari perkembangan internet. Menggunakan marketplace menjadi strategi promosi yang tepat karena di marketplace bisnis yang dijalankan dipasarkan pada katregori tertentu. Marketplace juga memiliki program-program promo yang bisa Anda ikuti untuk menaikkan omset penjualan.

Periklanan (Advertising) Digital

 Di era digital, cara ini bisa dilakukan dengan beriklan di sosial media, google, dll. Strategi lain yang cukup sederhana adalah membuat iklan. Iklan adalah cara yang paling mudah untuk mempromosikan produk kepada pelanggan. Anda hanya perlu mengetahui bagaimana cara mengiklankan produk Anda dengan baik.

2. Strategi Promosi Offline

Membuat Spanduk/Brosur/Baliho Menarik

Apakah Anda pernah melihat Baliho yang sering ditemukan di jalan raya? Kalau iya, itu merupakan salah satu strategi promosi. Ada juga spanduk dan brosur yang disebarkan di jalanan yang bisa membuat seseorang tergelitik atau takjub sehingga tertarik untuk membeli atau mampir ke toko Anda.

Hal terpenting dalam promosi menggunakan spanduk/baliho/brosur adalah desain yang menarik, gambar yang jelas dan copywriting yang singkat, padat, dan jelas

strategi-promosi-dengan-baliho

Contoh Baliho yang Unik dan Menarik (Sumber: Popbela.com)

Personal Selling

Strategi  ini dilakukan dengan cara menyampaikan informasi secara langsung kepada calon pelanggan agar merangsang niat langsung untuk membeli produk. Cara ini adalah cara yang paling sederhana.

Promosi Penjualan

Promosi penjualan adalah cara untuk meningkatkan penjualan dalam jangka waktu yang pendek. Jenisnya pun unik. Ada yang bentuk diskon, bonus hadiah, perlombaan dan lainnya. Strategi ini bisa dilakukan dalam jangka waktu pendek. Tetapi cukup untuk membujuk pelanggan untuk membeli produk.

Contoh Strategi Promosi yang Bisa Segera Anda Terapkan

  1. Diskon besar-besaran
  2. Flash sale
  3. Special prices
  4. Gratis ongkos kirim
  5. Buy one get one free
  6. Sampel gratis
  7. Buat program giveaway
  8. Strategi promosi musiman
  9. Program loyalitas pelanggan

Baca Juga: Kenali Perbedaan Omzet dan Profit serta Strateginya untuk Bisnis

Kesimpulan

Strategi promosi dilakukan dengan tujuan meningkatkan permintaan, menjangkau konsumen baru, menstimulus pembelian kembali dengan kuantitas lebih banyak dan menciptakan goodwill, memberi pengaruh terhadap keputusan pembelian produk/jasa, menjaga loyalitas konsumen dan strategi bersaing dengan kompetitor.

Untuk mempermudah dalam menyusun promosi, gunakan Software Kasir Online. Jangan mau kalah dengan toko sebelah jaringan nasional yang punya banyak Promo. Promo seperti limit waktu hari/jam tertentu, syarat pembelanjaan, min/max Qty, khusus member, dll. Dengan Software Kasir Online Beepos sekarang anda bisa!

Setting promosi semua cabang terpusat! Coba gratis 14 hari dengan klik di sini atau klik gambar di bawah ini.

Setting-Promosi-Semua-Cabang-Terpusat-dengan-Beepos

 

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :