Disc. 11% khusus Ritel & Distributor
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Apa Itu Pomodoro Timer dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 7 July 2022

Pomodoro timer merupakan sebutan lain bagi teknik pomodoro, yaitu sebuah sistem manajemen waktu yang dapat mendorong seseorang untuk bekerja secara efektif dalam rentang waktu tertentu. Penerapan teknik pomodoro dapat membuat performa lebih optimal meskipun sedang WFH.

Dengan menggunakan teknik pomodoro, maka Anda dapat membagi pekerjaan menjadi 25 menit per aktivitas dengan fokus mengerjakan suatu tugas. Setelah itu, Anda bisa istirahat selama 5 menit. Waktu jeda istirahat tersebutlah yang disebut sebagai pomodoro.

Apa itu Pomodoro Timer?

Pomodoro Timer

Ilustrasi Timer Photo by Manik Roy on Unsplash

Istilah pomodoro memang semakin populer setelah pemerintah Indonesia memberlakukan New Normal. Teknik ini merupakan salah satu cara menyikapi kebijakan WFH (Working From Home) yang pada kenyataannya malah membuat kinerja karyawan menjadi semakin menurun.

Namun, dengan menerapkan pomodoro timer, terdapat batasan jelas antara waktu kerja dan waktu istirahat. Sehingga pekerjaan tidak terasa membebani dan membuat jenuh. Apalagi, teknik pomodoro memungkinkan Anda untuk istirahat 15-20 menit, khususnya setelah 4 kali pomodoro (jeda).

Teknik pomodoro muncul karena terinspirasi oleh sebuah timer yang umum dipakai di dapur. Timer ini berbentuk seperti buah tomat. Sedangkan dalam bahasa Italia, tomat disebut pomodoro.

Teknik pomodoro diciptakan untuk membuat ugernsi terhadap pekerjaan, bukannya mendorong Anda bekerja secara teru-menerus meskipun telah dibatasi waktu jeda. Oleh sebab itulah, supaya kegiatan kerja tidak terdistraksi dan menimbulkan beban mental, Anda harus bisa mengatur waktu pomodoro.

Jika Anda merasa tidak sedang dalam suasana hati bekerja atau sulit fokus selama 25 menit yang ditetapkan. Anda dapat mencoba teknik pomodoro 5-15 menit. Pasalnya, bagi sebagian besar individu, waktu fokus berada di kisaran 25-50 menit dan istirahat 5-15 menit.

Apakah Teknik Pomodoro Benar-Benar Berfungsi?

Fungsi Teknik Pomodoro

Ilsutrasi Fungsi Teknik Pomodoro Photo by Ralph Hutter on Unsplash

Apakah teknik pomodoro benar-benar efektif? Mungkin Anda juga pernah mempertanyakan hal ini. Namun, sebagian besar orang yang menerapkan teknik pomodoro mengaku puas dengan hasilnya. Lantas, apa yang membuat teknik pomodoro efektif? Temukan jawabannya di bawah ini!

  • Membantu Mengelola Waktu dengan Baik

Berdasarkan sebuah riset yang dilakukan Jonathan Schooler, disebutkan bahwa rata-rata individu menghabiskan 15-20% dari total waktu yang dimiliki untuk memikirkan hal lain selain pekerjaan.

Hal inilah yang berdampak pada penundaan pekerjaan sehingga tugas dari kantor menjadi tidak selesai. Di sisi lain, pomodoro timer sangat berguna karena bisa menarik perhatian individu selama 25 menit untuk fokus menyelesaikan pekerjaan. Sehingga tugas yang diberikan lebih cepat selesai.

  • Meningkatkan Konsentrasi

Mengacu pada jurnal yang dipublikasikan Cognition, dituliskan jika istirahat singkat dapat membantu menjaga konsentrasi pada sebuah pekerjaan. Jadi, kondisi mental tetap stabil.

Seorang profesor psikologi dari Illinois University, yaitu Alejandro Lieras mengatakan, “ketika menghadapi tugas panjang, hal terbaik adalah memastikan melakukan istirahat singkat. Karena hal tersebut akan membantu menjaga fokus”.

  • Membuat Otak Lebih Sehat

Melakukan pekerjaan secara terus-menerus dalam rentang waktu lama berpotensi membuat kinerja terganggu. Sebab mental dan otak akan merasa lelah serta bosan sehingga timbul persepsi bahwa pekerjaan tersebut merupakan sebuah beban. Hal ini tentu dapat memberikan dampak yang negatif.

Namun, teknik pomodoro memberikan Anda kesempatan untuk istirahat secara berkala. Waktu jeda bisa dimanfaatkan untuk menggerakkan tubuh sehingga mental dan fisik Anda tetap sehat.

Tahapan-tahapan Pomodoro Timer

Tahapan Pomodoro Timer

Ilustrasi Tahapan Pomodoro Timer Photo by J. Balla Photography on Unsplash

Pada dasarnya, teknik pomodoro memang ditujukan untuk individu. Akan tetapi, dalam perkembangannya ada berbagai tim atau kelompok kerja yang mulai mengadopsi teknik pomodoro. Tujuannya tidak lain adalah untuk meningkatkan kreativitas dan produktivitas anggota kelompok.

Dalam tulisan berjudul “Turning Time from Enemy into an Ally Using the Pomodoro Technique”, Xiaofeng Wang menyarankan agar melakukan teknik pomodoro setiap hari dengan tahapan sebagai berikut:

  • Perencanaan : Untuk menentukan kegiatan apa yang dilakukan dalam sehari.
  • Penghimpunan : Tahapan mengumpulkan data mentah serta jenis data yang bisa dihitung.
  • Pencatatan : Terkait upaya menyusun arsip observasi harian.
  • Proses Informasi : Mengubah data mentah menjadi sebuah informasi.
  • Visualisasi : Informasi disajikan dalam bentuk format yang lebih mudah dipahami.

Baca Juga: Cara Mudah Hitungan Lembur Per Jam Sesuai Aturan Undang-Undang

Kesimpulan

Sekarang Anda bisa meningkatkan efektivitas kerja menjadi berkali-kali lipat dengan menerapkan pomodoro timer dan dukungan software akuntansi online Beecloud untuk membantu mengelola usaha. Jadi, aktivitas bisnis bisa dijalankan secara lebih praktis.

Banner Beecloud Laporan Neraca

Strategi Jurus Promosi Alpamaret yang Terbukti Laris
Kalau membaca judul artikel ini, apa yang Anda bayangkan? Kalau saat ini Anda sedang mencari jurus rahasia promosi yang ampuh […]
Baca Juga
6 Rahasia Sukses Bisnis Kedai Kopi Sederhana
bisnis kedai kopi sederhana - Kopi merupakan salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia. Rasa dan baunya yang khas menjadi daya […]
Baca Juga
Apa itu Distributor? Tugas, Jenis dan Kunci Sukses Distributor
Sebelum kita membahas apa itu distributor, dalam praktiknya manusia dalam memenuhi kebutuhannya harus melakukan kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi adalah kegiatan […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu