Logo Bee Web

Manajemen Industri: Fungsi, Manfaat dan Tingkatannya

Pahami pembahasan mengenai tingkatan, fungsi serta manfaat yang dapat diperoleh dari adanya manajemen industri yang baik dan terintegrasi.
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Friday, 31 March 2023

Manajemen industri adalah suatu bidang yang sangat penting dalam dunia industri. Hal ini karena manajemen industri berperan dalam mengelola, mengendalikan, dan mengoptimalkan segala proses produksi dan operasional perusahaan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai tingkatan dan fungsi dari manajemen industri serta manfaat yang dapat diperoleh dari adanya manajemen yang baik dan terintegrasi.

Dengan memahami hal-hal tersebut, perusahaan dapat mengelola sumber daya dan operasionalnya secara lebih efektif dan efisien sehingga dapat mencapai hasil yang optimal dan memuaskan pelanggan.

Apa Itu Manajemen Industri?

Manajemen Industri Adalah

Dengan Mengoptimalkan Bisnis Perlu Melakukan Manajemen Industri (Credit: Freepik.com/ @Drazen Zigic)

Manajemen industri adalah sebuah disiplin ilmu yang bertujuan untuk mengoptimalkan sumber daya dan mengelola proses produksi dalam sebuah industri.

Dalam konteks ini, manajer industri bertanggung jawab untuk memastikan bahwa sumber daya seperti tenaga kerja, bahan baku, dan mesin digunakan secara optimal agar dapat menghasilkan produk atau jasa yang berkualitas tinggi dan dapat bersaing di pasar.

Selain itu, manajemen juga berkaitan dengan perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, dan kepemimpinan dalam industri untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Oleh karena itu, manajemen dalam industri merupakan bagian integral dalam keberhasilan sebuah perusahaan industri dan sangat penting dalam meningkatkan produktivitas dan keuntungan perusahaan.

Baca Juga: Industri Adalah Kunci Ekonomi, Ketahui Jenis dan Contohnya

Fungsi Manajemen Industri

Setelah memahami definisi, berikutnya penting untuk mengetahui bahwa manajemen industri melibatkan empat fungsi utama, yaitu perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian.

Setiap fungsi ini memiliki peran dan tanggung jawab yang penting dalam menjalankan operasi produksi industri secara efisien dan efektif. Berikut penjelasan masing-masing fungsinya:

1. Planning (Perencanaan)

Fungsi perencanaan adalah tahap awal dalam manajemen, dimana kita menentukan tujuan dan sasaran yang ingin dicapai dalam sebuah industri.

Dalam tahap ini, kita juga menentukan strategi untuk mencapai tujuan tersebut dengan cara yang efisien dan efektif.

2. Organizing (Pengaturan)

Fungsi pengaturan adalah tahap dimana kita menentukan tugas dan tanggung jawab masing-masing anggota tim dalam industri.

Dalam tahap ini, kita juga menentukan bagaimana cara terbaik untuk mengatur sumber daya dan mengkoordinasikan aktivitas agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

3. Leading (Kepemimpinan)

Fungsi kepemimpinan adalah tahap dimana kita memotivasi dan mengarahkan tim dalam industri agar dapat bekerja secara efektif dan efisien.

Dalam tahap ini, kita perlu memiliki kemampuan untuk memimpin dan menginspirasi orang lain agar dapat bekerja secara produktif.

4. Controlling (Pengendalian)

Fungsi pengendalian adalah tahap dimana kita melakukan evaluasi terhadap hasil kerja yang telah dicapai.

Dalam tahap ini, kita perlu mengambil tindakan yang tepat untuk memperbaiki masalah dan menjaga agar kegiatan produksi berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.

Dalam keseluruhan fungsi manajemen industri, setiap tahap saling terkait dan saling mempengaruhi. Seorang manajer industri perlu mampu menjalankan keempat fungsi ini dengan baik agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan dengan hasil yang maksimal.

Manfaat dari Adanya Manajemen Industri

Manajemen Bisnis Adalah

Salah Satu Keuntungan Bisnis adalah Degan Melakukan Manajemen (Credit: Freepik.com)

Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari adanya manajemen yang baik dan terintegrasi. Berikut adalah penjelasan masing-masing manfaat dari adanya manajemen industri.

1. Meningkatkan Efisiensi Produksi

Meningkatkan efisiensi produksi dan memperoleh hasil yang optimal dengan menggunakan sumber daya yang tersedia secara efektif.

Dalam hal ini, manajemen membantu perusahaan untuk mengelola dan mengalokasikan sumber daya yang dimiliki secara optimal dan efektif, sehingga dapat menghasilkan produk yang berkualitas tinggi dan memuaskan pelanggan.

Manajemen industri berperan sebagai pengatur dan pengontrol dalam menjalankan proses produksi sehingga dapat berjalan dengan efisien dan efektif.

Baca Juga: Tips Manajemen Gudang untuk Kontrol Stok Barang

2. Menyajikan Kerangka Kerja Jangka Pendek dan Panjang

Manajemen industri membantu perusahaan untuk merencanakan tujuan jangka panjang dan jangka pendek yang berorientasi pada keberhasilan perusahaan.

Dalam hal ini, manajemen dapat memberikan kerangka kerja yang tepat untuk perusahaan dalam memperhitungkan segala aspek yang terkait dengan operasi industri.

Dengan demikian, pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan lebih baik dan tepat.

3. Memungkinkan Alokasi Sumber Daya Manusia yang Lebih Efektif dan Efisien

Memungkinkan alokasi sumber daya manusia yang lebih efektif dan efisien, sehingga dapat menurunkan biaya operasional dan meningkatkan kinerja perusahaan.

Manajemen industri berperan sebagai pengatur dalam menempatkan sumber daya manusia pada posisi yang tepat dan sesuai dengan kompetensi dan keahlian yang dimiliki.

Hal ini dapat mengurangi biaya operasional dan meningkatkan produktivitas perusahaan.

4. Mendorong Profesionalisme dan Kemampuan pada setiap SDM

Mendorong profesionalisme dan kemampuan pada setiap sumber daya manusia, sehingga mereka dapat lebih terampil dan efektif dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

Manajemen industri dapat memberikan pelatihan dan pengembangan keterampilan pada setiap sumber daya manusia sehingga mereka dapat lebih efektif dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

Dengan demikian, perusahaan dapat memperoleh hasil yang lebih optimal dan berkualitas tinggi.

Tingkatan Manajemen Industri

Manajemen industri melibatkan berbagai level atau tingkatan manajemen yang memiliki peran dan tanggung jawab yang berbeda-beda.

Tingkatan manajemen ini dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu tingkat manajemen vertikal dan tingkat manajemen secara horizontal.

1. Tingkat Manajemen Vertikal

Manajemen vertikal melibatkan manajer yang bertanggung jawab untuk mengambil keputusan strategis dan mengelola operasi industri secara menyeluruh.

Tingkat ini terdiri dari tiga tingkatan, yaitu Top Management, Middle Management dan First Line Management.

a. Top Management

Manajer di tingkat puncak memiliki tanggung jawab untuk mengambil keputusan strategis dan menjalankan operasi industri secara keseluruhan.

b. Middle Management

Sedangkan manajer di tingkat menengah bertanggung jawab untuk menjalankan strategi yang telah ditetapkan oleh manajer di tingkat puncak dan mengelola operasi industri di bawah pengawasan mereka.

c. First Line Management

Terakhir, manajer di tingkat operasional bertanggung jawab untuk mengelola proses produksi dan menjalankan kegiatan sehari-hari dalam operasi industri.

2. Tingkat Manajemen Secara Horizontal

Tingkat manajemen secara horizontal melibatkan manajer yang bertanggung jawab untuk mengelola fungsi-fungsi bisnis spesifik dalam operasi industri.

Fungsi-fungsi bisnis ini dapat mencakup produksi, pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, dan lain sebagainya.

Manajer di tingkat horizontal biasanya bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama dan melaporkan langsung kepada manajer di tingkat vertikal.

Kesimpulan

Dalam dunia industri yang semakin berkembang pesat, manajemen menjadi kunci utama dalam mencapai keberhasilan dan keberlanjutan perusahaan.

Beecloud Bisa Kelola Manajemen Bisnis Tidak Asal Asalan Berdasarkan Laporan Keuangan

Salah satu cara untuk memperkuat manajemen industri adalah dengan memanfaatkan teknologi, seperti software akuntansi online Beecloud. Dengan menggunakan software akuntansi Beecloud, perusahaan dapat lebih mudah mengelola keuangan dan operasionalnya serta memperoleh informasi yang akurat dan real-time.

Hal ini akan membantu perusahaan dalam mengambil keputusan yang tepat dan mengoptimalkan sumber daya secara efektif.

Oleh karena itu, memanfaatkan teknologi seperti software akuntansi Beecloud adalah suatu langkah yang sangat penting bagi perusahaan yang ingin memperkuat manajemen industri dan mencapai kesuksesan yang lebih besar di masa depan.

8 Contoh CSR Perusahaan dan Manfaatnya Bagi Bisnis
Corporate Social Responsibility (CSR) adalah konsep di mana perusahaan secara aktif berkontribusi terhadap pembangunan sosial, lingkungan, dan ekonomi di sekitarnya.
Baca Juga
Fluktuasi Adalah Naik Turunnya Harga, Pahami Penyebabnya
Fluktuasi adalah ketidakpastian harga. Jika Anda mengamati akhir-akhir ini ada banyak perubahan harga bahan pokok yang terjadi di pasaran, maka
Baca Juga
10+ Contoh Invoice Penting Bagi Bisnis Berdasarkan Fungsinya
Invoice adalah bukti setiap transaksi penting bagi pemilik usaha untuk mencatat sekaligus sebagai bukti setiap transaksi yang terjadi, baik untuk
Baca Juga
Aplikasi Rental dan Strategi Sukses Bisnis Rental
Aplikasi rental sering dicari pemilik bisnis lantaran menjadi salah satu alat ampuh dalam mengelola bisnis rental. Kenapa aplikasi rental ini
Baca Juga
Langkah-Langkah Implementasi Strategi Bisnis dengan Efektif
Dalam dunia bisnis yang kompetitif saat ini, implementasi strategi bisnis yang efektif menjadi kunci untuk mencapai kesuksesan. Setiap organisasi perlu
Baca Juga
Apa itu Freelance? Pengertian, Keuntungan dan Kekurangannya
Apa itu freelance? Istilah ini tentu sudah tidak asing lagi di dunia kerja. Pekerjaan freelance sendiri banyak dipilih sebagian orang
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu