Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Biaya Admin Tokopedia Seller dan Cara Perhitungannya

Dipublish Tgl: Thursday, 16 June 2022

Biaya admin tokopedia hadir menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi pemilik online shop yang mulai bermigrasi menggunakan e-commerce atau marketplace. Kehadiran marketplace dinilai sangat membantu masyarakat agar dapat memiliki pekerjaan hingga bisnis usaha sendiri. Bagaimana tidak, Anda bahkan dapat membuka usaha dengan modal minimal. Kemudahan akses didalamnya menjadikan primadona bisnis yang paling banyak dilirik oleh masyarakat luas.

Namun selain kemudahan yang ditawarkan ada banyak biaya yang harus dikeluarkan, salah satunya adalah biaya admin. Ingin tahu bagaimana perhitungan biaya admin tokopedia sebagai seller? Baca terus artikel ini ya!

Apa itu Tokopedia?

biaya admin tokopedia

Ilustrasi Logo Tokopedia (Sumber: Tokopedia.com)

Tokopedia adalah perusahaan teknologi Indonesia dengan misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Tokopedia merupakan perusahaan perdagangan elektronik atau sering disebut toko daring. Sejak didirikan pada tahun 2009, Tokopedia telah bertransformasi menjadi sebuah unicorn yang berpengaruh tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara. Hingga saat ini, Tokopedia termasuk marketplace yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia.

Tokopedia turut mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara daring dengan Pemerintah dan pihak-pihak lainnya. Salah satu program kolaborasi yang diinisasi oleh Tokopedia adalah acara tahunan MAKERFEST yang diadakan sejak bulan Maret 2018.

Berapa Biaya Admin Tokopedia yang Ditanggung Seller?

Sebagaimana perusahaan marketplace lainnya, Tokopedia menerapkan biaya admin bagi penjualnya. Biaya admin tokopedia ditentukan berdasarkan presentase dari nilai transaksi penjualan. Itu sebabnya, biaya admin tokopedia berbeda berbeda untuk masing-masing penjual maupun transaksinya. Besaran biaya admin tokopedia didasarkan pada kategori toko.  

Perbedaan Official Store, Power Merchant Pro, Power Merchant, dan Reguler Merchant

biaya admin tokopedia official store power merchant

Ilustrasi Pemilik Online Shop (Sumber: Freepik.com)

  • Official Store

    merupakan ruang khusus yang disediakan kepada brand resmi atau pemegang hak merek yang sah untuk menjual produk mereka secara online melalui laman atau aplikasi Tokopedia. Tokopedia menghadirkan Official Store sebagai solusi bagi pembeli yang ingin belanja produk-produk asli dari merek favorit mereka tanpa khawatir produk yang dijual produk palsu. Pembeli mendapatkan jaminan uang kembali sebesar 200% jika barang yang diterima ternyata bukan produk merek resmi.

  • Power Merchant PRO

    adalah perluasan layanan dari keanggotaan Power Merchant pada Situs/Aplikasi yang memberikan kelebihan-kelebihan dan kemudahan bagi Anggota Power Merchant PRO untuk meningkatkan pengelolaan toko online dengan beragam fasilitas eksklusif terdepan yang disediakan oleh Tokopedia.

  • Power Merchant

    adalah skema keanggotaan untuk Seller yang siap meningkatkan penjualan & kepercayaan pembeli dengan berbagai fitur untuk memaksimalkan bisnis.

  • Regular Merchant

    adalah keanggotaan yang ditujukan untuk Seller pemula yang ingin mengembangkan bisnis di Tokopedia.

Berapa Biaya Admin Tokopedia Bebas Ongkir

Biaya Admin Tokopedia Bebas Ongkir

Ilustrasi Pelanggan Menerima Paket Pesanan (Sumber: Freepik.com)

Berikut Perbedaan Biaya Admin Tokopedia Power Merchant dan Power Merchant PRO

  • Power Merchant akan dikenakan biaya layanan sebesar 1,25% dari setiap produk yang terjual.
  • Sementara, untuk Power Merchant PRO akan dikenakan biaya layanan 1,5% dari setiap produk yang terjual.

Untuk ketentuan biaya admin bebas ongkir, Tokopedia telah memberikan ketentuan seperti berikut ini. Seluruh transaksi yang terjadi dengan Bebas Ongkir akan dikenakan biaya layanan sebesar:

  • Regular Merchant 3%
  • Power Merchant 2,25%
  • Power Merchant PRO 1,5%

Maksimal Rp 10.000 per kuantitas produk yang berhasil terjual.

Ketika Anda mengaktifkan Fitur Bebas Ongkir, maka secara otomatis layanan pengiriman SiCepat dan atau Anteraja akan diaktifkan selama berada dalam daerah jangkauan. Kamu tidak perlu melakukan drop off saat proses pengiriman karena SiCepat dan Anteraja memiliki layanan pick up untuk mengambil pesanan ke lokasi Penjual.

Fitur Bebas Ongkir Meningkatkan Penjualan

Program gratis ongkir dinilai sangat menguntungkan penjual. Ketertarikan daya beli pembeli semakin meningkat ketika mengetahui sebuah toko online shop memberikan program gratis ongkir. Hal ini memberikan berbagai keuntungan bagi penjual.

  1. Muncul logo Bebas Ongkir sehingga bisa menarik bagi pembeli.
  2. Toko semakin mudah ditemukan pada pencarian.
  3. Berkesempatan untuk mengikuti promo eksklusif di Tokopedia.
  4. Biaya terjangkau, cukup membayar untuk transaksi berhasil dengan layanan Bebas Ongkir saja.

Cara Mengaktifkan Bebas Ongkir di Tokopedia

Bebas Ongkir

Cara Mengaktifkan Bebas Ongkir di Tokopedia

  1. Masuk ke halaman Tokopedia Seller
  2. Di halaman tersebut cari menu Iklan dan Promosi, lalu klik opsi Bebas Ongkir di paling kiri
  3. Pelajari tiga syarat aktivasi dan pastikan kamu sudah upgrade toko menjadi Power Merchant atau Official Store
  4. Pastikan kamu sudah mengatur pin point lokasi toko kamu dan mengaktifkan kurir pengiriman SiCepat dan Anteraja.
  5. Terakhir, jika semua sudah tercentang, klik tombol Aktifkan Bebas Ongkir.
Aktifkan

Tombol Aktifkan Bebas Ongkir

Contoh Penghitungan Biaya Bebas Ongkir untuk Seller Tokopedia

3

Penghitungan Biaya Bebas Ongkir untuk Seller Tokopedia

Contoh Penghitungan Biaya Admin untuk Seller Tokopedia

Penjual dengan status toko Power Merchant aktif telah mendapatkan orderan terselesaikan 2 (dua) produk dimana masing-masing seharga Rp 50.000 sehingga total penjualan sebesar Rp 100.000. Biaya layanan untuk Power Merchant sebesar 1% (satu persen) untuk setiap transaksi yang selesai. Berarti dalam hal ini terhitung satu persen dari Rp 100.000 adalah Rp 1.000.

Biaya Rp 1.000 tersebut sudah termasuk PPN 10% sedangkan Pajak Penghasilan (PPh) bukan tanggungan Tokopedia lagi yang artinya para seller lah yang akan mengurusnya sesuai peraturan perpajakan yang berlaku khususnya di Indonesia.

Fitur-fitur Eksklusif Power Merchant:

  • Promosi Gratis Via Broadcast Chat

Jika sudah menjadi Power Merchant, maka seller bisa menikmati promosi secara gratis dengan cara kirim pesan ke para calon pembeli bahkan yang tertarget sekalipun. Misalnya seperti:

  1. Pengikut toko Anda (follower).
  2. Calon pembeli yang pernah berinteraksi di toko Anda.
  3. Pembeli yang pernah belaja di toko Anda.
  • Bonus Kredit TopAds

Untuk memunculkan produk dagangan di tempat yang strategis di Tokopedia seperti halaman pencarian dan atau kategori paling mudah menggunakan iklan. Untuk itu, dengan status Power Merchant setiap kali membeli TopAds akan mendapatkan kredit sebesar 5% (lima persen) dengan minimal top up 100 ribu.

  • Tambah Etalase Toko

Jika toko Anda menjadi Power Merchant, maka bisa menambah etalase toko hingga 200 buah. Dengan demikian penjual dapat mengatur kategori produk secara spesifik supaya calon pembeli bisa dengan mudah menemukannya. Perlu diketahui untuk toko biasa atau Reguler Merchant hanya bisa membuat 10 etalase saja loh.

  • Produk Unggulan

Fitur ini bisa digunakan untuk meningkatkan kesadaran merek (brand awareness) para calon pembeli. Dengan produk unggulan, maka barang dagangan akan lebih ditonjolkan dibandingkan dengan produk lainnya yang ada di lapak Anda.

  • Dekorasi Toko Menarik

Dekorasi Toko Menarik

Membuat Dekorasi Toko dan Kemasan Menarik (Sumber: Unsplash.com)

Toko akan terlihat lebih menarik dan penjual dapat lebih mudah menambahkan banner atau gambar promo bisa juga berupa video untuk ditampilkan pada halaman dekorasi toko.

Karena halaman ini yang akan pertama kali dilihat oleh para pengguna pada saat mengunjungi toko Anda yang ada di Tokopedia tersebut. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan branding produk dagangan.

  • Pinjaman Modal Toko

Sebagai Power Merchant akan diprioritaskan mendapatkan pinjaman tambahan modal untuk mengembangkan usaha. Pinjaman modal toko ini dalam bentuk limit kredit. Jadi para penjual yang memerlukannya bisa memanfaatkan fitur ini untuk mendapatkan tambahan modal.

  • Melihat Statistik Toko

Melihat statistik toko artinya Anda dapat dengan mudah mengetahui beberapa hal diantaranya: jumlah penjualan, banyaknya produk yang dilihat hingga pendapatan kotor, dan lain sebagainya. Dengan demikian, penjualan dengan Power Merchant dapat dengan mudah menyusun strategi penjualan untuk kedepannya supaya penjualan makin sukses lagi.

  • Wawasan Pasar

Fitur ini akan memudahkan Anda sebagai penjual untuk mengetahui produk apa yang sedang laris penjualannya, kata kunci apa yang sering digunakan oleh pengguna dalam melakukan pencarian di Tokopedia, dan juga toko-toko seperti apa yang memiliki performa bagus.

Hal ini sangat penting diketahui untuk meningkatkan penjualan Anda dengan cara mengikuti perkembangan informasi yang ada di fitur wawasan pasar tersebut.

  • Satu Akun Admin Gratis

Nah, yang terakhir jika toko Anda sudah menjadi Power Merchant, maka akan mendapatkan satu akses admin gratis. Akun ini bisa diberikan ke karyawan untuk mengelolanya.

Sebagai pemilik toko, Anda tidak perlu khawatir karena akun admin tidak bisa menarik saldo yang ada di Tokopedia.

  • Bebas ongkir

Pembeli akan lebih memilih toko yang menyediakan penjualan online dengan gratis ongkos kirim barang daripada yang tidak. Terbukti, Tokopedia menyebutkan bahwa toko dengan gratis ongkir menunjukkan kenaikan penjualan sebesar 50% dibandingkan yang tidak mengaktifkan fitur tersebut.

Dengan demikian, sudah pasti fitur gratis ongkir sangat diminati oleh para calon pembeli sehingga penjual yang mengatifkan fitur tersebut pun akan kebanjiran orderan.

Baca Juga: Cara Mudah Buat Pembukuan Keuangan Online Shop dengan Excel

Rekap Ribuan Transaksi dari Tokopedia Cukup 7 Menit

Gunakan aplikasi pembukuan online shop untuk memudahkan anda dalam merekap ribuan transaksi dari tokopedia. Anda bisa melakukan import data transaksi dari marketplace ke aplikasi pembukuan online shop. Gak ribet pindah ribuan transaksi dari tokopedia ke pembukuan dengan plugin e-commerce dari Beecloud. Dengan plugin e-commerce Anda bisa export transaksi penjualan (excel) dan export pelunasan (dari kas marketplace ke bank seller).

Anda juga bisa tahu produk paling laris dan channel paling menguntungkan, memudahkan anda untuk tahu minat pembeli dan menentukan strategi penjualan dengan fitur:

  • Laporan penjualan per masing-masing channel per bulan
  • Cek laporan per channel realtime
  • Data jumlah produk terjual per bulan
  • Scale-up produk terlaris berdasarkan data

Jadi tahu laba rugi sebenarnya, karena jualan di marketplace banyak potongan ini itu, yg persentasenya lumayan 5-20% sendiri. Setiap ada biaya marketplace wajib dilakukan pencatatan (contoh: biaya admin, biaya gratis ongkir, biaya iklan, dll). Integrasi langsung dengan laporan akuntansi (Lap. Laba rugi, Neraca dan Cashflow). Tidak sekedar omset, anda juga tahu profitnya secara realtime

Mau kelola toko online di tokopedia tanpa ribet dan intip profit kapanpun? Gunakan aplikasi pembukuan online shop Beecloud dan coba gratis sekarang!

Beecloud Ecommerce untuk Toko Online web

Beecloud Ecommerce untuk Toko Online

Kesimpulan

Setelah penjelasan diatas, apakah Anda tertarik memulai usaha online shop di Tokopedia? Perlu Anda garis bawahi bahwa setiap besaran biaya telah ditentukan oleh Tokopedia. Setiap biaya yang dikenakan tentunya telah melewati uji coba, analisa dan evaluasi, sehingga besaran biaya cukup bijaksana baik bagi pengguna (pembeli dan penjual) maupun Tokopedia sendiri.

Tindakan Ekonomi Adalah: Tujuan, Motif, dan Contohnya
Tindakan ekonomi adalah sebuah tindakan yang mencakup kepentingan setiap individu untuk memenuhi segala jenis kebutuhan dalam hidupnya. Di dalam proses […]
Baca Juga
Pengertian Break Even Point (BEP) dan Metode Perhitungannya
Pengertian break even point baik itu di unit produksi atau nilai rupiah dalam bisnis, dan bagaimana metode perhitungan yang digunakan […]
Baca Juga
Aplikasi Toko Terbaik Harus Memiliki Hal Berikut!
Selera manusia di zaman sekarang dalam memilih sesuatu harus serba terbaik. Sifat ini juga harus dimiliki owner saat memilih aplikasi […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu