Logo Bee Web

Marketing adalah Pemasaran, Ini Peran Pentingnya dalam Bisnis

Marketing adalah kunci sukses bisnis? kenapa? Pahami pengertian dan peran pentingnya secara detail pada artikel berikut ini
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 18 September 2023

Pernahkah Anda berpikir tentang makna di balik frasa marketing adalah? Dalam dunia yang semakin kompleks ini, konsep marketing memainkan peran sentral dalam menghubungkan produk atau layanan dengan konsumen yang membutuhkan atau menginginkannya.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi konsep marketing adalah dengan pandangan yang sederhana namun mendalam. Mari kita pelajari pengertian, fungsi, dan jenis-jenis marketing yang ada dalam dunia bisnis.

Pengertian Marketing Adalah

Marketing Mix 7P

Istilah marketing kerap kali disebut dengan pemasaran (Credit: Freepik.com)

Di awal perjalanan ini, mari kita menyelami pengertian mendasar dari marketing adalah suatu proses sosial dan manajerial melalui mana individu dan kelompok memperoleh barang dan jasa yang mereka butuhkan dan inginkan.

Bagaimana cara mereka melakukannya? Mereka menciptakan, menawarkan, dan bertukar produk yang bernilai dengan orang lain.

Dengan kata lain, marketing memainkan peran penting dalam menjembatani kesenjangan antara produk atau layanan yang ada dan kebutuhan serta keinginan pelanggan.

Baca Juga: Jenis Jenis Pemasaran Beserta Komponennya

Definisi Marketing Menurut Para Ahli

Ada banyak definisi marketing yang dikemukakan oleh para ahli. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1.  Philip Kotler

Marketing adalah proses sosial dan manajerial dengan mana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan orang lain.

2. American Marketing Association (AMA)

Marketing adalah aktivitas, set lembaga, dan proses yang menciptakan, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan penawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum.

3. The Chartered Institute of Marketing (CIM)

Marketing adalah manajemen keseluruhan dari proses yang menciptakan, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan penawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum.

Cakupan Marketing dalam Bisnis

Mari kita melangkah lebih jauh dan menjelajahi cakupan dari konsep marketing adalah dalam dunia bisnis. Marketing melibatkan berbagai kegiatan yang secara kolektif berkontribusi terhadap kesuksesan bisnis. Beberapa di antaranya meliputi:

1. Riset Pasar

Ini melibatkan pengumpulan dan analisis data untuk memahami kebutuhan, preferensi, dan perilaku pelanggan. Riset pasar membantu bisnis untuk mengambil keputusan yang lebih informasional dan tepat sasaran.

2. Pengembangan Produk

Marketing berperan dalam mengidentifikasi peluang untuk pengembangan produk baru atau penyempurnaan produk yang ada. Ini melibatkan pemahaman mendalam tentang apa yang diinginkan pelanggan.

3. Penetapan Harga

Menentukan harga yang tepat untuk produk atau layanan adalah bagian penting dari marketing. Harga harus mencerminkan nilai produk dalam mata pelanggan, sambil tetap menghasilkan keuntungan bagi bisnis.

4. Saluran Distribusi

Bagaimana produk mencapai tangan pelanggan? Inilah yang dibahas dalam saluran distribusi. Keputusan tentang penjualan melalui toko fisik, online, atau kombinasi dari keduanya merupakan bagian dari strategi marketing.

5. Promosi

Ini meliputi segala bentuk komunikasi yang digunakan untuk memasarkan produk kepada pelanggan potensial. Iklan, promosi penjualan, dan kegiatan publisitas termasuk dalam promosi.

Perbedaan Marketing dengan Penjualan

Terkadang, istilah "marketing" dan "penjualan" digunakan secara bergantian, namun keduanya memiliki perbedaan penting dalam dunia bisnis. Perbedaan ini berhubungan dengan cakupan, tujuan, proses, dan peran dalam siklus bisnis. Mari kita jelaskan perbedaan utama antara marketing dan penjualan:

  • Pengertian marketing adalah serangkaian kegiatan sebelum penjualan yang meliputi riset pasar, pengembangan produk, penetapan harga, promosi, dan membangun citra merek. Tujuannya adalah membangun kesadaran, minat, dan hubungan jangka panjang dengan pelanggan.
  • Penjualan adalah proses langsung menjual produk atau layanan kepada pelanggan. Fokusnya adalah pada transaksi individu dan tujuannya adalah untuk mengonversi pelanggan potensial menjadi pembeli.

Singkatnya, marketing menciptakan minat dan kesadaran sementara penjualan melibatkan transaksi langsung dengan pelanggan. Keduanya penting dalam siklus bisnis, namun memiliki peran yang berbeda.

Jenis-Jenis Marketing Berdasarkan Target

Ketika kita membicarakan marketing adalah, kita tidak bisa mengabaikan peran target pasar. Terdapat dua jenis utama marketing berdasarkan target pasar:

1. Marketing Konsumen (B2C)

Ini adalah jenis marketing di mana produk atau layanan ditujukan langsung kepada konsumen akhir. Dalam B2C marketing, strategi yang digunakan cenderung lebih emosional dan berfokus pada menarik perhatian dan minat individu.

Contoh dari jenis ini adalah iklan produk makanan yang ditargetkan kepada konsumen langsung.

2. Marketing Bisnis-ke-Bisnis (B2B)

Jenis marketing ini melibatkan penjualan produk atau layanan dari satu perusahaan kepada perusahaan lain. Dalam B2B marketing, pendekatan lebih rasional dan fokus pada nilai bisnis yang dapat diberikan.

Ini melibatkan negosiasi yang lebih mendalam dan pemahaman tentang kebutuhan bisnis. Contoh dari B2B marketing adalah penjualan peralatan teknologi kepada perusahaan lain.

Jenis-Jenis Marketing Berdasarkan Saluran

Content Marketing

Content marketing termasuk dalan jenis pemasaran digital (Credit: Freepik.com)

Pemasaran dapat diimplementasikan melalui berbagai saluran. Dalam konsep marketing adalah, kita bisa membagi jenis-jenis marketing berdasarkan saluran menjadi dua kelompok utama:

1. Pemasaran Tradisional

Pemasaran tradisional melibatkan penggunaan saluran konvensional yang telah ada sejak lama. Beberapa bentuknya meliputi:

  • Iklan: Melalui media cetak, televisi, radio, dan papan reklame, iklan menjadi suara yang mencoba memikat perhatian pelanggan potensial.
  • Promosi Penjualan: Diskon, penawaran khusus, dan kontes adalah bagian dari promosi penjualan yang dirancang untuk mendorong pembelian.
  • Hubungan Masyarakat: Aktivitas PR membantu menciptakan citra positif melalui media, acara, dan pengaruh media lainnya.

2. Pemasaran Digital

Dalam era digital, pemasaran juga beradaptasi dengan platform-platform baru. Beberapa di antaranya adalah:

  • Search Engine Optimization (SEO): Ini melibatkan upaya untuk memastikan bahwa situs web atau konten bisnis muncul di hasil pencarian mesin pencari.
  • Search Engine Marketing (SEM): Melalui iklan berbayar, bisnis dapat muncul di hasil pencarian yang lebih atas.
  • Social Media Marketing: Platform media sosial adalah tempat di mana bisnis dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan, membangun komunitas, dan mempromosikan produk.
  • Content Marketing: Dalam bentuk ini, bisnis menciptakan konten yang bermanfaat dan relevan untuk menarik perhatian pelanggan potensial.

Jenis-Jenis Marketing Berdasarkan Tujuan

Kita juga dapat melihat berbagai jenis marketing berdasarkan tujuan yang ingin dicapai:

1. Sales Marketing

Pemasaran penjualan adalah jenis pemasaran yang berfokus pada penjualan produk atau layanan. Tujuannya adalah untuk mendorong konsumen untuk melakukan pembelian.

Berikut adalah beberapa contoh Sales Marketing:

  • Penjualan tatap muka
  • Telemarketing
  • Pemasaran langsung

Baca Juga: Sales Marketing: Tugas, Skill, Gaji & Peran di Perusahaan

2. Customer Relationship Marketing – CRM

Pemasaran hubungan pelanggan, atau CRM (customer relationship management), adalah jenis pemasaran yang berfokus pada membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan mendorong loyalitas pelanggan.

Berikut adalah beberapa contoh Customer Relationship Marketing:

  • Program loyalitas pelanggan
  • Layanan pelanggan yang baik
  • Email pemasaran

3. Brand Marketing

Pemasaran merek adalah jenis pemasaran yang berfokus pada membangun kesadaran merek dan citra merek. Tujuannya adalah untuk membuat merek menonjol dari pesaing dan menarik konsumen.

Berikut adalah beberapa contoh Brand Marketing:

  • Iklan yang kreatif dan menarik
  • Konten yang bermanfaat dan informatif
  • Acara dan pengalaman yang menarik

Fungsi Marketing dalam Bisnis

Contoh Ilustrasi Influencer Marketing Di Sosial Media

Melakukan marketing secara berkala dalam membangun awareness dan meningkatkan penjualan (Credit: Freepik.com)

Sekarang, mari kita melihat beberapa fungsi utama yang dimiliki oleh marketing dalam konteks bisnis:

1. Menciptakan Permintaan

Marketing memiliki peran penting dalam menciptakan permintaan akan produk atau layanan yang ditawarkan oleh bisnis. Melalui strategi kreatif, pelanggan diajak untuk melihat nilai dan manfaat dari produk tersebut.

2. Mengidentifikasi Target Pasar

Marketing membantu bisnis untuk mengidentifikasi dengan tepat siapa yang akan menjadi pelanggan potensial. Ini mengurangi pemborosan sumber daya dan memungkinkan bisnis berfokus pada segmentasi yang lebih terarah.

3. Membangun Citra Merek

Citra merek adalah bagian integral dari identitas bisnis. Marketing membantu bisnis dalam membangun citra merek yang kuat dan positif di mata pelanggan.

4. Meningkatkan Penjualan

Salah satu tujuan utama dari marketing adalah meningkatkan penjualan produk atau layanan. Melalui berbagai strategi, bisnis dapat menarik pelanggan dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian.

Kesimpulan

Dalam perjalanan ini, kita telah mengeksplorasi berbagai aspek marketing adalah. Pengertian marketing adalah lebih dari sekadar menjual produk atau layanan. Ia melibatkan pemahaman mendalam tentang kebutuhan pelanggan, komunikasi efektif, dan penciptaan nilai.

Para ahli telah memberikan berbagai definisi yang menggambarkan kompleksitas dan signifikansi peran marketing dalam dunia bisnis. Dari riset pasar hingga pengembangan produk, dari promosi hingga citra merek, marketing menyentuh hampir setiap aspek bisnis.

Melalui berbagai saluran, seperti tradisional dan digital, serta dengan tujuan yang bervariasi, marketing terus mengalami evolusi untuk tetap relevan dalam dunia yang terus berubah.

Jadi, ketika Anda berpikir tentang marketing adalah fondasi yang membantu bisnis memahami, mencapai, dan memenuhi kebutuhan pelanggan, maka Anda juga perlu memikirkan bagaimana manajemen pengelolaannya.

Anda memerlukan manajemen keuangan untunk mngurusi oprasional pengeluaran selama maketing dilakukan, dalam hal ini Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud untuk memulai menyusun anggaran keuangan dengan lebih rapi dan perinci, lengkap dengan laporan keuangan informatif otomatis. Dapatkan langkah awal suksesnya bisnis dengan langganan sekarang juga, caranya? Klik banner di bawah ini!

Beecloud Untuk Mencatat Biaya Promosi Iklan Pemasaran Dan Mengetahui Laba Rugi

Manajemen Pemasaran: Definisi, Tahapan, Konsep dan Tujuan
Bagi pelaku bisnis, istilah manajemen pemasaran merupakan hal yang sudah tidak asing lagi. Istilah satu ini memang salah satu yang
Baca Juga
Kenali Jenis Jenis Iklan Sebelum Melakukan Promosi
Jenis jenis iklan secara umum dibedakan menjadi 4 jenis mulai dari jenis iklan berdasarkan isinya, cara penyampaiannya, media dan tujuannya.
Baca Juga
7 Contoh Positioning Produk Brand Ternama dan Strateginya
Positioning adalah strategi pemasaran yang penting untuk membedakan produk dari pesaingnya di pasar sekaligus memudahkan proses pemasaran. Selain memudahkan melakukan
Baca Juga
Fungsi Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Bisnis
Perkembangan bisnis, khususnya bisnis berskala menengah dan kecil, terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Terjadinya perkembangan tersebut bisa terjadi berkat fungsi
Baca Juga
Program Giveaway: Tips Ampuh Meningkatkan Penjualan
Untuk Anda yang merupakan seorang pebisnis, mungkin Anda pernah mendengar istilah program giveaway. Jika diartikan ke bahasa indonesia, giveaway artinya
Baca Juga
Marketing Funnel: Strategi Penjualan Paling Ampuh dalam Bisnis
Strategi apa sih yang biasa digunakan pebisnis ternama untuk ningkatin penjualan? Pertanyaan ini pasti selalu muncul di benak anda semua
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu