Mengenal Akuntansi Pembelian, Cara Pembelian Yang Tepat untuk Bisnis Anda

Friday, 22 November 2019
Anggara Farhan
Anggara Farhan

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Dalam akuntansi pembelian kita mengenal istilah  Harga Pokok Penjualan (HPP) yaitu biaya-biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk mendapatkan barang tersebut.

Namun, bisa saja biaya-biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk mendapatkan barang tersebut ditampung dalam akun pembelian. Akun dalam akuntansi pembelian adalah akun yang digunakan untuk mencatat jumlah rupiah yang dikeluarkan untuk membeli barang tersebut. Dalam akun akuntansi pembelian kita mengenal berbagai metode pembelian barang sebagai berikut:

  • Pembelian Tunai yaitu pembelian barang dagangan yang dilakukan dengan kas/setara kas pada saat transaksi dilakukan.
  • Pembelian Kredit yaitu pembelian barang dagangan yang dilakukan dengan cara kredit atau akan dibayar tunai pada waktu yang akan datang.
  • Diskon Pembelian yaitu pembelian barang dagangan dengan disertai diskon, dengan syarat pembayaran dilakukan dalam periode waktu yang disepakati.
  • Retur Pembelian yaitu pengembalian barang dagangan kepada si penjual akibat rusak, cacat atau tidak sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan.

Baca Juga: 6 Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana

Tips Memilih Pemasok (Suplier) Yang Tepat Untuk Bisnis Anda

akuntansi pembelian

Gambar 1. Pembelian (Sumber: Freepik.com)

Memilih pemasok yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda sangat penting untuk memastikan bahwa Anda dapat mengirimkan produk dan layanan Anda tepat waktu, dengan harga yang tepat, dan sesuai dengan standar kualitas bisnis Anda. Dengan menerapkan kriteria pemilihan pemasok tertentu, dimungkinkan untuk mengidentifikasi perusahaan yang akan bekerja sama dengan Anda untuk memenuhi permintaan pelanggan Anda.

Berikut adalah lima tips untuk menemukan pemasok yang tepat untuk bahan baku Anda atau persyaratan pengadaan perusahaan lainnya.

1. Tetapkan kriteria pemasok (suplier yang Anda inginkan)

Buat daftar kriteria pemilihan pemasok yang harus dipenuhi perusahaan untuk dapat menyediakan barang-barang yang Anda butuhkan. Ini dapat mencakup masalah-masalah seperti:

  • Waktu tunggu mulai dari penerimaan pesanan Anda hingga pengiriman
  • Jumlah pesanan minimum dan maksimum
  • Fasilitas penyimpanan dan penanganan
  • Metode penyampaian khusus
  • Proses penjaminan kualitas
  • Syarat dan ketentuan pembayaran
  • Kebijakan pengembalian
  • Referensi yang dapat dihubungi

Menetapkan kriteria terlebih dahulu akan memungkinkan Anda untuk mengevaluasi pemasok potensial pada setiap item yang terdaftar dan memastikan bahwa Anda tidak mengabaikan persyaratan penting.

2. Tentukan proses Anda

Identifikasi metode yang akan Anda gunakan untuk menemukan pemasok yang sesuai. Putuskan apakah Anda akan mempublikasikan persyaratan Anda dalam publikasi perdagangan dan meminta tawaran, atau apakah Anda akan mendekati perusahaan terpilih secara langsung untuk proposal dan perkiraan harga. Alokasikan kerangka waktu untuk melakukan proses pemilihan pemasok Anda. Tunjuk anggota tim Anda yang berkualifikasi untuk meninjau proposal dan merekomendasikan daftar pemasok untuk dipilih.

3. Minta penawaran

Buat panggilan untuk penawaran sesuai dengan proses pemilihan yang Anda pilih. Ini bisa berupa Permintaan untuk Proposal atau Request for Quotation (RFQ). Apa pun bentuknya, itu harus mencakup perincian lengkap produk atau layanan yang Anda butuhkan, bersama dengan jumlah, tanggal pengiriman, dan standar kualitas yang diidentifikasi dalam kriteria Anda. Mintalah peserta lelang untuk memberikan informasi terperinci tentang proses yang mereka gunakan, stabilitas pemasok bahan baku mereka, dan alasan mengapa Anda harus memilih mereka.

4. Mengevaluasi pengajuan penawaran

Bandingkan setiap kiriman penawaran yang Anda terima dengan daftar kriteria untuk pemasok dan pertanyakan item apa pun yang tampaknya kurang jelas. Tinjau ruang lingkup layanan yang dijabarkan dalam proposal dan pertimbangkan apakah layanan tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda. Identifikasi seperti apa perjanjian atau periode kontrak dengan masing-masing pemasok potensial untuk memastikan Anda tidak tertarik pada situasi yang dapat merusak bisnis Anda.

5. Monitor kinerja pemasok (supplier)

Bahkan pemasok yang paling dapat diandalkan sekalipun kadang-kadang bisa khilaf. Pastikan mereka memiliki titik kontak langsung di perusahaan Anda dan melakukan tinjauan kinerja mereka secara reguler. Ini akan membantu Anda mengawasi pekerjaan mereka dan memastikan mereka memenuhi klausul dalam perjanjian. Monitor ini juga akan membantu Anda ketika tiba saatnya untuk berbicara tentang pembaruan kontrak, sehingga Anda tahu di mana Anda harus bertindak dalam memilih suplier yang tepat.

Dengan mengikuti tip-tip ini, Anda dapat memilih pemasok yang tepat dan dapat mendukung persyaratan bisnis Anda dengan mengirimkan barang dan jasa yang sesuai yang Anda butuhkan tepat waktu dan sesuai anggaran. Hal ini juga akan membantu Anda meningkatkan produktivitas dan memastikan Anda menghasilkan barang / jasa berkualitas.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print

Artikel Yang Mungkin Anda Suka :