Logo Bee Web

9 Tips Memilih Supplier Terbaik Agar Tidak Mudah Tertipu

Bagaimana cara mencari supplier yang aman? Pastikan reputasinya sudah terpercaya dan menyediakan layanan yang sigap dan berkualitas.
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 14 February 2023

Bagi yang saat ini tengah menjalankan bisnis, tentu sangat penting untuk mencari pemasok atau supplier yang terpercaya. Itulah mengapa diperlukan ketelitian dalam memilih dan mencari supplier/ pemasok barang agar bisnis yang dikembangkan semakin lancar.

Peran pemasok sendiri cukup penting dalam sebuah bisnis karena berkaitan dengan jenis dan kualitas produk yang dijual. Beberapa masalah seperti harga yang mahal hingga pasokan barang yang kurang berkualitas, seringkali menimbulkan hambatan dalam pengembangan bisnis.

Agar tidak terjebak dalam kerjasama yang kurang menguntungkan, maka sudah seharusnya para pelaku bisnis mencari pemasok yang benar-benar terpercaya. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa simak seluruh informasinya di bawah ini.

Apa itu Supplier?

Supplier Adalah

Apa Itu Supplier? Mereka Adalah Pemasok Barang (Sumber: Freepik.com)

Supplier artinya adalah pemasok. Yaitu pihak dari perusahaan atau perorangan yang menjual atau memasok bahan mentah agar diolah menjadi barang jadi kepada pihak lain, bisa individu maupun perusahaan.

Dengan kata lain supplier adalah pihak yang berperan sebagai penyuplai barang maupun jasa yang dibutuhkan pihak lain, baik individu maupun perusahaan. Dengan adanya suplai barang dan jasa tersebut maka selanjutnya bisa diolah menjadi barang jadi yang siap jual.

Baca Juga: Supplier Adalah: Tugas, Jenis, Kriteria dan Cara Kerjanya

Jenis-Jenis Supplier

Setelah mengetahui apa arti supplier, maka selanjutnya akan dibahas mengenai jenis-jenisnya seperti di bawah ini:

1. Supplier Produk Jasa

Pemasok produk jasa berperan dalam menyuplai bahan mentah kepada perusahaan yang akan mengolahnya menjadi produk jasa. Adapun contohnya adalah perusahaan penyedia aplikasi keuangan atau software kasir (POS), penyalur ART dan lain-lain.

2. Supplier Produk Barang

Pemasok produk barang menyediakan bahan baku berupa barang kepada perusahaan atau industri yang membutuhkan. Seperti misalnya produsen keripik pisang yang membutuhkan pemasok pisang sesuai jenis yang dibutuhkan.

Pemasok produk barang sendiri dibedakan menjadi dua, yaitu:

  • Pemasok material fabrikasi yang bertugas menyuplai bahan baku yang sudah diolah terlebih dahulu sebelum diolah menjadi barang siap pakai oleh pemesan atau industri. Contohnya pemasok serat katun yang menyuplai bahan baku ke pabrik kain.
  • Pemasok material non fabrikasi yang bertugas menyuplai bahan baku ke pemesan tanpa melakukan proses pengolahan terlebih dahulu. Contohnya adalah pemasok material konstruksi seperti batu, pasir, dan lain-lain.

9 Cara Mencari Supplier Agar Tidak Tertipu

Cara Mencari Supplier

Selektif dalam Memilih Supplier Penting Untuk Kepentingan Bisnis Anda (Sumber: Freepik.com)

Agar bisnis yang dijalankan semakin lancar dan berkembang, berikut ini adalah beberapa cara mencari supplier yang efektif agar tidak mudah tertipu:

1. Pahami Jaringan Distribusi

Perlu diketahui bahwa sebelum sampai ke tangan konsumen, sebuah produk sudah melalui perjalanan yang cukup panjang. Jalur pendistribusian yang dilalui antara satu produk dengan yang lain bisa saja berbeda.

Seperti misalnya bisnis kue basah yang memiliki rantai pasokan cukup pendek. Karena hanya terdiri dari penyedia bahan baku 🡪 produsen kue basah 🡪 pengecer (opsional) 🡪 konsumen. Hal ini berbeda dengan bisnis pakaian jadi yang rantai pasokannya jauh lebih panjang.

Adapun 4 kategori pemasok yang bisa dipilih dalam menjalankan bisnis antara lain adalah pabrik yang merupakan pemasok tangan pertama, distributor resmi (importir langsung) seperti pada produk gadget, distributor daerah (grosiran), pemborong (jobber).

2. Lakukan Perbandingan

Cara kedua adalah melakukan perbandingan. Anda bisa mencari pemasok barang yang sesuai kebutuhan. Jika ingin mendapatkan harga yang paling murah, tentu saja pilihan terbaiknya adalah pemasok tangan pertama (pabrik).

3. Memperhatikan Kualitas Produk

Cara mencari supplier selanjutnya adalah memperhatikan kualitas produk. Karena pembeli biasanya hanya akan melakukan pembelian ulang jika produk yang dibeli sebelumnya berkualitas. Oleh karena itu perlu dipastikan dengan datang langsung ke pemasok untuk mengetahui kualitasnya.

4. Memperhatikan Kuantitas Kebutuhan

Selain kualitas, yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah kuantitas atau jumlah barang yang bisa disuplai pemasok. Ada kalanya, pemasok mengalami hambatan dalam menyuplai barang karena kendala tertentu. Oleh karena itu harus dipastikan dulu kuantitasnya.

5. Melihat Kualitas Layanan yang Diberikan

Sangat penting untuk melihat kualitas layanan dari pemasok dalam menyediakan produk yang dibutuhkan. Hal ini erat kaitannya dengan kesigapan dalam memenuhi pesanan. Jangan sampai barang yang dipesan terlambat datang dan tidak sesuai jadwal yang ditetapkan.

6. Memperhatikan Reputasi Pemasok

Cara lainnya adalah dengan memperhatikan bagaimana track record dan reputasi dari pemasok. Anda bisa mencari informasinya melalui forum jual beli atau blog komunitas dan lain sebagainya. Ketahui pula bagaimana review pembeli sebelumnya, apakah positif atau negatif.

7. Harga sesuai Bujet

Jika Anda sudah menemukan pemasok yang memiliki reputasi terpercaya, maka langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa harga yang disepakati sesuai dengan bujet. Tidak ada salahnya melakukan negosiasi untuk mendapatkan penawaran harga yang terbaik.

Baca Juga: Penawaran Harga: Pengertian, Jenis, Komponen, dan Contohnya

8. Kebijakan Pengembalian Barang

Dalam mencari pemasok, Anda perlu memastikan syarat, ketentuan serta kebijakan yang ditetapkan. Termasuk bagaimana kebijakan dalam hal pengembalian barang jika terdapat cacat atau kerusakan ketika diterima. Hal ini diperlukan untuk menghindari adanya kerugian.

9. Memiliki Alternatif Pemasok Lain

Untuk mengantisipasi keterlambatan pasokan dan hambatan lainnya, pastikan untuk memiliki lebih dari 1 pemasok. Hal ini penting dilakukan agar ketersediaan barang tetap aman dan bisa mendukung jalannya produksi atau bisnis.

Tips Jalankan Bisnis Supplier Untuk Pemula

Cara Menjadi Supplier

Bangun Relasi dan Kepercayaan Jika Anda Ingin Bisnis Supplier Sukses (Sumber: Freepik.com)

Setelah mengetahui bagaimana cara mencari pemasok yang terpercaya, Anda bisa juga memanfaatkan peluang bisnis sebagai pemasok. Untuk pemula, silakan ikuti beberapa tips di bawah ini:

1. Menemukan Produk

Pertama Anda harus menemukan produk yang akan dijadikan sebagai barang pasokan bagi industri atau perorangan. Sebagai langkah awal, Anda bisa menghubungi perusahaan di bagian purchasing untuk mengetahui produk yang dibutuhkan.

Selain itu, memanfaatkan beberapa situs online yang mempertemukan antara pembeli dan pemasok bisa dijadikan alternatif untuk menentukan produk yang akan dipasok. Karena banyak pembeli yang biasanya mencari pemasok untuk kebutuhan barang tertentu.

Jika sudah berhasil menentukan produk yang akan dijual dan pemesan yang membutuhkan, maka Anda bisa mengirimkan penawaran terkait harga produk, ketentuan pembayaran dan pengiriman serta kuantitas produk.

2. Analisa Pasar dan Kompetitor

Sebagai pemula, Anda perlu melakukan analisa terhadap pasar maupun kompetitor. Tujuannya adalah untuk mengetahui kebutuhan pasar serta keunggulan yang ditawarkan kompetitor.

Melalui analisa tersebut, Anda bisa lebih memahami kondisi dan kebutuhan pasar. Selain itu, keunggulan kompetitor juga bisa dijadikan acuan untuk memberikan keunggulan lain yang tidak dimiliki kompetitor, seperti misalnya harga yang lebih kompetitif dan produk lebih berkualitas.

3. Mengenali Kapasitas Bisnis yang Dimiliki

Tidak ada yang salah jika dalam memulai usaha Anda memiliki impian yang sangat tinggi. Namun hal itu juga harus disesuaikan dengan realita dan kapasitas bisnis yang dimiliki. Karena untuk membidik perusahaan besar tentunya dibutuhkan modal dan pengalaman yang banyak.

Untuk menjadi pemasok bagi perusahaan besar skala nasional maupun internasional tentunya tidak bisa dilakukan secara instan. Meski begitu, Anda bisa saja bekerjasama dengan perusahaan pemasok yang sudah ternama dan menerapkan sistem komisi.

Kontrol Stok dan Manajemen Gudang dari Rumah

Anda bisa memulai dengan memperbaiki sistem pengelolaan gudang dengan menggunakan software akuntansi online, dengan keunggulan stok akurat dengan aktivitas transaksi memudahkan Anda mengetahui mana barang yang harus diisi ulang dan mana yang dikeluarkan.

Dengan melakukan manajemen gudang barang yang baik, Anda juga bisa menyampaikan data ketersediaan barang secara akurat kepada customer, dan menjadikan bisnis Anda semakin dipercaya. Dengan menggunakan Beecloud Anda tidak hanya bisa mengelola stok saja namun juga dengan laporan keuangan yang sudah lengkap sampai akuntansi.

Pada dasarnya supplier memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah bisnis karena bertugas menyediakan barang mentah atau setengah jadi bagi pihak yang membutuhkan. Agar tidak salah pilih, Anda harus mengetahui cara mencari supplier yang memiliki reputasi terpercaya dengan layanannya yang berkualitas.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Rekomendasi Bisnis Rumahan dengan Modal Sedikit
Jika berbicara soal bisnis, ada banyak sekali macam bisnis yang dijalankan oleh berbagai kalangan masyarakat. Salah satu contohnya ada bisnis
Baca Juga
Strategi Rahasia Membangun Customer Loyalty
Customer Loyality - Jadi ceritanya saya sedang berkunjung di minimarket yang selalu ramai setiap harinya. Sebut saja Alpamaret.. Entah apa
Baca Juga
8 Contoh Video Marketing Tingkatkan Jangkauan Audiens
Dalam era digital yang terus berkembang, tidak dapat dipungkiri bahwa video marketing telah menjadi kekuatan utama dalam dunia pemasaran. Penggunaan
Baca Juga
Cara Menentukan Harga Jual Makanan dan Contoh Sederhananya
Menentukan harga jual makanan yang tepat adalah salah satu langkah kunci untuk keberhasilan bisnis kuliner. Harga jual yang terlalu tinggi
Baca Juga
11+ Ide Nama Usaha Cemilan Kekinian dan Tips Membuatnya
Memulai bisnis cemilan bisa menjadi pilihan yang menarik bagi para pengusaha muda. Namun, sebelum memulai bisnis tersebut, ada satu hal
Baca Juga
7 Ide Bisnis Rumahan Lagi Trend di Tahun 2023
Kebutuhan pokok yang makin naik dan gaji yang tak sebanding membuat kebanyakan orang mulai mencoba hal baru, seperti dengan membuka
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu