Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Contoh Sistem Informasi untuk Perusahaan dan Rekomendasinya

Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 30 August 2022

Semakin berkembangnya teknologi semakin mudah bagi kita dalam melakukan banyak hal. Salah satu tanda dari berkembangnya teknologi adalah semakin banyak penggunaan sistem informasi dalam berbagai kepentingan.

Sistem informasi merupakan perpaduan antara teknologi informasi dan kebutuhan dalam mengelola data. Penerapan sistem informasi dapat membantu pemrosesan data dapat berjalan lebih cepat dan terorganisir. Kemampuannya dalam mempermudah pekerjaan dan didukung dengan adanya teknologi internet yang mudah diakses menjadi alasan sistem informasi dapat berkembang dengan pesat.

Apa itu Sistem Informasi?

Sistem Informasi Adalah

Ilustrasi Sistem Informasi (Sumber: Freepik.com)

Secara umum sistem informasi merupakan sebuah perangkat lunak yang saling terintegrasi untuk melakukan proses pengelolaan data. Mulai dari pengumpulan, penyimpanan sampai pemrosesan data mentah menjadi informasi yang kredibel bagi suatu instansi atau organisasi. Melalui hasil pengelolaan data dihasilkan suatu informasi yang dapat dijadikan acuan sebagai bahan analisa pengambilan keputusan dalam suatu organisasi.

Jenis Sistem Informasi

  • Transaction Processing System (TPS)

Transaction processing system (TPS) merupakan salah satu jenis sistem informasi yang mampu mengolah data yang sangat besar. Sistem ini melakukan pemrosesan data secara teratur baik harian, bulanan dan sebagainya. Sehingga sering digunakan perusahaan untuk mengolah data internal seperti transaksi penggajian. Karena mampu mengolah data dalam jumlah bsar, sistem ini mempunyai kapasitas penyimpanan yang besar pula. TPS terdiri dari dua jenis yaitu batch processing dimana dilakukan pengumpulan data terlebih dahulu baru kemudian di proses. Jenis yang lain adalah online processing. Berbeda dengan jenis sebelumnya, cara kerja jenis ini adalah ketika data masuk maka data akan diproses saat itu juga.

  • Decision Support System (DSS)

Decision Support System

Ilustrasi Decision Support System (Sumber: Freepik.com)

Decision support system (DSS) merupakan salah satu jenis sistem informasi berbasis computer interaktif. DSS ini dapat membantu menyelesaikan masalah dengan memberikan keputusan berdasarkan data. Sistem ini juga mampu menyelesaikan berbagai permasalahan yang tidak terstruktur.

  • Management Information System (MIS)

Salah satu jenis sistem informasi yang melakukan pengoperasian data yang lebih terstruktur. Sistem ini berkerja pada lingkungan yang memiliki prosedur yang jelas. Cakupan MIS lebih luas dibandingkan TPS. MIS mampu menghasilkan informasi laporan sebagai bahan analisa dalam mengambil keputusan.

  • Executive Information System (EIS)

Executive Information System adalah salah satu jenis sistem informasi untuk memenuhi kebutuhan informasi manager dan eksekutif dalam menganalisa masalah dan mengenali peluang. Sistem ini memudahkan manajemen tingkat atas dalam mengakses data internal maupun eksternal tanpa adanya perantara.

Contoh Sistem Informasi

Contoh Sistem Informasi

Ilustrasi Contoh Sistem Informasi (Sumber: Freepik.com)

Banyak hal telah berubah setelah munculnya sistem informasi. Tanpa sadar kemudahan yang kita rasakan selama ini tidak jauh dari peran sistem informasi yang telah diterapkan di kehidupan sehari-hari. Berbagai bidang pekerjaan sedikit banyak telah menerapkannya. Berikut adalah contoh dari pengimplementasian sistem informasi :

  • E-Learning

E-learning merupakan salah atu contoh implementasi dari sistem informasi di bidang pendidikan. E-learning diciptakan untuk mempermudah proses belajar mengajar, mengelolah data pendidikan, dan aktivitas pembelajaran lainnya. Adanya e-learning dapat mempermudah pengajar maupun peserta didik dalam mendapatkan sistem belajar yang baik.

  • E-Banking

Sistem informasi dalam bidang perbankan semakin hari semakin canggih. Hal ini tidak lepas dari peran sistem informasi dalam pelaksanaannya. Sistem informasi membantu manajemen sebuah bank bekerja lebih efisien. Kemudahan transkasi juga dirasakan masyarakat dalam mengakses layanan bank. 

  • E-Commerce

manfaat e commerce

Ilustrasi Sistem Informasi E-commerce (Sumber: Pexels.com)

E-commerce atau transaksi jual beli online menjadi contoh penerapan sistem informasi di bidang ekonomi dan bisnis. Adanya e-commerce memudahkan kita dalam melakukan transaksi jual beli barang/jasa secara online. Tanpa mengenal waktu dan tempat kita dapat melakukan transaksi jual beli baik melalui website maupun mobile. Beberapa platform e-commerce yang mungkin sering kita dengar diantaranya Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada dan lain sebagainya.

  • Sistem Layanan Mahasiswa

Selanjutnya pengaplikasian sistem informasi di lingkungan kampus. Sistem layanan mahasiswa telah diterapkan di banyak kampus. Hal ini bertujuan untuk memudahkan kegiatan mahasiswa. Salah satunya yaitu mempermudah mahasiswa dalam melakukan pendaftaran mata kuliah yang dilakukan setiap semesternya. Tanpa perlu datang langsung mahasiswa dapat melakukan hal tersebut secara online. Mahasiswa hanya perlu mengakses website atau aplikasi yang disediakan oleh kampus.

  • Booking Online

Fasillitas lain yang dapat kita rasakan dengan adanya sistem informasi adalah melakukan pemesanan secara online. Beragam hal seperti hotel, tiket pesawat, tiket kereta dan beragam lainnya dapat kita pesan secara online. Cara penggunaannya juga cukup mudah. Kita hanya perlu login dan milih apa yang ingin dipesan secara online dan kita akan mendapat e-tiket. Kita hanya perlu datang ke lokasi dan menunjukkan e-tiket yang kita punya.

Sekarang sudah mulai banyak platform booking online yang mulai bermunculan. Beberapa nama yang tidak asing adalah Tiket.com, Traveloka, Agoda dan lainnya.

  • Video Call

Ilustrasi Video Call

Ilustrasi Video Call (Sumber: Pexels.com)

Tidak terasa penerapan sistem informasi sangat dekat dengan kita. Salah yang sering kita gunakan adalah aplikasi untuk berkomunikasi. Adanya sistem informasi, jarak tidak lagi menjadi halangan untuk berkomunikasi. Bukan hanya komunikasi teks ataupun suara, kini kita sudah bisa menikmati komunikasi melalui video. Dengan bantuan internet kita dapat melakukan video call kapanpun dan dimanapun.

  • Enterprise Resource Planning

Demi mendapatkan kinerja yang berkualitas dan hasil yang maksimal, perusahaan mulai menerapkan sistem informasi di dalam kegiatan usahanya. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan sistem informasi, pekerjaan memonitoring dan mengawasi manajemen perusahaan berjalan lebih mudah. Sistem ini juga mengintegrasikan banyak bidang unit pekerjaan sehingga memangkas waktu dan pekerjaan dapat dilakukan dengan lebih singkat. 

  • Transaction Processing System

Transaction processing system (TPS) telah diterapkan diberbagai perusahaan dengan tujuan untuk membantu pemrosesan data kegiatan operasional bisnis secara rutin. Contoh pengaplikasian transaction processing system adalah kegiatan transaksi penggajian. 

  • Artificial Intelligence

Artificial Intelligence (AI) atau yang sering dikenal sebagai kecerdasan buatan merupakan salah satu penggunaan sistem informasi yang terbaru. Semakin  banyak terobosan baru yang memanfaatkan teknologi ini sebagai solusi dalam berbagai masalah. Dengan menggunakan informasi yang kita input, sistem ini bisa mengolah dan menghasilkan informasi baru untuk kita.

Pengertian Sistem Informasi Akuntansi

gambar software akuntansi online update harga

Ilustrasi Software Akuntansi Online Update Harga (Sumber: Bee.id)

Setelah mengetahui apa saja jenis informasi, mari kita berkenalan dengan sistem akuntansi. Secara umum akuntansi merupakan teori dan praktik mengenai informasi yang menggambarkan kondisi keuangan perusahaan kepada pihak yang membutuhkan.

Di dalam kegiatan usaha, banyak unit pekerjaan yang membutuhkan informasi keuangan untuk menentukan keputusan dalam mencapai tujuan. Tentunya dengan harapan memperoleh keuntungan yang maksimal dengan pengorbanan atau cost yang kecil.

Lalu, sistem akuntansi itu sendiri apa sih? Sistem akuntansi merupakan sistem yang digunakan dalam melakukan pencatatan transaksi keuangan secara terperinci sesuai dengan kategori dan tujuan pencatatan. Pencatatan keuangan tersebut diproses kemudian akan menghasilkan sebuah laporan informasi mengenai keuangan perusahaan atau organisasi bisnis. 

Fungsi Sistem Informasi Akuntansi

Di bawah ini adalah beberapa fungsi dari sistem informasi akuntansi :

  • Mengumpulkan semua data transaksi
  • Mengambil data dari berbagai sumber yang berpengaruh terhadap kegiatan usaha
  • Melakukan pencatatan data transaksi sesuai kategori dan tanggal terjadinya transaksi
  • Mengelola semua data yang ada menjadi informasi keuangan perusahaan
  • Sebagai alat bantu tracking arus keluar masuknya keuangan perusahaan agar tidak ada penyalahgunaan

Komponen Sistem Informasi Akuntansi

gambar software akuntansi online penjualan otomatis potong stok

Ilustrasi Software Akuntansi Online Penjualan Otomatis Potong Stok (Sumber: Bee.id)

  • Sumber daya manusia yang akan melakukan pengopersian sistem sesuai dengan fungsi
  • Metode dan prosedur perusahaan
  • Data keuangan yang akan diproses
  • Perangkat lunak yang digunakan untuk memproses data
  • Infrastruktur teknologi informasi, mencakup kebutuhan hardware seperti komputer dan jaringan

Contoh Sistem Informasi Akuntansi Pada Perusahaan Dagang

contoj sistem informasi

Software Akuntansi Beeaccounting untuk Perusahaan Dagang (Sumber: Bee.id)

Sebuah perusahan tentu ingin melihat laporan transaksi apa saja yang telah terjadi. Dalam hal ini sistem informasi akuntansi harus mampu membuat sistem yang bisa merekap semua transaksi mulai dari pembelian, penjualan, pengembalian barang hingga mengelolah hutang piutang dagang. Sehingga manajemen dapat melihat dengan mudah laporan keuangan perusahaan.

Contoh Sistem Informasi Akuntansi Pada Perusahaan Manufaktur

contoh sistem informasi

Laporan Produksi Software Akuntansi Manufaktur Beecloud (Sumber: Bee.id)

Dalam kegiatan usaha, tentu kita dituntut untuk bisa menekan cost produksi dan memaksimalkan keuntungan. Pihak yang terkait harus bisa menganalisa produk yang akan diproduksi tidak menimbulkan kerugian bagi perusahaan. Melihat hal ini tentu dibutuhkan kolaborasi antara divisi akuntansi dan divisi pemasaran. Divisi akuntansi harus bisa memperkirakan berapa cost yang dikeluarkan untuk proses produksi dan melihat profit yang bisa dihasilkan dari pembuatan produk baru. Dengan perkiraan cost yang diberikan, divisi marketing harus bisa membuat strategi pemasaran yang sesuai.

Contoh Sistem Informasi Akuntansi Yang Digunakan Perusahaan

1. Beeaccounting

Rekomendasi software akuntansi terbaik 2022 untuk UMKM yang pertama yaitu Beeaccounting. Beeacconting adalah software akuntansi offline yang berbasis desktop.  Software akuntansi offline ini adalah satu-satunya yang bisa melakukan 48 plugin berbeda yang dapat Anda sesuaikan dengan jenis usaha yang Anda miliki.

Selain itu, kelebihan lainnya adalah Anda hanya perlu sekali bayar jika ingin menggunakan software akuntansi perusahaan jasaini. Anda juga bisa membuat banyak user dan databsae serta unlimited user dalam satu komputer.

Software akuntansi Beeaccounting juga bisa Anda gunakan di banyak PC melalui Wifi lokal tanpa jaringan inernet. Tidak hanya itu, jika Anda menggunakan software akuntansi beeaccounting, data akan tersimpan secara offline, sehingga cocok untuk Anda yang memiliki koneksi internet yang kurang stabil. Selain bisa bekerja tanpa menggunakan koneksi internet, data akuntansi usaha Anda bisa Anda pegang sendiri.

Contoh bidang usaha yang tersedia yaitu perusahaan jasa, retail, distributor, bengkel, restoran, pabrik, grosir dan masih banyak lainnya. Software ini sangat stabil, powerful, dan fleksibel, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan terjadi error atau terjadi kebocoran privasi dan semacamnya, karena itu semua terjamin tidak akan terjadi.

software akuntansi terbaik 2022

Tampilan Software Akuntansi Terbaik 2022 Beeaccounting

2. Beecloud

Rekomendasi software akuntansi terbaik 2022 yang kedua adalah Beecloud. Beecloud merupakan software akuntansi yang terbaik dengan banyak kelebihan dan manfaat untuk kelancaran perusahaan jasa dan bisnis lainnya.  Dengan menggunakan software ini, maka Anda bisa mengontrol banyak cabang perusahaan jasa tanpa harus mondar-mandir.

Semua data juga terpusat secara online & realtime dan tergabung menjadi data, tanpa rekap ulang, anti molor dan pasti klop. Data-data yang tercatat ke dalam software yaitu seperti data kas, stok, pembelian, penjualan, hutang piutang, serta pengeluaran biaya-biaya lainnya.

Karena semua cabang perusahaan jasa serba usaha bisa terkontrol dari kantor pusat menggunakan software ini, maka Anda bisa mengecek limit hutang, anggaran biaya, dan lain sebagainya secara online.

Menggunakan software akuntansi untuk perusahaan jasa ini juga membuat perusahaan aman dan siap untuk melakukan audit. Hal ini karena bukti transaksi dapat Anda lampirkan di Beecloud. Contoh bukti transaksi yang bisa dilampirkan yaitu surat jalan, invoice, nota, faktur pajak, pembayaran mesin, parkir, dan lain sebagainya.

software akuntansi terbaik 2022

Tampilan Software Akuntansi Terbaik 2022 Beecloud

3. Beepos

Rekomendas software akuntansi terbaik 2022 berikutnya adalah Beepos. Beepos adalah software kasir online sekaligus terintegrasi dengan sistem akuntansi yang akan memberikan banyak manfaat untuk bisnis Anda. Software ini support untuk banyak merk hardware dan tipe peralatan POS, sehingga bisa untuk membantu kasir berjualan lebih cepat dan aman. Beepos memiliki fitur yang lengkap, di antaranya yaitu barcode scanner, card reader, customer display, printer nota, dll.

Software akuntansi Beepos juga mudah untuk Anda operasikan. Kasir bisa mencari item, mengecek harga, dan cetak nota hanya dalam satu kali klik aja. Tidak hanya itu, software ini juga bisa melakukan integrasi akuntansi, seperti kontrol juga gross profit, data omset penjualan, biaya operasional hingga pajak PPN & PPH dan laba bersih.

Keuntungan lainnya adalah bisnis Anda akan aman dari manipulasi dan kebocoran, karena Beepos bisa menjaga bisnis anda. Beepos bisa melaporkan rekap penjualan per payment, slip setoran per shift, setoran buta, dan klop penjualan vs setoran vs stok.

Tampilan Software Akuntansi Terbaik 2022 Beepos

Pengertian Ekonomi Makro, Penjelasan dan Tujuan
Jika membahas mengenai ekonomi memang tidak ada habisnya karena sebenarnya ilmu ekonomi sangat luas sekali ditambah dengan adanya kegiatan sehari-hari […]
Baca Juga
8 Tips Membangun Teamwork dan Bicara Tentang Team Building
Point Penting di Konten Ini Apa Itu Teamwork?Pahami Apa Itu Sebuah Tim yang HebatPentingnya Teamwork dan Kolaborasi di Lingkungan Kerja1. […]
Baca Juga
Apa itu Produsen dan Kriterianya Agar Memenangkan Persaingan
Sebuah bisnis, tidak akan lengkap tanpa adanya produsen, karena merupakan unsur penting dalam penyediaan sebuah produk yang akan diperjualbelikan. Lantas […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu