🌙 Beerkah Ramadhan Disc. upto 20% dan Cashback 15%
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Cara Cepat Membuat Laporan Neraca Excel

Selain membuat laporan neraca secara manual, kini ada cara yang lebih praktis untuk membuat neraca excel yang sesuai dengan yang dibutuhkan.
Penulis: Rininta Oktaviana
Dipublish Tgl: Monday, 4 July 2022

Seperti diketahui bersama, excel sendiri memang banyak digunakan untuk membuat sebuah laporan, salah satunya adalah laporan keuangan, dalam hal ini neraca excel. Namun untuk menggunakannya, pihak pengguna, dalam hal ini Anda harus mengerti benar, bagaimana cara menggunakan aplikasi tersebut, yang pada dasarnya cara menggunakannya tidak terlalu sulit.

Cara Membuat Laporan Neraca Excel

Apa itu Laporan Neraca scaled

Ilustrasi Cara Membuat Laporan Neraca (Sumber: Freepik.com)

Seperti yang dibahas di atas, cara membuat laporan di excel sendiri tidak terlalu sulit, hanya saja, untuk membuatnya seseorang atau dalam hal ini Anda membutuhkan ketelitian yang ekstra. Terutama dalam menggunakan aneka macam fitur yang artinya berkaitan dengan angka. Berikut ini adalah beberapa tips dalam membuat neraca excel, antara lain:

  • Pelajari Template yang Akan Digunakan

Adapun cara membuat neraca excel yang pertama adalah mempelajari template yang  ada pada excel. Jadi dalam hal ini, Anda perlu mempelajari aneka macam template yang ada pada excel, dan dinilai sesuai dengan jenis neraca yang akan dibuat. Mulai dari mempelajari tentang Tabel Pivot, apa itu analisa What if, forecast sheets dan yang lainnya.  

Terutama bagi Anda yang baru belajar akan excel, tentunya penting dan sebaiknya mempelajari hal hal seperti ini. Sedangkan bagi Anda yang sudah mengenal akan table excel, ada baiknya jika mulai mempersiapkan aneka template yang akan digunakan untuk membuat neraca excel tersebut.

  • Tingkatkan Fokus pada Kumpulan Data Prefilled

Ilustrasi data Excel di layar komputer scaled

Ilustrasi Data di Excel

Hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan adalah memperhatikan kumpulan data prefilled. Yang artinya, Anda harus benar benar mengumpulkan berbagai macam data yang akan dimasukkan ke dalam neraca tersebut. Apalagi laporan neraca sendiri terdiri atas berbagai macam kumpulan data. Yang membuat Anda perlu mengumpulkan data dan mempersiapkan data keuangan tersebut dengan baik.

Dalam hal ini, Anda juga perlu mempelajari aneka macam fitur yang pastinya diperlukan ketika Anda akan memasukkan data pada lembar excel tersebut.  

  • Memilih Template di Excel

Berikutnya Anda akan membuat template pada excel yang akan digunakan untuk membuat laporan neraca tersebut. Seperti diketahui bersama, laporan neraca pada accounting ini cukup beragam, mulai dari neraca lajur, neraca saldo, neraca pembayaran dan yang lainnya.

Dimana masing-masing jenis neraca mempunyai sistem pembuatan yang berbeda beda.Jadi kali ini, Anda perlu mempelajari jenis neraca yang akan digunakan, dan bagaimana desain neraca tersebut. Untuk kemudian membuat template laporan neraca tersebut pada program excel.

Sebenarnya Ada cara praktis untuk membuat template laporan neraca. Karena pada dasarnya hal seperti ini sudah disediakan oleh Excel. Anda hanya perlu memilih tombol menu, lalu klik wizard, dan Anda akan menemukan berbagai macam jenis template di dalamnya. Tentunya dari berbagai template yang ada, Anda dapat membuatnya ke dalam bentuk laporan keuangan bisnis yang diinginkan, termasuk laporan neraca itu sendiri. Tapi sebelum menggunakannya, pastikan isi di dalam template tersebut memang sesuai dengan yang Anda inginkan, dan butuhkan.  

  • Menggunakan Software Akuntansi Online

Beecloud Laporan Akuntansi Jurnal Neraca Buku Besar

Beecloud Laporan Akuntansi Jurnal Neraca Buku Besar

Selain menggunakan template, kini ada cara lain untuk membuat laporan keuangan, di excel secara lebih praktis, yaitu dengan menggunakan software. Dimana saat ini, software khusus untuk membuat laporan, termasuk laporan di excel terbilang cukup banyak beredar. 

Baca Juga: Cara Buat Laporan Neraca 5 Menit & Tanpa Jago Akuntansi

Kesimpulan

Laporan neraca memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan karena neraca adalah alat untuk membaca kondisi kesehatan perusahaan. Tanpa neraca, Anda tidak bisa menganalisa kondisi perusahaan. Melalui langkah-langkah yang sudah dibahas, Anda bisa langsung membuat laporan neraca.

Namun jika Anda menginginkan sebuah cara yang praktis, Anda bisa menggunakan software akuntansi Beecloud untuk membuat laporan neraca secara cepat dan otomatis.

Dalam segala kegiatan akan selalu didampingi dengan tantangan. Sama halnya dengan membuat laporan keuangan neraca. Jika di atas sudah kami jelaskan cara membuat laporan keuangan neraca, namun sebenarnya hal itu masih terbilang tidak mudah. Anda perlu membuat jurnal terlebih dahulu, setelah itu membuat dan memposting dalam buku besar, menyusun laba rugi, menyusun laporan modal dan masih banyak lagi yang perlu Anda kerjakan.

Pekerjaan seperti ini akan teraca cepat bila dikerjakan oleh seorang akuntan. Namun Anda tidak perlu berkecil hati karena sebenarnya untuk cara membuat laporan keuangan neraca bisa dikerjakan oleh Anda sendiri hanya dalam waktu 5 menit dan tanpa pula Anda jago akuntansi.

Coba gratis Beecloud sekarang! Info selengkapnya klik gambar di bawah ini!

Banner Beecloud Laporan Neraca

Banner Beecloud Laporan Neraca

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

9 Ide Bisnis Kerajinan Budaya Lokal yang Menguntungkan
Pernah mendengar usaha kerajinan lokal atau kerajinan daerah? Dalam dunia bisnis, terkadang mencari ide bisnis yang unik dan berpotensi sukses
Baca Juga
Jurnal Khusus Perusahaan Dagang: Fungsi dan Contohnya
Jurnal khusus perusahaan dagang merupakan salah satu istilah yang seringkali digunakan oleh para akuntan, di artikel ini akan dibahas pengertian
Baca Juga
Cara Menghitung Untung Jualan Dengan Tepat dan Cepat
Cara menghitung untung jualan penting dikuasai para pebisnis. Dengan menghitung keuntungan yang benar, maka bisnis terhindar dari kerugian. Ada berbagai
Baca Juga
Cara Memasarkan Produk untuk Pebisnis Pemula
Menyusun cara memasarkan produk adalah salah satu poin paling penting yang harus dilakukan. Pasalnya suatu produk tidak akan bisa terjual
Baca Juga
Memahami Psikologi Warna Sebelum Membangun Brand
Penggunaan warna bukan hanya tentang estetika semata, tetapi juga memiliki pengaruh yang kuat terhadap persepsi, emosi, dan tindakan kita. Dalam
Baca Juga
Tips Teknik Promosi, Jenis, Strategi dan Contohnya
Teknik promosi adalah serangkaian strategi dan taktik yang digunakan untuk meningkatkan kesadaran dan minat konsumen terhadap suatu produk atau jasa.
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu