Logo Bee Web

Cashback Adalah Kembalian? Penjelasan Lengkapnya Disini

Cashback adalah pengembalian uang dari penjual sebagai bentuk 'promo'. Kok bisa? Bagaimana pengertian, keuntungan dan kekurangannya?
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Thursday, 9 February 2023

Tahukah Anda bahwa program promo cashback adalah sistem semacam diskon yang bisa menjadi solusi untuk membuat bisnis Anda semakin menguntungkan?

Memanfaatkan program cashback dapat membantu meningkatkan loyalitas pelanggan, meningkatkan penjualan, dan memberikan pengalaman belanja yang lebih baik bagi pelanggan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang pengertian apa itu cashback, jenis dan kelebihannya untuk meningkatkan keuntungan bisnis Anda.

Apa Maksud Cashback? Cashback Adalah ...

Promo Cashback

Promo cashback jadi cara promosi baru yang digemari konsumen (Sumber: Freepik.com)

Cashback artinya program pengembalian uang yang dapat berupa persentase dari jumlah pembelian, baik dalam bentuk uang tunai atau virtual, atau produk tertentu. Persyaratan pembelian dan jenis pengembalian uang tersebut sudah ditentukan oleh toko atau penyelenggara cashback.

Untuk menikmati manfaat cashback, caranya sangat mudah. Cukup lakukan transaksi pembelian dalam jumlah tertentu atau produk tertentu sesuai dengan syarat dan ketentuan yang ditentukan oleh penyelenggara.

Manfaat dari cashback adalah pengembalian uang yang bisa dinikmati tanpa biaya tambahan, asalkan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Saat ini umumnya cashback biasanya tidak lagi dikembalikan dalam bentuk uang tunai, melainkan dalam bentuk deposit. Ini dilakukan oleh penyelenggara cashback agar pelanggan melakukan pembelian ulang dengan menggunakan deposit yang mereka miliki.

Jenis-Jenis Cashback Adalah ..

Ada banyak jenis cashback yang tersedia saat ini, dan jenis yang paling umum digunakan adalah:

a. Cashback Kartu Kredit

Cashback kartu kredit adalah inisiatif dari bank tertentu yang memberikan manfaat berupa pengembalian uang setelah melakukan transaksi tertentu atau mencapai nilai transaksi yang ditentukan.

b. Cashback Kartu Debit

Cashback kartu debit adalah pengembalian uang yang didapat setiap melakukan transaksi dengan menggunakan kartu debit. Cara kerjanya hampir sama dengan cashback kartu kredit.

c. Cashback Toko Online

Jenis cashback ini seringkali digunakan oleh toko online yang memiliki situs web atau berjualan di marketplace untuk memotivasi pelanggan untuk terus melakukan pembelian di tempat mereka.

Anda bisa menerima pengembalian uang dalam bentuk tunai atau non-tunai, atau bahkan produk tambahan seperti ketika membeli hand body ukuran 600ml dan menerima pouch cantik secara gratis.

d. Cashback Reward

Jenis lain dari cashback adalah reward. Biasanya, penjual memberikan hadiah berupa poin kepada pelanggan berdasarkan nilai pembelian tertentu. Kemudian, poin tersebut dapat ditukarkan dengan hadiah atau produk lain. Contoh pembelian 10.000 mendapatkan 1 poin, berlaku kelipatan.

Dapatkan lebih banyak keuntungan di bisnis Anda dengan fitur Cashback yang ada di aplikasi kasir online Beepos. Tak perlu lagi khawatir dengan sistem penghitungan cashback poin yang ribet, karena Beepos sudah menyediakan fitur Cashback Reward yang mudah digunakan dan bisa disetting secara terpusat.

Beepos Buat Program Poin Reward Untuk Customer Loyalty

Dengan fitur ini, setiap transaksi pelanggan yang sesuai dengan syarat ketentuan akan secara otomatis dikonversikan menjadi poin cashback.

Bukan hanya itu, fitur Cashback Poin juga membantu Anda memantau aktivitas pelanggan dan memahami preferensi mereka. Ini bisa membantu Anda menyediakan produk dan layanan yang lebih baik dan mempertahankan pelanggan setia.

e. Cashback Kendaraan Bermotor

Perusahaan leasing atau pembiayaan kendaraan juga sering menggunakan program cashback untuk menarik perhatian pelanggan. Mereka memberikan hadiah cashback seperti ponsel, jaket, helm, laptop, dan lainnya untuk memotivasi pelanggan melakukan pembelian kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Hadiah tersebut akan diterima setelah melakukan pembelian kendaraan.

f. Cashback Properti

Program cashback dalam bisnis properti memberikan uang kembali sebagai bagian dari strategi pemasaran developer. Pelanggan yang membeli atau menyewa properti dapat menerima hadiah seperti televisi, kulkas, AC, kitchen set, meja makan, oven, atau microwave.

Perbedaan Cashback dan Diskon

Cashback

Sekilas Sama Namun Cashback dan Diskon Memiliki Sistem yang Jauh Berbeda (Sumber: Freepik.com)

Perbedaan antara diskon dan cashback perlu diketahui agar tidak salah dalam menilai. Cashback sering disamakan dengan diskon, padahal keduanya memiliki perbedaan yang signifikan.

Diskon adalah keuntungan yang diterima pelanggan dengan cara memberikan potongan harga pada saat transaksi. Bentuk diskon adalah potongan harga yang diterapkan pada saat transaksi.

Contohnya, baju yang seharusnya dijual dengan harga Rp 100 ribu diberikan diskon 25 persen. Artinya, harga baju ini akan dikurangi dengan potongan sebesar 25 persen. Jadi, pembeli hanya perlu membayar Rp 75.000 untuk membelinya.

Sedangkan Cashback adalah keuntungan yang diterima setelah melakukan transaksi. Bentuknya adalah pengembalian sejumlah uang setelah melakukan transaksi tertentu.

Contohnya, Annisa melakukan transaksi e-wallet senilai Rp 100 ribu dan ternyata terdapat program cashback 10 persen. Setelah transaksi, Annisa akan menerima pengembalian uang sejumlah Rp 10 ribu berupa cashback ke saldo e-walletnya.

Baca Juga: 8 Macam Diskon, Cara Menghitung Diskon dan Contohnya

Keuntungan Menggunakan Cashback Bagi Pebisnis

Contoh promosi

Apakah Cashback Akan Menguntungkan Pebisnis? Tentu Saja Iya (Sumber: Freepik.com

Dengan memberikan cashback, sebagai seller atau perusahaan, Anda bisa memperoleh keuntungan berupa loyalitas pelanggan. Konsumen yang berbelanja di toko Anda dan memanfaatkan cashback akan memiliki kemungkinan untuk melakukan pemesanan ulang karena merasa bahwa mereka menghemat pada saat berbelanja.

Perusahaan akan memperoleh keuntungan dari adanya promosi cashback. Beberapa di antaranya adalah loyalitas pelanggan dan tingkat repeat order yang meningkat. Konsumen akan merasa lebih hemat dan memiliki kemungkinan melakukan pembelian ulang pada bisnis Anda.

Lantas apa saja keuntungan mengadakan program cashback di bisnis Anda?

1. Metode Menarik Pelanggan Baru dan Mempertahankan Pelanggan Lama

Dalam dunia bisnis, banyak kompetitor yang menawarkan produk yang sama. Oleh karena itu, perusahaan harus meningkatkan sistem promosi agar bisa lebih banyak menjual produknya. Salah satu metode yang kerap ditempuh adalah adanya program cashback.

Promo cashback yang ditawarkan oleh perusahaan mampu mempertahankan pelanggan lama dan mendatangkan pembeli baru. Jika bertahan dalam jangka waktu yang lama, perusahaan akan terus berkembang dan mencapai target penjualan.

2. Memperbesar Peluang Transaksi

Promosi cashback memiliki potensi untuk meningkatkan peluang transaksi bagi perusahaan. Program ini mampu menarik calon pembeli dan memperbesar peluang transaksi. Pembeli yang benar-benar memutuskan untuk membeli produk cashback juga akan meningkatkan peluang transaksi.

Kemudian, jika mereka merasakan manfaat dari produk yang sudah dibeli, besar kemungkinan mereka akan terus membeli produk yang sama secara berkelanjutan, meskipun tidak ada promo cashback yang ditawarkan.

Ini menunjukkan bahwa promosi cashback memiliki potensi untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dan menjaga pembelian produk secara berkelanjutan.

Baca Juga: 9 Contoh Promosi Produk Lengkap dengan Tips Penerapannya

3. Mampu Meningkatkan Repeat Order Pelanggan

Promo cashback menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian calon pembeli. Jika produk yang ditawarkan memenuhi kebutuhan pembeli, mereka akan tetap melakukan pembelian secara berkelanjutan meskipun tidak ada promo cashback.

Pembeli juga akan memiliki kepercayaan terhadap produk-produk baru yang dikeluarkan oleh perusahaan dan tidak akan berpikir dua kali untuk mencoba produk baru yang ditawarkan dengan promo cashback. Mereka percaya bahwa produk tersebut mampu memberikan manfaat yang nyata.

4. Tidak Merusak Harga

Anda mungkin sudah familiar dengan promo diskon, namun ada pandangan bahwa diskon diberikan untuk produk non-premium dan bisa didapatkan oleh siapa saja. Ada juga pandangan bahwa diskon dapat merusak harga barang di pasaran.

Berbeda dari diskon, promo cashback tidak merusak harga barang. Anda akan membeli produk dengan harga asli meskipun ada promo cashback. Anda akan menerima cashback pada akhir transaksi, memberikan kesan lebih baik dibandingkan diskon.

Promo cashback tidak akan mengubah harga barang dan bahkan bisa mempertahankan persepsi pembeli. Oleh karena itu, promo cashback merupakan pilihan yang lebih baik dibandingkan diskon.

Kekurangan Sistem Cashback

Manfaat Diskon Menarik Pelanggan

Selain Memberikan Keuntungan, Cashback Juga Bisa Menimbulkan Kerugian (Sumber: Freepik.com)

Ada beberapa kelemahan dari program cashback bagi pemilik pebisnis atau bagi yang mengadakan program cashback-nya, diantaranya:

1. Biaya Tinggi

Menjalankan program cashback dapat menimbulkan biaya tinggi, seperti biaya promosi, pemrosesan, dan administrasi.

2. Tidak Selalu Efektif

Program cashback tidak selalu efektif dalam memikat pelanggan dan memperkenalkan produk atau jasa, karena banyak pelanggan yang lebih memperhatikan harga dan kualitas produk atau jasa daripada program cashback.

3. Batasan yang Ketat

Program cashback seringkali memiliki batasan yang ketat, seperti minimum pembelanjaan atau jenis transaksi tertentu, yang membuat sulit bagi pemilik pebisnis atau pengadakan program cashback untuk menarik pelanggan.

4. Keamanan Data Program

Cashback memerlukan pengumpulan dan penyimpanan data pelanggan, yang dapat menimbulkan masalah privasi dan keamanan data jika data tersebut disalahgunakan.

5. Peraturan dan Regulasi

Program cashback seringkali memerlukan peraturan dan regulasi yang ketat, seperti pengungkapan informasi dan perlindungan data, yang dapat membebani pemilik pebisnis atau pengadakan program cashback.

Kesimpulannya

Secara keseluruhan, program cashback dapat menjadi alat yang efektif untuk memikat pelanggan dan meningkatkan penjualan, tetapi juga memiliki beberapa kekurangan dan tantangan yang perlu dipertimbangkan.

Pemilik pebisnis atau pengadakan program cashback perlu memperhitungkan biaya, efektivitas, dan regulasi untuk memastikan bahwa program cashback dapat menjadi alat yang berguna dan menguntungkan bagi bisnis mereka.

Oleh karena itu, sangat penting bagi pemilik pebisnis atau pengadakan program cashback untuk melakukan riset dan mempertimbangkan semua aspek sebelum memutuskan untuk menjalankan program cashback.

Analisis SWOT dalam Bisnis, Tahapan dan Contohnya Lengkap
Analisis SWOT adalah cara yang digunakan untuk melakukan analisa dan evaluasi kekuatan, kelemahan, ancaman, sekaligus peluang dalam bisnis. Analisa ini
Baca Juga
Cara Menghitung Variabel Cost Mudah dan Contohnya
Cara menghitung variabel cost merupakan hal yang perlu diketahui dan dipahami pemilik usaha sebab sangat penting bagi profitabilitas usaha. Meski
Baca Juga
Pasiva Adalah: Pengertian, Jenis, dan Rumus Menghitungnya
Dalam konteks akuntansi, istilah pasiva adalah komponen yang merujuk pada salah satu sisi dari neraca keuangan suatu perusahaan. Neraca keuangan
Baca Juga
Contoh Laporan Keuangan Usaha Jasa Lengkap
Setiap perusahaan atau usaha apapun pasti memiliki laporan keuangan, termasuk untuk jenis laporan keuangan perusahaan jasa. Karena laporan keuangan bisa
Baca Juga
Rumus ROI (Return On Invesment) dan Cara Menghitungnya
ROI atau return on investment merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan efisiensi kinerja suatu bisnis, investasi, dan lain sebagainya. Maka
Baca Juga
5+ Cara Menawarkan Produk Online Efektif & Menarik
Saat ini ada banyak sekali cara menawarkan produk ke konsumen secara online akhir-akhir ini, seiring dengan perkembangan media online yang
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu