Logo Bee Web

Marketing Eksekutif Adalah: Tugas, Skill dan Gajinya

Tahukah Anda, bahwa marketing eksekutif adalah kunci sukses membangun merek dan meningkatkan penjualan? Simak alasannya dalam artikel ini!
Penulis: Rizal Arisona
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Thursday, 21 September 2023

Seiring dengan perkembangan dunia bisnis yang semakin pesat, peran marketing eksekutif menjadi semakin penting dalam mengarahkan dan membentuk strategi pemasaran yang berhasil.

Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan secara mendalam tentang apa itu marketing eksekutif dan perannya dalam dunia bisnis, serta mengulas keterampilan yang diperlukan untuk menjadi seorang marketing eksekutif yang sukses.

Marketing Eksekutif Adalah

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, marketing eksekutif adalah sosok yang memiliki tanggung jawab penting dalam merumuskan dan melaksanakan strategi pemasaran.

Mereka adalah ahli pemasaran yang menggabungkan pengetahuan tentang pasar dengan kreativitas untuk menciptakan kampanye yang efektif.

Sebagai seorang marketing eksekutif, tugas utamanya adalah untuk mengidentifikasi peluang pasar, merancang strategi yang relevan, dan menjalankan berbagai kegiatan pemasaran untuk mencapai tujuan bisnis.

Tugas Marketing Eksekutif

Sebagai seorang marketing eksekutif, tanggung jawab Anda sangatlah beragam. Berikut adalah beberapa tugas utama yang Anda akan emban:

1. Melakukan Riset Pasar untuk Memahami Kebutuhan dan Perilaku Konsumen

Riset pasar menjadi dasar dari setiap keputusan pemasaran yang diambil. Seorang marketing eksekutif harus mampu mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasi data pasar untuk memahami tren, preferensi, dan kebutuhan konsumen.

Dengan pemahaman yang mendalam tentang pasar, Anda dapat mengarahkan upaya pemasaran ke arah yang tepat.

2. Menentukan Target Audiens untuk Kampanye Pemasaran

Memahami siapa target audiens Anda adalah langkah penting dalam menciptakan kampanye pemasaran yang berhasil. Seorang marketing eksekutif harus memiliki wawasan yang jelas tentang siapa yang akan paling tertarik dengan produk atau layanan yang ditawarkan.

3. Mengembangkan Strategi Pemasaran yang Efektif untuk Mencapai Target Audiens

Ilustrasi Meeting Yang Diadakan Oleh Para Marketing

Ilustrasi Kegiatan Meeting Para Marketing (Foto: Freepik.com)

Setelah target audiens ditentukan, langkah selanjutnya adalah merancang strategi pemasaran yang tepat. Ini melibatkan memilih kanal pemasaran yang sesuai, mengembangkan pesan yang relevan, dan mengatur jadwal kampanye dengan cermat.

4. Menciptakan Konten Pemasaran yang Menarik dan Informatif

Konten adalah tulang punggung dari setiap kampanye pemasaran. Seorang marketing eksekutif harus mampu menciptakan konten yang tidak hanya menarik perhatian, tetapi juga memberikan informasi berharga kepada audiens.

Baca Juga: Marketing adalah Pemasaran, Ini Peran Pentingnya dalam Bisnis

5. Mengelola Media Sosial dan Platform Digital Lainnya

Di era digital ini, media sosial dan platform digital adalah alat penting dalam strategi pemasaran. Marketing eksekutif harus memiliki pemahaman yang baik tentang berbagai platform ini dan mampu mengelola konten serta berinteraksi dengan audiens.

6. Melaksanakan Kegiatan Promosi dan Penjualan

Kegiatan promosi dan penjualan seperti diskon, penawaran khusus, dan acara promosi lainnya adalah bagian integral dari strategi pemasaran. Marketing eksekutif bertanggung jawab untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengukur keberhasilan kegiatan-kegiatan tersebut.

Skill yang Dibutuhkan Marketing Eksekutif

Untuk menjadi seorang marketing eksekutif yang sukses, Anda perlu mengembangkan berbagai keterampilan yang diperlukan. Berikut adalah beberapa keterampilan utama yang harus Anda miliki:

1. Kemampuan Analisis dan Berpikir Kritis

Sebagai seorang marketing eksekutif, Anda akan sering berurusan dengan data dan informasi kompleks. Kemampuan untuk menganalisis data, mengenali tren, dan mengambil keputusan berdasarkan informasi yang ada adalah hal yang sangat penting.

2. Kemampuan Komunikasi dan Presentasi yang Baik

Dalam berbagai tahap kampanye pemasaran, Anda akan perlu berkomunikasi dengan berbagai pihak, termasuk tim internal, manajemen, dan klien. Kemampuan komunikasi yang baik membantu Anda menjelaskan ide, mempresentasikan hasil, dan menjalin hubungan yang kuat.

3. Kemampuan Berbahasa Inggris yang Baik

Dalam lingkungan bisnis global saat ini, kemampuan berbahasa Inggris yang baik menjadi aset berharga. Banyak kampanye pemasaran dan komunikasi dilakukan dalam bahasa Inggris, sehingga kemampuan ini dapat membuka peluang yang lebih luas.

4. Keterampilan Menggunakan Perangkat Lunak Pemasaran

Dalam dunia pemasaran modern, berbagai perangkat lunak seperti Google Analytics, Photoshop, dan platform manajemen media sosial menjadi penting.

Menguasai perangkat-perangkat ini membantu Anda menganalisis data, merancang konten, dan mengelola kampanye dengan lebih efektif.

5. Keterampilan Bekerja Sama dan Berkolaborasi

Marketing eksekutif jarang bekerja sendirian. Anda akan bekerja dengan berbagai anggota tim, termasuk desainer grafis, penulis konten, dan analis data.

Kemampuan untuk berkolaborasi dengan baik dan berkontribusi dalam tim adalah keterampilan yang tak ternilai.

6. Keterampilan Kepemimpinan

Seiring dengan pengalaman dan perkembangan karier, Anda mungkin akan mengambil peran kepemimpinan dalam tim pemasaran. Keterampilan kepemimpinan membantu Anda menginspirasi tim, mengarahkan upaya mereka, dan mencapai tujuan bersama.

Baca Juga: 11 Strategi Digital Marketing Untuk Brand Awareness

Gaji Seorang Marketing Eksekutif

Gaji Seorang Marketing Eksekutif

Gaji Seorang Marketing Eksekutif (Foto: Freepik.com)

Kisaran gaji marketing eksekutif di Indonesia berada antara Rp5,5 juta dan Rp15 juta untuk level senior. Untuk fresh graduate biasanya berada di kisaran UMR.

Namun, kisaran gaji marketing eksekutif ini bisa berbeda tergantung perusahaan dan juga pengalaman dan kualifikasi yang Anda miliki.

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi gaji marketing eksekutif:

  • Usia dan pengalaman: Semakin berpengalaman seorang marketing eksekutif, semakin tinggi gajinya.
  • Pendidikan: Marketing eksekutif yang memiliki gelar sarjana atau master biasanya memiliki gaji yang lebih tinggi.
  • Skill dan kemampuan: Marketing eksekutif yang memiliki skill dan kemampuan yang tinggi biasanya memiliki gaji yang lebih tinggi.
  • Jenis perusahaan: Marketing eksekutif yang bekerja di perusahaan besar biasanya memiliki gaji yang lebih tinggi.
  • Lokasi: Marketing eksekutif yang bekerja di kota besar biasanya memiliki gaji yang lebih tinggi.

Jika Anda ingin menjadi marketing eksekutif, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan peluang mendapatkan gaji yang tinggi, antara lain:

  • Memiliki gelar sarjana atau master di bidang pemasaran.
  • Memiliki pengalaman kerja di bidang pemasaran.
  • Mengembangkan skill dan kemampuan pemasaran yang tinggi.
  • Bekerja di perusahaan besar.
  • Mencari pekerjaan di kota besar.

Baca Juga: Sales Marketing: Tugas, Skill, Gaji & Peran di Perusahaan

Peran Marketing Eksekutif dalam Bisnis

Peran marketing eksekutif memiliki dampak yang signifikan pada keberhasilan bisnis. Berikut adalah beberapa cara di mana marketing eksekutif berkontribusi:

1. Membangun Kesadaran Merek

Marketing eksekutif berperan dalam membangun dan memperkuat kesadaran merek. Mereka menciptakan kampanye yang mengintegrasikan pesan merek ke dalam pikiran audiens, sehingga merek menjadi dikenal dan dikenali.

2. Menarik Pelanggan Baru

Melalui kampanye pemasaran yang tepat, marketing eksekutif dapat menarik perhatian pelanggan potensial dan mengubah mereka menjadi pelanggan aktif. Ini menciptakan aliran pendapatan yang konstan bagi bisnis.

3. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Pemasaran tidak hanya tentang mendapatkan pelanggan baru, tetapi juga mempertahankan yang sudah ada. Melalui strategi retensi pelanggan yang efektif, marketing eksekutif membantu meningkatkan loyalitas pelanggan dan mengurangi tingkat churn.

4. Meningkatkan Penjualan

Akhirnya, peran utama marketing eksekutif adalah meningkatkan penjualan. Dengan merancang kampanye yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, mereka berkontribusi langsung terhadap pendapatan bisnis.

Kedudukan Marketing Eksekutif dalam Bisnis

Dalam hierarki bisnis, marketing eksekutif menduduki posisi strategis. Mereka bekerja erat dengan manajemen senior dan departemen lain untuk memastikan bahwa tujuan pemasaran terintegrasi dengan visi dan strategi bisnis secara keseluruhan.

Keterlibatan mereka dalam pengambilan keputusan bisnis memastikan bahwa strategi pemasaran selaras dengan arah perusahaan.

Prospek Karir Marketing Eksekutif

Prospek karir bagi seorang marketing eksekutif sangatlah menjanjikan. Dengan peran yang semakin penting dalam strategi bisnis, permintaan akan marketing eksekutif yang berkualitas terus meningkat.

Selain itu, dengan perkembangan teknologi dan pasar global, peluang untuk bekerja di berbagai industri dan bahkan negara menjadi lebih terbuka.

Marketing eksekutif yang memiliki pengalaman dan keterampilan yang mumpuni dapat mencapai posisi manajemen yang lebih tinggi, seperti Chief Marketing Officer (CMO) atau direktur pemasaran.

Karier yang sukses dalam pemasaran juga dapat membuka pintu untuk peran lain dalam manajemen dan kepemimpinan.

Beecloud Untuk Mencatat Biaya Promosi Iklan Pemasaran Dan Mengetahui Laba Rugi

Kesimpulan

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, marketing eksekutif adalah kekuatan pendorong di balik kesuksesan pemasaran. Tugas mereka meliputi riset pasar, pengembangan strategi, penciptaan konten, dan pelaksanaan kampanye yang berhasil.

Untuk berhasil dalam peran ini, seorang marketing eksekutif harus memiliki keterampilan analisis, komunikasi, dan kepemimpinan yang kuat.

Peran mereka dalam membangun kesadaran merek, menarik pelanggan baru, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan meningkatkan penjualan sangatlah vital bagi keberhasilan bisnis.

Dalam hierarki bisnis, marketing eksekutif memiliki peran strategis yang membentuk arah pemasaran perusahaan.

Dengan prospek karier yang menjanjikan, menjadi seorang marketing eksekutif adalah pilihan yang cerdas bagi mereka yang memiliki minat dalam dunia pemasaran dan bisnis.

Dengan mengembangkan keterampilan yang tepat dan terus memperbarui pengetahuan tentang tren pemasaran, Anda dapat meraih kesuksesan yang gemilang dalam karier ini.

Perdagangan Internasional: Pengertian, Dampak dan Manfaatnya
Apa itu perdagangan internasional? Aktivitas transaksi jual beli yang dilakukan dalam skala internasional, dengan tujuan mendapatkan keuntungan atau laba. Transaksi
Baca Juga
Mengapa Customer Care Sangat Penting Bagi Usaha?
Garda yang berada di barisan depan bagi sebuah perusahaan karena selalu berhubungan dengan pelanggan ialah customer care atau layanan pelanggan.
Baca Juga
Aplikasi Toko Terbaik Harus Memiliki Hal Berikut!
Selera manusia di zaman sekarang dalam memilih sesuatu harus serba terbaik. Sifat ini juga harus dimiliki owner saat memilih aplikasi
Baca Juga
Memahami Sistem Pemrosesan Transaksi, Jenis, Contoh dan Karakterisiknya
Dalam era modern yang serba cepat dan bergerak, sistem pemrosesan transaksi atau bahasa inggrisnya Transaction Processing System (TPS), telah menjadi
Baca Juga
Cara Membuat Laporan Penjualan Mudah dan Cepat
Cara membuat laporan penjualan mudah dan cepat beserta contohnya. Laporan penjualan merupakan alat serbaguna yang dapat menjadi dasar yang tepat
Baca Juga
Jenis-Jenis Software Toko Gratis Terpopuler untuk Usaha Bisnis
Software toko gratis kian hari makin berkembang terutama pada usaha bisnis. Bagaimana tidak, bisnis kecil pun seperti toko kelontong, toko
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu