Logo Bee Web

Mengenal Tujuan Akuntansi Beserta Manfaatnya Bagi Perusahaan

Tujuan akuntansi adalah untuk melihat informasi keuangan yang akurat sehingga perusahaan bisa mendapatkan hasil yang maksimal.
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 8 June 2023

Akuntansi merupakan komponen penting dalam pengelolaan keuangan perusahaan dan tujuan akuntansi adalah menyediakan informasi keuangan yang akurat, relevan, dan bisa dipercaya oleh berbagai pemangku kepentingan. Namun, ini tidak hanya sebatas pencatatan dan pelaporan keuangan.

Selain itu, akuntansi juga memberikan berbagai manfaat bagi perusahaan dalam pengambilan keputusan, evaluasi kinerja, pengendalian internal, dan perencanaan keuangan. Dalam artikel ini, kami akan menjelajahi lebih dalam tentang tujuan dan manfaat akuntansi. Yuk simak!

Akuntansi adalah bahasa keuangan yang memainkan peran penting dalam pengelolaan bisnis. Dalam dunia bisnis yang kompleks dan dinamis, keberadaannya menjadi landasan yang krusial dalam mencatat, menganalisis, dan melaporkan informasi keuangan.

Akuntansi tidak sebatas pencatatan transaksi, tetapi melibatkan kejujuran, pengukuran akurat, dan pengambilan keputusan cerdas. Adapun tujuan utama akuntansi adalah menulis, mengolah, dan menyuguhkan catatan keuangan yang sistematis.

Ini mencakup pemantauan kinerja keuangan, pemenuhan kewajiban hukum dan perpajakan, bantuan dalam pengambilan keputusan, penyediaan informasi kepada pihak terkait, serta pengukuran dan pemantauan efisiensi dan efektivitas penggunaan sumber daya.

Baca Juga: Pengertian Akuntansi Manajemen, Fungsi, Penerapan dan Manfaatnya(

Tujuan Akuntansi

Akuntansi mengambil peran yang besar dalam suatu bisnis atau perusahaan. Adapun di bawah ini telah kami sajikan beberapa poin tentang apa saja tujuan adanya akuntansi, antara lain:

1. Pencatatan dan Pengukuran Transaksi Keuangan

Sudah disinggung sebelumnya bahwa tujuan utama adanya akuntansi adalah mencatat dan mengukur semua transaksi keuangan yang terjadi dalam perusahaan secara sistematis dan akurat.

Hal ini melibatkan mencatat setiap transaksi keuangan, mengidentifikasi elemen biaya dan pendapatan terkait, serta menentukan ukuran atau nilai moneter yang relevan.

2. Pengambilan Keputusan Manajemen yang Tepat

Tujuan akuntansi adalah memberikan informasi yang diperlukan bagi manajemen perusahaan dalam pengambilan keputusan paling tepat.

Data keuangan yang terdokumentasi dan dianalisis bisa digunakan untuk membandingkan kinerja, mengevaluasi proyek investasi, merencanakan anggaran, dan menilai efektivitas strategi bisnis.

3. Pelaporan Keuangan yang Terpercaya dan Relevan

Akuntansi bertujuan untuk menyediakan informasi keuangan yang sesuai, bisa terbukti kebenarannya, dan bermanfaat bagi para pengguna informasi.

Tujuan ini bisa diraih melalui laporan keuangan, seperti laporan laba rugi, neraca, dan arus kas, perusahaan menyampaikan hasil keuangan mereka kepada pemilik, investor, kreditor, dan pihak-pihak lain yang berkepentingan.

4. Pengendalian Bagian Internal Suatu Perusahaan

Sistem akuntansi juga bertujuan untuk menyediakan kontrol internal yang efektif dalam perusahaan.

Tujuan akuntansi biaya ini melibatkan penetapan kebijakan dan prosedur yang memastikan kepatuhan terhadap standar akuntansi, mencegah kecurangan, mengontrol aset perusahaan, serta memastikan efisiensi operasional.

5. Evaluasi Kinerja Keuangan dalam Perusahaan

Tujuan lainnya adalah mengevaluasi kinerja keuangan perusahaan. Evaluasi ini membantu mengidentifikasi masalah dan peluang yang bisa diperbaiki untuk meningkatkan kinerja keuangan.

6. Membantu dalam Perencanaan Keuangan Perusahaan

Tujuan akuntansi untuk membantu perusahaan dalam perencanaan keuangan jangka pendek dan jangka panjang.

Dengan memahami situasi keuangan saat ini dan perkiraan masa depan, perusahaan bisa mengembangkan strategi dan mengambil tindakan yang tepat untuk mencapai tujuan keuangan mereka.

Manfaat Akuntansi untuk Mengetahui Informasi Keuangan Perusahaan

Suasana Meja Akunting (Credit: Freepik.com)

Manfaat Akuntansi

Selain tujuan, akuntansi sendiri juga mempunyai berbagai manfaat bagi keuangan dalam suatu bisnis atau perusahaan. Inilah penjelasan terkait beberapa manfaat yang perlu Anda pelajari, antara lain:

1. Informasi Keuangan yang Akurat

Akuntansi memberikan manfaat dalam bentuk informasi keuangan yang akurat dan terpercaya. Hal ini membantu pengambilan keputusan yang lebih bagus, baik oleh manajemen internal maupun oleh pihak eksternal yang tertarik dengan perusahaan.

Menyajikan informasi keuangan yang lengkap dan akurat ini juga menjadi salah satu tujuan akuntansi pemerintahan untuk memudahkan berbagai keperluan.

2. Akuntabilitas dan Transparansi yang Diakui

Mengikuti prinsip dan standar akuntansi yang diakui, berarti perusahaan bisa menjaga transparansi dan akuntabilitas terhadap para pemangku kepentingan.

Ini bisa membantu membangun kepercayaan dan hubungan yang baik dengan investor, kreditor, dan pihak berkepentingan lainnya.

3. Evaluasi Kinerja Perusahaan

Tujuan akuntansi memungkinkan perusahaan untuk mengevaluasi kinerja mereka dengan menggunakan berbagai rasio keuangan dan analisis komparatif.

Ini membantu mengidentifikasi kekuatan serta kelemahan dalam operasi perusahaan dan merumuskan rencana perbaikan yang tepat.

4. Perencanaan Keuangan Perusahaan yang Efektif

Melalui informasi keuangan yang diberikan oleh akuntansi, perusahaan bisa merencanakan secara efektif dalam hal anggaran, proyeksi keuangan, dan pengelolaan kas. Ini membantu meminimalkan risiko keuangan dan memastikan kelangsungan bisnis yang stabil.

5. Pemenuhan Persyaratan Hukum dan Perpajakan

Manfaat dan tujuan akuntansi manajemen adalah bisa membantu perusahaan memenuhi persyaratan hukum serta perpajakan yang berlaku.

Melalui pencatatan dan pelaporan keuangan yang akurat, perusahaan bisa menghindari sanksi hukum serta memastikan ketaatan terhadap peraturan.

6. Sebagai Evaluasi Nilai Suatu Perusahaan

Akuntansi membantu dalam penentuan nilai perusahaan, baik melalui metode penilaian aset, valuasi saham, atau analisis arus kas. Ini membantu dalam mengukur nilai perusahaan dan mempengaruhi keputusan investasi dan pembiayaan.

Kesimpulan

Setelah membaca penjelasan di atas, maka bisa disimpulkan bahwa tujuan dan manfaat akuntansi sangatlah penting bagi perusahaan.

Dengan menjaga keakuratan pencatatan, menyediakan informasi keuangan yang transparan, dan menggunakan data keuangan untuk pengambilan keputusan, perusahaan bisa mengoptimalkan kinerja keuangan mereka, serta mencapai tujuan keuangan jangka panjang.

Akuntansi berperan penting dalam membantu perusahaan menghadapi tantangan, mengambil peluang, dan menjaga stabilitas keuangan. Oleh karena itu, pengelolaan tujuan akuntansi yang baik adalah faktor kunci dalam kesuksesan perusahaan di pasar kompetitif.

Software akuntansi Beecloud adalah solusi terintegrasi yang dapat membantu perusahaan dalam menciptakan laporan akuntansi yang akurat dan cepat. Dengan fitur-fitur yang canggih, Beecloud memungkinkan perusahaan untuk mencatat dan mengelola transaksi keuangan dengan mudah dan sistematis. Selain itu, software ini juga menyediakan alat analisis yang kuat untuk membantu pengambilan keputusan yang tepat oleh manajemen perusahaan.

Beecloud Terintegrasi Laporan Akuntansi Langsung Jadi

Dengan menggunakan Beecloud, perusahaan dapat menghasilkan laporan keuangan yang terpercaya dan relevan secara otomatis, memenuhi persyaratan hukum dan perpajakan, serta meningkatkan pengendalian internal. Adopsi software akuntansi Beecloud membantu perusahaan dalam meningkatkan efisiensi, keakuratan, dan keandalan proses akuntansi, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan kesuksesan perusahaan dalam pasar yang kompetitif.

Artikel Terkait

3 Rekomendasi Software Akuntansi Perusahaan Jasa
Sebuah perusahaan pasti membutuhkan tenaga akuntan dalam mengelola seluruh urusan akuntansi. Nah, inovasi terbaru untuk mengurus masalah akuntansi dalam sebuah
Baca Juga
Pasiva Adalah: Pengertian, Jenis, dan Rumus Menghitungnya
Dalam konteks akuntansi, istilah pasiva adalah komponen yang merujuk pada salah satu sisi dari neraca keuangan suatu perusahaan. Neraca keuangan
Baca Juga
Current Asset Adalah: Pengertian, Komponen, dan Contohnya
Current asset adalah bagian penting dari neraca perusahaan yang mencerminkan kesehatan keuangan dan likuiditasnya. Merupakan kelompok aset yang dapat dengan
Baca Juga
Cara Buat Buku Kas Mudah dan Sederhana
Cara buat buku kas sangat penting untuk membuat buku kas yang seharusnya dimiliki setiap pebisnis. Cara buat buku kas sendiri
Baca Juga
Tahukah Anda Perbedaan Debit dan Kredit? Hati-Hati Tertukar!
Perbedaan debit dan kredit mungkin sudah tidak asing bagi yang terbiasa menyusun laporan keuangan. Keduanya menjadi bukti terjadinya transaksi baik
Baca Juga
Mengenal Faktur Pembelian dan Kegunaannya
Faktur pembelian adalah salah hal yang punya peran penting dalam transaksi jual beli. Dalam transaksi jual beli pun biasanya ada
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu