Logo Bee Web

11 Strategi Digital Marketing Untuk Brand Awareness

Anda bisa mencoba salah satu dari 11 strategi digital marketing agar brand awareness semakin meningkat pada artikel di bawah ini
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Tuesday, 4 April 2023

Akhir-akhir ini, banyak perusahaan yang memakai pemasaran online dengan beberapa strategi digital marketing. Konsep pemasaran ini tujuannya menaikkan penjualan produk dari suatu merek.

Sistem penjualan produk menjadi lebih cepat serta sesuai minat pelanggan. Ketika memasang iklan secara online, Anda dapat menentukan beberapa kriteria orang yang tepat menjadi konsumen Anda.

Mengenal Sekilas Digital Marketing

Strategi Menjalankan Digital Marketing

Perkembangan Teknologi Menjadi Peluang Menjadikan Untuk Pemasaran Secara Digital (Credit: Freepik.com)

Digital marketing memiliki beberapa pengertian. Tidak hanya itu, kelebihan digital marketing juga beragam. Mulai dari kecepatan dalam penyebaran hingga bisa membangun nama brand perusahaan Anda.

Umumnya, digital marketing merupakan suatu kegiatan pemasaran terhadap suatu brand dengan memakai internet atau media sosial. Menurut Ridwan Sanjaya dan Josua Tarigan (2009), pemasaran digital merupakan kegiatan promosi.

Hal ini termasuk branding yang memakai beragam media seperti website, email, hingga blog. Sedangkan menurut Heidrick dan Struggles (2009), digital marketing memakai perkembangan digital untuk melakukan proses periklanan yang tidak secara langsung tetapi berdampak.

Lalu, dalam menggunakan digital marketing ada strateginya. Strategi digital marketing adalah seluruh metode untuk membentuk kehadiran bisnis Anda di dunia internet melalui channel digital yang beragam.

Tujuan dari strategi ini yaitu meningkatkan kesadaran tentang bisnis Anda atau brand awareness serta menarik calon pelanggan baru ke brand Anda. Strategi yang kuat akan membantu Anda mencapai tujuan digital lebih mudah dan tepat.

Baca Juga: Digital Marketing Artinya Apa? Lengkap dengan Manfaat

Kelebihan yang Dimiliki Digital Marketing

Ada 3 kelebihan utama dari digital marketing. Berikut selengkapnya.

  • Biaya menjadi lebih hemat. Di awal proses, Anda akan memerlukan biaya yang besar. Namun, setelah brand dan jaringan pengikut Anda kuat, biaya yang dikeluarkan akan menjadi semakin sedikit.
  • Tim pemasaran tidak perlu terjun langsung ke lapangan. Tim Anda hanya cukup duduk di depan handphone atau laptop dan memanfaatkan internet dengan baik.
  • Proses branding produk Anda menjadi lebih mudah karena bisa menjangkau hingga internasional.

11 Strategi Digital Marketing Sukses Menarik Perhatian Konsumen

Membuat Konten Menarik Digital Marketing

Membuat Konten yang Unik Mudah Menarik Perhatian Calon Konsumen (Credit: Freepik.com)

Untuk bisa menarik perhatian calon konsumen, diperlukan beberapa strategi yang tepat. Berikut ini 11 strategi yang ada di dalam digital marketing yang bisa Anda ikuti agar bisa mendapat brand awareness serta penjualan yang meningkat.

1. Menentukan Tujuan Marketing

Sebelum melakukan penyusunan strategi, Anda perlu menentukan tujuan bisnis secara umum atau tujuan marketing. Anda perlu bertanya pada diri sendiri, apa yang ingin dicapai dengan strategi pemasaran secara digital Anda.

Penentuan tujuan bisa membantu Anda supaya fokus pada langkah yang akan diambil. Selain itu juga membantu melakukan evaluasi pada kinerja campaign bisnis Anda.

2. Melakukan Analisa Pasar dan Riset Target Market

Perlunya melakukan analisa pasar serta riset target market yang mendalam supaya bisnis dapat bertahan lama. Untuk riset dilakukan supaya bisa mengembangkan pemahaman Anda dalam mengambil keputusan.

3. Memahami Apa itu Digital Marketing

Sebelum menjalankan strategi yang lainnya, Anda perlu memahami tentang apa itu digital marketing. Jika Anda tidak bisa memahaminya, dalam melakukan kegiatan yang nyata akan membingungkan dan tidak bisa optimal.

4. Membuat Content Plan

Content plan yaitu dokumen yang terbagi atas seluruh aset pemasaran serta fungsi pengumpulan data. Hal ini supaya mencapai tujuan yang telah ditentukan dalam strategi konten tim Anda.

Tidak hanya itu, strategi digital marketing ini juga terdiri atas timeline kerja serta apa saja yang akan dilakukan dalam jangka waktu tertentu beserta jenis konten apa yang dibutuhkan. Di langkah ini, Anda akan mengembangkan strategi promosi.

Hal ini khusus untuk tiap channel yang menarik pelanggan Anda. Untuk membuat teratur serta konsisten, Anda membutuhkan kalender editorial khusus sebagai media rencana konten Anda.

5. Menerapkan SEO dalam Strategi Pemasaran Digital

Beberapa manfaat bila SEO diterapkan, khususnya bagi bisnis serta website ialah memudahkan calon pelanggan dalam menemukan website. Anda bisa menjaring target konsumen secara tepat.

SEO bisa membangun brand awareness. Selain itu, bisa sebagai investasi jangka panjang. Traffic yang dibangun secara alami membuat posisi website di Google lebih kuat serta dapat bertahan untuk waktu lama.

6. Kumpulkan Data Konsumen yang Ditarget

Target konsumen merupakan kelompok tertentu yang mungkin menginginkan produk bisnis Anda. Oleh karena itu, orang-orang inilah yang harus melihat campaign Anda karena mereka kemungkinan membeli produk lebih tinggi.

Namun, jika Anda belum mengetahui siapa target yang potensial bisa mengembangkan potret pelanggan tetap. Hal ini bisa mencangkup preferensi mereka, beberapa perilaku di website, sampai kebiasaan mereka sebagai konsumen.

7. Tentukan Statistik atau Metrik Terpenting

Di dalam menjalankan strategi pemasaran secara digital, Anda pasti sering dihadapkan dengan beragam metrik di suatu platform. Masing-masing metrik memiliki fungsi, kelebihan, serta kekurangannya.

Strategi digital marketing ini diantaranya engagement rate, bounce rate situs, traffic, hingga followers akun media sosial. Sebagai orang yang terjun di digital marketing, penting mengetahui jenis yang paling penting.

Hal ini hanya bisa dilaksanakan bila Anda serta tim paham apa objective marketing yang diprioritaskan. Tindakan ini merupakan langkah penting karena akan menentukan strategi yang detail kedepannya.

8. Optimasi Content Marketing

Konten yang sedang viral bisa sangat efektif dalam peningkatan brand awareness. Namun, Anda wajib hati-hati, jangan sampai produk Anda viral karena hal yang negatif atau merugikan orang lain.

9. Menetapkan Key Performance Indicator (KPI) Secara Tepat

KPI berbeda dengan metrik. Fungsi KPI untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan Anda dalam menjalankan strategi untuk mencapai tujuan bisnis Anda. Sedangkan fungsi metri untuk mengukur keberhasilan aktivitas yang lebih khusus atau spesifik.

10. Pakai Strategi Social Media Ads

Social media ads bisa terdiri atas Instagram atau Facebook Ads, Youtube Ads, Linkedin Ads, serta Twitter Ads. Masing-masing ads mempunyai kelebihan serta kekekurangannya sendiri. Anda perlu mencocokkannya dengan target konsumen yang ingin dijangkau.

11. Lakukan Kerjasama dengan Influencer Marketing

Saat ini, influencer marketing memiliki 3 kategori, yaitu makro, mikro, serta nano influencer. Masing-masing influencer marketing memiliki perbedaan dalam hal jumlah audience serta engagement.

Media-Media yang Digunakan dalam Digital Marketing

Promosi Bisnis Melalui Sosmed

ilustrasi mempromosikan usaha di sosial media (sumber: Unsplash)

Ada banyak media yang digunakan untuk memasarkan produk supaya dikenal luas. Tiga diantaranya ialah email marketing, search engine marketing, serta mobile marketing.

Baca Juga: 7 Digital Marketing Strategy Tokcer yang Bisa Anda Coba

1. Email Marketing

Jenis media pemasaran ini dilakukan dengan cara mengirimkan pesan promosi serta buletin ke surel pelanggan. Tujuan dari kampanye ini untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan, mendorong pembelian, serta menciptakan loyalitas.

2. Search Engine Marketing

Search Engine Marketing menggunakan mesin pencari untuk mengiklankan produk serta layanan. Anda bisa membayar agar iklan muncul dibagian teratas mesin pencarian.

Misalnya seseorang mencari jasa foto produk agar mendeskripsikan produk supaya lebih jelas secara visual di internet. Hasil yang muncul nantinya berada diurutan paling atas dan itu adalah layanan Anda.

3. Mobile Marketing

Jenis media pemasaran ini nantinya membuat promosi yang kompatibel dengan perangkat mobile, contohnya smartphone. Perusahaan dapat mengunggah ulang iklan televisi atau membuat konten yang interaktif supaya dapat dilihat oleh target audience.

Kesimpulan

Digital marketing merupakan kegiatan pemasaran pada produk atau layanan secara digital atau online. Di dalam proses pemasaran, Anda perlu mempertimbanan berapa biaya anggaran yang dibutuhkan, bagaimaa kondisi perusahaan saat ini agar promosi dilakukan diwaktu yang tepat dengan hasil yang optimal.

Adanya menajemen anggaran ini juga bisa menjadi pembatas Anda dalam menentukan berada besaran pengeluaran perusahaan agar tidak sampai rugi, bukannya untung malah jadi buntung. Untuk mencatat, mengontrol dan memantau bisnis lebih efektif Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud.

Beecloud Aplikasi Dashboard Untuk Monitor Bisnis Real Time

Fitur keuangan yang lengkap menjadikan Anda bisa lebih mudah memantau bisnis dari laporan laba rugi, neraca sampai akuntansi yang dibuat secara otomatis dari data transaksi yang Anda lakukan. Yuk, berlangganan Beecloud sekarang juga dan dapatkan gratis trial dan panduan profesional dari tim Bee.

Lalu, kembali pada topik digital marketing, di pemasaran ada 11 strategi pemasaran secara digital. Anda bisa mencobanya satu per satu agar menarik perhatian konsumen. Selain itu, ada juga beberapa media yang digunakan untuk mendukung strategi digital marketing.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

11 Tips Cara Memulai Usaha Sembako Laris Manis
Sembako adalah singkatan dari sembilan bahan pokok. Sebagai bahan pokok, orang yang membuka usaha sembako akan dicari banyak orang karena
Baca Juga
Customer Adalah Pelanggan, Begini Tips Cara Mendapatkannya
Customer adalah pelanggan yang membeli produk barang/ atau jasa yang ditawarkan oleh sebuah bisnis. Customer sangat penting bagi perkembangan bisnis,
Baca Juga
Cara Buat Buku Kas Mudah dan Sederhana
Cara buat buku kas sangat penting untuk membuat buku kas yang seharusnya dimiliki setiap pebisnis. Cara buat buku kas sendiri
Baca Juga
Bisnis Rumahan Tanpa Modal yang Menjanjikan di Tahun 2023
Beberapa contoh bisnis rumahan tanpa modal yang bisa dilakukan di HP adalah online shop, drophsip, jasa penulis dan lain sebagainya
Baca Juga
Apa itu Telemarketing? Tugas dan Strateginya dalam Pemasaran
Telemarketing adalah sebuah strategi pemasaran yang telah lama ada, dan terus mengalami evolusi yang signifikan seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi.
Baca Juga
Mengenal Customer Journey, Jenis, Contoh dan Tahapannya
Customer journey adalah sebuah tahapan yang dilalui pelanggan ketika berinteraksi dengan bisnis atau produk ketika melakukan transaksi. Istilah customer journey
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu