Logo Bee Web

Sales Marketing: Tugas, Skill, Gaji & Peran di Perusahaan

Sales marketing adalah seorang yang bertugas dalam penjualan, berapa gaji sales marketing? Apa saja tuganya? Simak disini
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 21 June 2023

Apakah Anda tertarik menjadi seorang sales marketing? Ingin tahu apa saja tugas, skill yang harus dimiliki dan berapa gaji sales marketing? Jika iya, Anda berada di tempat yang tepat!

Di dalam artikel ini, kita akan menjelajahi segala hal yang perlu Anda ketahui, mulai dari pengertian, tugas, skill yang dibutuhkan, tujuan dalam bisnis, hingga gaji yang bisa Anda harapkan.

Apa itu Sales Marketing?

Tugas Spg Sales Promotion Girl

Mengenal tugas sales marketing, gaji dan skill wajibnya (Credit; Freepik.com)

Mari kita mulai dengan pengertian sales marketing. Ini merujuk pada serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mempromosikan, menjual, dan mendistribusikan produk atau layanan suatu perusahaan kepada konsumen.

Sales pemasaran sangat penting dalam dunia bisnis karena merupakan elemen kunci dalam menghasilkan pendapatan dan meningkatkan pertumbuhan perusahaan.

Fokus utama mereka adalah membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, mengidentifikasi kebutuhan mereka, dan menyampaikan solusi yang tepat.

Sales marketing adalah aktivitas yang berhubungan dengan penjualan produk dan layanan kepada konsumen dengan menggunakan strategi pemasaran yang efektif. Aktivitas ini melibatkan riset pasar, pengembangan produk, pemasaran, dan penjualan.

Tujuan utama sales marketing adalah meningkatkan penjualan, memperluas pangsa pasar, dan membangun kepercayaan dengan pelanggan.

Baca Juga: Jenis Jenis Pemasaran Beserta Komponennya

Tugas Sales Marketing

Sebagai seorang sales marketing, Anda akan memiliki beragam tugas yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan perusahaan. Berikut adalah 7 tugasnya

1. Penelitian Pasar

Sales marketing bertanggung jawab untuk melakukan riset pasar, mengidentifikasi peluang bisnis, dan menganalisis tren konsumen. Dengan pemahaman yang baik tentang pasar, sales pemasaran dapat mengembangkan strategi penjualan yang efektif.

2. Pengembangan Strategi Pemasaran

Tugas sales marketing yang kedua adalah bekerja sama dengan tim pemasaran untuk mengembangkan strategi pemasaran yang tepat. Mereka terlibat dalam penetapan harga, penentuan saluran distribusi, dan promosi produk atau layanan.

Baca Juga: 11 Strategi Digital Marketing Untuk Brand Awareness

3. Membangun dan Mempertahankan Hubungan Pelanggan

Sales pemasaran harus menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Mereka berinteraksi langsung dengan pelanggan, menjawab pertanyaan, menyelesaikan masalah, dan memastikan kepuasan pelanggan.

4. Presentasi dan Penjualan

Seorang sales pemasaran harus memiliki kemampuan presentasi yang baik untuk menjelaskan fitur dan manfaat produk kepada calon pelanggan. Mereka juga bertanggung jawab untuk melakukan penjualan dan mencapai target yang ditetapkan.

5. Negosiasi Kontrak

Dalam beberapa kasus, sales pemasaran perlu melakukan negosiasi kontrak dengan klien atau mitra bisnis. Kemampuan negosiasi yang baik akan membantu mereka mencapai kesepakatan yang menguntungkan bagi kedua belah pihak.

6. Memonitor dan Menganalisis Kinerja Penjualan

Sales pemasaran harus terus memantau dan menganalisis kinerja penjualan. Dengan melihat data penjualan, mereka dapat mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan hasil penjualan.

7. Membangun Jejaring dan Mengikuti Perkembangan Industri

Seorang sales pemasaran harus aktif dalam membangun jejaring profesional dan terus mengikuti perkembangan industri. Hal ini akan membantu mereka tetap relevan dalam industri yang terus berubah.

Keberhasilan tugas sales marketing ini sangat penting bagi pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis perusahaan. Seorang sales pemasaran harus memiliki keterampilan khusus yang memungkinkan mereka untuk menjalankan tugas-tugas ini dengan efektif.

Skill Wajib yang Harus Dimiliki Sales Marketing

Tugas Sales Marketing

Kemampuan komunikasi yang baik jadi salah satu skill wajip sales pemasaran (Credit: Freepik.com)

Untuk berhasil dalam peran sales pemasaran, ada beberapa skill yang harus Anda miliki. Berikut adalah 5 skill wajib yang harus dimiliki:

1. Komunikasi yang Efektif

Kemampuan berkomunikasi dengan baik sangat penting dalam sales pemasaran. Anda harus bisa menyampaikan pesan dengan jelas, mendengarkan dengan baik, dan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.

2. Kemampuan Bernegosiasi

Seorangsales pemasaran harus memiliki kemampuan bernegosiasi yang baik. Anda perlu dapat mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan dengan pelanggan atau mitra bisnis.

3. Orientasi pada Pelanggan

Fokus pada kebutuhan dan kepuasan pelanggan adalah kunci keberhasilan sales pemasaran. Anda harus memiliki kemampuan untuk memahami pelanggan, merespons pertanyaan mereka, dan memberikan solusi yang tepat.

4. Pengetahuan Produk yang Mendalam

Seorang sales pemasaran harus memiliki pengetahuan yang mendalam tentang produk atau layanan yang ditawarkan. Anda harus bisa menjelaskan fitur dan manfaat produk dengan jelas kepada pelanggan.

5. Keterampilan Manajemen Waktu

Sales marketing sering memiliki banyak tugas yang harus diselesaikan dalam waktu yang terbatas. Keterampilan manajemen waktu yang baik akan membantu Anda mengatur jadwal, memprioritaskan tugas, dan mencapai target penjualan.

Dengan menguasai skill-skill tersebut, seorang sales marketing dapat lebih efektif dalam mencapai target penjualan dan memberikan nilai tambah bagi perusahaan.

Tujuan Seorang Sales Marketing di Bisnis

Seorang sales pemasaran memiliki tujuan yang jelas dalam menjalankan tugasnya. Berikut adalah 5 tujuan utama seorang sales pemasaran dalam bisnis:

1. Meningkatkan Penjualan

Tujuan utama seorang sales marketing adalah meningkatkan penjualan produk atau layanan perusahaan. Dengan mencapai target penjualan, mereka membantu perusahaan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.

2. Memperluas Pangsa Pasar

Sales marketing juga bertujuan untuk memperluas pangsa pasar perusahaan. Mereka mencari peluang baru, mengidentifikasi target pasar potensial, dan mengembangkan strategi untuk menjangkau pelanggan baru.

3. Membangun Hubungan Pelanggan yang Baik

Seorang sales marketing ingin membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Dengan mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan menjalin hubungan dengan pelanggan baru, mereka dapat memastikan kepuasan pelanggan dan membangun kepercayaan.

4. Menghasilkan Prospek

Sales pemasaran bertanggung jawab untuk menghasilkan prospek yang berkualitas. Mereka mencari calon pelanggan potensial dan mengidentifikasi peluang bisnis yang dapat dikejar.

5. Meningkatkan Citra Merek

Sales marketing berperan penting dalam meningkatkan citra merek perusahaan. Dengan komunikasi yang efektif, mereka membantu membangun kesan positif tentang produk atau layanan perusahaan di mata pelanggan.

Dengan mencapai tujuan-tujuan ini, seorang sales pemasaran berkontribusi secara signifikan terhadap pertumbuhan dan keberhasilan bisnis perusahaan.

Gaji Sales Marketing

Gaji sales marketing bervariasi tergantung pada berbagai faktor, termasuk pengalaman, tanggung jawab pekerjaan, lokasi, dan industri. Berikut adalah beberapa rentang gaji yang umum ditemukan dalam profesi sales pemasaran:

1. Sales Marketing Executive

Rentang gaji seorang sales executive biasanya berkisar antara Rp 5.000.000 hingga Rp 10.000.000 per bulan, tergantung pada pengalaman dan perusahaan.

2. Sales Marketing Manager

Seorang sales manager dapat menghasilkan gaji antara Rp 10.000.000 hingga Rp 20.000.000 per bulan, tergantung pada tanggung jawab dan tingkat keberhasilan dalam mencapai target penjualan.

3. Sales Marketing Director

Bagi seorang sales pemasaran director dengan pengalaman yang luas, gaji bisa mencapai Rp 20.000.000 atau lebih per bulan. Mereka bertanggung jawab atas strategi pemasaran keseluruhan perusahaan dan memimpin tim penjualan. Perlu diingat bahwa gaji sales marketing dapat bervariasi tergantung pada banyak faktor, dan angka di atas hanya perkiraan.

Aplikasi Pembukuan Keuangan Beecloud Meta Fb

Selain itu, penting untuk mengelola dengan baik gaji sales pemasaran. Aplikasi pembukuan keuangan Beecloud dapat menjadi solusi yang efektif dalam mencatat biaya gaji karyawan. Dengan menggunakan Beecloud, perusahaan dapat dengan mudah mencatat dan mengelola gaji sales marketing serta karyawan lainnya secara efisien.

Aplikasi ini memungkinkan pemantauan real-time terhadap biaya gaji dan menyediakan laporan keuangan yang akurat untuk membantu manajemen keuangan perusahaan.

Dalam era digital ini, penggunaan teknologi seperti Beecloud sangatlah penting untuk membantu mengoptimalkan proses bisnis, termasuk pengelolaan gaji karyawan. Dengan menggunakan aplikasi yang tepat, perusahaan dapat lebih fokus pada pertumbuhan bisnis mereka.

Kesimpulan

Dapat disimpulkan, sales marketing adalah profesi yang menarik dengan tugas yang beragam dan tantangan yang menarik. Untuk berhasil dalam bidang ini, Anda perlu memiliki skill komunikasi yang baik, kemampuan bernegosiasi, orientasi pada pelanggan, pengetahuan produk yang mendalam, dan keterampilan manajemen waktu.

Dengan memahami tujuan sales dalam bisnis dan perkiraan gaji yang bisa Anda harapkan, Anda dapat mempersiapkan.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Pembukuan UMKM Masih Dianggap Sepele, Bahaya Bisa Bangkrut!
Pembukuan UMKM akan membantu pelaku usaha mengetahui besarnya keuntungan atau kerugian selama satu kali periode tertentu. Oleh karena itu, pembukuan
Baca Juga
Alat Kasir Android vs Konvensional, Apa Bedanya?
Menjalankan bisnis di bidang ritel dan jasa tentu membutuhkan alat kasir. Ada beberapa jenis mesin kasir yaitu konvensional maupun android.
Baca Juga
7 Contoh Invoice Penagihan dalam Transaksi Jual Beli
Invoice merupakan dokumen penting dalam sebuah transaksi jual beli. Dokumen ini dibuat untuk penagihan pembayaran dari penjual ke pembeli. Karena
Baca Juga
Download Kwitansi Kosong PDF dan Cara Mudah Membuatnya
Apakah Anda sedang mencari cara untuk membuat dan mengisi kwitansi dengan mudah? Anda berada di tempat yang tepat! Dalam artikel
Baca Juga
Software Kasir Minimarket yang Dapat Membuat Usaha Anda Tumbuh
Mesin kasir memang bukan hal yang asing lagi. Biasanya, mesin tersebut berada di meja kasir dan dapat pekerja gunakan untuk
Baca Juga
Client Adalah Klien, Pahami Jenis dan Cara Menghadapinya
Pada perjalanan bisnis yang dinamis, peran klien, client, atau pelanggan menjadi krusial dalam membentuk fondasi kesuksesan. Seiring perkembangan bisnis, kita
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu