Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Cara Memasarkan Produk untuk Pebisnis Pemula

Dipublish Tgl: Friday, 19 August 2022

Menyusun cara memasarkan produk adalah salah satu poin paling penting yang harus dilakukan. Pasalnya suatu produk tidak akan bisa terjual dengan baik jika tidak dilandasi dengan strategi yang jitu dalam memasarkannya. Apalagi saat ini pesaing bisnis tidak hanya satu dua orang saja. 

Tentunya dalam membuat strategi penjualan produk ini harus dilakukan dengan cara yang jitu agar dapat bersaing dengan pebisnis lain yang mungkin juga menjalankan jenis usaha yang sama persis dengan usaha Anda. Dengan begitu target pasar Anda juga dapat tercapai dengan cepat. 

Beberapa Cara Memasarkan Produk yang Perlu Dicoba

Cara Memasarkan Produk

Ilustrasi Memasarkan Produk Lewat Media Sosial (Sumber: Freepik.com)

Bagi para pebisnis pemula, mungkin masih sulit melakukan pemasaran produk di tengah persaingan pasar saat ini. Namun tak perlu khawatir karena di sini Anda bisa belajar tentang bagaimana cara memasarkan produk dengan baik dan benar agar cepat meraih target pasar. Berikut ini cara-caranya: 

  • Mengenali Target Pasar

Hal pertama yang harus dilakukan untuk memasarkan produk adalah dengan mengenali target pasar terlebih dulu. Target pasar sendiri bisa didefinisikan sebagai kelompok konsumen yang nantinya akan jadi target penawaran produk yang sedang dipasarkan. 

Pahami terlebih dulu bagaimana segmentasi dan identitas dari calon konsumen target tersebut. Setelah didapatkan informasi segmentasi dan identitas, maka Anda akan lebih mudah menentukan langkah lanjutan untuk menawarkan jenis produk yang sesuai. 

Strategi ini tergolong sebagai cara utama yang harus dilakukan oleh setiap pebisnis. Sudah banyak pebisnis yang membuktikan kesuksesannya dalam berjualan dengan menerapkan strategi utama yang satu ini. 

  • Pemilihan Lokasi Berbisnis

Lokasi menjalankan bisnis ternyata juga jadi salah satu hal penting dalam memasarkan produk. Dalam hal ini yang dimaksud tempat bisnis adalah selain di pasar karena pasar sudah pasti sifatnya strategis dan mendatangkan banyak pelanggan. 

Jika di luar pasar, pastikan mendirikan toko yang dekat dengan keramaian. Bisnis yang berdiri di tempat keramaian akan lebih berpotensi untung dibandingkan toko di tempat sepi. Selain itu perhatikan juga keberadaan bisnis yang sejenis yang berdiri di tempat tersebut. 

Sebaiknya memilih tempat bisnis yang mana di tempat tersebut belum ada produk atau jasa yang sama dengan yang Anda pasarkan. Dengan begitu Anda juga dapat meminimalisir adanya konflik antar tetangga pebisnis yang jenis bisnisnya sama persis. 

Strategi ini bisa diaplikasikan untuk toko yang beroperasi baik secara online maupun offline. Utamanya untuk yang beroperasi secara offline, strategi ini sangat penting dilakukan. 

Baca Juga: 5 Strategi Memilih Lokasi Bisnis yang Strategis

  • Manajemen Anggaran Pemasaran

Manajemen Anggaran Pemasaran

Ilustrasi Membuat Budget Pemasaran (Sumber: Freepik.com)

Dalam kegiatan promosi produk, pasti dibutuhkan biaya tambahan yang dikeluarkan. Harus ada manajemen anggaran agar pemasukan keuangan tidak lantas terpakai faham jumlah besar hanya untuk kegiatan promosi. 

Sebaiknya gunakan anggaran dalam jumlah yang sesuai kebutuhan. Anda juga harus bisa membagi pengeluaran untuk kebutuhan promosi dan kebutuhan lain yang berkaitan dengan pemasaran. Dengan begitu anggaran dapat terkontrol dengan baik. 

  • Menggunakan Jalur Media Sosial

Dalam dunia pemasaran, ada banyak sekali media yang bisa digunakan untuk melakukan promosi atau pemasaran produk secara online tersebut. Salah satu media paling berpengaruh adalah media sosial. 

Tak hanya satu, ada banyak sekali media sosial yang saat ini digemari oleh berbagai kalangan. Berbagai opsi media sosial ini bisa digunakan keseluruhan sekaligus. Namun tetap perhatikan segmentasi dari calon pelanggan yang ada dalam media sosial tersebut. 

Segmentasi tersebut nantinya akan menentukan media sosial yang mana yang paling cocok digunakan untuk memasarkan jenis produk yang sedang Anda jual. Media sosial umumnya punya fitur pengaturan jangkauan lokasi.

Dari fitur tersebut Anda bisa manfaatkan untuk melakukan penjaringan pada berbagai calon pelanggan sesuai dengan lokasi yang telah ditentukan. Selain itu di media sosial juga sering dikenal adanya hashtag yang akan memudahkan pencarian paling trend. 

  • Membangun Toko Online

Selain memanfaatkan media sosial yang sifatnya online, cara memasarkan produk juga bisa dengan jalan memanfaatkan berbagai platform online lainnya untuk membangun toko online. Toko online bisa dibangun melalui platform website dan marketplace. 

Jaman sekarang sangat mudah membuat toko di marketplace online. Pastikan membuat website sendiri juga untuk dijadikan toko utama. Hal ini karena di dalam marketplace online pasti ada banyak sekali pesaing yang menjual produk sama. 

Jika memungkinkan, Anda juga bisa mencoba bergabung dengan forum jual beli. Forum jual beli ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan sistem marketplace online. Namun tidak ada salahnya jika membuat lebih banyak toko online untuk meraup keuntungan lebih. 

  • Praktik Pemasaran yang Efektif

Praktik Pemasaran Yang Efektif

Ilustrasi Pemasaran dengan Diskon Photo by Artem Beliaikin on Unsplash 

Meskipun sudah membuat toko online dan memanfaatkan media sosial, tetap saja seorang pebisnis tidak boleh hanya menunggu datangnya pelanggan namun harus melakukan aksi agar pelanggan datang. 

Salah satu strategi efektif untuk melakukan aksi pemasaran ini adalah dengan memberikan penawaran gratis atau promosi diskon. Strategi ini awalnya mungkin terkesan akan merugikan karena harus mengeluarkan anggaran untuk memberikan produk secara cuma-cuma. 

Namun strategi ini juga bisa jadi pancingan yang efektif untuk menarik lebih banyak pelanggan. Sudah banyak toko ternama yang membuktikan strategi ini dan keuntungan yang didapat pun bisa menutup kerugian yang di awal sudah dilakukan. 

Selain memberikan penawaran gratis atau diskon, Anda juga bisa melakukan strategi dengan menawarkan produk door to door atau menawarkannya pada rekan-rekan terdekat. Dalam menawarkan produk tersebut pun Anda bisa gunakan kesempatan mencoba produk gratis. 

  • Menyediakan Testimoni

Testimoni adalah salah satu poin penting yang nantinya akan dilihat oleh calon pelanggan. Untuk memberikan testimoni tentu Anda harus punya setidaknya beberapa orang yang mencoba produk tersebut. 

Calon konsumen akan lebih tertarik pada toko yang punya bukti nyata terkait kualitas produknya melalui hasil rating maupun testimoni dari pengguna sebelumnya. Untuk mendapatkan testimoni bisa dilakukan kerjasama dengan rekan pelanggan. 

Dari sini Anda bisa gunakan strategi pemberian intensif bagi beberapa orang yang bersedia mencoba dan memberikan testimoni sejujur-jujurnya. Perhatikan bahwa langkah ini bukan bertujuan untuk melakukan penyogokan melainkan hanya strategi promosi. 

Pencoba produk tetap bebas memberikan penilaian bagaimanapun itu sesuai dengan yang mereka rasakan terkait produk. Pemberian intensif juga tidak harus berupa uang tunai. Intensif bisa berupa voucher belanja, produk gratis, dan lain sebagainya. 

  • Menjalin Kedekatan dengan Pelanggan

Cara memasarkan produk selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjalin hubungan dekat dengan para pelanggan baik itu secara online maupun offline. Kegiatan yang dilakukan tidak hanya melulu soal mempromosikan produk. 

Anda juga bisa membuka sarana konsultasi untuk para pelanggan sehingga pelanggan akan merasa diajak berkomunikasi dua arah. Setelah tumbuh kenyamanan antara pelanggan dengan layanan Anda, maka akan semakin mudah menarik pembeli produk yang sedang dipasarkan.

Baca Juga: Strategi Rahasia Membangun Customer Loyalty

Kesimpulan

Dari berbagai cara memasarkan produk untuk menarik konsumen di atas, semuanya bisa mulai Anda praktekkan secara sistematis. Bisnis yang baik akan selalu menerapkan strategi yang cerdas untuk bisa menarik banyak pelanggan dan tentunya keuntungan yang seimbang. 

Sebagus apapun startegi marketing yang Anda sudah buat namun jika tidak dipraketkkan tidak akan membuat bisnis berkembang. Jadi praktekan jika gagal coba lagi dan cari cara lain.

Jika startegi pemasaran produk sudah bisa berjalan dengan baik otomatis omset juga naik. PR Anda selanjutnya adalah bagaimana caranya mengelola keuangan yang baik dan benar.

Mengelola keuangan tidak mudah bagi Anda yang tidak memiliki pengetahuan dasarnya. Merekrut karyawan baru sebagai admin juga harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Untuk itu lebih baik Anda menggunakan software untuk mencatat keuangan.

Software keuangan yang sekali klik semua laporan keuangan jadi plus harganya sangat terjangkau yaitu Beepos. Beepos juga menyediakan berbagai fitur promosi yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan omset bisnis Anda. Yuk coba gratis Beepos sekarang!

Setting Promosi Semua Cabang Terpusat dengan Beepos

 

Pelajari 5 Tips Ini Jika Mau Sukses Bisnis BarberShop
Tips sukses bisnis barbershop - Saat ini, bukan hanya kaum hawa saja yang peduli dengan penampilan mereka, namun kaum adam […]
Baca Juga
Cara Membaca Barcode untuk Software Kasir Bisnis
Cara membaca barcode diperlukan untuk memudahkan penginputan barang pada aplikasi kasir saat melakukan transaksi di sebuah usaha. Biasanya, usaha yang […]
Baca Juga
Mengapa Usaha Startup Saya gagal? Mungkin ini Alasannya
Usaha Startup adalah suatu bisnis yang baru berkembang atau baru di buat. Bisnis stratup identik dengan bisnis yang berbau teknologi. […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu