Web Logo Bee
Penulis: Rizal Arisona

Manajemen Bengkel untuk Meningkatkan Keuntungan Bengkel Motor

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Tuesday, 19 July 2022

Usaha tentu membutuhkan yang namanya manajemen, baik manajemen keuangan maupun manajemen operasional. Hal ini bertujuan agar usaha bengkel Anda tersistem rapi dan terstruktur. Selain itu manajemen yang baik bisa meningkatkan pendapatan bengkel motor. Oleh sebab itulah Anda sangat penting membuat manajemen bisnis bengkel motor.

Melihat Peluang Usaha Bengkel Motor Setelah Pandemi

Membahas mengenai usaha tentu tidak bisa lepas dengan sebuah peluang. Artinya biasanya usaha muncul karena memanfaatkan adanya peluang. Salah satunya peluang untuk mendirikan usaha bengkel motor setelah pandemi. Membahas mengenai pandemi tentunya banyak beberapa usaha yang mengalami gangguan bahkan tidak bisa beroperasi kembali. Namun setelah pandemi, keadaan sudah kembali normal itu artinya Anda bisa memanfaatkan peluang ini.

Suasana Pandemi Mempengaruhi Bisnis

Pandemi Sangat Mempengaruhi Bisnis (Sumber: Pexels.com)

Peluang setelah pandemi adalah banyak orang yang keluar baik itu agenda liburan maupun silaturahmi yang pernah tertunda karena pandemi. Tentunya hal ini peluang besar karena banyak pula orang yang ingin memperbaiki kendaraannya sebelum berangkat dan sesudah berangkat. Biasanya sebelum berangkat dilakukan pengecekan kendaraan dan setelah berangkat juga mengecek apakah ada yang rusak atau tidak. Istilahnya dilakukan servis.

Selain itu, ketika Anda sudah melihat peluang maka Anda bisa langsung menentukan target market usaha bengkel motor Anda. Untuk menambah pendapatan bengkel motor tentu Anda perlu juga belajar ilmu manajemen dan marketing.

Baca Juga: 6 Strategi Pemasaran Digital Paling Efektif

Apa Saja Modal Awal Bisnis Bengkel Motor?

Ada beberapa modal yang Anda butuhkan sebagai awal memulai bisnis bengkel motor diantaranya sebagai berikut :

1. Sewa Lahan/Tempat

Mencari Lahan Terbaik

Pentingnya Lokasi Usaha (Sumber: Pexels.com)

Modal pertama adalah sewa lahan atau tempat. Namun jika Anda sudah mempunyai lahan sendiri tentunya tidak perlu menyewanya. Anda bisa langsung mendirikannya.

2. Biaya Renovasi Tempat

Setelah menemukan lahan atau tempat usaha maka Anda perlu melakukan renovasi tempat yang didesain untuk bengkel motor. Biaya yang dibutuhkan pun juga terbilang cukup tinggi tergantung luasnya lahan.

3. Biaya Peralatan Bengkel

Peralatan Bengkel Untuk Modal Usaha

Peralatan Bengkel Untuk Modal Usaha (Sumber: Pexels.com)

Modal ketiga adalah sudah pasti biaya peralatan bengkel. Peralatan ini sangat dibutuhkan untuk menunjang kinerja di bengkel agar berjalan secara maksimal. Tanpa adanya peralatan bengkel ini maka tidak akan berjalan.

4. Biaya Sparepart serta Pelumas

Modal selanjutnya adalah biaya sparepart dan pelumas. Sparepart disini sangatlah penting karena ada beberapa customer yang mengalami kerusakan berat dan komponennya harus diganti. Sedangkan pelumas juga sangat penting untuk memudahkan memperbaiki bagian yang rusak.

5. Biaya Operasional

Modal terakhir adalah biaya operasional. Biaya operasional ini sangat penting juga misalnya membeli bahan sparepart melalui online atau offline sudah tentu membutuhkan biaya yang berbeda.

Keuntungan Membuka Usaha Bengkel Motor

1. Pasar yang Luas

Membuka usaha bengkel motor tentunya mendatangkan keuntungan salah satunya pasar yang luas. Artinya banyak orang di era sekarang rata-rata memiliki kendaraan tentunya membutuhkan pula perawatan dan perbaikan.

2. Keuntungan Relatif Besar

Mekanik Bengkel | Keuntungan Bengkel Motor

Teknisi Bengkel Sedang Memperbaiki Kendaraan (Sumber: Freepik.com)

Keuntungan bengkel motor tentunya relative besar. Hal ini dikarenakan target pasar yang luas sehingga jika Anda mampu mengembangkan disertai strategi marketing yang baik maka bisa mendapatkan hasil yang maksimal pula.

3. Dapat Dijadikan Usaha Sampingan

Bagi Anda yang sudah memiliki kerja terikat namun masih ingin mempunyai usaha sendiri maka bisa membuka bengkel motor ini. Tentunya usaha ini tidak terikat dan bisa Anda buka ketika Anda pulang dari kerja.

4. Sifatnya Tidak Musiman

Mempunyai usaha yang sifatnya tidak musiman tentu membuat keuntungan yang besar terutama bengkel motor. Usaha ini tidak musiman artinya setiap saat pasti ada orang yang membutuhkan jasa bengkel motor Anda.

5. Selalu Dibutuhkan Masyarakat

Keuntungan bengkel motor yang terakhir adalah selalu dibutuhkan masyarakat. Artinya masyarakat banyak yang memiliki kendaraan namun tidak mampu memperbaiki sendiri.

Kendala Saat Menjalankan Usaha Bengkel Motor

  • Modal Awal Besar
Bisnis Bengkel Membutuhkan Modal Besar untuk Mendapatkan Keuntungan Bengkel Motor

Bisnis Bengkel Membutuhkan Modal Besar (Sumber: Freepik.com)

Kendala yang pertama adalah terkait modal awal. Untuk membuat usaha bengkel membutuhkan modal yang besar meliputi biaya sewa lahan, renovasi, peralatan dll.

  • Susah Mencari Tenaga Ahli

Untuk membuka usaha bengkel motor tentunya Anda membutuhkan tenaga ahli pula. Hal ini bertujuan agar bisa memperbaiki dan melayani customer dengan baik. Jika tenaga tidak ahli tentu kinerja bengkel tidak berjalan optimal.

  • Pemasaran

Kendala selanjutnya adalah terkait marketing atau pemasaran. Jika pemasaran tidak tepat sasaran target maka bisa saja customer yang datang kurang optimal.

Baca Juga: 11 Strategi Pemasaran Bengkel Motor Omset Hingga Ratusan Jutaan

  • Membutuhkan Lokasi yang Strategis

Lokasi yang strategi juga Anda butuhkan untuk mendapatkan keuntungan bengkel motor yang besar. Namun kendalanya biasanya susah mendapatkan lokasi yang strategis.

  • Banyak Kompetitor

Pesaing usaha bengkel motor sangatlah banyak. Oleh karena itu Anda perlu melakukan survei kecil-kecilan untuk mendapatkan harga yang terjangkau.

  • Membutuhkan Manajemen Bengkel yang Bagus

Manajemen tentu sangat dibutuhkan untuk menunjang suksesnya usaha terutama usaha bengkel motor. Tentunya Anda perlu belajar manajemen baik manajemen keuangan maupun manajemen operasional.

Strategi Bisnis Meningkatkan Keuntungan Bengkel Motor

  • Pilihlah lokasi yang strategis

Untuk meningkatkan keuntungan bengkel motor tentu Anda harus memilih lokasi yang strategis dan ramai.

  • Kualitas adalah nomor 1
Kualitas Nomor 1 Untuk Usaha Bengkel

Kualitas Nomor 1 Untuk Usaha Bengkel (Sumber: Freepik.com)

Membahas mengenai kualitas, Anda tetap harus mengutamakan kualitas baik kualitas kinerja maupun kualitas pelayanan.

  • Lakukan seperti bengkel profesional

Membahas mengenai professional tentu sangat diutamakan dan menunjang kesuksesan usaha bengkel motor Anda.

  • Cari montir yang punya keahlian tinggi

Anda harus bisa mencari montir yang mempunyai keahlian tinggi agar mendapatkan keuntungan yang besar.

  • Garansi servis
Evaluasi Customer Rating

Kepuasan Customer Sangat Penting (Sumber: Freepik.com)

Adanya sebuah garansi membuat customer puas dengan pelayanan yang nantinya akan berlangganan.

  • Berikan souvenir meskipun hanya sekedar stiker

Memberikan souvenir atau hanya stiker tentu membuat daya minat bagi customer yang ingin berlangganan. Souvenir disini cakupannya luas bisa yang termurah hingga termahal. Anda bisa memberikan hadiah kepada customer yang sering datang atau sering berlangganan berupa souvenir yang agak mahal sehingga memotivasi customer yang lain.

  • Jual paket langganan servis

Dengan memberikan harga paket untuk langganan servis maka bisa menambah keuntungan bagi usaha bengkel Anda. Biasanya masyarakat mencari harga paket yang jatuhnya lebih hemat dan terjangkau.

  • Siap datang ke rumah

Anda bisa menambahkan pelayanan secara online yaitu montir siap datang kerumah. Tentunya ini sangat memudahkan customer jika tidak bisa datang ke bengkel namun membutuhkan perbaikan segera.

Manajemen Bengkel untuk Meningkatkan Pendapatan Bengkel Motor

Untuk meningkatkan keuntungan bengkel motor Anda perlu menggunakan sistem untuk membantu manajemen usaha bengkel anda. Tentunya bisa menggunakan software. Dengan menggunakan software maka jauh lebih mudah dalam melakukan perekapan data. Selain itu dengan software bengkel pekerjaan jadi lebih efisien dan gak perlu rekap-rekap manual lagi.

 

Beeaccounting Bengkel Cc Web

Dari penjelasan di atas tentu Anda sudah mengenali pentingnya manajemen bengkel untuk meningkatkan pendapatan bengkel motor.

7 Tips Jualan Online Laris Pembeli di Tahun 2021
Bagi Anda yang akan memulai atau sudah memulai jualan online, kami akan memberikan tips jualan online untuk membantu memahami bagaimana […]
Baca Juga
Toko Penjualan Ritel, Bisnis Praktis di Masa Pandemi
Toko penjualan ritel menjadi peminat banyak orang untuk dijadikan sebagai sumber pendapatan. Alasannya, barang yang dijual di toko ritel umumnya […]
Baca Juga
Contoh Sistem Informasi untuk Perusahaan dan Rekomendasinya
Semakin berkembangnya teknologi semakin mudah bagi kita dalam melakukan banyak hal. Salah satu tanda dari berkembangnya teknologi adalah semakin banyak […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu