Logo Bee Web

Contoh Surat Penawaran Barang, Format, serta Fungsinya

Pelajari di artikel ini untuk contoh surat penawaran barang, format, serta fungsinya sebelum praktik membuatnya.
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 27 February 2023

Surat yang digunakan untuk menawarkan suatu barang adalah surat penawaran pada barang dan contoh surat penawaran barang ini bisa Anda pahami lebih detail. Umumnya, surat jenis ini diajukan bila pengusaha ingin menjalin kerja sama dengan perusahaan lain.

Selain itu, surat berbentuk penawaran barang juga ditujukan untuk konsumen. Jenis surat ini bisa dibuat karena ada permintaan dari calon pembeli. Namun, Anda juga bisa langsung membuatnya atas inisiatif sendiri supaya lebih cepat.

Sebelum membahas tentang contoh surat penawaran barang, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu surat penawaran. Hal ini untuk lebih memahami tentang dokumen penawaran serta jenis-jenisnya.

Pengertian Apa itu Dokumen Surat Penawaran?

Dokumen surat penawaran adalah sebuah dokumen yang digunakan untuk mengajukan penawaran suatu produk atau jasa kepada pihak lain. Dokumen ini berisi informasi tentang barang atau jasa yang ditawarkan, harga, syarat dan ketentuan, serta informasi lain yang relevan dengan penawaran tersebut.

Surat penawaran biasanya dibuat oleh perusahaan atau individu yang ingin menjual produk atau jasa mereka kepada pihak lain, seperti perusahaan lain, lembaga pemerintah, atau individu. Dokumen ini dapat berfungsi sebagai alat promosi yang efektif untuk memperkenalkan produk atau jasa, serta untuk menawarkan harga yang kompetitif.

Baca Juga: Pengertian Serta Cara Membuat Penawaran

Jenis dari Dokumen Surat Penawaran

Ada beberapa jenis dokumen surat penawaran yang dapat dibuat tergantung pada keperluan dan konteksnya, di antaranya adalah:

1. Surat Penawaran Produk

Dokumen ini berisi informasi tentang produk yang ditawarkan, seperti spesifikasi, kualitas, dan harga.

2. Surat Penawaran Jasa

Dokumen ini berisi informasi tentang jenis-jenis jasa yang ditawarkan, seperti layanan konsultasi, perawatan, dan perbaikan, serta harga dan syarat-syaratnya.

3. Surat Penawaran Harga

Dokumen ini berisi informasi tentang harga dari produk atau jasa yang ditawarkan, beserta rincian biaya lainnya seperti ongkos kirim dan pajak.

4. Surat Penawaran Proyek

Dokumen ini berisi informasi tentang penawaran untuk sebuah proyek, seperti rincian tugas, biaya, dan jangka waktu pelaksanaan.

5. Surat Penawaran Kerjasama

Dokumen ini berisi informasi tentang tawaran kerjasama dengan perusahaan atau individu lain, seperti kerjasama dalam bidang pemasaran atau penelitian.

6. Surat Penawaran Investasi

Dokumen ini berisi informasi tentang penawaran investasi dalam bentuk saham atau obligasi, serta informasi tentang potensi keuntungan dan risiko yang terkait dengan investasi tersebut.

Dalam membuat dokumen surat penawaran, perlu memperhatikan tujuan dari surat penawaran tersebut dan jenis konten yang sesuai dengan keperluan tersebut.

Pebisnis Membaca Dokumen Penawaran

Ilustrasi saat Pebisnis Mempelajari Penawaran (Sumber: Freepik.com)

Format Surat Penawaran Barang

Untuk bisa meyakinkan pembali tentang barang yang Anda tawarkan, diperlukan contoh surat penawaran barang dengan format baik. Format-format ini mulai dari identitas perusahaan hingga lampiran informasi barang.

Identitas Perusahaan

Anda perlu memberikan informasi tentang identitas perusahaan secara singkat tapi mudah dipahami. Hal ini bertujuan memperkenalkan perusahaan pada calon konsumen. Selain itu, bisa membantu memasarkan merk perusahaan di antara lapisan masyarakat.

Informasi yang ada di dalamnya seperti nama perusahaan, alamat perusahaan, serta bidang perusahaan. Namun, jika Anda ingin terlihat lebih profesional bisa mencantumkan visi, misi, tanggal berdiri, deskripsi produk secara singkat, serta sejarah perkembangan perusahaan.

Harga Promo Bisa Anda Cantumkan

Harga diskon berbeda dengan harga promo. Pengertian dari diskon diberikan supaya bisa menghabiskan stok barang yang masih tersisa, meningkatkan penjualan, serta menjual produk yang belum laku.

Sedangkan harga promo ialah harga yang ditetapkan supaya bisa menarik minat konsumen serta meningkatkan skala penjualan. Anda bisa mencantumkan jenis harga promo ini supaya calon konsumen tertarik secara mudah karena merasa diberikan keistimewaan.

Beragam Metode Pembayaran yang Dilakukan

Beragam pilihan dari metode pembayaran menjadi komponen penting untuk Anda sertakan di dalam contoh surat penawaran barang. Semakin beragam, surat Anda menjadi terlihat meyakinkan karena calon konsumen lebih mudah untuk melakukan proses transaksi.

Lampiran Mengenai Informasi Produk Perusahaan

Tujuan dari pembuatan lampiran ini yakni membuat calon konsumen lebih yakin dalam memilih produk Anda. Semakin detail informasinya, semakin meyakinkan di mata calon konsumen Anda.

Anda bisa mencantumkan beberapa informasi. Diantaranya, nama produk, merk dagang, deskripsi produk secara detail, jenis kemasan, berat bersih, hasil uji laboratorium, daftar pelanggan, surat keterangan lisensi, nama serta alamat perusahaan, hingga info lainnya.

Contoh Surat Penawaran Barang

Dalam surat penawaran barang, biasanya terdapat informasi mengenai spesifikasi barang, harga, jumlah pesanan minimum, cara pembayaran, dan lain sebagainya. Surat penawaran barang yang baik dapat membantu meningkatkan peluang penjualan dan menjalin hubungan yang baik antara penjual dan pembeli.

Berikut ini akan ditunjukkan contoh surat penawaran barang yang dapat menjadi referensi bagi Anda yang ingin membuat surat penawaran barang.

Contoh Surat Penawaran Barang

Contoh Surat Penawaran Barang Sarung Tangan

Surat Penawaran Barang (Sumber: dailysocial.id)

Contoh Surat Penawaran Kerjasama

Dokumen Penawaran Kerjasama

Dokumen Penawaran Kerjasama

 

Contoh Surat Penawaran Barang Elektronik

Salah Satu Surat Penawaran Barang Elektronik

Dokumen Penawaran Barang Elektronik (Sumber: berita.99.co)

Contoh Surat Penawaran Jasa

Contoh Surat Penawaran Jasa

Contoh Penawaran Jasa (Sumber: nesabamedia.com)

Baca Juga: Contoh Surat Penawaran Barang dan Jasa

Beragam Fungsi Surat Penawaran Barang

Sebagai dokumen bisnis yang sering digunakan, contoh dokumen penawaran barang juga memiliki beragam fungsi. Fungsi-fungsi membuat bisnis Anda menjadi untung dan menjangkau skala penjualan yang telah ditetapkan.

1. Sebagai Proses Perkenalan Pada Produk

Pada surat penawaran ada bagian yang harus Anda isi dengan identitas produk beserta lampiran rinciannya sebagai tambahan informasi. Hal ini secara tidak langsung membuat calon konsumen tahu produk Anda.

Jika sudah membaca keseluruhan, calon konsumen mengenal produk Anda dengan baik hingga tertarik membeli produk tersebut. Calon konsumen tersebut juga bisa mengenalkan produk Anda pada relasi mereka jika mutu terbukti terjamin.

2. Sebagai Proses Promosi Pada Produk

Tidak hanya media sosial, contoh surat penawaran barang bisa menjadi ajang promosi karena isi yang ada di dalamnya tentang identitas, kegunaan, serta keunggulan produk daripada pesaing lainnya. Oleh karena itu, Anda perlu membuat jenis surat ini dengan baik.

Anda harus berusaha supaya tidak ada kesalahan yang akan merugikan perusahaan dikemudian hari karena salah pada penulisan identitas serta hal lainnya. Jika calon konsumen sudah tertarik, pemasaran pada produk yang dijual akan langsung meningkat.

3. Sebagai Wadah Menjalin Kerjasama dengan Pihak Terkait

Tidak hanya sebagai media promosi, surat penawaran untuk barang bisa digunakan sebagai wadah menjalin kerjasama dengan pihak terkait seperti konsumen dari beragam lapisan. Hal ini membuat jaringan usaha Anda dapat meluas.

Kerjasama yang terjalin bisa menjadi sebuah wadah untuk mengemukakan beragam pendapat serta kritikan yang perlu diperbaiki. Selain itu, skala pencapaian keuntungan bisnis menjadi lebih meningkat.

Kesimpulan

Surat penawaran pada barang digunakan sebagai dokumen untuk perkenalan produk, media promosi, hingga wadah kerjasama terhadap pihak-pihak terkait. Di software akuntansi online Beecloud, Anda bisa membuat surat penawaran barang lebih simple dan cepat. Anda cukup memilih barang yang akan ditawarkan beserta harga dan nama customer, setelah itu Anda sudah bisa tinggal mencetaknya dan mengirim ke customer.

Bikin Surat Penawaran Ratusan Hingga Ribuan Item Dan Beragam Harga Beecloud

Anda bisa mencobanya di sini. Setelah itu, Anda bisa mengaplikasikan seperti yang ada dalam contoh dokumen penawaran barang.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Cara Menjadi Dropshipper dalam 5 Langkah Mudah
Dropshipping adalah cara yang bagus untuk memulai bisnis dengan modal yang sangat sedikit. Anda tidak perlu khawatir tentang stok, pengiriman
Baca Juga
Pengertian MLM, Ciri-Ciri, Sistem Kerja, dan Informasi Lainnya
Bisnis MLM (multi level marketing) tentu sudah tidak terdengar asing. Banyak yang berpikir bahwa model bisnis ini hanya menguntungkan anggota
Baca Juga
Apa itu Supplier, Jenis, dan Cara Mencari Supplier Terbaik
Seringkali supplier disamakan dengan distributor padahal keduanya dua hal yang berbeda. Apa itu supplier? Supplier adalah orang atau perusahaan yang
Baca Juga
Apa itu Kasir Cafe? Tugas dan Program Kasir Terbaik 2023
Kasir cafe merupakan sebuah pekerjaan yang banyak orang minati. Jika diperhatikan mungkin ada yang mengira bahwa ini pekerjaan yang mudah
Baca Juga
Software Faktur Penjualan: Lebih Mudah Bikin Invoice
Jika membahas mengenai bisnis, tak jauh dari yang namanya penjualan dan juga pembelian, atau juga bisa disebut dengan transaksi. Kedua
Baca Juga
3 Rekomendasi Software Toko Baju Terbaik 2023
Menjalankan bisnis toko baju tidak semudah yang dibayangkan, apalagi jika tidak memiliki software toko baju. Saat ini, tren fashion saat
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu